Dekorasi Lamaran Tema Minimalis dan Minim Budget dari Bahan Kain - Wedding Market

Dekorasi Lamaran Tema Minimalis dan Minim Budget dari Bahan Kain

29 Jun 2022 | By Dea Vinta WeddingMarket | Viewers: 383
Dekorasi Lamaran Tema Minimalis dan Minim Budget dari Bahan Kain
ilustrasi via lingsmoment.com

Melangsungkan sebuah acara lamaran tentunya tak akan se-heboh ketika acara pernikahan. Mulai dari make up, busana, hingga dekorasi, kamu bisa memilih beberapa tema yang lebih simple namun tetap modern dan berkesan. Salah satunya yaitu dengan mengusung tema minimalis.

Kain bisa menjadi salah satu alternatif yang paling canggih dan tentunya tak akan menjadi terlalu heboh untuk lamaran bertemakan minimalis. Selain itu, penggunaan bahan kain untuk dekorasi dapat menekan budget acara lamaran kamu dan pasangan. Tak perlu banyak komponen yang dipakai, namun lamaranmu akan tetap artistik. 

Lalu, apa saja kelebihannya dan bagaimana cara mengaplikasikan kain sebagai dekorasi lamaran tema minimalis? Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Kelebihan Memakai Kain Untuk Dekorasi Lamaran

Ketika diaplikasikan dengan benar, beberapa lembar kain akan memberikan nuansa kelembutan dan sangat intim untuk acara lamaran. Kain akan meringankan penampilan tembok atau kayu pada background bahkan langit-langit tempat acara lamaran kamu menjadi pemandangan dan sudut yang dekoratif. Selain itu, berikut adalah beberapa kelebihan penggunaan kain sebagai dekorasi.

  1. Banyak Variasinya

Ada banyak sekali cara untuk membuat selembar atau beberapa lembar kain menjadi pemandangan yang istimewa. Misalnya dililit, dibuat tirai, disusun bergelombang, dirangkai menjadi simpul, dan lain sebagainya. Selain cara pengaplikasiannya yang variatif, jenis dan warna kain juga sangat beragam. Sesuaikanlah dengan preferensi atau nuansa apa yang ingin kamu hadirkan dalam dekorasi lamaran kamu dan pasangan. Berikut beberapa jenis kain yang sering dipakai untuk dekorasi:

  • Kain satin

  • Kain Polyester

  • Kain katun

  • Kain Chiffon

  • Kain organza

  • Kain Tulle

  • Kain Goni

 

  1. Harganya Terjangkau

Selain sangat cocok untuk dekorasi lamaran tema minimalis, harga kain juga lebih terjangkau ketimbang menggunakan properti lain seperti backdrop full kayu ataupun full bunga. Jika kain yang cantik sudah memenuhi dekorasi, maka kamu cukup memberikan beberapa sentuhan manis seperti buket bunga kecil, lampu, lilin, daun, dan lain sebagainya. Harga kain sendiri dibedakan berdasarkan jenis dan ukurannya.

  1. Pemasangannya yang Mudah

Tak perlu keahlian khusus dalam memasang kain untuk dekorasi. Banyak sekali tutorial yang ada di internet yang bisa kamu tiru, misal melilitnya ke atas tiang atau cukup membiarkannya menjuntai di atas lantai hingga membuat gelombang sederhana. Dengan pemasangannya yang mudah, kamu juga bisa melakukannya sendiri sehingga makin meminimalkan budget acara lamaran. Jika memang kamu lebih memilih menyewa orang, mereka tak akan membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan dekorasi lamaran yang cantik menggunakan kain.

Ide Dekorasi Lamaran Tema Minimalis Menggunakan Kain

Setelah mengetahui kelebihan penggunaan kain untuk dekorasi, sekarang saatnya kamu membuat moodboard dekorasi lamaran kamu dan pasangan. Meskipun tema minimalis sudah ditentukan, kalian tetap harus menambahkan referensi sebagai acuan dekorasinya nanti, ya! Berikut WeddingMarket memberikanmu beberapa ide dekorasi lamaran tema minimalis menggunakan kain yang bisa kamu contoh. 

  1. Minimalist Monochromatic

Jika kamu lebih mengenal warna monochromatic adalah hitam dan putih, sepertinya kurang tepat. Satu warna dalam beberapa skema atau intensitas yang berbeda, itulah monochromatic yang sesungguhnya. Misalnya warna merah muda dipadukan dengan merah terang dan merah maroon kemudian sage, tosca, dan olive berada dalam satu bingkai yang sama, dan lain sebagainya.

Untuk dekorasi lamaran menggunakan kain, kamu bisa memadu padankan satu warna dalam range yang berbeda melalui komponen pendukungnya seperti bunga, daun, bahkan beberapa hiasan pemanis lainnya seperti beberapa gambar di bawah ini yang sangat sederhana namun tetap cantik. 


  1. Circle Minimalist

Background dengan bentuk lingkaran yang aesthetic juga bisa kamu padu padankan dengan hiasan kain yang sederhana. Ada banyak sekali cara mengaplikasikannya seperti hanya cukup melingkarkannya saja, atau bisa juga membuat beberapa simpul serta memberikan aksen lampu, bunga, bahkan beberapa lilin cantik di bawahnya. Berikut beberapa ide dekorasi lamaran tema minimalis dengan bentuk circle.


  1. Rustic Minimalist

Rustic selalu menjadi gaya yang paling banyak diminati oleh pasangan muda. Tema ini memberikan nuansa vintage yang hangat dan sangat instagramable. Beberapa komponen dried flowers selalu menjadi aksen yang tak pernah ketinggalan dari gaya rusticBerikut beberapa ide dekorasi lamaran tema minimalis menggunakan kain dengan sentuhan gaya rustic, cocok untuk acara lamaran outdoor.


Itulah beberapa tips tentang penggunaan kain dalam dekorasi lamaran beserta beberapa ide dekorasi yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk acara lamaranmu nanti. Bagaimana, apakah kamu akan menerapkan salah satu dekorasi dari beberapa referensi di atas? 

Melangsungkan sebuah acara lamaran yang sederhana tak jadi masalah, justru itu akan tetap menjadi momen yang tak terlupakan jika kamu menggunakan dekorasi yang indah. Ketahui juga tentang ide dekorasi lamaran di rumah yang simple dan hemat biaya. Semoga artikel ini bermanfaat dan acara lamaran kamu dan pasangan berjalan sesuai dengan yang kalian impikan, ya!

Pesan Tiket Gratis WeddingMarket Fair Sekarang!
13 - 14 Agustus 2022 | Hotel Bidakara Jakarta

Artikel Terkait


Menangkan Hadiah Ratusan Juta Rupiah di WeddingMarket Fair!

Pesan Tiket Gratis Sekarang
WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?