10 Menu Catering Pernikahan yang Populer di Indonesia

19 Aug 2019 | By Wedding Market | Viewers: 1013
Menu Catering Pernikahan yang Populer di Indonesia

Memilih menu catering pernikahan menjadi hal yang perlu diperhatikan, karena pernikahan merupakan satu-satunya momen paling berarti dalam hidup. Maka dari itu, sebelum menyelenggarakan resepsi pernikahan harus dipersiapkan secara matang-matang. Tidak hanya mempersiapkan dekorasi dan busananya saja, tapi juga harus memperhatikan pada bagian konsumsi. Makan-makan sendiri merupakan sesi paling ditunggu-tunggu oleh para tamu, karena sambil menikmati hidangan, mereka bisa menikmati hiburan yang ada atau berbincang dengan pasangan pengantin.

Meskipun ada beberapa tamu yang tidak kamu kenal, tidak ada salahnya untuk memberikan hidangan yang terbaik di hari pernikahan. Di dalam acara pernikahan, terdapat macam-macam menu catering pernikahan, mulai dari menu utama, kudapan, dan hidangan penutup. Jika menggunakan jasa catering, disarankan untuk memilih menu catering pernikahan yang populer di Indonesia saat ini. Apa sajakah itu?

  1. Nasi Rames

Sebagai warga Negara Indonesia tidak asing lagi dengan nama makanan ini, karena pada dasarnya budaya di Indonesia adalah memakan makanan yang mengenyangkan, seperti nasi. Dengan adanya menu catering pernikahan nasi rames tentunya akan sangat mengenyangkan para tamu yang ada.

Sebagai menu utama, terdapat nasi putih beserta dengan lauk dan juga beberapa jenis sayuran. Biasanya untuk menu catering yang menjadi favorit para tamu itu yang terbuat dari bahan daging ayam, daging sapi, dan ikan. Akan tetapi, untuk pengolahannya sebenarnya bisa divariasikan sesuai dengan selera.

  1. Bakso

Salah satu menu catering pernikahan ini menjadi favorit bagi semua orang, karena selain terasa segar juga tidak terlalu mengenyangkan. Jadi, para tamu akan bisa mencoba menu lain yang ada di meja prasmanan. Kelebihan dari menu ini adalah bisa dinikmati kapan saja tanpa harus melihat dari segi musim pada saat acara pernikahan berlangsung.

  1. Soto

Bisa dikatakan bahwa menu catering pernikahan yang satu ini merupakan perpaduan dari poin nomor satu dan dua di atas. Sebab, selain memberikan rasa yang segar layaknya bakso, menu yang satu ini juga terdapat nasi yang bisa mengenyangkan perut para tamu.

Di Indonesia terdapat banyak jenis soto, yang di mana kamu bisa memilih salah satu jenis soto sesuai dengan daerah atau kesukaan. Terdapat beberapa jenis soto, seperti soto Semarang, soto Lamongan, soto Kudus, soto Betawi, soto mi Bogor, coto Makassar, soto Madura, dan soto di daerah lainnya.

  1. Siomai

Mendengar nama makanan ini tentunya sudah tidak asing lagi, karena biasanya makanan ini dijual oleh pedagang kaki lima termasuk pedagang di sekolah. Menu catering pernikahan ini sangat cocok dinikmati dengan hiburan organ tunggal atau musik akustik di pesta pernikahan. Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat siomai terdiri dari kentang rebus, kubis, tahu, peria, dan siomai dengan rasa ikan dengan saus bumbu kacang kental.

  1. Zuppa Soup

Menu catering pernikahan yang satu ini sempat viral dan naik daun di tahun 2016 lalu. Zuppa soup ini biasanya sering muncul pada acara resepsi pernikahan yang siap memanjakan perut para tamu. Sup krim dengan roti di atasnya ini akan terlihat menggoda, karena penyajian ini begitu menarik dan sangat cocok untuk dihidangkan dalam keadaan hangat atau panas.

  1. Mi Goreng

Salah satu menu ini bisa menjadi alternatif bagi para tamu yang sedang tidak makan nasi. Berbeda dengan nasi, saat memakan mi goreng,tamu tidak akan terlalu kenyang. Jadi, tamu tetap bisa enjoy dan masih dapat mencicipi hidangan lainnya seperti cemilan dan hidangan penutup atau dessert.

  1. Buah-buahan

Kemudian untuk menu catering pernikahan yang satu ini tidak boleh terlupakan. Biasanya para tamu akan mengincar buah-buahan yang digunakan sebagai pencuci mulut. Buah-buahan yang biasa disediakan dalam acara resepsi, contohnya semangka, melon, pepaya, pisang, dan buah lainnya yang dipotong-potong.

  1. Sate

Menu sate ini menjadi yang paling favorit bagi para tamu di acara resepsi pernikahan. Dalam menyajikan menu catering pernikahan yang satu ini diberikan porsi ukuran kecil, supaya tidak membuat tamu kekenyangan. Terdapat beberapa jenis sate yang bisa menjadi pilihan, seperti sate ayam, sate kambing, atau sate sapi yang dijamin akan ludes dalam beberapa saat.

  1. Gorengan

Menu yang biasa hadir pada acara pernikahan adalah makanan yang digoreng dan wajib untuk dipajang di meja prasmanan. Beberapa jenis gorengan yang bisa menjadi pilihan para calon pasangan pengganti di antaranya adalah nugget, cumi krispi, udang krispi, tahu goreng, mendoan, dan beberapa gorengan lainnya.

  1. Es Krim

Sebagai hidangan penutup di acara resepsi pernikahan, es krim menjadi solusinya. Dengan adanya es krim ini akan mendinginkan dan membuat suasana menjadi segar. Biasanya menu catering pernikahan ini banyak diburu oleh kalangan anak-anak dan juga anak remaja.

Bahasan tadi merupakan beberapa jenis menu catering pernikahan yang populer di Indonesia, tapi bukan berarti tidak ada menu lainnya. Kamu bisa memilih menu lainnya dan memberikan pelayanan terbaik kepada tamu undangan, sebagai bentuk terima kasih atas kehadiran mereka ke acara pernikahan. Jadi, buatlah tamumu senang dan bahagia saat mendapatkan pilihan catering pernikahan favorit di acara pesta pernikahanmu nanti!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket