Cara Menghitung Biaya Catering Pernikahan dan Tips Pemilihan Menunya

12 Aug 2020 | By Wedding Market | Viewers: 167
Cara Menghitung Biaya Catering Pernikahan dan Tips Pemilihan Menunya
Foto: Le Plato

Pernikahan impian tentulah memiliki biaya yang tidak sedikit, mulai dari venue, dekorasi hingga catering. Khusus untuk catering, kamu perlu mengetahui cara menghitung biaya catering pernikahan yang tepat agar tidak memakan biaya yang terlalu besar.

Melangsungkan sebuah pernikahan impian tentu menjadi keinginan hampir semua orang di dunia. Salah satu alasannya adalah karena banyak orang yang berharap pernikahan hanya dilakukan satu kali dalam seumur hidup. 

Untuk bisa mewujudkannya, sebagian besar dari mereka melakukan berbagai persiapan secara maksimal. Salah satunya adalah dengan memperhitungkan biaya untuk catering pernikahan. Jika kamu ingin mempersiapkan kebutuhan pernikahan termasuk catering tanpa bantuan WO, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini. 

1. Persiapkan Limit Anggaran untuk Catering

Sebelum memulai cara menghitung biaya catering pernikahan, kamu harus bisa memperhitungkan limit anggaran untuk catering-nya terlebih dahulu. Kamu tentunya menginginkan sebuah acara pernikahan yang paling berkesan. 

Untuk bisa mewujudkannya, lakukan persiapan secara maksimal yang sudah seharusnya dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Salah satu tujuannya adalah agar tidak terjadi pembengkakan biaya yang disebabkan oleh ketidaksesuaian biaya yang dikeluarkan dengan limit anggaran yang sebelumnya sudah direncanakan. 

Mempersiapkan limit anggaran untuk catering dengan cara membatasi jumlah tamu yang akan diundang menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai penghitungan biaya catering. Hindari melakukan penyebaran undangan melalui media sosial karena akan menyebabkan estimasi tamu undangan tidak dapat ditebak. 

Berbeda jika kamu melakukan penyebaran undangan secara resmi. Kamu akan dengan mudah memperkirakan jumlah tamu yang akan datang. Cara menghitung biaya catering pernikahan yang paling aman adalah dengan mengalikan dua jumlah tamu undangan yang sebelumnya sudah dihitung. 

Jika kamu mengundang 500 tamu undangan maka kamu harus mempersiapkan konsumsi atau catering untuk 1000 tamu undangan. Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa biasanya 1 tamu undangan datang bersama satu pasangannya. Karena hal inilah penghitungan biaya catering dengan mengalikan dua jumlah tamu undangan adalah cara yang sangat penting untuk kamu lakukan. 

2. Perhitungkan dengan Panitia dan Keluarga

Setelah melakukan perhitungan biaya catering untuk tamu, cara menghitung biaya catering pernikahan yang selanjutnya adalah dengan menambahkan biaya untuk panitia dan keluarga. Lakukan penghitungan jumlah keluarga dan panitia yang akan membantu dalam acara pernikahan.

Setelah mendapatkan jumlah pastinya, kamu harus melakukan penghitungan yang sudah dikalikan dengan tiga. Singkatnya, selama pesta pernikahan berlangsung keluarga dan panitia yang membantu acara pernikahanmu akan sebanyak 3 kali. Dengan cara ini, terjadinya kekurangan porsi catering dalam acara pernikahanmu bisa dihindari. 

3. Lakukan Penghitungan Faktor Ketidakhadiran

Dengan melakukan penghitungan faktor ketidakhadiran kamu dapat menekan jumlah pengeluaran biaya catering pernikahan. Perhitungan faktor ketidakhadiran tamu undangan ini bisa dihitung 10 sampai 15 persen. Namun, kebanyakan orang menggunakan perhitungan faktor ketidakhadiran 10 persen. 

Contoh cara menghitung biaya catering pernikahan ini adalah jika kamu mengundang 500 undangan maka catering yang dipesan adalah 1000 porsi. Jumlah keluarga dan panitia 200 dikali tiga menjadi 600 porsi catering. Total keseluruhannya adalah 1600 porsi. 

Untuk menghitung jumlah faktor ketidakhadiran kalikan 1600 dengan 10 persen, yaitu 160. Setelah menghitung faktor ketidakhadiran, lakukan pengurangan jumlah keseluruhan dengan hasil penghitungan faktor ketidakhadiran, yaitu 1600 - 160 = 1440. Dan jumlah catering yang harus kamu pesan adalah sebanyak 1440 porsi. 

4. Lakukan Pertimbangan Faktor Stall dan Buffet

Sebelum melakukan cara menghitung biaya catering pernikahan , kamu mungkin mendengar istilah stall dan buffet. Perlu di ketahui, stall merupakan sistem catering pernikahan yang menggunakan pondokan kecil yang biasanya berisi sajian makanan tunggal dan hidangan ringan. Sedangkan buffet merupakan sistem catering pernikahan yang menyajikan menu dalam jumlah besar yang sudah disesuaikan dengan jumlah tamu. 

Berdasarkan hasil riset, tamu undangan lebih menyukai sistem catering stall ketimbang sistem buffet. Sistem catering stall ini lebih diminati pada sistem makan prasmanan. Karena hal tersebut, perhitungan faktor stall dan buffet penting untuk kamu lakukan saat memperhitungkan biaya catering untuk pernikahan. 

Itulah beberapa cara menghitung biaya catering pernikahan. Selain jumlah tamu undangan, menu catering yang dipilih juga akan sangat berpengaruh terhadap biaya catering yang harus dikeluarkan. 

Tips Memilih Menu Catering Pernikahan

Cara Menghitung Biaya Catering Pernikahan dan Tips Pemilihan Menunya

Tentu, kamu akan memilih menu catering pernikahan terbaik karena kamu tentunya ingin membuat tamu undangan merasa terkesan dengan acara pernikahanmu. Untuk mendapatkan menu catering yang tepat, kamu bisa melakukan tips memilih menu catering berikut ini. 

1. Sesuaikan dengan Anggaran

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan mengenai cara menghitung biaya catering pernikahan di atas, kamu diharuskan untuk melakukan perhitungan anggaran biaya untuk catering dengan cara menghitung jumlah keluarga, panitia dan tamu undangan. Setelah melakukan penghitungan tersebut kamu tentu harus menentukan menu catering yang akan disajikan pada acara pernikahanmu. 

Jika sebelumnya kamu sudah merencanakan jumlah biaya yang akan dikeluarkan untuk catering, dalam pemilihan menu kamu tentunya harus menyesuaikan dengan rencana anggaran catering yang sudah sebelumnya kamu perhitungkan. 

Hidangan mewah dan mahal tidak menjadi penentu berkesan atau tidaknya acara pernikahanmu. Yang harus kamu perhatikan dalam pemilihan menu catering hanyalah kesesuaian pilihan menu tersebut dengan anggaran dan selera para tamu undanganmu. 

2. Hidangkan Menu Khas Daerah

Jika kamu melakukan cara menghitung biaya catering pernikahan untuk menu khas daerah, tentu tidak ada salahnya jika kamu menggunakan menu tersebut di acara pernikahanmu. Pemilihan hidangan khas daerah menjadi nilai tambah untuk acara pernikahan. Pemilihan menu khas daerah untuk acara pernikahan juga akan membantu membesarkan ciri khas daerahmu. 

3. Sesuaikan dengan Tema Pernikahan

Cara ini tentu penting untuk dilakukan agar pernikahan impian dapat kamu mewujudkan. jika menggunakan konsep modern maka pilihlah menu catering yang sesuai dengan konsep tersebut. Namun jika acara pernikahan mu menggunakan konsep adat atau daerah maka kamu tentu harus memilih menu catering khas daerah.

Meskipun sebenarnya acara pernikahan bukanlah untuk penilaian orang lain, tidak ada salahnya  jika kamu berusaha untuk menciptakan pernikahan yang selaras dan sesuai konsep agar kamu merasa terkesan dengan acara pernikahanmu sendiri. 

4. Pilih Makanan yang Halal

Selain melakukan cara menghitung biaya catering pernikahan dan memilih menu makanan sesuai dengan tema, memastikan menu yang dipilih merupakan makanan yang halal tentu menjadi hal yang penting untuk kamu lakukan. Kamu tentu saja mengadakan sebuah acara pernikahan yang sifatnya umum.

Pemilihan hidangan yang halal akan memberikan rasa nyaman bagi tamu undanganmu yang beragama Islam. Ini menjadi hal yang harus kamu lakukan, meskipun kamu tidak beragama islam. Untuk bisa mendapatkan menu catering yang halal, kamu bisa berkonsultasi dengan vendor catering yang kamu pilih. 

5. Pilih Menu yang Bervariatif

Menu yang bervariatif menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar tamu undanganmu tidak merasa bosan saat menghadiri acara pernikahanmu. Tips yang satu ini terbilang jarang diperhatikan. Namun, Sebagian besar orang yang melakukan tips tersebut merasakan dampak yang sangat luar biasa, dimana mereka mampu mendapatkan kesan yang cukup baik dari para tamu undangannya. 

Demikianlah ulasan mengenai cara menghitung biaya catering pernikahan berikut dengan tips pemilihan menu sajiannya. Pastikan kamu melakukan perencanaan secara maksimal agar acara pernikahanmu berlangsung dengan lancar. Semoga bermanfaat!

Setelah kamu mengetahui cara menghitung biaya, sekarang saatnya kamu menentukan vendor catering pernikahan mana yang akan jadi pilihanmu. Yuk temukan di WeddingMarket!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket