Unsur Mewah dalam Dekorasi Pernikahan Adat Melayu

21 Oct 2020 | By Wedding Market | Viewers: 57
Unsur Mewah dalam Dekorasi Pernikahan Adat Melayu

Nuansa pernikahan adat melayu selalu identik dengan nuansa yang mewah namun elegan, dimana pesta bisa dilangsungkan hingga selama 7 hari 7 malam. Dalam adat melayu pesta pernikahan merupakan suatu acara yang sangat sakral, rancangan pernikahan serta dekorasi pernikahan adat Melayu sudah direncanakan sedemikian rupa mulai dari awal prosesi adat hingga berakhirnya acara. 

Dalam suatu perayaan pesta pernikahan adat, ada beberapa aturan yang memang sudah dilakukan secara turun menurun. Dalam adat Melayu prosesi  pesta itu sendiri memiliki beberapa tahap yang harus dilakukan. Pernikahan bangsa Melayu tidaklah lepas dari keberagaman sosial yang terkandung didalamnya. Keberagaman ini menjadi nilai kebudayaan tersendiri untuk bangsa.

Untuk dekorasi dalam pernikahan adat, beberapa vendor sudah menyediakan tema pernikahan adat yang dikemas dengan nuansa modern namun tidak menghilangkan kesan tradisional didalamnya. Apalagi vendor pernikahan adat melayu sekarang banya yang menyediakan, Kamu bisa memilih beberapa paket dengan budget yang Kamu miliki. Atau jika Kamu ingin melaksanakan pernikahan menggunakan dua adat juga bisa.

Dalam pesta penikahan adat Melayu pemilihan tema warna sangat penting, karena pada setiap pemilihan konsep warna bisa menghadirkan suasana-suasana tertentu. Seperti tema warna menggunakan putih atau silver maka menghadirkan suasana yang begitu sakral, intim, elegan sekaligus glamour. Atau pemilihan tema warna merah dan emas yang menghasilkan pesta yang begitu mewah dan penuh energik.

Unsur Penting dalam Dekorasi Pernikahan Adat Melayu

Perancangan dekorasi pernikahan adat Melayu pun perlu memerhatikan beberapa rancangan yang harus ada didalamnya, jangan sampai ada yang tertinggal sedikitpun. Penggunaan busana adat juga harus sama dengan tema warna yang Kamu hadirkan. Jika tema pernikahan yang kamu gunakan berwarna merah dan emas sebaiknya gunakan pakaian dengan wana merah juga disertai dengan aksesoris berwarna emas. Beberapa unsur dalam pernikahan adat Melayu sangat penting, beberapa unsur tersebut antara lain adalah.

1. Pemilihan warna

Pernikahan melayu selalu identik dengan warna emas dan ada juga yang putih (silver), penggunaan warna emas mungkin pada sebagian orang memberi kesan norak. Tapi khusus untuk pernikahan adat Melayu warna emas bisa menambah kesan mewah serta hangat disaat yang bersamaan. Penggunaan warna emas pada dekorasi pernikahan adat Melayu sekarang sudah menjadi ciri khas adat tersebut.

Sedangkan pemilihan wana putih merupakan ciri khas dari pernikahan adat melayu yang sebagian besar berada di wilayah Malaysia. Penggunaan warna putih itu sendiri melambangkan kesucian serta kesakralan acara pernikahan adat tersebut. Konsep acara yang digunakanpun sama-sama tergolong tradisional dengan menggunakan baju adat Melayu pada daerah masing-masing.

2. Penggunaan ukiran  khas melayu

Untuk dekorasi pernikahan adat Melayu selanjutnya menggunakan ukiran khas Melayu, uukiran khas Melayu berbeda dengan ukiran Jepara, meskipun Jepara dikatakan sebagai kota yang memiliki para seniman ukir yang handal, adat Melayu dalam pesta pernikahan menghadirkan ukiran yang terletak pada ornamen dekorasi pernikahan, tiang serta background untuk para tamu berfoto. 

Ciri khas dari ukiran Melayu adalah berbentu sulur serta pola-pola simetris atau rangkaian pola organik yang terbentuk dengan garis-garis abstrak.  Penggunaan ukiran ini semakin menambahkan kesan tradisional dan mewah secara bersamaan, serta mengenalkan budaya Melayu kepada para undangan.

3. Dekorasi pelaminan yang mewah dan megah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa disetiap pernikahan baik adat maupun modern seringkali menggunakan pelaminan dengan dekorasi yang megah dan mewah. Pelaminan yang megah memiliki kesan yang sangat indah serta menawan, dan tentunya dengan ornamen yang bagus. Dekorasi pernikahan adat Melayu memang selalu memiliki tampilan yang megah dengan beberapa ornamen yang sangant menarik disetiap sisisnya.

Dengan konsep pelaminan yang megah memiliki kesan nyaman tersendiri bagi Kamu serta bagi keluarga, kerabat, teman serta tamu yang ingin berfoto. Ornamen yang ada di pelaminan bisa berisi bunga dan ukiran, warna yang digunakan bisa emas  ataupun putih atau perpaduan dari warna-warna lain yang menambah kesan hangat dan glamour.

Konsep pelaminan yang megah menjadikan Kamu sebagai pusat perhatian para tamu undangan. Sebagai aspek pendudukung busana baju adat pengantin milikmu biasanya juga ditambahkan dengan perhiasan adat yang mewah seperti pada riasan kepala yang begitu menarik dan menjadikannya klop dengan dekorasi pelaminan yang megah. Untuk menambah kesan elegan berikan lighting yang sempurna sehingga kesan dekorasi pernikahan adat Melayu pada bagian pelaminan terlihat sangat berkesan dan menawan.

4. Padu-padankan warna yang hangat

Jika Kamu pernah menghadiri pesta pernikahan temanmu, pastinya warna yang ada pada dekorasi bervariasi. Penggunaan variasi warna menghadirkan nuansa dekorasi yang tidak  monoton tapi berwarna sehingga membuat tamu yang hadir tidak merasa bosan. Seperti halnya dala pernikahan adat Melayu, jika hanya menggunakan warna emas atau putih maka akan terasa bosan.

Maka dari itu perpaduan warna yang hangat akan menciptakan suasana yang meriah dan mewah. Dekorasi pernikahan adat Melayu selalu mengusung warna emas yang kadang dipadu-padankan dengan warna nila, merah, kuning, orange dan sebagainya. Sedangakan untuk pernikahan adat Melayu yang mengusung tema putih, bisa dipadu-padankan dengan warna biru, navy, pink, dan lain-lain.

Perpaduan warna yang menarik membuat para tamu undangan sangat terkesan, pernikahan adat melayu memang sangat kental dengan upacara adatnya. Penambahan beberapa pernak-pernik pada ornamen yang ada pada dekorasi bisa menghasilkan kesan yang artistik serta futuristik dengan nuansa tradisional modern.

Memilih Vendor Dekorasi Pernikahan yang Tepat untuk Adat Melayu

Unsur Mewah dalam Dekorasi Pernikahan Adat Melayu

Sebenarnya vendor yang kamu sewa pasti sudah tahu ornamen apa saja yang harus ada pada dekorasi pernikahan, namun jika kamu masih kurang puas dengan konsep yang ada, kamu bisa merundingkannya. Dekorasi pernikahan adat Melayu yang kamu inginkan bisa dirancang sesuai request yang diajukan.

Pernikahan adat Melayu selalu digelar secara megah dan tentunya mewah, hal ini karena prosesinya hanya satu kali seumur hidup serta merupakan prosesi adat yang sangat sakral. Kesan mewah yanng ditampilkan sudah tergambar mulai pagar depan hingga memasuki kedalam acara pernikahannya. Pernikahan adat Melayu sangat terasa aura kekeluargaan didalamnya.

Menggunakan nuansa keemasan dengan ukiran-ukiran indah didalamnya dan terdapat lampu-lampu gantung yang memancarkan cahaya indah. Kamu bisa menggunakan taman berwarna hijau yang menjadi background menyegarkan mata dalam kemasan tradisional modern untuk dekorasi pernikahan adat Melayu yang Kamu gunakan.

Untuk tempat pernikahan kamu juga bisa menggunakan ballroom hotel atau gedung atau kamu bisa menjadikan rumahmu sebagai tempat untuk melangsungkan pesta pernikahan. Menggunakan rumah sebagai tempat berlangsungnya pesta pernikahan memiliki beberapa banyak keuntungan yaitu hemat uang gedung serta acara terasa lebih intim atau berkesan.

Untuk masalah dekorasi tenang saja, karena biasanya jika Kamu menggelar pesta pernikahan dirumah akan mendapatkan waktu yang lebih banyak dari pada di gedung. ini akan menambahkan kesan yang sangat kekeluargaan dalam pesta pernikahan adat Melayu, dimana tidak ada batasan waktu dan juga menghemat budget untuk tambahan dekorasi pernikahan adat Melayu.

Nah itulah tadi ulasan bagi kamu yang ingin menghadirkan kesan mewah pada dekorasi pernikahan adat Melayu, memegang teguh budaya dan melestarikannya itu sangat penting meskipun ada sisipan nuansa modern tidak menjadi masalah, karena sebagai anak bangsa kita hanya melestarikan dan mempertahankannya!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket