Cara Membuat Dekorasi Pelaminan Dari Styrofoam Untuk Pemula

23 Feb 2021 | By Ravica WeddingMarket | Viewers: 234
Cara Membuat Dekorasi Pelaminan Dari Styrofoam Untuk Pemula
Foto: IndoDekorasi

Sebuah pesta pernikahan rasanya kurang lengkap tanpa adanya hiasan dekorasi yang menarik. Dekorasi pernikahan dapat memperindah ruangan, sehingga para tamu akan terkesan dengan pesta yang kita adakan. Salah satu bahan yang sering digunakan untuk dekorasi adalah gabus atau styrofoam. Ada banyak cara membuat dekorasi pelaminan dari styrofoam. 

Dekorasi dari styrofoam atau gabus memang sedang populer, bahkan banyak orang yang mencarinya di berbagai media digital, salah satunya internet. Sekarang gabus sudah bisa dibentuk dengan mudah sehingga bisa di buat dekorasi yang sesuai dengan keinginan kamu, termasuk untuk pelaminan.

Ada banyak jenis motif styrofoam yang biasa digunakan untuk pelaminan. Di antaranya ada ukiran berbentuk bunga yang pastinya sangat cocok untuk pernikahan, ada juga motif tulisan yang biasa digunakan untuk pelaminan pertunangan. Sebab, terdapat banyak contoh tulisan menarik yang bisa digunakan untuk pelaminan.

Agar lebih menghemat pengeluaran, tidak ada salahnya untuk membuat hiasan pelaminan sendiri. Dengan begitu kamu bisa membuat hiasan sesuai dengan yang kamu mau. Untuk kamu yang pemula mungkin akan sulit untuk memotong gabus ini karena sifatnya yang mudah rapuh, sehingga kadang hasilnya tidak merata. Namun bagi kamu yang ingin mencoba, berikut ini ada beberapa cara mudah membuat dekorasi pelaminan sederhana dari styrofoam:

Pemilihan Bahan

Foto: b-foam.com

Kualitas bahan akan berpengaruh pada hasil dekorasi pelaminan indoor tersebut. Untuk itu pilihlah bahan styrofoam yang tepat untuk dekorasi pelaminan. Jenis gabus yang biasa digunakan untuk dekorasi adalah yang berjenis lembaran. Jenis ini lebih mudah dibuat ukiran sesuai dengan yang diinginkan.

Pilih ketebalan yang sesuai, jangan terlalu tipis karena styrofoam mudah rapuh. Pilih juga permukaan styrofoam yang halus. Namun bila terdapat pori-pori, kamu bisa memperbaikinya dengan mendempulkannya menggunakan alat khusus yang membuat styrofoam lebih kuat. Setelah melakukan pendempulan, nantinya permukaan gabus bisa di cat dengan mudah, sesuai dengan tema pernikahanmu.

Pilih motif desain

Foto: IndoDekorasi

Ada beberapa jenis desain dekorasi yang biasa digunakan. Pertama ada desain ukiran yang paling banyak digunakan yaitu ukiran bunga. Ukiran tersebut dapat membuat pelaminanmu terkesan lebih mewah dan menjadikan dekorasi pelaminan minimalis. Selain itu, kamu juga bisa memilih hiasan dalam bentuk tulisan, baik itu hanya inisial ataupun nama kamu berdua. Bisa dibuat dengan nama kamu juga. Pilih gaya tulisan yang bagus dan cocok untuk sebuah pernikahan untuk mempercantik pelaminanmu.

Cara Memotong yang Benar

Untuk pemula mungkin akan kesulitan dalam memotong styrofoam. Terlihat sederhana, padahal butuh teknik yang teliti dalam memotong gabus. Selain pisau, ada beberapa alat yang bisa kamu gunakan untuk memotong gabus.

Foto: Howto.org

Pertama, gunakan pisau runcing yang biasa digunakan untuk kerajinan tangan. Pisau yang satu ini biasanya digunakan untuk memotong gabus yang tipis dan kecil. namun tidak disarankan untuk memotong gabus yang tebalnya 2,5 cm. Bila dipaksakan, bentuk gabus akan menjadi tidak rata. 

Pilihan kedua, kamu bisa menggunakan gergaji tangan. Memotong gabus dengan menggunakan alat yang satu ini dapat menghasilkan potongan yang lurus. Namun disarankan tidak menggunakan gergaji pada bilah yang lentur, karena akan mudah goyang sehingga hasilnya tidak merata dan dapat membahayakan tangan.

Alat pemotong yang ketiga, bisa menggunakan gergaji listrik. Seperti yang diketahui ada banyak jenis gergaji listrik yang bisa kita temukan. Power saw merupakan salah satu jenis gergaji listrik yang cocok untuk memotong gabus yang besar dan tebal.  Namun sebelumnya kamu harus memakai kacamata pengaman agar debu yang keluar tidak mengganggu kesehatan mata kamu.

Keempat, kamu dapat memotong gabus dengan menggunakan kawat panas. Alat ini biasanya dijual di berbagai toko kerajinan atau perkakas rumah. Sistem kerja pada alat ini adalah melelehkan gabus dengan kawat yang dipanaskan sehingga menghasilkan ujung potongan yang halus. Namun berhati-hatilah saat menggunakannya, karena panas sekali, sehingga beresiko terkena luka bakar. 

Finishing

Setelah gabus dibuat sesuai dengan yang diinginkan, ada beberapa langkah terakhir yang harus kamu lakukan. Untuk permukaan yang kasar kamu bisa menggosok area kasar dengan gabus sintetis yang lain. Dengan begitu gabus bisa langsung di cat. Pemilihan warna yang sesuai tema akan sangat bagus. Namun bagi kamu yang bingung, pemilihan warna yang netral bisa menjadi pilihan karena mudah dipadukan dengan tema apapun.

Itulah beberapa tips cara membuat dekorasi pelaminan dari styrofoam. Dengan membaca tips mudah di atas diharapkan kamu dapat membuat dekorasi yang mewah dengan biaya yang tidak mahal, sehingga dapat menghemat biaya pernikahan. Untuk melakukan hal ini dibutuhkan keahlian dalam bidang seni yang mumpuni. Sebab, bagaimanapun juga hiasan dapat menentukan sebuah pesta yang meriah.

Tidak hanya itu, dekorasi dari sebuah ruangan juga menunjukan karakter kita. Maka dari itu akan sangat bagus jika dekorasi pelaminan di rumah dibuat berdasarkan karakter kamu sendiri, sehingga membuat acara pernikahan lebih terkesan. 


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket