Mengapa Biaya Fotografer Pernikahan bisa Mencapai Harga Jutaan? Simak Ulasannya!

17 Sep 2020 | By Wedding Market | Viewers: 94
Mengapa Biaya Fotografer Pernikahan bisa Mencapai Harga Jutaan? Simak Ulasannya!
Foto: Canon South Africa

Salah satu yang menjadi impian setiap orang adalah menjadi pengantin paling cantik di hari pernikahannya. Apakah kamu punya mimpi yang sama? Nah, untuk mewujudukan salah satu mimpi kamu ini, kamu harus mempersiapkan hal-hal lainnya terlebih dahulu. Dan hal yang paling utama tentunya adalah budget. Kamu harus memikirkan biaya fotografer pernikahan, biaya venue, biaya catering, dan lain sebagainya. 

Kamu dan pasangan harus memikirkan konsep pernikahannya terlebih dahulu, kemudian baru memilih vendor, venue, catering, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu memilih fotografer untuk mendokumentasikan acara pernikahan kamu dan pasangan. Mengapa pendokumentasian ini dikategorikan sebagai hal yang penting? Selain sebagai bentuk kenang-kenangan, pada era saat ini pastinya setiap momen harus diabadikan dan dibagikan bukan?

Apalagi dalam hal ini, acara pernikahan adalah acara yang sakral dan tentunya merupakan momen yang sangat membahagiakan, kamu dan pasangan tidak mau ‘kan apabila harus kehilangan momen ini? Apalagi nanti apabila kamu dan pasangan sudah mempunyai anak, kalian bisa menonton kembali momen pernikahan kalian bersama, menyenangkan bukan?

Nah, untuk mendapatkan foto maupun video hasil dari pendokumentasian acara pernikahanmu ini, tentunya kamu tidak bisa melakukannya sendiri bukan? Sudah pasti, kamu dan pasangan memerlukan jasa dari seorang fotografer pernikahan. Berapa sih budget yang harus kamu keluarkan untuk menyewa jasa seorang fotografer ini?

Sebenarnya, apabila berbicara mengenai biaya fotografer pernikahan ini pasti sangat beragam, banyak hal yang mempengaruhi biayanya. Namun, bisa dikategorikan berkisar mulai dari 5 juta sampai puluhan juta pun ada. Lah serius itu sampai puluhan juta? Yups, tentu saja ini serius. Nah, sekarang akan kita ulas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya biaya untuk menyewa fotografer pernikahan itu apa saja. 

1. Paket yang Ditawarkan

Salah satu hal yang menjadi penentu tinggi rendahnya biaya untuk menyewa fotografer pernikahan dalam acara pernikahan adalah dari paket yang mereka tawarkan. Biasanya untuk paket pernikahan ini mereka akan menawarkan paket untuk pre wedding, siraman, akad, dan resepsi dalam satu paket penuh sehingga harga yang ditwarkan pun pastinya akan terbilang tinggi.

Namun, ada juga beberapa jasa penyedia fotografer pernikahan yang menawarkan paket-paketnya secara terpisah, sehingga kamu dan pasangan tidak peru kelabakan memikirkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk menggelar suatu acara pernikahan. Tetapi, apabila kamu dan pasangan memang mempunyai rezeki yang berlebih untuk membayar biaya fotografer pernikahan, maka tidak ada salahnya untuk memilih paket lengkap.

Dalam setiap paket yang ditawarkan pun, akan mendapatkan hasil pendokumentasian yang berbeda. Ada yang hanya memberikan hasil dokumentasi foto saja, ada juga yang memberikan dokumentasi foto dan video juga. Kemudian, jumlah dan ukuran dari setiap foto juga akan berpengaruh terhadap seberapa besar harga yang harus dibayr untuk menyewa fotografer pernikahan. 

2. Profesionalitas Fotografer

Hal lainnya yang juga mempengaruhi tingkat tinggi rendahnya biaya fotografer pernikahan adalah dari segi keprofesionalitasannya. Bagaimana seorang fotografer dinyatakan professional? Kamu bisa melihat dari tempat dia bekerja. Apakah dia bekerja di bawah naungan perusahaan atau penyedia jasa yang jelas, atau dia bekerja secara mandiri? 

Memang tidak ada salahnya dengan orang yang bekerja sendiri, mendirikan pekerjaan atas usahanya sendiri, atau bekerja sebagai fotografer yang sifatnya freelance. Tetapi, fotografer yang tidak mempunyai perusahaan atau jasa layanan yang jelas ini akan sulit untuk dinilai keprofesionalitasannya. Berbeda halnya dengan yang bekerja di bawah naungan perusahaan, mereka mempunyai kinerja yang lebih bisa dipantau. 

Kemudian, dari tempat perusahaan itu juga kamu bisa mengetahui sejauh mana jam terbang dari setiap fotografer yang berada di bawah naungan perusahaan tersebut. Sama seperti pekerjaan lainnya, semakin banyak jam terbangnya, maka akan semakin lihai pula ia dalam bekerja dan hal ini pun berlaku juga dalam dunia fotografer.

Sehingga tidak heran apabila kamu harus membayar biaya fotografer pernikahan dengan harga yang mahal, karena mereka juga mempunyai kualitas dan keprofesionalannya tersendiri yang sudah tidak diragukan lagi. Berbeda halnya dengan fotografer freelance, mungkin jam terbang mereka belum sebanyak fotografer-fotografer yang berada di jasa layanan professional.

3. Jumlah Tim yang Bekerja

Dalam acara-acara yang bersifat kecil-kecilan, menggunakan 1 orang fotografer saja sudah cukup. Namun, dalam acara pernikahan tidak mungkin cukup hanya dengan menggunakan 1 orang saja. Minimal, mereka harus mengerahkan 3 orang fotografer dalam satu acara pernikahan. 

Tiga orang fotografer ini mempunyai tugasnya masing-masing, ada yang harus menjadi videografer dari awal acara dimulai sampai acara pernikahan benar-benar selesai, harus diabadikan untuk menjadi sebuah video dokumentasi acara pernikahan. Ada juga yang bertugas memotret setiap momen yang nantinya akan dicetak baik di album foto maupun dicetak besar untuk foto pajangan. 

Ada juga yang bertugas sebagai pengarah gaya dari sesi foto pengantin, sesi foto bersama keluarga, sesi foto bersama teman-temannya, dan lain sebagainya. Ada juga yang harus mengatur lighting baik acara yang digelas secara indoor maupun secara outdoor. Maka dari itu, biaya fotografer pernikahan itu tidak sedikit karena banyak fotografer yang terlibat dalam pengerjaannya. 

4. Peralatan yang Digunakan

Yang menjadi penentu dari murah dan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa jasa fotografer pernikahan adalah dari peralatan yang mereka gunakan. Apakah mereka menggunakan kamera dengan lensa yang bagus, apakah mereka menggunakan kamera untuk merekam video yang bisa mempertahankan gambar tanpa gangguan, dan lain sebagainya.

Bahkan saat ini sudah ada beberapa jasa fotografer pernikahan yang menggunakan drone untuk meliput acara pernikahanmu loh. Tentunya fotografer yang menggunakan drone ini bukan main-main niatnya, maka biaya fotografer pernikahan yang harus kamu bayar pun bukan harga yang ecek-ecek tentunya.

Karena semakin bagus perlatan yang mereka gunakan untuk mendokumentasikan acara pernikahanmu, maka akan semakin bagus pula hasil dokumentasi yang akan kamu dapat kelak. Karena tentunya harga tidak akan mengkhianati hasil bukan? Sehingga tidak heran kalau kamu harus memeriksa terlebih dahulu fotografer yang akan kamu gunakan itu menggunakan peralatan foto jenis apa.

5. Proses Editing

Hal lainnya yang turut berpengaruh perihal biaya fotografer pernikahan adalah dari hasil edit fotonya. Saat ini, dunia fotografi semakin mempunyai persaingan yang ketat, yaitu bersaing dalam hal edit-mengedit. Dimana dari hasil edit foto ini akan mencerminkan kekhasan dari si fotografer, karena mereka biasanya akan merubah tone foto mereka sesuai dengan ciri khasnya masing-masing.

6. Beda Tempat, Beda Harga

Mungkin di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, harga yang ditawarkan sampai puluhan juta tersebut tidaklah berat. Namun, berbeda halnya apabila harga puluhan juta tadi ditawarkan sebagai biaya fotografer pernikahan di daerah yang masih terpencil seperti daerah kabupaten. Pastinya akan ada lebih banyak yang kontra dengan penawaran harga tersebut.

Maka, harga yang ditawarkan untuk setiap fotografer pernikahan di setiap daerah itu akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Yang pasti, kamu dan pasangan harus mempersiapkan terlebih dahulu budget untuk biaya fotografer pernikahan itu, karena dilihat dari banyak faktor yang mempengaruhinya, tidak heran apabila biayanya memang bisa mencapai harga yang tinggi. Nah, untuk mengetahui harga pastinya, kamu bisa meluncur ke halaman direktori vendor fotografer pernikahan.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket