Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Dekorasi Pernikahan Favorit Untukmu, Intip di Sini Yuk!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Setiap para calon pengantin ingin pesta pernikahannya memberikan kesan unik dan mempunyai daya tarik tersendiri. Ada banyak sekali dekorasi pernikahan favorit yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi pesta pernikahanmu.

Pernikahan merupakan sebuah peristiwa yang terjadi di mana ikrar janji suci dilontarkan dihadapan kedua belah pihak keluarga. Semua orang tentunya ingin pernikahannya terjadi sekali dalam seumur hidup.

Sebagian besar calon pengantin ingin pesta pernikahannya dapat memberikan kesan yang tak bisa dilupakan bagi para tamu undangan ataupun dari pihak pengantin itu sendiri. Nah, artikel ini akan membahas mengenai rekomendasi dekorasi pernikahan favorit yang sering diburu kalian. Berikut penjelasannya. Simak baik-baik, ya.

Dekorasi Pernikahan Favorit Mengusung Tema Adat

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan tradisi dan budaya yang dimiliki oleh setiap daerah. Dalam penyelenggaraan pernikahan tradisional adat merupakan salah satu keunikan yang dimilikinya.

Pada dasarnya, sebuah konsep pernikahan adalah untuk menyatukan dua insan yang saling mencintai untuk menghabiskan waktu bersama dalam menjalin bahtera rumah tangga. Dengan melalui proses perkawinan yang sah menurut agama dan negara.

Dari setiap daerah, memiliki prosesi pernikahan yang sangat beragam. Itu semua tergantung dari adat dan budaya masing-masing, seperti misalnya adat Bugis, Minang, Batak, Jawa, Bali, dan masih banyak keunikan prosesi adat lainnya.

Dekorasi Pernikahan adat Bugis (Sulawesi Selatan)

wm_article_img

Foto: Pinterest Wawan Mild

Pernikahan Adat Bugis berasal dari Sumatera Barat. Keunikan yang dimiliki oleh adat Bugis inisudah ada sejak zaman dahulu. Terutama dalam aspek seni tari dan juga desain rumah adat yang memberikan kesan unik.

Salah satu tarian khas adat ini yaitu tari Pakarena. Di mana tarian tersebut sudah populer hingga saat ini. Bukan hanya seni tari, namun juga keunikan lainnya tercemin pada dekorasi pelaminan yang diselenggarakan oleh rakyatnya.

Dekorasi pelaminan tersebut di hiasi beberapa ornamen khas rumah-rumahan dengan hiasan atap berupa prisma berdiri megah yang menaungi kursi pelaminan.

Bisa di lihat dari gambar di atas, dekorasi pelaminan itu seakan-akan menyerupai rumah adat Bugis. Di mana pemilihan warna emas dan merah itu memberikan nuansa yang elegan dan mewah. Tak luput juga penambahan LED berwarna ungu sebagai hiasan tambahan pada dekorasi pelaminan.

Dekorasi Pernikahan adat Minang (Sumatera Barat)

wm_article_img
Foto: Mahligai Indonesia

Siapa yang tidak mengenal suku Minang. Sebagian besar mungkin dengan mudahnya untuk menemukan rumah makan khas Minang ini. Namun, bukan hanya rumah makan saja yang ditemukan dengan, tetapi juga dekorasi pernikahannya sering kali dijadikan sebagai pilihan.

Kebanyakan para calon pengantin memilih mengusung pernikahan adat Minang ini untuk pesta pernikahannya. Bisa jadi ini merupakan salah satu dekorasi pernikahan favorit untukmu.

Tradisi dekorasi pernikahan adat Minang ini tidak lepas dari miniatur rumah Gadang dengan gaya yang berlapis-lapis. Konsep dekorasi pernikahan di atas dominan penggunaan warna emas hingga kursi pelaminan. Biasanya, warna yang digunakan pun warna emas dan warna merah yang menyebar dengan begitu indah untuk dipandang.

Dengan dekorasi yang begitu simple serta penempatan warna yang begitu tepat mampu memberikan kesan yang elegan dan mewah. Ini memang salah satu alasan mengapa kebanyakan dari kalian yang memilih konsep dekorasi pernikahan yang satu ini.

Dekorasi Pernikahan adat Bali

wm_article_img
Foto: Desa Canggu

Bali juga termasuk daerah yang memiliki dekorasi pernikahan adat favorit bagi calon pengantin. Memang setiap daerah memiliki keunikan tersendiri dalam menggelar pesta pernikahannya.

Dalam menggelar pesta pernikahan adat Bali, dan penduduk di sana sebagian besar beragama Hindu, maka dekorasinya penuh dengan warna-warni yang mencolok.

Dekorasi di angkul-angkul atau biasa pintu masuk acara. Biasanya di hiasi dengan dekorasi yang sederhana. ini merupakan hiasan yang menyerupai gapura yang dipasang di depan rumah pengantin.

Namun, kini masyarakat Bali sudah berkembang dan mengasah kreativitasnya. Sudah banyak pintu masuk wedding yang dihiasi dengan ukiran-ukiran khas Bali yang terbuat dari sterofoam dipadupadankan dengan hiasan kain dan juga gebogan.

ada pula masyarakat Bali yang membuat karya untuk pintu masuk acara dalam bentuk Naga.

Nah, itulah 3 rekomendasi dekorasi pernikahan adat favorit untukmu. Tentunya, kami sebagai warga Indonesia bangga dengan keanekaragaman yang dimiliki oleh setiap daerahnya masing-masing.

Walaupun berbeda-beda adat dan budaya yang diyakini, itu yang menjadi sebuah keunikan. Sebuah daerah memiliki keunikan tersendiri. Masih banyak dekorasi pernikahan adat lain yang favorit untukmu.

Bukan berarti adat yang tidak ada di sini itu tidak favorit, ya. Mungkin saja kamu tertarik dengan ketiga di atas atau adat yang lain. Kalau bisa jangan lupa masukkan unsur adat dari mana kamu berasal berasal, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...