Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Menu Khas Jawa Terlezat dalam Catering Pernikahan Ponorogo
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu dalam hidup adalah pernikahan. Maka tak jarang, jika calon pasangan pengantin akan menyediakan semuanya sebaik mungkin. Termasuk di dalamnya adalah catering. Banyak sekali pilihan menu yang akan dihidangkan, hal yang juga berlaku untuk catering pernikahan Ponorogo.

Catering kerap menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan dalam pesta pernikahan ataupun perayaan lainnya. Hal- hal detail seperti menu yang akan disajikan tentunya harus disepakati terlebih dahulu antara penyelenggara pesta dengan pihak catering yang akan menghidangkan makanan untuk tamu undangan.

Dengan keragaman daerah Indonesia, tentu menu yang disajikan bisa jadi berbeda tergantung makanan khas atau kebiasaan di daerah tersebut. Hal ini tentunya berkaitan dengan menu favorit tamu di daerah tersebut. Tentunya, penyelenggara pesta ingin memberikan hidangan terbaik termasuk makanan khas misalnya di daerah Ponorogo.

Ponorogo merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur. Sesuai dengan wilayah provinsi, Ponorogo masih sangat memegang kebudayaan hingga makanan khas yang ada di Jawa bahkan dalam hal pernikahan. Tak sedikit dari pasangan-pasangan calon pengantin dari Ponorogo yang selalu menghadirkan makanan khas Jawa, khususnya Jawa Timur.

Banyak menu yang ditawarkan dalam menu catering pernikahan adat Jawa. Mulai dari makanan yang ringan hingga makanan yang cukup berat. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa menu catering yang bisa kamu jadikan referensi untuk menjadi salah satu menu wajib dalam pernikahanmu nanti. Berikut adalah beberapa menunya:

1. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan salah satu makanan khas Jawa yang harus kamu jadikan sebagai salah satu menu dalam catering pernikahan Ponorogo. Nasi liwet ini berasal dari Solo. Meskipun kamu berasal dari Ponorogo, menu ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pernikahanmu.

Nama lain dari nasi liwet adalah sego gurih atau nasi gurih. Penamaan tersebut sangat sesuai dengan makanan ini, sebab memang rasa nasi ini sangat gurih karena dicampur dengan santan kelapa dalam proses pembuatannya,

Nasi liwet biasanya disajikan dengan dengan sayur, daging ayam suwir, labu siam dan areh atau bubur gurih dari santan kelapa. Akan lebih nikmat rasanya jika dimakan ketika masih dalam kondisi hangat atau panas.

2. Sate 

Pada umumnya, sate sudah sangat mudah ditemukan dalam berbagai acara bahkan banyak sekali warung-warung yang menyediakan menu sate. Kamu bisa menambahkan menu sate khas Jawa dalam catering pernikahan Ponorogo. 

Makanan ini memang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Yang membedakan sate khas Jawa dengan sate dari daerah yang lain adalah penggunaan bumbu yang terbuat dari kacang yang menjadikan sate tersebut lebih nikmat.

3. Nasi Rawon 

wm_article_img
Foto: Flickr

Salah satu makanan khas Jawa, khususnya Jawa Timur adalah nasi rawon. Ketika kamu berlibur ke pulau Jawa, kamu bisa menemukan nasi rawon dengan mudah di sana. Ciri khas dari nasi rawon adalah kuah yang berwarna hitam. Warna hitam tersebut berasal dari bumbu kluwek yang akan membuat cita rasanya menjadi semakin sedap.

Bagaimana, apakah kamu akan menjadikan nasi rawon sebagai menu dalam catering pernikahan Ponorogo? Sebagai pelengkapnya, biasanya juga ditambahkan dengan potongan daging sapi dan tauge serta daun melinjo yang sudah direbus terlebih terlebih dahulu.

4. Pecel 

Siapa yang tak mengenal makanan dengan bumbu kacang yang khas ini. Pecel sudah digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Cita rasa sambal kacang yang dipadu dengan berbagai sayuran seperti bayam, kol, kacang panjang, dan beberapa sayuran hijau lainnya.

Dengan berbagai isian tersebut pastinya akan menarik minat dari banyak tamu undangan. Kamu bisa menyajikannya dalam menu catering pernikahan Ponorogo.

5. Jadah dan Wajik

wm_article_img
Foto: Flickr

Mungkin makanan ini terdengar cukup asing untuk masyarakat kalangan atas. Jadah dan wajik merupakan salah satu makanan ringan atau cemilan yang biasanya dihidangkan dalam pernikahan adat Jawa.

Biasanya wajik terbuat dari beras ketan yang kemudian dicampur dengan santan kelapa yang diaduk hingga mengental. Biasanya, wajik ini berwarna coklat. Namun dengan berkembangnya zaman, wajik kini banyak dikreasikan dengan berbagai warna agar terlihat lebih indah.

Berbeda dengan wajik, jadah juga terbuat dari ketan namun berwarna putih. Wajik dan jadah biasanya dimakan dengan ditemani teh hangat yang akan menjadikan wajik dan jadah terasa lebih nikmat.

Kamu bisa menghidangkan jajanan tradisional khas Jawa dalam catering pernikahan Ponorogo. Hidangkan wajik dan jadah beserta teh panas sebagai hidangan pembuka.

6. Sop Manten 

Sama seperti wajik dan jadah, sop manten merupakan makanan yang biasanya ada dalam catering adat Jawa. Sop manten biasanya dihidangkan sebagai makanan pembuka. 

Isian dari sop manten ini sangat beragam diantaranya seperti kol, buncis, wortel, makaroni, kentang, jamur dan yang pasti kamu akan menemukan daging ayam di dalamnya. Semua komponen tersebut dicampur dengan kaldu ayam yang sangat lezat.

Biasanya, isian yang berupa sayur dan ayam dimasak secara terpisah dan kemudian di guyur dengan kuah kaldu yang masih panas. Cita rasa rasa yang gurih akan sangat terasa di makanan ini. Kamu bisa mencoba menghidangkan menu ini dalam catering pernikahan Ponorogo.

7. Baceman 

Menu selanjutnya adalah baceman. Baceman dikenal dengan makanan yang sangat kental dengan budaya Jawa. Maka tak heran jika baceman pasti disediakan dalam catering dengan adat Jawa. 

Baceman merupakan olahan makanan yang terbuat dari tahu dan tempe yang sebelumnya direbus dalam bumbu yang terbuat dari gula Jawa. 

8. Empal Gentong 

wm_article_img
Foto: Flickr

Salah satu menu andalan dalam catering pernikahan Ponorogo adalah empal gentong. Jika dilihat secara sekilas, makanan khas Jawa ini mirip dengan gulai. Bukan karena tampilannya, melainkan karena bumbu yang digunakan hampir sama. 

Yang membedakan antara gulai dengan empal gentong adalah dalam makanan empal gentong menggunakan jeroan sebagai bahan utamanya. Selain itu, alasan mengapa makanan ini disebut sebagai empal gentong adalah cara penyajiannya.

Biasanya, empal genting disajikan dalam sebuah gentong atau kuali yang terbuat dari tanah liat dengan ukuran yang cukup besar. Meski demikian, rasanya sudah pasti tidak bisa diragukan lagi. Empal gentong ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan pasti bikin ketagihan.

Apa salahnya jika kamu menghidangkan makanan tradisional ini dalam acara pernikahanmu? Pasti para tamu undangan sangat menyukainya.

Demikianlah beberapa menu khas Jawa yang bisa kamu pesan di catering pernikahan Ponorogo. Menu tersebut tentu memiliki cita rasa yang sangat khas. Anda bisa memilih atau bahkan menyajikan semuanya dalam pernikahanmu. 

Agar lebih memudahkan, kamu juga bisa melihat berbagai vendor catering pernikahan melalui situs WeddingMarket. Kamu bisa saja meminta vendor pilihan kamu untuk request makanan khas Jawa untuk tema catering pernikahan Ponogoro kamu. Selamat mencoba!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...