Cincin Palladium, Alternatif Cincin Pria Muslim dengan Harga Terjangkau - Wedding Market

Cincin Palladium, Alternatif Cincin Pria Muslim dengan Harga Terjangkau

08 Jun 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 64
Inilah Informasi Lengkap Tentang Cincin Palladium yang Perlu Kamu Tahu
Foto: V&Co Jewellery

Cincin palladium menjadi salah satu jenis cincin pernikahan yang kini semakin banyak digemari oleh sejumlah kalangan. Pesona cincin yang terbuat dari bahan logam Palladium ini nyatanya tidak terlalu kalah dengan cincin-cincin lainnya seperti yang terbuat dari perak ataupun juga emas.

Palladium bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti logam emas untuk pembuatan perhiasan terutama berbentuk cincin. Meskipun harganya tidak setinggi emas, namun Palladium termasuk ke dalam jenis logam yang juga tidak kalah berkualitasnya. Bahkan banyak pihak yang menyebutkan bawa kualitas perhiasan yang dihasilkan tidak kalah dengan emas.

Mengenal Pengertian Apa Itu Palladium

Perlu kamu ketahui bahwa Palladium merupakan salah satu jenis logam mulia yang mempunyai warna putih seperti yang dimiliki oleh perak. Palladium disebut sebagai logam mulia karena ia termasuk ke dalam jenis Platinum Group Metal atau Logam Golongan Platina bersama dengan Rutenium, Rodium, Osmium, Indium, dan juga Platina.

Salah satu ciri utama yang dimiliki oleh logam Palladium adalah warnanya yang putih berkilau alami dengan tingkat kekerasan yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan logam emas ataupun juga perak. Selain itu, warna putih kemilau yang dimiliki oleh Palladium juga tidak mudah pudar.

Mengingat sifatnya yang terbilang cukup unggul ini, tidak mengherankan apabila Palladium kemudian banyak dipilih sebagai logam untuk membuat perhiasan terutama cincin. Bahkan kini semakin banyak pasangan mempelai yang memilih cincin berbahan Palladium sebagai alternatif untuk cincin kawin.

Sejarah Awal Mula Cincin Nikah Palladium

Palladium memiliki sejarah dan juga perkembangan yang terbilang cukup panjang. Sejarah cincin nikah yang terbuat dari bahan Palladium ini sebenarnya dimulai pada bulan Juli tahun 1803 yang lalu. Pada tahun tersebut pertama kali ditemukan logam mulai yang kini dikenal sebagai Palladium tersebut.

Willaim Hyde Wollaston merupakan penemu logam Palladium untuk pertama kali yakni pada tahun 1803. Paska penemuan itu, logam mulia yang baru ditemukan tersebut dikenal dengan sebutan logam putih yang berkilau dan juga langka.

Pada awalnya, logam ini dikenal dengan sebutan Asteroid Pallas. Nama ini diambil dari salah satu mitologi Yunani yakni julukan Athena ketika ia berhasil membunuh Pallas.

Menurut catatan sejarah, Wollaston menemukan logam mulia berwarna putih tersebut di sela-sela biji logam platina. Kemudian logam Asteroid Pallas tersebut diekstrak dengan menggunakan sejumlah bahan kimia sehingga bisa didapatkan logam mulia berwarna putih dari ekstrak Platina tersebut.

Untuk megnembangkan logam mulia hasil temuan dari Willaston ini diperlukan waktu kurang lebih hingga 2 abad sebelum pada akhirnya logam ini mulai mendunia dan banyak orang yang tertarik dengan logam Palladium ini.

Kemudian dengan semakin maraknya logam Palladium pada awal abad ke-20, membuat logam mulia ini pun mulai dilirik sebagai salah satu material untuk membuat perhiasan yang salah satunya adalah berupa cincin untuk pernikahan.

Dulunya, cincin Palladium ini dikenal sebagai salah satu komponen untuk acara low cost wedding karena harga cincin berbahan Palladium yang terbilang cukup terjangkau bila dibandingkan dengan cincin berlian ataupun cincin emas murni.

Pada awal-awal populitas penggunan cincin berbahan Palladium, cincin ini masih dibuat dengan menggunakan bahan Palladium murni tanpa adanya campuran dari logam-logam mulia yang lainnya.

Kini, cincin pernikahan Palladium yang banyak beredar di pasaran umumnya bukanlah cincin murni yang terbuat dari material Palladium semata. Cincin perhiasan tersebut sudah ditambahkan dengan sejumlah unsur logam-logam mulia yang lainnya seperti logam emas.

Dengan adanya campuran logam emas pada Palladium ini membuat warnanya bisa menjadi lebih mengkilat bila dibandingkan dengan emas kuning.

Maka dari itu, cincin Palladium atau emas putih menjadi salah satu pilihan cincin terbaik yang patut untuk kamu pertimbangkan mengingat kualitas dan juga daya tahan yang dimilikinya.

Keunggulan Cincin Palladium untuk Cincin Pernikahan

Cincin Palladium, Alternatif Cincin Pria Muslim dengan Harga Terjangkau

Saat ini bahan logam Palladium banyak digemari sebagai salah satu bahan untuk membuat perhiasan berupa cincin perhiasan hingga cincin pernikahan. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Palladium sebagai bahan untuk pembuatan cincin perhiasan yang perlu kamu tahu.

1. Memiliki Ketahanan yang Sangat Baik

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Palladium adalah sifatnya yang cukup tahan lama. Seperti emas dan juga Platinum, material Palladium ini dikategorikan sebagai logam mulia karena ia memiliki sifat tahan terhadap fenomena korosi ataupun oksidasi logam. Sifat yang anti korosi dan anti oksidasi ini menjadikan Palladium tahan karat.

Dengan demikian membuat cincin nikah yang dibuat dari bahan logam Palladium ini cukup tahan lama dan juga tidak mudah mengalami kerusakan. Hal ini sangat berbeda dengan cincin perak yang relatif lebih mudah terkena karat dan bahkan juga mengalami perubahan warna sehingga membuatnya menjadi perhiasan yang terbilang tidak cukup awet untuk dimiliki.

Sifat cincin Palladium yang  cukup tahan lama ini membuatnya menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat untuk kamu yang ingin memiliki cincin nikah berkualitas namun dengan harga yang relatif cukup terjangkau.

2. Harga yang Ramah Di Kantong

Keunggulan lain yang membuat Palladium menjadi cincin yang banyak digemari adalah karena harganya yang relatif ramah dikantong bila dibandingkan dengan cincin nikah emas ataupun cincin berlian.

Cincin dari bahan Palladium umumnya dipilih karena desainnya yang terkesan simple namun tetap elegan dan memiliki harga yang relatif terjangkau. Maka dari itu, banyak pasangan yang lebih memilih Palladium sebagai cincin pernikahan mereka.

Memang secaa umum harga dari cincin yang berbahan Palladium ini lebih mahal bila dibandingkan dengan cincin perak. Namun cincin dari Palladium tersebut memiliki harga yang lebih rendah bila dibandingkan dengan cincin emas dan juga memiliki kualitas yang jauh lebih baik bila dibandingkan dengan cincin yang terbuat dari bahan Perak.

3. Sangat Mudah untuk Dibersihkan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh cincin dari bahan logam Palladium adalah sifatnya yang sangat mudah untuk dibersihkan. Sebagai salah satu jenis logam mulia yang anti karat, kamu tidak membutuhkan perawatan khusus yang ribet dan rumit untuk memelihara kebersihan dari cincin berbahan Palladium yang kamu miliki.

Jika kamu ingin mempertahankan kecantikan dan kemilau dari cincin ini, kamu bisa menggunakan larutan yang terbuat dari campuran sabun dan juga air hangat. Kemudian kamu bisa mengelap cincin pernikahan dari Palladium tersebut secara lembut dan juga hati-hati.

Namun jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, tidak ada salahnya kalau kamu menggunakan pembersih khusus yang memang ditujukan untuk logam Palladium. Berbekal dengan cara pembersihan yang cukup mudah tersebut maka kemilau dari cincin yang kamu miliki pun akan senantiasa terjaga kecantikannya.

4. Minim Efek Samping

Sebenarnya memilih perhiasan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pada orang-orang dengan masalah kulit tertentu seperti kulit yang sensitif, tentu harus lebih cermat dan teliti dalam memilih jenis perhiasan yang tepat.

Namun tidak demikian halnya dengan logam Palladium. Meski kamu termasuk pemilik kulit yang sensitif, namun cincin Palladium ini relatif cukup aman untuk digunakan cincin pernikahan.

Pasalnya, Palladium ini termasuk ke dalam logam hypoallergenic yakni jenis logam yang tidak terlalu menimbulkan reaksi alergi seperti gatal-gatal dan ataupun juga kulit kemerahan sehingga perhiasan dari Palladium ini relatif cukup aman untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

5. Cukup Ringan Ketika Dikenakan Pada Jari Pasangan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh cincin berbahan Palladium adalah bobotnya yang terbilang cukup ringan dan sangat nyaman untuk dikenakan. Cincin yang dibuat dari logam Palladium pada umumnya memiliki bobot yang lebih ringan apabila dibandingkan dengan logam Platinum.

Perlu kamu ketahui bahwa logam Palladium ini memiliki tingkat kerapatan yang lebih rendah bila dibandingkan dengan Platinum. Kerapatan yang dimiliki Palladium adalah sekitar 40% lebih ringan bila dibandingkan dengan logam Platinum.

Akibatnya, bobot dari cincin yang dibuat dengan menggunakan Palladium ini menjadi lebih ringan dan juga lebih nyaman ketika dikenakan. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa risih dan ataupun terganggu ketika menggunakan cincin kawin yang dibuat dari Palladium untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Dengan berbagai macam keunggulan dan nilai lebih yang dimiliki oleh material Palladium tersebut tidak mengherankan apabila ia menjadi salah satu logam alternatif pengganti emas yang banyak diminati untuk cincin perkawinan.

Kekurangan yang Dimiliki

Cincin Palladium memang memiliki sejumlah kelebihan yang dapat dijadikan landasan pemilihan mengapa perlu menggunakan cincin tersebut untuk pesta pernikahan. Namun, cincin ini pun juga tidak terlepas dari adanya beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh cincin dari bahan Palladium.

1. Proses Jual Kembali Yang Tergolong Sukar

Meski termasuk ke dalam golongan logam mulia, namun proses jual kembali dari cincin berbahan Palladium ini terbilang agak sukar. Sebab, tidak semua toko perhiasan mau menerima cincin berbahan Palladium untuk dijual lagi.

Kurangnya minat pada proses jual kembali cincin dari bahan Palladium ini disebabkan karena popularitas dari logam Palladium belumlah sepopuler cincin emas sehingga perhiasan yang menggunakan bahan Palladium relatif agak sukar untuk dijual kembali.

2. Kadar Palladium Yang Tidak Murni

Kekurangan berikutnya yang dimiliki oleh cincin berbahan Palladium adalah kadarnya yang tidak murni 100% berbahan Palladium. Pada umumnya, kadar Palladium yang dipakai untuk proses pembuatan perhiasan hanyalah berkisar antara 50% hingga 60% saja.

Hal ini disebabkan karena sifat dari logam Palladium yang terlalu keras sehingga akan sangat sulit untuk dibentuk menjadi perhiasan seperti cincin dan lain sebagainya ketika kadar logam Palladium yang digunakan adalah 100% atau Palladium murni.

Dengan adanya informasi mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh cincin Palladium tersebut, kini kamu bisa lebih bijak dan juga cermat dalam mempertimbangkan cincin yang tepat untuk kebutuhan pesta pernikahan.

Tips Memilih Cincin Pernikahan yang Tepat

Tips Memilih Cincin Pernikahan yang Tepat

Foto: Marko Milivojevic

Sebelum memutuskan untuk memilih perhiasan yang tepat, perlu kamu ketahui bahwa cincin pernikahan bukan hanya benda yang memiliki fungsi sebagai perhiasan semata. Akan tetapi, ia juga berfungsi sebagai simbol antara kedua pasangan dalam ikatan pernikahan.

Jika kamu sudah memutuskan untuk memilih cincin pernikahan yang menggunakan bahan logam dari Palladium, berikut adalah beberapa tips yang patut kamu cermati bila ingin memilih cincin pernikahan yang tepat.

1. Pilih Cincin dengan Ukuran yang Sesuai

Tips pertama yang perlu Anda ketahui ketika ingin memilih cincin pernikahan dari Palladium adalah dengan mencermati ukurannya terlebih dahulu. Sebelum memberikan cincin tersebut kepada pasangan, sangat dianjurkan kamu mengetahui terlebih dahulu ukuran jari pasangan agar bisa memilih ukuran cincin yang tepat dan juga sesuai.

Pemilihan ukuran cincin yang pas dan juga tepat akan membuat cincin tersebut menjadi semakin nyaman untuk dikenakan nantinya. Cincin yang terlalu kebesaran ataupun kekecilan tentunya akan sangat tidak nyaman untuk dikenakan untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Pilih Desain Model yang Menarik

Tips berikutnya yang tidak kalah penting untuk digunakan dalam memilih cincin Palladium adalah dengan memperhatikan desain atau modelnya yang menarik dan sesuai dengan selera pasangan.

Cincin dengan tampilan desain yang unik dan menarik, umumnya banyak digemari oleh para pasangan sehingga ada rasa bahagia dan juga kebanggan tersendiri ketika menggunakan cincin pernikahan tersebut.

3. Sesuaikan dengan Anggaran yang Tersedia

Memilih cincin untuk pernikahan ataupun pertunangan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebelum memutuskan untuk memilih jenis cincin yang tepat, ada baiknya kalau kamu mempertimbangkan dan juga menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Jangan sampai kamu sampai kalap dengan desain model cincin yang cantik dengan harga yang terlalu mahal dan bahkan melebihi anggaran yang kamu sediakan untuk pembelian cincin pernikahan tersebut.

Perlu kamu ketahui bahwa komponen biaya pernikahan bukan hanya terletak pada perhiasan atau cincin kawin. Namun ada juga pos-pos lain yang membutuhkan anggaran tidak sedikit sehingga kamu perlu mempertimbangkannya dengan cermat dan juga teliti agar semua pos tersebut teranggarkan dengan baik dan tidak membebani arus keuangan kamu saat ini.

Selain itu, ke depannya pun kamu tentunya akan memiliki kebutuhan yang semakin banyak dan juga membutuhkan perhitungan yang matang. Hal ini pun perlu kamu pertimbangkan dan cermati agar semua kebutuhan tersebut dapat terpenuhi dengan baik tanpa adanya kendala yang berarti di masa mendatang.

4. Diskusikan dengan Pasangan

Cincin Palladium untuk petunangan ataupun pernikahan merupakan sepasang cincin yang akan dikenakan berdua bersama pasangan sebagai simbol ikatan yang terjalin diantara kedua insane tersebut.

Mengingat bahwa cincin tersebut akan dikenakan bersama dengan pasangan, ada baiknya juga kalau kamu mendiskusikan pemilihan cincin tersebut bersama dengan pasangan tercinta sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih jenis cincin yang tepat dan sesuai.

Ada banyak faktor yang bisa kamu diskusikan mulai dari pola desain yang sesuai, ukuran, dan bahkan tingkat kadar logam Palladium yang dikehendaki. Diskusi ini tentunya untuk mendapatkan titik temu dan titik tengah terbaik agar bisa didapatkan cincin pernikahan ataupun cincin tunangan yang tepat dan juga baik untuk kedua pihak.

Selain itu, berdiskusi dengan pasangan tercinta juga bisa memberikan kamu insight mengenai hal-hal yang mungkin saja belum terlintas dalam benak kamu sebelumnya. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kamu mendiskusikan pemilihan perhiasan pernikahan tersebut bersama dengan  pasangan untuk pengambilan keputusan dalam pemilihan cincin pernikahan.

Itulah ulasan yang perlu kamu ketahui terkait dengan cincin Palladium dan juga aneka seluk-beluk yang dimilikinya. Kini berbekal dengan ulasan yang telah dibahas tersebut, kamu bisa lebih mengenal dan memahami terkait dengan cincin berbahan Palladium dan juga cara pemilihan cincin yang tepat untuk kebutuhan tunangan ataupun pernikahan.

Memilih cincin untuk pernikahan tidak sembarangan di toko perhiasan mana saja, kamu harus jeli dalam menentukan vendor yang tepat. Temukan vendor perhiasan untuk mahar, seserahan dan cincin kawinmu di WeddingMarket. Klik di sini


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket