Pilih Kategori Artikel

Mengenal Ornamen Dekorasi Pernikahan Beserta Maknanya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Mempersiapkan pernikahan merupakan salah satu momen yang paling ditunggu oleh banyak orang. Saat kamu mau persiapan pernikahan akan ada banyak aspek yang kamu pertimbangkan mulai dari ornamen dekorasi pernikahan, susunan acara, venue, hingga busana pernikahan.

Beberapa hal yang digunakan untuk mendekorasi acara pernikahan biasanya disesuaikan dengan konsep pernikahan yang digunakan. Konsep acara pernikahan yang digunakan sangat mempengaruhi proses persiapan yang dilakukan. Hampir seluruh persiapan mulai dari busana hingga venue pernikahan disesuaikan dengan konsep pernikahan yang akan digunakan.

Saat kamu mempersiapkan pernikahan idamanmu, maka kamu harus memilih dekorasi yang paling sesuai dengan konsep pernikahan yang telah disusun oleh kamu dan pasangan. Ada berbagai jenis konsep pernikahan yang biasanya digunakan mulai dari konsep pernikahan tradisional hingga konsep pernikahan internasional.

Saat ini ada banyak pasangan pengantin yang menggunakan jasa vendor untuk membantu mempersiapkan secara wedding yang sedang direncanakan. Namun meski acara yang akan dilaksanakan di siapkan oleh vendor, kamu juga tetap harus mengetahui secara rinci segala persiapan yang sedang dilakukan.

Hal ini perlu dilakukan agar kamu yakin bahwa segala persiapan telah berjalan dengan lancar. Salah satu persiapan yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah konsep dari wedding decoration yang kamu pilih. Saat memilih wedding decoration concept, kamu juga harus mengetahui sejarah detail ornamen dekorasi pernikahan yang akan digunakan oleh vendor yang bersangkutan.

Mulai dari jenis ornamen hingga bahan ornamen yang digunakan bisa mempengaruhi kualitas wedding decoration yang kamu pilih. Beberapa jenis hiasan yang digunakan untuk mendekorasi acara wedding juga sering disesuaikan dengan adat ataupun kebiasaan yang dilakukan oleh warga setempat.

Pada konsep wedding tradisional, hiasan-hiasan ataupun dekorasi yang digunakan juga mempertimbangkan asal-usul ataupun makna yang ada dalam hiasan tersebut. Berikut ini beberapa ornamen yang biasa digunakan dalam wedding decoration dengan berbagai konsep.

Bunga

wm_article_img

Bunga menjadi ornamen pertama yang selalu hadir dalam acara pernikahan yang diselenggarakan di berbagai tempat. Jenis-jenis bunga yang digunakan juga cukup beragam tergantung pada selera sang pengantin ataupun kecocokan bunga dengan konsep dekorasi pernikahan yang digunakan.

Ornamen dekorasi pernikahan yang satu ini selalu hadir dalam berbagai konsep mulai dari konsep pernikahan internasional hingga konsep pernikahan tradisional. Dalam konsep tradisional seperti konsep pernikahan adat Jawa, rangkaian bunga biasanya disimpan atau digunakan untuk menghiasi beberapa bagian.

Dalam adat Jawa, rangkaian dan taburan bunga melambangkan harapan dari seluruh orang terhadap ke harum and dan keharmonisan rumah tangga yang akan ditempuh  di masa depan.

Lampu

wm_article_img

Bukan hanya bunga, lampu juga menjadi salah satu ornamen yang sangat penting dalam sebuah acara pernikahan. Baik pada acara pernikahan tradisional ataupun pada acara pernikahan internasional, lampu biasanya ditempatkan atau difokuskan untuk berada atau menyoroti pelaminan.

Hal ini tidak lain bertujuan agar seluruh tamu undangan atau seluruh perhatian akan tertuju kepada kedua mempelai yang sedang berbahagia. Dalam adat jawa, penggunaan ornamen dekorasi pernikahan berupa lampu hias ini melambangkan harapan agar kedua mempelai selalu diliputi atau diterangi dengan kebahagiaan dari berbagai arah.

Center Pieces

wm_article_img

Ornamen lainnya yang tidak kalah penting dalam dekorasi pernikahan adalah center pieces. Center pieces merupakan salah satu sudut dalam venue pernikahan yang dijadikan sebagai penarik perhatian setelah pasangan pengantin.

Jika anda pernah melihat ada salah satu sudut ataupun ada sebuah ornamen yang disimpan di tengah venue dan memiliki dekorasi atau konsep yang indah, maka ornamen tersebut lah yang diberi nama sebagai center pieces. Ada beberapa acara pernikahan dengan center pieces yang dibuat dengan menggunakan sebuah miniatur pohon yang dihias menggunakan dedaunan ataupun kertas yang menyerupai daun.

Penggunaan ornamen dekorasi pernikahan ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk memperindah dekorasi serta membuat para tamu undangan lebih nyaman. Banyak para tamu undangan yang sering berswafoto di area center pieces ini.

Gerbang

Dewasa ini acara wedding banyak menggunakan dekorasi yang serupa pada beberapa aspek. Salah satu aspek yang memiliki banyak kemiripan adalah keberadaan gate atau gerbang. Hampir setiap acara wedding memiliki sebuah gerbang dengan posisi terletak di bagian depan venue tempat para tamu undangan masuk ke venue pernikahan.

Gerbang ini juga sering dihias seindah mungkin sesuai dengan konsep dekorasi pernikahan yang diusung. Keindahan pada ornamen dekorasi pernikahan ini menggambarkan harapan agar pasangan pengantin bisa memasuki gerbang rumah tangga dengan kebahagiaan.

Itulah beberapa ornamen yang sering hadir dalam penyusunan acara wedding baik dengan konsep tradisional maupun internasional. Selain hiasan-hiasan diatas, ada juga beberapa ornamen yang memiliki makna penting dan sering dihadirkan dalam acara wedding berkonsep tradisional terutama di Indonesia. Ornamen tersebut diantaranya :

Kain

Pada beberapa konsep pernikahan seperti konsep dekorasi pernikahan adat Jawa dan adat Batak, penggunaan kain sendiri memiliki peran yang cukup penting. Dalam adat Jawa, penggunaan kain batik sebagai sebagai ornamen dekorasi pernikahan berupa taplak meja jamuan atau tambahan hiasan pada kursi tamu undangan merupakan hal yang banyak ditemukan.

Jenis motif kain batik yang digunakan juga tidak bisa sembarangan. Sangat disarankan jika motif kain batik yang digunakan merupakan motif yang memiliki makna yang baik. Salah satu motif yang banyak digunakan adalah motif Sido Mulya yang berarti kemuliaan bagi pasangan pengantin.

Sedangkan dalam adat Batak, penggunaan kain ulos sebagai salah satu ornamen yang digunakan. Sama seperti kain batik, kain ulos juga memiliki makna yang baik sehingga sangat tepat jika digunakan sebagai hiasan pernikahan.

Rangkaian Buah dan Sayur

Pada pernikahan yang menggunakan adat jawa, kamu pasti pernah melihat rangkaian buah dan sayur sebagai ornamen dekorasi pernikahan yang disusun dan ditempatkan di salah satu sudut. Rangkaian buah dan sayur ini ternyata bukan hanya dekorasi biasa.

Dalam adat Jawa, rangkaian buah dan sayur ini melambangkan harapan seluruh keluarga beserta tamu undangan agar pasangan pengantin senantiasa diberikan kemakmuran harta dan hidup sejahtera.

Itulah beberapa jenis ornamen yang sering ditemui pada pernikahan berkonsep tradisional beserta makna yang ada di dalamnya. Pada dasarnya proses persiapan acara wedding memang harus dipersiapkan seteliti mungkin agar proses pelaksanaan berjalan dengan lancar.

Bukan hanya aspek-aspek besar seperti busana dan catering yang harus menjadi perhatian, namun hal-hal detail seperti ornamen dekorasi pernikahan juga harus dipersiapkan dengan baik dan telaten. Kesalahan penggunaan ornamen bisa merusak keindahan dekorasi yang kamu inginkan.

Untuk mengantisipasi kesalahan penyusunan dekorasi, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan vendor yang menangani dekorasi pernikahanmu. Jika kamu berencana untuk mengadakan pernikahan dengan konsep tradisional, kamu juga bisa berkonsultasi dengan sesepuh dari keluarga atau suku terdekat untuk memastikan tidak ada ornamen yang menyalahi aturan adat istiadat.

Mempersiapkan pernikahan mulai dari ornamen dekorasi pernikahan terkecil hingga venue pernikahan serta aspek lainnya dengan teliti akan sangat membantu agar kamu bisa melaksanakan acara wedding impianmu. Kelancaran acara pernikahanmu akan menambah kebahagiaan dalam hidupmu.

Foto: Elegant Wedding Magazine, I Like That Lamp, God Fater Style

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...