Pilih Kategori Artikel

Ketahui 5 Tips Memilih Catering Pernikahan Banda Aceh
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Gugus tugas percepatan pencegahan penyebaran COVID-19 Kota Banda Aceh mengeluarkan rekomendasi terkait kegiatan dengan keramaian berupa pelatihan dan acara pernikahan pada beberapa hotel serta gedung pertemuan dalam upaya pemulihan ekonomi. Hal ini dikeluarkan agar kegiatan bisnis di masyarakat bisa kembali menggeliat seperti di hotel, convention hall, serta ruang publik berikut dengan paket layanannya seperti jasa catering pernikahan Banda Aceh yang harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Kegiatan yang diperbolehkan (dengan catatan menerapkan protokol kesehatan) yakni pernikahan indoor dengan tujuan agar lebih mudah dikontrol terhadap jalannya protokol kesehatan. Hal ini juga dimaksudkan untuk memudahkan saat melacak jika ada beberapa hal menyangkut penyebaran COVID-19 nantinya.

Bagi pihak hotel ataupun gedung dan jasa catering pernikahan Banda Aceh yang mengadakan kegiatan keramaian, pemerintah menghimbau untuk dapat melayangkan surat yang ditujukan pada ketua gugus tugas Percepatan pencegahan penyebaran COVID-19. Nantinya, akan dicek kelayakan tempat untuk kegiatan tersebut, dan rekomendasi akan di keluarkan bila pengecekannya sesuai dengan ketentuan, kemudian bawa rekomendasi dari Gugus Tugas PPP COVID-19 tersebut untuk mengurus surat izin pada Polresta Banda Aceh.

Salah satu adat pernikahan di Banda Aceh adalah dengan tidak menggunakan pakaian pernikahan yang terlalu panjang ekor bajunya karena tidak sesuai syariat Islam dapat menyebabkan kemubaziran. Juga dengan menyediakan sajian masakan tradisional khas Aceh yang bisa dipesan melalui jasa catering pernikahan Banda Aceh yang profesional dan berpengalaman.

Pemerintah kota terus berupaya mengembangkan adat yang sesuai dengan syariat Islam. Pihaknya terus berperan aktif dalam mensosialisasikan adat di Banda Aceh yang tidak bertentangan dengan syariat Islam. Tetapi masih banyak ditemukan adat yang tidak resmi sehingga terjadi pertentangan dan cukup sulit untuk dicegah.

Meskipun begitu, adat yang bertentangan dengan syariat biasanya akan memudar atau hilang dengan sendirinya di Aceh seiring dengan pengetahuan masyarakat terkait syariat Islam yang baik dan benar.  Kamu juga bisa menggunakan jasa catering pernikahan Banda Aceh supaya tidak perlu repot memasak sendiri. 

Menyelenggarakan acara besar seperti pernikahan dalam situasi seperti sekarang memang cukup sulit untuk dilakukan. Padahal, acara pernikahan yang diharapkan adalah dengan kedatangan kerabat, keluarga, dan sahabat yang dapat dikumpulkan disatu tempat untuk merayakan hari bahagia bersama-sama. 

Tapi bukan tidak mungkin, dengan perkembangan digital, kamu bisa tetap menggelar acara pernikahan seperti biasanya. Kamu bisa melangsungkan pernikahan dan acara resepsi secara sederhana dengan sedikit tamu undangan yang hadir di tempat. Kemudian mendokumentasikan acara tersebut dan menyiarkannya secara live untuk tamu undangan yang tidak bisa hadir di tempat.

Cara ini banyak dipilih karena lebih praktis serta efisien serta bisa mengikuti anjuran dari pemerintah untuk membatasi jumlah undangan pada acara pernikahan. Kamu bisa mulai mencari jasa broadcasting yang cukup baik dan berpengalaman serta jasa catering pernikahan Banda Aceh yang akan membantu menyediakan keperluan mengenai hidangan kuliner yang kamu butuhkan saat acara nanti.

Tips Memilih Catering Pernikahan di Banda Aceh

wm_article_img

Aceh terkenal dengan sebutan serambi mekah, budaya dan wisata kulinernya yang khas. Kota ini memiliki ragam kuliner yang tak kalah dengan kota-kota lain yaitu berbagai sajian masakan tradisional dengan bumbu rembah khas Aceh untuk acara pernikahan. Berikut ini 5 tips memilih catering pernikahan Banda Aceh supaya kamu tak perlu repot lagi.

1. Dapatkan Saran dan Rekomendasi Terbaik

Pertama kali menyewa catering untuk acara spesial ? Mintalah rekomendasi dari teman, keluarga, bahkan tetangga terdekat kamu.   Mereka bisa memberikan daftar penyedia catering berdasarkan pengalaman mereka. Karena review dan feedback dari customerlah yang biasanya menjadi patokan kualitas.

Kamu bisa juga menelusurinya sendiri secara online. Banyak platform yang bisa membantu untuk menemukan jasa terbaik. Pintar-pintarlah memilih, dan pastikan ratingnya bagus serta sudah berpengalaman ya. Agar kamu tidak kecewa dengan hasilnya nanti.

2. Tentukan Budget Khusus Catering Sejak Awal

Catering untuk acara besar seperti pernikahan dengan tamu undangan yang cukup banyak tentu saja akan membutuhkan biaya cukup besar juga. Kamu perlu menyiapkan budget sejak awal secara khusus untuk catering. Tapi dengan kondisi saat ini, hal tersebut bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan ya. Jangan sampai makanan cateringnya tersisa dan terbuang percuma.

Salah satu cara untuk mengatur biayanya adalah dengan menentukan anggaran maksimal per satu orang dan beritahukan kepada vendor berapa jumlah menu makanan yang ingin kamu sajikan pada acara nanti.

3. Diskusikan Daftar Menu dan Cara Penyajiannya

Kalo kamu mempunyai tema tertentu untuk pernikahan, cobalah untuk mengatur menu dan penyajian makanannya hingga sesuai dengan tema tersebut. Misalnya, jika tema pernikahan kamu adalah warna kuning, mintalah hiasan lemon atau bunga anyelir segar untuk dekorasi meja.

Tak kalah penting juga untuk mengatakan jika ada tamu undangan yang memiliki diet atau alergi tertentu terhadap suatu makanan, seperti misalnya alergi kacang atau menu yang khusus untuk vegetarian.

4. Sebelumnya Lakukan Sesi Food Testing

Food testing atau sesi pencicipan makanan bisa memberi kesempatan untuk kamu mencoba rasa dari makanan yang akan kamu pesan. Kamu juga bisa melihat bagaimana penyajiannya nanti dan seperti apa rangkaian menu yang ditawarkan.

Kamu bisa meminta sesi secara gratis jika sudah menandatangani kontrak sejak awal, tapi kalo belum kamu bisa meminta sesi food testingnya secara berbayar.

5. Ketentuan Pembayaran yang Disepakati

Pastikan kamu menandatangani dokumen penting, seperti kontrak yang sebaiknya terdapat keterangan mengenai daftar makanan dan minuman, serta urutan penyajiannya, jumlah tamu, sistem penyajian makanan (contohnya: a la carte, prasmanan), jumlah pelayan, pembersihan setelah acara, durasi pelayanan, ketentuan pembayaran (biasanya deposit 30%, sebelum acara 50%, dan setelah pembersihan 20%).

Banyak acara besar yang diadakan di Banda Aceh menggunakan jasa catering . Mulai dari acara pribadi seperti pernikahan, ulang tahun, dan hajatan lainnya sampai acara resmi organisasi formal, kantor dan akademik seperti kampus.

Itulah 5 tips memilih catering pernikahan Banda Aceh yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang sedang merencanakan acara pernikahan di sana.

Selamat mempersiapkan pernikahan yang berbahagia. Jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat karena masa sulit (pandemi) ini belum berakhir. Selalu gunakan masker, jangan lupa cuci tangan dan selalu menjaga jarak.

Kamu juga dapat mengunjungi website WeddingMarket untuk melihat berbagai pilihan vendor catering pernikahan terbaik. Selain catering, berbagai pilihan lain seperti dekorasi sampai perhiasan pun disediakan khusus untuk hari spesialmu.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...