Perlukah Cek Lab Sebelum Menikah? Simak Ulasannya Berikut Ini - Wedding Market

Perlukah Cek Lab Sebelum Menikah? Simak Ulasannya Berikut Ini

27 Apr 2021 | By Ravica WeddingMarket | Viewers: 287
Perlukah Cek Lab Sebelum Menikah? Simak Ulasannya Berikut Ini
Foto: honestdocs.id

Pernikahan tentunya menjadi salah satu momen istimewa yang paling dinantikan oleh banyak pasangan. Maka dari itu, tidak mengherankan apabila banyak orang yang berupaya mempersiapkan gelaran acara tersebut secara maksimal. Termasuk salah satunya adalah terkait dengan cek lab sebelum menikah. Apakah pengecekan kesehatan tersebut memang penting dan harus dilakukan?

Jika dicermati, dari sekian banyak jenis persiapan yang dilakukan menjelang acara pernikahan, pemeriksaan kesehatan pra-nikah (pre-marital screening) mungkin menjadi jenis pernikahan yang banyak disepelekan oleh para pasangan. Namun hal ini sebenarnya adalah sebuah kekeliruan karena cek kesehatan ini bisa digunakan untuk melihat gambaran kesehatan kedua mempelai secara umum.

Pentingkah Cek Lab Sebelum Menikah?

Perlukah Cek Lab Sebelum Menikah? Simak Ulasannya Berikut Ini
Foto: lifepack.id

Mungkin masih banyak diantara kamu yang bertanya-tanya  mengenai seberapa pentingkah cek kesehatan di lab sebelum menggelar pesta pernikahan. Sebenarnya, medical check up sebelum menikah adalah sesuatu yang sangat penting dan juga sangat perlu untuk dilakukan karena disadari ataupun tidak pengecekan kesehatan tersebut memiliki cukup banyak manfaat.

Sesuai dengan namanya, cek lab kesehatan ini merupakan serangkaian pengecekan atau tes kesehatan yang dilakukan secara cermat dan teliti dengan melibatkan pengecekan menggunakan laboratorium kesehatan. Proses pengecekan ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan juga gambaran kesehatan secara menyeluruh dari kedua pasangan mempelai yang akan melangsungkan pernikahan.

Perlu kamu ketahui bahwa tes kesehatan sebelum menikah ini bukanlah untuk mengumbar aib apabila salah satu maupun kedua calon mempelai memiliki riwayat kesehatan tertentu. Selain untuk mengetahui kondisi kesehatan kedua calon mempelai, tes kesehatan ini juga bertujuan agar penyakit yang terdeteksi dapat ditangani secara lebih baik dan tidak menjadi semakin parah.

Prosedur tes kesehatan sebelum pernikahan ini dapat digunakan sebagai sarana untuk memberikan bimbingan dan juga konsultasi kepada masing-masing calon mempelai mengenai status kesehatan yang dimilikinya. Dengan adanya langkah-langkah ini diharapkan kedua pasangan tersebut dapat membangun keluarga yang sehat dan juga menghasilkan keturunan yang juga sehat.

Manfaat Melakukan Cek Lab

Foto: oatawa on iStock

Melakukan pengecekan kesehatan di lab sebelum menggelar acara pernikahan merupakan hal yang sangat penting bagi banyak pasangan. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan cek lab sebelum menikah.

1. Memahami Tingkat Kesehatan Pasangan

Salah satu manfaat utama yang akan bisa kamu dapatkan ketika melakukan pengecekan kesehatan di lab sebelum menggelar acara pesta pernikahan adalah dapat menjadi sarana untuk mengenal tingkat kesehatan masing-masing pasangan.

Dengan mengetahui riwayat kesehatan pasangan secara menyeluruh maka kamu bisa lebih berhati-hati dan juga mencegah kemungkinan terjadinya risiko yang lebih parah apabila pasanganmu memiliki kondisi medis tertentu.

2. Mengurangi Kemungkinan Beban Finansial Keluarga

Keuntungan berikutnya yang akan bisa kamu dapatkan ketika melakukan tes kesehatan sebelum menikah di lab adalah bisa mengurangi kemungkinan adanya beban finansial keluarga akibat kondisi kesehatan atau medis tertentu.

Setelah melakukan pengecekan di lab terkait dengan tingkat kesehatan yang dimiliki oleh kedua calon mempelai maka apabila terdapat kondisi medis yang kurang baik maka bisa dilakukan pencegahan dan juga pengobatan untuk meminimalisir tingkat keparahan yang mungkin akan terjadi akibat penyakit tersebut.

Dengan adanya upaya pencegahan dan penanganan sejak dini maka langkah ini bisa digunakan untuk mengurangi dan meminimalisir kemungkinan adanya beban finansial atau keuangan keluarga yang akan membengkak di kemudian hari.

3. Menjadi Sarana untuk Belajar Hidup Sehat Secara Menyeluruh

Manfaat cek lab sebelum menikah yang tidak kalah penting untuk kamu ketahui adalah bisa menjadi sarana atau media pembelajaran untuk hidup sehat secara menyeluruh melibatkan pasangan dan juga anggota keluarga lainnya.

Ketika mengetahui kondisi kesehatan dari masing-masing pasangan, tentunya hal ini bisa menjadi landasan yang sangat baik untuk belajar mengenai pola hidup sehat secara menyeluruh. Pada akhirnya, kamu dan pasangan bisa semakin menghargai nikmat kesehatan tersebut dan berupaya untuk melindungi setiap anggota keluarga secara lebih baik dan optimal.

Jenis-jenis Tes yang Perlu Dilakukan Sebelum Menikah

Perlukah Cek Lab Sebelum Menikah? Simak Ulasannya Berikut Ini
Foto: YakobchukOlena on iStock

Tes kesehatan pranikah bukan hanya terdiri dari satu macam tes saja. Namun terdiri dari serangkaian tes yang berfungsi untuk melihat kesehatan calon mempelai secara menyeluruh. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa jenis tes kesehatan yang perlu dilakukan sebelum melakukan pernikahan.

1. Tes Hematologi

Tes kesehatan pranikah ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi kelainan pada jumlah sel darah yang ada di tubuh ataukah tidak.

2. Tes Urine

Tes urine digunakan untuk memeriksa apakah terdapat infeksi saluran kemih ataupun kemungkinan infeksi yang terjadi pada ginjal.

3. Tes Golongan Darah

Sesuai dengan namanya, tes ini bertujuan untuk mengetahui golongan darah dan juga rhesus yang dimiliki oleh masing-masing pasangan.

4. Tes Gula Darah

Tes lab yang satu ini digunakan untuk melihat kadar gula darah yang ada dalam tubuh kedua pasangan.

5. TORCH

Tes ini bertujuan untuk mengetahui ada-tidaknya infeksi penyakit pada kesuburan dari mempelai pria  dan juga mempelai wanita yang akan menikah.

Demikianlah ulasan mengenai pentingnya cek lab sebelum menikah yang perlu dilakukan oleh setiap calon pengantin. Mengingat bahwa pengecekan kesehatan ini merupakan hal yang sangat penting, maka tidak ada salahnya jika kamu tidak melupakan tahap persiapan pranikah yang satu ini. Selain itu, kamu juga jangan melupakan mengurus surat sehat untuk nikah yang harus segera dilengkapi menjelang pernikahan. Untuk lebih lengkap, segera kunjungi artikelnya hanya di WeddingMarket. 

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


Hubungi Kami!
Chat Us