10 Daftar Menu Catering Pernikahan Paling Favorit

30 Nov 2019 | By WeddingMarket | Viewers: 2306
10 Daftar Menu Catering Pernikahan Paling Favorit

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan catering untuk acara pernikahan tahun ini, wajib untuk mengetahui tentang daftar menu catering pernikahan paling populer saat ini. Makanan yang disajikan untuk para tamu menjadi suatu hal yang harus kamu perhatikan, karena pernikahan merupakan momen sakral dan momen yang tidak akan pernah terlupakan.

Tak heran jika banyak orang yang sangat serius dalam merencanakan acara pernikahan, supaya dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan. Salah satu hal yang paling penting dalam resepsi pernikahan adalah menu makanan yang disajikan untuk para tamu. Terdapat banyak sekali daftar menu catering pernikahan yang bisa kamu pilih, apalagi Indonesia ini memiliki ragam kuliner yang sangat luar biasa.

Kamu bisa menentukan makanan yang sederhana maupun penyajian makanan dengan super mewah. Berikut beberapa daftar menu catering pernikahan paling favorit dan disukai banyak orang di tahun ini.

  1. Kambing Guling

Daftar menu catering pernikahan yang pertama adalah kambing guling. Makanan ini pertama kali ditemukan oleh penduduk di wilayah Asia Tengah, di mana mereka mengonsumsi daging domba atau kambing untuk makanan sehari-hari. Makanan ini diberi nama kambing guling karena dilihat dari cara memasaknya saja harus diputar selama berjam-jam di atas tumpukan arang yang dipanaskan.

Hidangan kambing guling sangat identik dengan hidangan yang biasa dibuat untuk menyambut suatu perayaan maupun upacara adat. Kamu bisa menjadikan menu yang satu ini sebagai sajian utama untuk para tamu undangan di pesta pernikahanmu. Selain memiliki cita rasa yang lezat, tekstur yang dihasilkan masakan catering pernikahan ini cenderung lebih empuk dan tidak berbau kambing yang menyengat.

  1. Daging Rendang

Daftar menu catering pernikahan selanjutnya adalah daging rendang, dimana masakan ini memiliki bumbu rempah-rempah yang berasal dari Minangkabau. Dalam memasak rendang dibutuhkan waktu yang cukup lama, karena harus dimasak dengan dipanaskan secara berulang-ulang menggunakan santan selama berjam-jam.

Menu yang satu ini sangat cocok digunakan untuk hidangan prasmanan di acara pernikahan. Selain lezat, kuliner khas asli Indonesia ini juga memiliki tekstur yang khas, sehingga para tamu pasti akan menyukai makanan ini. Selain itu, daging rendang ini mampu untuk bertahan sampai berminggu-minggu lamanya.

  1. Ayam Teriyaki

Terdapat daftar menu catering pernikahan dengan bahan ayam negeri. Sebenarnya nama teriyaki ini diambil dari bahasa Jepang yang berarti memasak dengan cara dipanaskan atau dipanggang. Biasanya bahan yang cocok untuk dimasak dengan cara seperti ini adalah aneka ikan, daging, cumi-cumi, dan jenis ubi konyaku. Salah satunya adalah menggunakan bahan daging ayam negeri.

Saat ini menu ayam teriyaki menjadi populer menjadi hidangan di acara pernikahan karena harga bahan yang lebih murah dan tetap memiliki cita rasa yang lezat. Jadi, jika kamu menginginkan masakan modern, tapi minim budget, bisa coba menggunakan menu catering yang satu ini. Ditambah lagi terdapat guyuran saus teriyaki, dijamin para tamu undangan akan lahap dalam memakan ayam teriyaki.

  1. Seafood

Makanan laut atau yang orang-orang biasa menyebutnya dengan seafood ini juga sedang populer dan disukai banyak orang. Seafood juga sudah masuk dalam daftar menu catering pernikahan yang disediakan oleh penyedia jasa catering di berbagai daerah. Menu yang satu ini memiliki bahan dasar dari tumbuhan dan hewan laut yang ditangkap maupun hasil dari budidaya.

Tidak semua dari laut, karena seafood hanyalah istilah saja. Di beberapa negara, istilah ini juga mencakup semua hewan dan tumbuhan yang dikumpulkan oleh nelayan dari air tawar, baik sungai maupun danau. Seafood sangat direkomendasikan untuk mengisi meja prasmanan bagi kamu yang ingin menyelenggarakan acara pernikahan. Selain lezat, menu yang satu ini juga kaya akan vitamin dan protein.

  1. Zuppa Soup

Daftar menu catering pernikahan yang kelima adalah zuppa soup. Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kaum milenial tentang menu yang satu ini. Zuppa soup ini adalah jenis sup yang terdapat pastry a la croissant yang pada bagian atas sup diberi roti yang berbentuk seperti topi. Sehingga sampai saat ini banyak orang menyebut makanan ini dengan sup bertopi atau zuppa soup.

Zuppa soup sangat cocok mengisi meja pondokan untuk hidangan spesial para tamu di acara pernikahan. Sup yang berasal dari Italia ini terdapat roti yang berisikan krim lezat di dalamnya. Pasti akan sangat menggoda jika dilihat sekilas dan tidak menutup kemungkinan para tamu untuk mencoba menu yang satu ini. Apalagi jika zuppa soup ini dihidangkan masih dalam keadaan hangat maupun panas.

  1. Nasi Kebuli

Nasi kebuli merupakan salah satu pilihan menu catering pernikahan yang paling tepat. Sekarang menu yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat Jakarta dan juga warga keturunan Arab yang tinggal di Indonesia. Karena saat ini sudah banyak yang berjualan nasi kebuli di berbagai tempat di Indonesia.

Menu yang satu ini dihidangkan bersama nasi yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah pilihan. Sehingga nasi kebuli ini memiliki cita rasa yang gurih, karena nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin. Terdapat juga irisan kurma atau kismis yang akan mempercantik tampilan nasi kebuli. Mungkin, sangat cocok sekali jika menu ini kamu jadikan sebagai hidangan utama di acara pernikahanmu.

  1. Softdrink

Air soda atau yang biasa disebut dengan softdrink ini merupakan air yang telah dikarbonasikan. Biasanya minuman ini banyak dikonsumsi oleh orang-orang, terkait murahnya harga jenis softdrink di pasar dan supermarket. Terdapat berbagai macam jenis softdrink, yaitu minuman yang mengandung alkohol besar, sedang, kecil, maupun tidak ada alkohol sama sekali.

Di Indonesia terdapat beberapa minuman bersoda yang legal dan tidak mengandung alkohol. Kamu bisa menggunakan minuman bersoda ini untuk menjadi sajian santai kepada para tamu. Akan terasa segar jika diminum saat siang hari, apalagi dicampur es batu. Saat ini softdrink cocok untuk dimasukkan ke daftar menu catering pernikahan terpopuler.

  1. Es Dawet

Dawet merupakan salah satu minuman tradisional khas Jawa yang dibuat menggunakan bahan dasar tepung beras ketan. Minuman ini disajikan bersama dengan es batu yang diparut, guyuran gula merah cair, dan santan. Es dawet masuk dalam daftar menu catering pernikahan, karena sangat populer di kalangan masyarakat di Indonesia terutama di Jawa.

Saat ini sudah ada berbagai jenis dan varian dawet yang dijual dimana-mana oleh pedagang kaki lima. Kamu bisa memilih Es dawet untuk hidangan yang bisa melepaskan dahaga para tamu di acara pernikahanmu.

  1. Es Doger

Daftar menu catering pernikahan selanjutnya adalah es doger, dimana minuman ini terbuat dari susu kelapa dingin. Es doger sebenarnya berasal dari kota Cirebon, tapi kamu bisa menemui dengan mudah di kota besar di Indonesia pedagang yang berjualan es doger. Minuman ini terbuat dari bahan dasar parutan kelapa, susu, dan ditambah dengan tape, ketan hitam, agar-agar, dan lain-lain.

Kamu bisa menggunakan menu ini sebagai sajian khusus untuk melepas dahaga para tamu undangan. Selain enak, es doger juga sangat cocok untuk diminum di saat santai dan juga enak untuk diminum di saat cuaca terik dan panas.

  1. Salad Buah

Daftar menu catering pernikahan yang terakhir adalah salad buah. Pada saat ini salad merupakan makanan yang sangat diminati banyak orang di Indonesia. Apalagi salad buah, di mana makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan segar. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi salad juga akan mendapatkan manfaat vitamin dan protein yang terkandung dalam buah-buahan.

Salad buah ini sangat cocok dan nikmat untuk disantap sebagai hidangan penutup selain beberapa minuman dingin di atas. Jadi tidak ada salahnya jika kamu menggunakan menu yang satu ini sebagai hidangan penutup yang spesial untuk para tamu undangan dengan beraneka macam buah yang bisa kamu tentukan.

Nah, beberapa bahasan di atas merupakan suatu rekomendasi dalam bentuk list untuk daftar menu catering pernikahan yang sedang populer tahun ini. Kamu sebagai calon pengantin juga harus bisa mengikuti tren untuk mendapatkan apa yang sedang banyak orang sukai saat ini. Karena sebagai tuan rumah, kamu harus memberikan hidangan terbaik untuk para tamu yang hadir di acara pernikahanmu. Jangan lupa untuk memilih vendor catering pernikahan terbaik!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket