Pilih Kategori Artikel

Perhatikan Cara Menghitung Porsi Catering Ini Saat Kamu Menyiapkan Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Mempersiapkan pernikahan memang menguras banyak tenaga, bahkan menguras banyak biaya juga bila kamu tidak pintar-pintar mengelolanya. Kamu perlu mengetahui dengan baik bagaimana cara memilih venue yang tepat hingga cara menghitung porsi catering pernikahan yang pas agar pernikahanmu tetap on budget

Pernikahan merupakan salah satu hal yang didambakan oleh setiap orang. Pernikahan merupakan awal perubahan hidup yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Pentingnya perhelatan besar ini membuat semua orang mempersiapkan perhelatan pernikahan dari jauh-jauh hari hingga beberapa tahun sebelumnya. Perhelatan pernikahan yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup tentu membuat semua orang ingin memiliki perhelatan pernikahan yang spesial. Dalam menyusun rencana acara pernikahan, banyak hal yang harus direncanakan.

Berbagai pernak-pernik pernikahan juga wajib di rencanakan dengan matang agar perhelatan pernikahan berjalan dengan lancar. Mulai dari gaun pernikahan, dekorasi ruangan, aksesoris pernikahan, hingga catering yang digunakan harus dalam perhelatan pernikahan tersebut. Persiapan yang harus dilakukan berkaitan dengan aspek-aspek tersebut diantaranya cara menghitung porsi catering yang tepat, hingga menggunakan penyedia jasa atau vendor pernikahan yang tepat. Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa mempersiapkan seluruh aspek dengan benar dan memuaskan.

Setiap aspek juga membutuhkan pertimbangan yang matang agar tidak salah mengambil keputusan. Salah satu proses pemilihan yang membutuhkan waktu lama adalah pemilihan gaun pernikahan. Untuk mendapatkan gaun pernikahan yang sesuai dengan keinginan, calon pengantin harus memilih vendor yang berkualitas serta memilih dan mencoba beberapa gaun pengantin untuk dijadikan perbandingan.

Selain masalah gaun pernikahan, catering juga menjadi salah satu aspek yang penting dalam sebuah perhelatan pernikahan. Anggota keluarga bahkan harus mengetahui cara menghitung porsi catering yang tapat meski menggunakan jasa vendor dalam acara pernikahannya.

Sebuah resepsi pernikahan diadakan sebagai salah satu bentuk syukur atas menikahnya anggota keluarga tersebut. Tentu dalam acara syukuran tersebut, penyelenggara ingin memberikan jamuan yang layak bagi seluruh tamu undangan yang hadir. Inilah yang mendasari alasan mengapa keluarga penyelenggara pernikahan harus bisa memperhitungkan sendiri porsi catering yang dibutuhkan.

6 Cara Mudah Menghitung Posti Catering Pernikahan

wm_article_img

Saat kamu akan menikah, tentu kamu akan memperhitungkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan yang sesuai dengan keinginan. Saat ini sebenarnya sudah tersedia banyak vendor pernikahan di berbagai kota yang bisa membantu menghitung dan menjelaskan cara menghitung porsi catering yang tepat agar kamu bisa lebih terbantu saat menyiapkan pernikahan.

Namun kadang tidak semua vendor bisa menjelaskan rincian dari porsi catering yang dihitung ataupun kamu dan keluarga tidak begitu paham mengenai penjelasan dari pihak vendor. Sebagai informasi, berikut ini beberapa cara menghitung estimasi porsi catering yang bisa menjadi gambaran kamu saat berkonsultasi dengan vendor catering pernikahan.

1. Hitung Berdasarkan Jumlah Undangan

Jumlah undangan tentu menjadi salah satu faktor paling berpengaruh saat kamu merencanakan pernikahan. Resepsi pernikahan merupakan sebuah acara dengan tujuan untuk berbagi kebahagiaan, tentu kamu ingin semua orang ikut hadir dalam acara bahagia ini tanpa terkecuali.

Jumlah undangan juga termasuk salah satu unsur penting dalam cara menghitung porsi catering. Porsi catering yang tepat dihitung dari jumlah orang yang akan di undang lalu dikalikan 2. Alasan perhitungan ini dikali dua karena biasanya tamu undangan memang jarang yang datang sendiri.

2. Hitung Jumlah Panitia Penyelenggara

Selain menghitung dari jumlah undangan, kamu juga harus menghitung jumlah panitia penyelenggara. Panitia penyelenggara sendiri terdiri dari anggota keluarga besar dan panitia lainnya seperti tentangga yang membantu. Kamu harus merincikan anggota keluarga dan panitia penyelenggara lainnya dengan teliti agar kamu tidak kekurangan porsi makanan di pernikahan nanti.

3. Pertimbangkan Faktor Ketidakhadiran

Cara menghitung porsi catering selanjutnya adalah mempertimbangkan faktor ketidakhadiran tamu undangan kamu. Saat kamu menyusun rincian tamu undangan, tentu kamu akan berharap semua tamu bisa menghadiri resepsi pernikahanmu.

Namun kamu tetap harus mempertimbangkan kemungkinan tamu yang tidak bisa hadir. Kamu bisa mengurangi jumlah porsian catering sebanyak 10% untuk mengantisipasi jika ada tamu yang tidak bisa hadir. Dengan menggunakan metode ini, kamu juga bisa mengantisipasi agar makanan tidak mubadzir.

4. Mempertimbangkan Perbandingan Buffet Dan Stall

Perbandingan antara buffet dan stall memang menjadi faktor yang cukup membingungkan. Kamu pasti pernah menemui acara resepsi pernikahan yang memiliki terlalu banyak buffet namun memiliki sedikit stall ataupun sebaliknya.

Perbandingan penggunaan buffet dan stall sebenarnya sudah diatur sedemikian rupa dalam cara menghitung porsi catering. Jika resepsi pernikahan filakukan siang hari, maka komposisi yang harus kamu gunakan adalah menggunakan 60% buffet dan 40% stall.

Sedangkan jika kamu menyelenggarakan resepsi pernikahan di malam hari, maka komposisi yang harus kamu gunakan adalah 50% buffet dan 50% stall. Perbandingan ini dibuat berdasarkan kebiasaan makan masyarakat secara umum.

Saat siang hari, mayoritas masyarakat mengkonsumsi lebih banyak buffet dibanding dengan stall. Sedangkan malam hari masyarakat lebih banyak mengkonsumsi makanan ringan (stall) dibandingkan dengan makanan berat (buffet).

5. Mengetahui Perbandingan Buffet Terhadap Stall

Jika sebelumnya membahas mengenai perbandingan penggunan buffet dan stall, cara menghitung porsi catering selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah perbandingan buffet terhadap stall. Stall atau makanan ringan pada dasarnya memiliki perbandingan sebanyak 5:1 dengan buffet atau makanan berat.

Jadi jika setelah menghitung seluruh poin yang telah disebutkan sebelumnya kamu mendapatkan jumlah porsi makanan yang harus disajikan, kamu bisa menghutung berapa banyak stall yang harus disiapkan berdasarkan perbandingan tersebut.

Sebagai contoh jika kamu harus menyiapkan 1000 porsi makanan dan resepsimu dilakukan siang hari, maka kamu harus menyiapkan 40% dari jumlah porsi makanan dan dikali dengan angka 5 untuk menentukan porsi stall yang harus disajikan. Dari 1000 porsi makanan yang disajikan, 400 porsi harus terdiri dari stall yang dikalikan 5 menjadi 2000 porsi. Melalui cara menghitung porsi catering diatas, diketahui bahwa kamu harus menyiapkan 2000 porsi stall jika total persiapan makanan kamu adalah 1000 porsi.

6. Menentukan Menu Catering

Saat menghitung porsi makanan, kamu juga harus mempertimbangkan susunan menu yang ada di resepsi pernikahan nantinya. Menu catering sangat berpengaruh terhadap biaya yang harus dikeluarkan. Jika kamu menyusun catering dengan menu yang tepat, tentu kamu akan merasa puas dengan resepsi pernikahan yang diadakan.

Setelah menentukan menu yang akan digunakan, tentu kamu akan mengetahui biaya yang harus dikeluarkan. Jumlah biaya ini biasanya akan mempengaruhi kamu keputusan kamu untuk menurunkan jumlah porsian ataupun menurunkan menu makanan menjadi lebih murah.

Itulah beberapa cara menghitung porsi catering yang harus kamu perhatikan. Seluruh poin ini sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan resepsi pernikahan kamu. Mungkin kamu pernah mendengar bahwa acara resepsi pernikahan tidak pernah luput dari komentar orang lain. Jika bukan busana pernikahan yang dikomentari, catering bisa menjadi sasaran empuk untuk dikomentari.

Kamu memang tidak bisa menghindari komentar orang lain terhadap resepsi pernikahan kamu, tapi kamu bisa mengusahakan yang terbaik agar resepsi pernikahan kamu menjadi resepsi yang memuaskan setidaknya bagi diri kamu sendiri.

Mengetahui cara menghitung porsi catering merupakan langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk menyusun rencana resepsi pernikahan dan menentukan budget catering pernikahan. Dengan mengetahui proses penghitungan porsi catering ini, kamu bisa menyajikan acara yang penuh bahagia ini dengan maksimal dan sukses. Suksesnya acara resepsi pernikahan kamu menjadi penambah kebahagiaan yang lengkap bagi seluruh keluargamu, bukan?

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...