Pilih Kategori Artikel

Dekorasi Pernikahan Adat Bugis yang Sangat Khas, Lengkapi Baju Bodomu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dekorasi pernikahan adat Bugis merupakan bagian dari acara sakralmu yang membuatnya menjadi lebih kental dengan budaya. Sebagai keturunan dan penduduk Bugis asli, tentunya tak lengkap rasanya jika tidak menyertakan kebudayaanya dalam acara pernikahan. Dekorasi memegang peran yang cukup penting dalam acara ini. 

Orang bisa membedakan sebuah acara pernikahan dengan jenis acara lain berdasarkan dekorasinya. Untuk acara ini biasanya penataannya akan lebih ramai dan penuh dengan hiasan. Sementara itu, acara lainnya seperti tasyakuran, khitanan atau acara halal bi halal biasanya menggunakan dekorasi yang sederhana bahkan nyaris tanpa dekorasi. 

Khusus untuk acara pernikahan, hal tersebut sangat penting karena akan membuat suasana menjadi lebih hangat dan romantis. Di sisi lain adapula sebagian orang yang menyelenggarakan acara ini tanpa hiasan apapun. Namun, mayoritas masyarakat Indonesia selalu menyelenggarakan acara ini dengan sebuah perayaan yang disertai hiasan dan dekorasi. 

Dekorasi pernikahan adat Bugis ini bisa menjadi salah satu contoh betapa orang Indonesia lebih menyukai penggunaan hiasan dan penataannya pada acara pernikahan. Bagi sebagian orang, pernikahan merupakan acara satu kali seumur hidup. Untuk itu, perlu persiapan dan penyelenggaraan yang indah agar menjadi momen yang tak terlupakan. 

Jika kamu seorang wanita asli dari Bugis, maka kamu akan merasa penasaran jika tidak menggunakan budaya asli dari adat ini pada pernikahanmu. Suku Bugis terkenal dengan baju Bodo untuk acara pernikahannya. Adat khas kota Makassar ini akam lebih lengkap dan serasi jika menggunakan dekorasi khas adat ini. 

Identitas Dekorasi Pernikahan Adat Bugis Terlihat di Pelaminannya

wm_article_img
Foto: Ardy Floristy Decoration

Identitas khas adat ini bisa ditonjolkan pada bagian pelaminan. Sebab, pusat perhatian setiap orang akan tertuju pada pelaminan dimana pasangan pengantin berada. Setiap orang tentunya akan mengunjungi bagian ini untuk memberi selamat kepada kedua mempelai. Untuk itu, dekorasi pernikahan adat Bugis akan lebih ditonjolkan disini. 

Pada bagian lainnya tentu akan menggunakan penataan dekorasi pula. Namun,penataannya tidak selengkap dan seramai di bagian pelaminan. Pada bagian lain penataannya akan lebih sederhana dan menggunakan properti yang lebih sedikit. Sisanya, bisa menggunakan kain dekor pada umumnya sebagai pemanis. 

Warna yang digunakan oleh para suku Bugis ini biasanya cenderung lebih cerah. Kamu tentu sering menemukan pakaian pengantinnya yang berwarna hijau cerah, merah, hingga kuning. Hal ini cukup membuktikan bahwa suku ini sering menonjolkan warna yang lebih cerah pada setiap dekorasi pernikahan adat Bugis.  

Selain warna tersebut, kini kamu juga bisa menggunakan warna gold sebagai warna dasar dari pelaminanmu atau untuk hiasan di seluruh bagian tempat acaramu. Warna emas ini juga cenderung lebih cerah namun lebih mengesankan kemewahan dan keanggunan untuk pasangan pengantin ini. 

Kamu bisa menggunakan warna ini sebagai dekorasi pernikahan adat Bugis yang akan kamu selenggarakan. Warna emas ini lebih uptodate dan modern. Sehingga, hasilnya dekorasimu akan lebih menarik karena lebih kekinian dan tidak terlalu tradisional. Konsep utama yang harus menggunakan warna cerah pun tidak dihilangkan sama sekali. 

Hanya saja warna emas yang digunakan akan lebih terlihat modern dan elegan dari biasanya. Kamu bisa membuatnya lebih serasi dengan menggunakan pakaian pengantin dengan warna yang lebih modern pula. Misalnya warna gading atau putih dengan ornamen dan hiasan warna emas disekitarnya. 

Hasilnya, suasana acara pernikahanmu akan lebih indah dan tetap mengedepankan kebudayaan suku Bugis. Kamu bisa melengkapi hiasan untuk dekorasi pernikahan adat Bugis ini dengan memasang kain sutera pada beberapa bagian. Kamu bisa menonjolkan kain sutera khas Bugis pada bagian tempat photo boot yang kini sering ada pada setiap pernikahan. 

Bagian ini biasanya berada setelah pintu masuk yang pasti akan dilewati oleh setiap orang. Disini kamu bisa melatakkan berbagai foto kedua mempelai. Simpanlah beberapa aksesoris khas Bugis atau miniatur dari rumah adat Bugis ini. Pada bagian ini budaya tersebut akan lebih terlihat sejak memasuki ruangan. 

Gunakan bentuk atap dari rumah adat Bugis ini. Bagian atapnya biasanya agak meruncing dengan bentuknya yang khas. Bentuk atap rumah adat ini bisa kamu terapkan untuk dekorasi pernikahan adat Bugis bagian latar pelaminanmu terutama pada bagian atasnya. Gunakan warna emas agar nampak lebih mencolok namun tetap elegan. 

Kamu juga bisa menggunakan miniatur atap rumah adat tersebut sebagai hiasan untuk bagian atas dari meja stand atau gubukan setiap makanan. Ciri khas dari budaya suku ini nantinya akan terlihat dari berbagai sudut. Apalagi jika makanan yang disajikan pun merupakan makanan khas suku ini. Hasilnya tentu akan lebih khas dengan budaya ini.

Bagaimana Membuat Dekorasi Pernikahan Tradisional Ini?

Kamu membutuhkan keahlian khusus untuk bisa mengatur dekorasi pernikahan adat Bugis ini. Bila perlu carilah vendor yang petugasnya merupakan orang Bugis asli agar hasilnya bisa sesuai dengan yang seharusnya. Libatkan keluargamu untuk mengatur bagian ini. Sebab, mereka pasti akan memahami bagaimana seharusnya konsep yang pantas untuk adat ini. 

Kamu sendiri harus memegang andil terbesar saat memilih vendor dekorasi pernikahan ini. Sebab, jika kamu salah memilih vendor, hasilnya bisa saja tidak sesuai dengan ekspektasimu. Tentu saja hal ini cukup merugikan bagimu jika hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jangan biarkan hal ini terjadi di pernikahanmu. 

Untuk mewujudkan dekorasi pernikahan adat Bugis yang penuh budaya, kamu memang perlu mengeluarkan budget yang cukup besar. Namun, hasil yang kamu dapatkan alan sebanding dengan jumlah yang kamu keluarkan. Sebab, tak jarang beberapa vendor mendatangkan langsung beberapa properti dan peralatan dekorasi dari pengrajinnya langsung. 

Untuk itu, wajar jika kamu perlu mengeluarkan biaya untuk hal tersebut. Terlebih jika penyelenggaraan acara pernikahanmu ini berada diluar kota Makassar. Maka otomatis berbagai persiapan tidak akan semudah di kota aslinya. Untuk dekorasi pernikahan adat Bugis ini kamu memang perlu persiapan yang matang. 

Peran dari semua vendor akan sangat mempengaruhi pertunjukkan budaya dalam bentuk dekorasi dan perlengkapan pernikahan lainnya. Kamu perlu membuat perencanaan yang matang mengenai konsep, warna, dan penataan dari dekorasi ini. Jangan sampai banyak kekurangan dan hambatan yang sangat berpengaruh. 

Kamu bisa mencari referensinya melalui internet. Kamu bisa menemukan berbagai contoh yang sangat bagus dan penuh dengan budaya ini. Agar lebih tepat lagi, kamu bisa berkonsultasi dengan para pemangku adat atau sesepuh dari suku Bugis ini yang lebih memahami bagaimana dekorasi yang seharusnya menurut adat istiadat. 

Carilah vendor yang mampu menangani setiap konsep dekorasi pernikahan adat. Gunakan vendor yang berasal dari daerah Bugis ini agar mereka lebih memahami apa yang harus dan tidak boleh digunakan. 

Dengan begitu, dekorasi pernikahan adat Bugis bisa terwujud dengan hasil yang menakjubkan. Hal ini tentu akan membuat acara pernikahanmu menjadi lebih berkesan dan bisa dikenang oleh siapapun hingga masa yang akan datang. Jangan lupa diskusikan bersama calon pasanganmu agar kamu mendapatkan masukan dan saran yang terbaik. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...