Pilih Kategori Artikel

Contoh Format Isi Undangan Pernikahan yang Bisa Kamu Gunakan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Untuk menyelenggarakan sebuah acara pernikahan kamu tentunya harus menyiapkan beberapa item yang cukup penting. Salah satunya ialah menyiapkan undangan pernikahan untuk disebar kepada rekan dan orang lain yang akan diundang. Saat kamu menyiapkannya kamu tentu perlu mempersiapkan atau memilih contoh format isi undangan pernikahan

Tak hanya model atau desain undangan yang akan dipilih, isi yang akan disajikan pun cukup penting dalam sebuah undangan. Hal ini dikarenakan di dalamnya terdapat tujuan utama dari undangan tersebut serta berbagai informasi mengenai tempat dan waktu penyelenggaraan. Untuk itu, kamu perlu memilih format yang tepat dan sesuai. 

Undangan pernikahan pada umumnya akan berisi tentang nama kedua mempelai beserta orang tua, tanggal dan waktu pernikahan, serta tempat penyelenggaraan acara pernikahan. Ada pula beberapa jenisnya yang menggunakan tambahan berupa pesan pernikahan serta nama orang penting yang akan diundang. 

Jika ingin lebih simple, kamu bisa menggunakan contoh format isi undangan pernikahan yang hanya memuat nama mempelai, serta waktu dan tempat acara. Sisanya kamu tak perlu mencantumkan format lainnya jika ingin lebih sederhana. Jika kamu masih bingung kok kamu bisa menggunakan salah satu inspirasi dan contoh undangan pernikahan berikut ini. 

1. Format Satu Halaman Penuh

wm_article_img
Foto: onefabday

Contoh yang pertama ialah format untuk satu lembar penuh undangan. Beberapa jenis undangan sering menggunakan satu halaman saja untuk mencantumkan isi dari undangan tersebut. Format tersebut bisa dijadikan contoh untuk Anda gunakan pada item pernikahan nanti. Selain lebih simple, isinya bisa lebih singkat padat dan jelas. 

Pada bagian atas tentu saja akan diberi kalimatpembukaan serta tujuan dari undangan tersebut untuk mengundang nama yang dituju. Pada contoh format isi undangan pernikahan ini kamu juga akan mendapatkan isi yang tidak terlalu banyak kalimat atau kata-kata sebagai sambutan dan sejenisnya. Hampir seluruh bagian didominasi oleh inti dari undangannya. 

Kalimatnya pembuka hanya terdiri dari 3 atau 4 kalimat saja atau kurang lebih satu paragraf. Setelah itu, langsung mencantumkan nama kedua mempelai beserta orang tua masing-masing. Di bawahnya dicantumkan tanggal, waktu dan tempat acara akad nikah/pemberkatan dan resepsi. Setelah itu, akan langsung diakhiri dengan kalimat penutup berisi ajakan untuk hadir. 

2. Dua Halaman 

wm_article_img
Foto: amazon

Format berikutnya yang cukup sering digunakan ialah isi undangan yang dicantumkan dalam 2 halaman berdampingan (kiri dan kanan). Contoh format isi undangan pernikahan ini cukup mudah kamu temukan dan tentunya kamu sendiri sudah pernah melihatnya. Untuk jenis ini kamu bisa lebih berekspresi dan berkreativitas. 

Kamu bisa menambahkan cukup banyak kata-kata mutiara atau pesan-pesan khusus pada isi undangan. Kalimat tersebut bisa dicantumkan pada bagian isi maupun penutupnya. Yang jelas kamu memiliki spesies yang cukup luas untuk bisa menambahkan setiap informasi dan variasi agar undangan menjadi lebih menarik.

Untuk halaman pertama kamu bisa mencantumkan kan pembukaan dan nama kedua mempelai. Di bawah nama kedua mempelai cantumkan nama orang tua masing-masing seperti biasa. Untuk halaman berikutnya kamu bisa mencantumkan waktu dan tempat penyelenggaraan acara. Akhiri dengan doa atau kata-kata mutiara serta pesan khusus bagi tamu undangan. 

3. Waktu Sebelum Nama Mempelai 

wm_article_img
Foto: stateofelliott

Contoh format isi undangan pernikahan berikutnya ialah penempatan atau posisi waktu dan tempat acara didahulukan sebelum mencantumkan nama kedua mempelai. Untuk format ini juga bisa kamu gunakan meskipun cukup berbeda dari kebiasaan. Untuk membuka kamu bisa mencantumkan permohonan do'a dan kehadiran tamu pada waktu yang telah ditentukan. 

Setelah keterangan waktu dan tempat dicantumkan barulah kamu mencantumkan nama kedua mempelai. Hal ini bisa menjadi keunikan tersendiri karena memiliki tujuan agar hal pertama yang diingat oleh penerima undangan ialah waktu penyelenggaraannya. Setelah itu, mereka baru akan mengenali kedua mempelai beserta keluarganya. 

Setelah nama kedua mempelai, akhiri dengan kata-kata mutiara cara atau pesan khusus seperti keterangan dress code, pemisahan tempat antara pria dan wanita (jika tema syar'i), atau pesan lain yang yang ingin disampaikan oleh kedua mempelai bagi para tamu. Contoh format isi undangan pernikahan ini bisa kamu gunakan untuk jenis undangan lebih dari satu halaman. 

4. Dua Waktu 

wm_article_img
Foto: magnetstreet

Contoh berikutnya kamu bisa mencantumkan undangan untuk acara pernikahanmu yang memberitahukan akad nikah dan resepsi pada waktu yang berbeda. Biasanya acara akad nikah atau pemberkatan akan dicantumkan terlebih dahulu pada isi paling awal. Setelah itu, pada halaman berikutnya barulah undangan resepsi pada waktu yang berbeda. 

Format seperti ini biasanya sering menggunakan jenis kartu undangan yang terdiri dari 2 lembar seperti buku biasa. Sebelah kiri bisa digunakan untuk undangan akad dan sebelah kanan untuk undangan resepsi. Untuk formatnya masing-masing bisa disamakan atau diberi sedikit perbedaan seolah-olah didalamnya terdapat dua jenis undangan. 

Demikianlah beberapa contoh format isi undangan pernikahan yang bisa kamu gunakan. Format tersebut bisa kamu variasikan sesuai kreativitasmu atau kreatifitas dari jasa percetakan undangan pernikahan yang kamu andalkan. Perhatikan setiap jenis huruf dan tata cara penulisan nama, gelar, serta istilah-istilah yang digunakan dalam isi undangan tersebut. Ketahui juga bagaimana contoh isi undangan pernikahan Islami untuk pernikahanmu.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...