Pilih Kategori Artikel

Cara Memilih Kebaya Pernikahan, Elegan dan Tetap Nyaman
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Sebagai pakaian tradisional yang sering ditemui di banyak wilayah di Indonesia, kebaya sering dikenakan untuk acara istimewa. Salah satunya adalah untuk pernikahan. Pasalnya, pakaian yang satu ini akan membuat si pemakainya lebih anggun dan elegan, apalagi ada begitu banyak pilihan model dan warna yang bisa disesuaikan dengan keinginan. 

Bahan yang digunakan untuk membuat baju yang satu ini pun juga beragam. Oleh sebab itulah, sering kali calon pengantin justru dibuat bingung saat akan memilih kebaya untuk acara pernikahannya. Acara resepsi pernikahan ini biasanya digelar seharian sehingga selain enak dipandang, kebaya sebaiknya juga nyaman. 

Jika kamu masih bingung juga seperti apa cara memilih kebaya yang elegan, tapi tetap nyaman seharian, simak beberapa tipsnya berikut ini!

1. Sesuaikan dengan tema pernikahan

wm_article_img
Kebaya pengantin Jawa: Griya Aristy

Sebelum memilih kebaya pernikahan, kamu perlu memperhatikan tema pernikahan yang akan diadakan. Jika tema pernikahan benar-benar kental tradisional dengan berbagai prosesinya, kebaya pernikahan klasik dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Jangan lupa juga untuk memastikan tentang model kebaya dan aksesori apa saja yang menjadi pakem dalam pernikahan adat tertentu. Misalnya, pernikahan adat Solo dengan busana Solo Putri memiliki pakem kebaya dari bahan beludru dan motif emas. Adat lain mungkin juga memiliki pakem yang berbeda.

Jika tema pernikahan lebih modern, mungkin pilihan busana seperti kebaya yang sudah dimodifikasi menjadi mirip gaun akan lebih sesuai. Pastikan kebaya yang dipilih sesuai dengan tema pernikahan untuk menciptakan kesan yang harmonis dan indah.

2. Pilih model kebaya yang sesuai dengan bentuk tubuh

wm_article_img
Kebaya pengantin: Griya Aristy

Memilih model kebaya yang tepat dapat membuatmu terlihat lebih cantik dan mempesona. Pertimbangkan bentuk tubuh saat memilih model kebaya pernikahan. Jika kamu memiliki tubuh yang kurus dan langsing, kebaya dengan potongan lurus atau fit and flare dapat menambahkan dimensi dan kurva pada tubuhmu. Namun, jika kamu memiliki tubuh yang berisi, kebaya dengan potongan a-line atau empire dapat membantu menyembunyikan bagian-bagian tubuh yang ingin disembunyikan.

Berikut ini cara memilih model kebaya sesuai bentuk tubuh secara lebih detail:

  • Bentuk tubuh pear (bahu kecil, pinggul lebar)

Pilihlah kebaya dengan bahan yang ringan dan mengalir serta perhatikan proporsi bagian atas dan bawah tubuhmu. Gunakan kebaya dengan detail di bagian atas seperti aplikasi renda, brokat, atau payet untuk menarik perhatian ke bagian atas tubuh.

  • Bentuk tubuh apple (bahu dan pinggang sama lebar, pinggul kecil)

Pilihlah kebaya dengan potongan yang longgar di area pinggang dan perhatikan detail bagian bawah kebaya. Hindari menggunakan kebaya dengan ruffle atau detail yang terlalu banyak di area pinggang.

wm_article_img
Kebaya pengantin: Dinda Firdausa

  • Bentuk tubuh hourglass (bahu dan pinggul lebar, pinggang ramping)

Pilihlah kebaya dengan potongan yang mengikuti bentuk tubuh dan hindari kebaya yang terlalu longgar atau terlalu ketat di area pinggang. Kebaya dengan potongan yang sederhana dan minimalis dapat membuat tubuhmu terlihat lebih elegan.

  • Bentuk tubuh rectangular (bahu, pinggang, dan pinggul sejajar)

Pilihlah kebaya dengan detail di bagian bahu dan pinggul, seperti motif bordir atau renda. Gunakan kebaya dengan aksen sabuk atau potongan yang memberikan efek curvy pada tubuhmu.

  • Bentuk tubuh inverted triangle (bahu lebar, pinggul kecil)

Pilihlah kebaya dengan detail di bagian bawah kebaya seperti ruffle atau aksen hiasan. Hindari kebaya dengan detail di bagian atas atau bahu yang terlalu mencolok.

3. Pilih bahan yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca

wm_article_img
Kebaya pengantin: Chandra Roemah Manten

Kebaya pernikahan umumnya dibuat dari bahan, seperti brokat, sutra, atau tenun. Pilih bahan kebaya yang nyaman digunakan dan sesuai dengan kondisi cuaca pada hari pernikahan. Jika acara pernikahan diadakan di luar ruangan dan cuaca panas, pilihlah kebaya dengan bahan yang ringan dan membuat tubuhmu bisa bernapas, seperti katun atau organza. Namun, jika acara pernikahan diadakan di dalam ruangan dengan AC, kamu bisa memilih kebaya dengan bahan yang lebih tebal seperti brokat atau sutra.

4. Sesuaikan dengan aksesori dan perhiasan

wm_article_img
Kebaya pengantin: Chandra Roemah Manten

Kebaya pernikahan dapat dipadukan dengan aksesori dan perhiasan seperti anting, kalung, gelang. Pilih aksesori dan perhiasan yang sesuai dengan kebaya dan tema pernikahan. Jangan terlalu banyak memadukan aksesori dan perhiasan agar tidak membuat tampilanmu terlihat berlebihan, ya.

5. Pilih warna yang sesuai

wm_article_img
Kebaya pengantin: Beblooms Wedding

Memilih kebaya yang sesuai dengan warna kulit adalah salah satu kunci untuk tampil cantik dan memesona. Warna kebaya yang tepat dapat membuat kulitmu terlihat lebih cerah, segar, dan menonjolkan keindahan alami kulitmu. 

Namun, memilih kebaya sesuai dengan warna kulit bukanlah tugas yang mudah. Terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan seperti warna rambut, warna mata, dan bahkan warna lipstik yang dipulaskan di bibir. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih kebaya sesuai dengan warna kulitmu.

  • Kenali warna kulitmu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengenali warna kulitmu sendiri. Warna kulit dapat dibagi menjadi beberapa kategori seperti cerah, kuning langsat, sawo matang, cokelat, dan gelap. Kulit yang cerah cenderung lebih mudah untuk dipadukan dengan warna-warna yang terang, sementara jika kamu memiliki kulit yang lebih gelap, kamu dapat memilih warna yang lebih bold dan kontras.

  • Padukan warna kebaya dengan warna rambut

Warna rambut juga memainkan peran penting dalam memilih kebaya yang sesuai dengan warna kulitmu. Jika kamu memiliki rambut berwarna gelap, pilihlah kebaya dengan warna yang kontras seperti merah, hijau, atau ungu. Sedangkan jika kamu mengecat rambut berwarna terang seperti blonde, pilihlah kebaya dengan warna-warna pastel seperti pink, ungu muda, atau hijau mint.

wm_article_img
Kebaya pengantin: Lyly Wedding

  • Perhatikan warna mata dan bibir

Warna mata dan bibirmu juga dapat menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kebaya yang sesuai dengan warna kulitmu. Jika kamu memiliki warna mata atau memilih mengenakan softlens yang berwarna hijau atau biru, pilihlah kebaya dengan warna yang cocok seperti hijau atau ungu. Jika bibir kamu berwarna pink, pilihlah kebaya dengan warna-warna yang senada seperti pink atau merah muda.

  • Hindari warna yang terlalu kontras atau terlalu terang

Meskipun warna yang kontras dan terang dapat menambahkan gaya dan keunikan pada kebayamu, warna tersebut tidak selalu cocok dengan warna kulitmu. Jika kamu memiliki kulit yang kuning langsat atau sawo matang, hindari warna-warna terlalu terang seperti kuning atau oranye karena akan membuat kulitmu terlihat lebih gelap. Jika kamu memiliki kulit yang gelap, hindari warna-warna terlalu terang seperti putih atau kuning karena akan membuat kulit terlihat kusam.

wm_article_img
Kebaya pengantin: Dinda Firdausa

  • Coba banyak warna kebaya

Cobalah beberapa warna kebaya sebelum kamu memutuskan untuk mengenakannya di hari istimewa. Kamu dapat mencoba kebaya dengan warna yang berbeda dan melihat mana yang cocok dan terlihat paling cantik pada kulitmu. Jika kamu masih merasa bingung, tanyakan pada teman atau keluarga untuk pendapat mereka.

  • Pilihlah warna kebaya yang membuatmu merasa nyaman dan percaya diri

Yang terpenting adalah memilih kebaya yang bisa membuatmu merasa nyaman saat mengenakannya. Pilih juga warna-warna yang membuatmu lebih percaya diri karena sebagus apapun kebaya yang dipilih, jika kamu sendiri tidak sreg, tampilanmu juga akan menjadi kurang maksimal.

Dalam memilih kebaya pernikahan, model yang cantik bukanlah satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan. Memilih model yang bagus mungkin akan terlihat bagus juga di foto, tapi kenyamanan juga harus menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan agar auramu bisa lebih keluar saat menjadi ratu seharian.

Kamu juga bisa menemukan berbagai kebaya pengantin cantik dari desainer terbaik di WeddingMarket store, baik kebaya klasik hingga kebaya modern yang elegan dan nyaman. Semoga kamu dapat menemukan kebaya impianmu ya!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...