Pilih Kategori Artikel

Rangkaian Bunga Pernikahan, Seberapa Perlu untuk Dekorasi Pernikahan?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Rangkaian bunga pernikahan menjadi salah satu bagian yang cukup penting dalam penyelenggaraan sebuah acara pernikahan. Hampir setiap acara pernikahan sering menggunakan bunga sebagai hiasan baik untuk pengantinnya itu sendiri maupun untuk hiasan di tempat penyelenggaraan acara pernikahan. 

Setiap jenis dekorasi sering menggunakan berbagai ragam bunga pernikahan yang ada di dalam maupun di luar negeri. Bunga tersebut akan dirangkai menggunakan berbagai peralatan baik secara manual maupun menggunakan alat khusus. Cara tersebut akan menghasilkan rangkaian yang sangat cantik sehingga akan mendukung sebuah acara pernikahan. 

Beberapa orang yang sering mengadakan acara pernikahan yang sederhana saja tanpa riasan atau dekorasi apapun. Bagi sebagiannya lagi dekorasi sangat penting dan jika tidak di hadirkan suasana pernikahan akan kurang lengkap. Dekorasi yang digunakan sebenarnya bisa dengan memilih yang cukup sederhana dan sedikit saja. 

Akan tetapi, kehadiran rangkaian bunga pernikahan pada dasarnya sangat diperlukan. Terdapat berbagai alasan yang mendasar mengapa bunga tersebut sangat diperlukan untuk sebuah acara pernikahan. Acara yang digelar biasanya akan lebih berkesan dan berbeda dari acara biasa. walaupun tidak bersifat wajib namun hal tersebut nampaknya sangat diperlukan. 

1. Mempercantik Ruangan 

Terkadang ruangan yang digunakan untuk menyelenggarakan acara pernikahan tidak begitu bersih atau rapi sehingga dekorasi yang baik akan menutupi hal tersebut. Contohnya saja jika dilaksanakan di dalam rumah maka keadaan dinding rumah yang tidak selamanya bersih dan rapi akan tertutupi oleh rangkaian bunga tersebut. 

Dengan dipadukan bersama kain atau sejenisnya maka ruangan tersebut akan disulap menjadi tempat yang sangat berbeda. Rangkaian bunga pernikahan ini bisa menjadi bagian dekorasi untuk memperindah bagian dinding atau rumah yang rasanya kurang baik untuk dilihat banyak orang. Rangkaian bunga yang digunakan bisa disesuaikan. 

Jika diselenggarakan di sebuah gedung besar maka gedung tersebut akan kurang menarik terlebih ukurannya sangat besar. Dengan menambahkan rangkaian bunga tadi maka gedung tersebut akan lebih menarik dan tidak datar saja. Kamu bisa menambahkan beberapa hiasan lainnya untuk membuat rangkaian bunga tadi lebih menarik dan cocok ditempatkan di sebuah gedung. 

Jika diselenggarakan di luar ruangan rangkaian bunga pernikahan juga bisa menjadi sebuah tanda sedang dilangsungkannya sebuah acara pernikahan. Bisa kamu bayangkan jika sebuah tempat untuk pernikahan di luar ruangan tanpa adanya rangkaian bunga. Maka acara pernikahan akan nampak sepi dan mungkin siapa saja bisa masuk sesuka hati. 

2. Memiliki Makna Tersendiri 

wm_article_img
Foto: Hails Marie Photography

Setiap bunga yang digunakan dalam acara pernikahan memiliki makna masing-masing. itulah mengapa rangkaian bunga sering digunakan pada acara pernikahan karena memiliki makna tersembunyi dibalik penggunaannya. Misalnya bunga melati melambangkan kesucian dan ketulusan. 

Hal ini bisa menjadi harapan dan keinginan bagi kedua pengantin agar memiliki rasa cinta yang tulus dan suci bagi pasangannya masing-masing. Rangkaian bunga pernikahan tersebut akan menjadikan sebuah pernikahan menjadi simbol kesucian dan ketulusan dari semua orang yang terlibat. Hal ini tentu saja menambah kesakralan dari acara pernikahan. 

Adapula bunga mawar merah yang melambangkan rasa cinta yang menggebu gebu dari kedua pasangan pengantin ini. Rangkaian bunga mawar merah bisa melambangkan perasaan yang sedang dirasakan oleh kedua mempelai. Setiap orang yang hadir juga bisa merasakan apa yang dirasakan oleh kedua pengantin melalui rangkaian bunga tadi. 

Untuk mencerminkan setiap makna didalamnya rangkaian bunga tersebut bisa berupa buket maupun rangkaian bunga untuk dekorasi di area pernikahan. Namun apapun jenis hiasannya setiap makna di dalamnya tidak akan hilang atau luntur karena digunakan untuk acara pernikahan. Rangkaian bunga pernikahan menjadi cukup penting untuk membuat acara pernikahan lebih bermakna. 

3. Menambah Meriah Acara 

Penggunaan bunga tersebut juga bisa menambah kemeriahan dari acara yang diselenggarakan. Bisa kamu bayangkan jika suatu acara pernikahan dengan urutan acara yang cukup banyak terutama acara hiburan namun tidak memiliki dekorasi apapun. Hal ini tentu akan membuat acara tersebut terlalu monoton dan biasa saja. 

Bahkan acara tersebut bisa saja tidak dianggap sebagai acara pernikahan karena acara lain juga bisa saja mengadakan urutan acara yang hampir sama dengan acara pernikahan tersebut. Dengan begitu kamu bisa menyelenggarakan acara dengan cukup meriah dan tidak terlupakan. Tentunya kamu akan menjadi pasangan pengantin yang sangat berkesan. 

Rangkaian bunga pernikahan akan menjadi momen yang tak terlupakan dan sangat indah jika disertai dengan dekorasi berupa sekumpulan bunga yang dirangkai sangat cantik. Jika kamu ingin menyelenggarakan acara yang cukup mewah rasanya jika tidak menggunakan bunga akan menjadi acara yang biasa saja. 

Saat ini prosesi lempar buket bunga pernikahan juga menjadi salah satu rangkaian acara wajib pada beberapa pernikahan. Untuk prosesi ini tentunya diperlukan rangkaian bunga berupa buket untuk bisa dilempar kepada tamu undangan yang hadir dalam rangka memeriahkan acara. Jika tidak ada bunga tersebut maka acara lempar bunga tidak bisa disebut acara lempar bunga bukan? 

4. Pembeda dengan Acara Lainnya 

wm_article_img
Foto: Lace and Lilies from Wedding Wire

Salah satu hal yang bisa membedakan acara pernikahan dengan acara biasa ialah adanya dekorasi yang terdiri dari berbagai jenis bunga. Bunga tersebut akan dirangkai sedemikian rupa sehingga bisa menjadi bagian dari dekorasi untuk merubah sebuah ruangan agar lebih cantik. Ruangan tersebut bisa lebih indah dengan menggunakan rangkaian bunga. 

Sebuah acara pernikahan bisa dibedakan dengan acara lainnya dilihat dari dekorasinya. Acara seminar pastinya tidak akan menggunakan dekorasi bunga sebanyak pemakaian bunga untuk acara pernikahan. Jadi, penggunaan rangkaian bunga pernikahan dapat membuat acara pernikahan bisa dibedakan dengan jenis acara lainnya.  

Kamu bisa mendapatkan momen pernikahan yang sangat sakral dan menyenangkan dengan kehadiran bunga-bunga tersebut. Acara biasa tidak akan menggunakan dekorasi berupa bunga-bunga karena memang bukan peruntukannya. Lain halnya dengan acara pernikahan yang akan sangat sesuai dengan menggunakan dekorasi berupa bunga. 

Pastikan kamu memilih rangkaian bunga yang tepat untuk bisa dijadikan dekorasi pada acara pernikahan sehingga orang yang tidak mengetahuinya bisa membedakan acara tersebut dengan acara lainnya. Kamu juga bisa ketahui ide buket bunga pernikahan yang akan mempercantik acara bahagia kamu.

5. Menyesuaikan dengan Pakaian Pengantin

Jika pasangan pengantin sudah menggunakan pakaian atau gaun khusus pengantin maka dekorasi di sekitarnya pun harus didukung dengan properti yang tepat. Penggunaan rangkaian pernikahan bisa menyesuaikan dan mengimbangi penggunaan gaun pengantin. Apalagi jika gaun yang digunakan cukup mewah dan eksklusif. 

Kurang lengkap rasanya jika tidak menggunakan hiasan di sekitarnya jika pengantin menggunakan gaun yang cukup mewah. Itulah mengapa rangkaian bunga sangat perlu untuk mengimbangi pakaian pengantin yang digunakan. 

Beberapa alasan diatas perlu kamu pertimbangkan lagi saat ingin menggunakan dekorasi berupa rangkaian bunga pernikahan pada acara yang akan kamu selenggarakan. Kamu bisa menggunakan rangkaian bunga tadi dengan menggunakan alasan yang cukup dasar seperti yang sudah dijelaskan tadi. Bisa juga dengan adanya papan bunga pernikahan. Kamu bisa mewujudkan acara pernikahan yang berkesan dan tak terlupakan. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...