Pilih Kategori Artikel

5 Menu Catering Pernikahan Masakan Padang Ini Wajib Kamu Hidangkan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sejak dulu, masakan Padang menjadi masakan khas Indonesia yang sudah sangat terkenal kelezatannya. Bukan hanya disukai masyarakat Indonesia saja, tetapi masakan Padang juga disukai turis dari berbagai negara. Maka dari itu, ada beberapa menu catering pernikahan masakan Padang yang wajib kamu jadikan hidangan untuk pernikahanmu nantinya.

Masakan Padang memang tidak perlu diragukan lagi rasanya. Banyak yang menggunakannya sebagai hidangan terbaik di berbagai acara, salah satunya dalam acara pernikahan. Ada beberapa jenis makanan khas Padang yang bisa kamu temukan dalam acara pernikahan adat Minang.

Biasanya, setiap vendor catering yang ada di kota Padang pasti menyediakan menu pilihan, salah satunya menu masakan Padang. Karena kemudahan itulah, banyak masyarakat asli Padang yang selalu menghadirkan masakan Padang dalam acara pernikahan. Hal ini juga dilakukan sebagai penanda dan identitas bahwa tuan rumah merupakan warga kota Padang.

Menu yang dihadirkan dalam pernikahan Padang bukanlah menu sembarangan. Masakan yang dihadirkan tersebut tentu memiliki makna dan filosofinya tersendiri. Di bawah ini adalah masakan Padang yang sangat cocok dihidangkan dalam acara pernikahan. Meskipun kamu menggunakan konsep modern, namun makanan ini juga tak boleh ketinggalan. Berikut ini adalah daftarnya:

Rendang 

Menu ini sudah tak perlu kamu ragukan lagi kelezatannya, bahkan wajib bagi kamu menyediakan menu catering pernikahan masakan Padang ini dalam acara pernikahanmu. Makanan ini sudah sangat terkenal, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di dunia.

Makanan khas Padang ini bahkan menjadi nomor 1 di antara 50 jenis makanan terenak di dunia versi CNN International. Karena itulah, banyak pasangan-pasangan yang menghadirkan makanan ini dalam acara pernikahannya, bahkan menjadikannya sebagai menu utama.

Namun, di beberapa vendor catering pernikahan masakan Padang, terkadang cita rasa dari rendang sudah sedikit berbeda dan bahkan cara pengolahannya juga sedikit berbeda dari cara yang diajarkan leluhur sehingga mengurangi cita rasanya. Ditambah lagi dengan isi rendang yang bukan seutuhnya daging sapi asli melainkan dicampur dengan bahan yang lainnya. 

Kamu bisa mencari vendor catering yang benar-benar menggunakan dan menghasilkan rendang dengan cita rasa yang asli. Atau kamu bisa pastikan dan memesan lebih detail agar rendang yang disajikan tetap dengan rasanya yang khas. Kamu harus berhati-hati atau bahkan menyeleksi beberapa vendor catering dulu agar tidak kecewa.

Cancang 

Di setiap pernikahan adat Minang, khususnya di kota Padang. kamu pasti akan menemukan menu makanan cancang. Sekilas cancang sedikit mirip dengan rendang. Namun pada umumnya, cancang dibuat dengan daging sapi atau daging kambing yang kemudian diolah dengan bumbu-bumbu khusus dan dimasak hingga dagingnya empuk. 

Sedikit yang menjadi pembeda antara cancang dengan rendang adalah ukuran cancang lebih kecil dari pada rendang. Makanan ini menjadi salah satu menu catering pernikahan masakan Padang yang banyak diburu oleh masyarakat.

Namun dalam makanan cancang ini, kamu bukan hanya bisa menemukan daging sapi atau daging kambing saja melainkan juga ada tetelan, jeroan dan beberapa bagian lainnya yang akan kamu temukan.

Kamu bisa memasukkan cancang dalam daftar menu utama di pernikahanmu. Semua tamu undangan pasti akan sangat menyukai makanan ini. Kamu tidak perlu khawatir sebab makanan ini pasti habis dimakan oleh para tamu undangan.

Sate Padang 

Menu catering pernikahan masakan Padang selanjutnya adalah sate Padang. Di Indonesia, banyak sekali ditemukan berbagai macam sate, mulai dari sate Padang, sate sapi, sate ayam bahkan sate lilit khas Bali.

Orang-orang sangat menyukai sate apalagi sate Padang yang sudah sangat terkenal ini. Coba kamu masukkan sate Padang dalam daftar menu utama makanan di pernikahanmu. Maka bisa dipastikan bahwa makanan ini akan sangat disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

Bahan untuk membuat sate Padang adalah jeroan sapi. Jeroan tersebut kemudian dilumuri bumbu khas sedemikian rupa sehingga menghasilkan makanan yang khas dan tentunya sangat enak. Maka dari itu, makanan ini menjadi menu catering pernikahan masakan Padang yang sangat diminati.

Sebenarnya sate ini terdiri dari 2 macam berdasarkan tempat asalnya yaitu terdiri dari sate Pariaman dan sate Padang panjang. Jika kamu berasal dari Padang, tentunya sangat paham dengan 2 jenis di atas. 

Sate padang ini lebih banyak diminati karena selain rasanya yang sangat enak, juga karena sangat mudah untuk memakannya. Kamu tidak perlu menggunakan sendok, garpu atau bahkan pisau untuk memakannya.

Gulai Tauco 

Selanjutnya makanan khas Padang yang pasti ada dalam pernikahan minang adalah gulai tauco. Sesuai dengan namanya, masakan ini terbuat dari tauco yang kemudian dimasak dengan santan kelapa hingga mengental. Lalu kuah tersebut dicampur lagi dengan bahan-bahan lain seperti udang, buncis, tahu dan lain-lainnya.

Salah satu menu favorit dalam catering pernikahan masakan Padang ini menggunakan bumbu yang biasa digunakan dalam masakan-masakan khas Padang. Dengan bumbu yang khas itulah yang menjadikan gulai tauco memiliki cita rasa yang gurih dan aromanya sangat kuat. 

Gulai tauco hanya akan kamu temukan pada acara pernikahan yang digelar di kota Padang. Karena biasanya vendor catering asli dari Padang akan menghadirkan cita rasa yang sangat khas dan asli serta otentik. Dengan menghadirkan makanan ini dalam acara pernikahanmu, akan menjadikan pernikahan tersebut menjadi semakin kental dan sakral. 

Jadi, apakah gulai tauco akan kamu jadikan sebagai menu utama dalam catering pernikahan masakan Padang?

Gulai Cubadak

Gulai ini bukan dibuat dari daging-dagingan melainkan dibuat dengan sayur-sayuran. Rasanya tidak lengkap jika masakan Padang tanpa gulai cubadak ini. Apalagi dalam acara pernikahan. Gulai cubadak jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti nangka. 

Jika kamu menyediakan makanan ini dalam acara pernikahanmu, pastinya akan sangat disukai oleh para tamu undangan. Makanan ini pastinya merupakan menu catering pernikahan masakan Padang yang wajib dihidangkan apalagi dalam pernikahan adat Minang.

Sekilas memang gulai ini mirip dengan beberapa makanan khas Indonesia yang lain seperti gudeg khas Yogyakarta. Yang membedakan antara keduanya adalah penggunaan jenis bumbu yang berbeda dan juga terdapat kuah di dalam gulai cubadak ini.

Gudeg seperti yang kita ketahui, dari penampilannya saja terlihat bahwa lebih cenderung tergolong dalam masakan tumis-tumisan. Berbeda dengan gulai cubadak yang memiliki kuah yang cukup banyak. 

Makanan ini sangat khas dengan kuahnya yang kental dan rasa yang pedas. Rasa ini tentunya sesuai dengan lidah orang Indonesia yang mayoritas menyukai makanan yang pedas. Makanan ini bukan hanya bisa ditemukan di kota Padang, kamu bisa menemukannya di beberapa vendor catering yang menyediakan menu khas Padang.

Demikianlah beberapa makanan catering pernikahan Padang yang wajib ada, apalagi jika kamu adalah orang Padang asli. Kamu tidak perlu meragukan cita rasanya. Meski termasuk makanan tradisional, makanan ini mampu bersaing dengan makanan western atau bahkan makanan internasional.

Jika kamu ingin mencari vendor dengan masakan Padang berkualitas, kamu bisa mengunjungi website WeddingMarket untuk melihat berbagai vendor catering pernikahan dengan harga terjangkau. Tak hanya catering, WeddingMarket juga menyediakan vendor pernikahan lain mulai dari dekorasi, aksesoris pernikahan, bahkan hingga paket bulan madu. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...