Inspirasi Buket Bunga Pengantin dan Perlunya Menggunakan Buket Bunga - Wedding Market

Inspirasi Buket Bunga Pengantin dan Perlunya Menggunakan Buket Bunga

25 Mar 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 743
Inspirasi Buket Bunga Pengantin dan Perlunya Menggunakan Buket Bunga
Foto: frantic00 on iStock

Buket bunga pengantin adalah ornamen yang tidak bisa dipisahkan dari pesta pernikahan bergaya modern. Kalau kamu mengadpsi adat budaya barat, biasanya akan dilakukan lempar buket bunga oleh mempelai pengantin wanita. Kemudian buket tersebut akan diperebutkan oleh sejumlah tamu undangan dengan harapan bahwa yang mendapatkan bunga tersebut akan segera ‘menyusul’ menjadi pengantin baru.

Bagi yang tidak terlalu memahami dunia pernikahan, mungkin akan beranggapan bahwa semua bunga pengantin adalah sesuatu yang terlihat sama. Padahal kalau kamu cermati, buket bunga pernikahan tersebut bisa memiliki bentuk yang berbeda-beda. Beberpaa tipe buket untuk pengantin yang umum digunakan antara lain adalah bulat, berlapis, menjuntai, dan kontemporer.

Contoh Buket Bunga Pengantin yang Cantik

Kalau kamu masih merasa bingung dengan pemilihan buket bunga pengantin, berikut adalah beberapa jenis buket untuk pernikahan yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Buket Bunga Berbentuk Klasik

Foto: PeopleImages on iStock

Salah satu bentuk bunga untuk pengantin yang cukup populer digunakan adalah klasik. Meskipun memiliki bentuk yang relatif terbilang cukup umum namun bentuk bunga pengantin yang satu ini masih populer dan banyak dipilih sebagai buket bunga oleh para pasangan mempelai pengantin.

Agar terlihat semakin istimewa, Kamu bisa memilih buket bunga yang terdiri dari kombinasi campuran bunga mawar dan lili untuk sehingga memiliki pilihan gradasi warna yang cukup menarik untuk dilihat.

2. Buket Bunga Hand-Tied

Foto: ragıp ufuk vural on iStock

Jenis buket bunga pengantin yang tidak kalah menarik lainnya adalah berbentuk hand-tied. Rangkaian bunga pernikahan yang satu ini bisa memberi kamu keleluasaan untuk bisa menggabungkan aneka jenis dan juga warna bunga serta dedaunan yang terlihat cukup apik dan menarik.

Rangkaian bunga hand-tied ini bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat menarik untuk digunakan sebagai buket bunga untuk para pengantin karena bisa memberikan ornamen pelengkap dekorasi pernikahan yang cukup menawan.

3. Buket Bunga Crescent

Foto: deerpearlflowers.com

Pilihan lain yang bisa kamu pertimbangkan untuk kebutuhan buket bunga pernikahan adalah buket bunga crescent. Buket bunga ini bisa Kamu buat dengan bentuk yang lebih membulat dengan pilihan sisi berbentuk simetris maupun asimetris. Kombinasi buket bunga yang terlihat menarik ini bisa menjadi pilihan yang tepat bila Kamu ingin menghadirkan buket bunga yang menawan.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa membuat buket bunga Crescent yang terlihat minimalis untuk memberikan kesan yang sederhana namun tetap terlihat cukup elegan. Dengan demikian, kamu bisa memiliki lebih banyak alternatif pilihan untuk digunakan sebagai buket bunga untuk keperluan dekorasi pengantin.

4. Buket Bunga dengan Bentuk Single Stem

Foto: chicvintagebrides.com

Rekomendasi pilihan buket bunga pengantin yang bisa kamu pertimbangkan selanjutnya adalah berupa single stem. Buket ini tidak hanya berupa rangkaian bunga, namun buket bergaya single stem juga bisa dijadikan sebagai pilihan referensi untuk buket bunga pernikahan mu yang istimewa.

Pada jenis buket yang satu ini, kamu bisa menambahkan rangkaian pita dan juga tangkai bunga yang menawan. Dengan kombinasi ini, satu tangkai bunga pun akan terlihat begitu manis dan menarik untuk Anda genggam. Bunga yang dipilih pun bisa bervariasi sesuai dengan selera yang kamu inginkan.

5. Buket Bunga dengan Desain Biedermeier


Jika kamu gemar tampil beda, memilih bunga pengantin yang mengusung konsep Biedemeier merupakan pilihan yang sangat menarik. Konsep buket bunga ini mengusung warna yang menyala-nyala sehingga pancaran buket bunga pun terlihat begitu memesona.

Untuk bisa membuat buket bunga yang satu ini, kamu bisa menggunakan beberapa kombinasi bunga seperti mawar dengan lavender dan ataupun juga bunga lili yang cantik dan menawan. Buket bunga yang terdiri dari rangkaian bunga berwarna-warni ini juga cocok bila dikombinasikan dengan gaun pengantin berwarna putih nan cerah menggoda.

Mengapa Pengantin Menggunakan Buket Bunga?

Foto: easyweddings.co.uk

Bunga merupakan ornamen penting yang tidak bisa dilepaskan dari pesta pernikahan. Hampir setiap berlangsungnya upacara pesta pernikahan selalu ada komponen pelengkap berupa hiasan bunga-bunga  yang unik dan juga menarik untuk menambah konsep dekorasi.

Kehadiran buket bunga pengantin juga merupakan komponen yang sangat penting terlebih pada acara pesta pernikahan yang mengusung tema-tema modern. Jenis bunga tangan pengantin juga bisa apa saja, selama segar dan memiliki warna yang cantik.

Terdapat beberapa alasan yang bisa digunakan mengapa penggunaan buket untuk pengantin menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Meski bukan hal yang wajib namun kehadirannya cukup memberikan nuansa yang optimal.

Sebenarnya, alasan mengapa buket bunga ada dalam suatu pesta pernikahan masih belum jelas betul alias masih abu-abu. Namun konon penggunaan buket bunga pada acara pesta pernikahan sudah dimulai sejak zaman Romawi Kuno yang lalu.

Konon, tradisi membawa buket bunga untuk pengantin di Romawi dan Yunani ini dipercaya bisa mengusir roh jahat yang akan mengganggu jalannya pesta pernikahan. Dulunya, bentuk buket bunga yang digunakan pada acara pesta pernikahan Romawi dan Yunani Kuno leboh banyak menggunakan bentuk mahkota bunga.

Tradisi buket bunga yang dipegang oleh mempelai pengantin mulai dipopulerkan oleh Ratu Victoria. Pada saat itu, ia melakukan ‘revolusi’ dari penggunaan buket mahkota bunga menjadi buket bunga yang bisa dipegang.

Pemilihan jenis bunga untuk pernikahan yang digunakan pun ada banyak ragam. Seluruhnya diyakini membawa harapan dan kebaikan juga keindahan pada acara pesta pernikahan. Hingga kini, tradisi membawa buket bunga saat pernikahan masih terus banyak digunakan oleh para pasangan mempelai.

Meskipun alasan sebenarnya dari penggunaan buket bunga pengantin ini masih terbilang cukup abu-abu, beberapa manfaat berikut bisa dijadikan sebagai landasan mengapa kamu perlu menggunakan tambahan buket bunga untuk pesta pernikahan.

  • Membuat Pesta Pernikahan Menjadi Lebih Unik

Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan buket pengantin pada suatu pesta pernikahan akan bisa membuat rangkaian acara tersebut menjadi terlihat lebih unik dan juga menarik. Pernikahan yang kamu gelar akan terlihat ‘berbeda’ bila dibandingkan dengan konsep pesta pada umumnya karena kamu bisa memiliki sesi melempar bunga tangan pengantin kepada para tamu undangan. Tentu hal ini bisa menambah keseruan dalam rangkaian acara pesta pernikahan yang digelar.

  • Mempercantik Tampilan Gaun Pengantin yang Kamu Gunakan

Penggunaan buket bunga pada acara pesta pernikahan juga bisa digunakan untuk mempercantik penampilan mu ketika menggunakan gaun pengantin. Saat ini sudah semakin banyak model dan varian jenis buket bunga yang bisa ditemukan. Hal ini bisa kamu sesuaikan dengan kondisi atau desain dari gaun pengantin yang kamu kenakan sehingga bisa membuat penampilan mu menjadi semakin istimewa nan memesona.

Pemilihan model dan warna buket bunga yang tepat akan bisa memberikan penampilan yang semakin maksimal. Kamu bisa terlihat semakin anggun dalam balutan gaun pengantin modern yang dipadukan dengan buket bunga dengan warna senada.

Itulah ulasan mengenai beberapa contoh model buket bunga pengantin yang perlu kamu ketahui. Berbekal dengan beberapa contoh model buket yang telah disampaikan di atas, kamu tidak perlu bingung lagi kalau ingin memilih aneka jenis desain buket untuk kebutuhan pesta pernikahan mu yang istimewa.

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


Hubungi Kami!
Chat Us