Tips Dekorasi Pernikahan Rustic Indoor untuk Gelaran Pesta yang Lebih Romantis

22 Aug 2020 | By Wedding Market | Viewers: 115
Tips Dekorasi Pernikahan Rustic Indoor untuk Gelaran Pesta yang Lebih Romantis
Foto: Aleteia

Gelaran pesta pernikahan merupakan salah satu hari paling bersejarah dalam hidup yang didambakan hampir bagi semua orang. Tidak heran, banyak yang menggelar pesta pernikahan dengan berbagai cara yang sesuai dengan harapan agar memberikan kesan terbaik di hari yang bersejarah dalam hidup. Salah satunya adalah dengan membuat dekorasi pernikahan rustic indoor yang menawan.

Untuk tema pesta pernikahan, seiring waktu terus berikan perkembangan dan tren yang berbeda di setiap musimnya. Seperti belakangan sedang tren gelaran pernikahan dengan tema rustic yang cukup populer di berbagai negara dan salah satunya adalah Indonesia. 

Dekorasi pernikahan rustic indoor ataupun outdoor akan memberikan kesan yang lebih santai, bersifat natural namun tetap memberi kesan romantis, bahkan dianggap lebih dapat menghemat biaya karena dekorasi yang lebih menekankan pada kreativitas.

Dalam makna umum, rustic diartikan sebagai kasar, berkarat, dan kesan pedesaan. Namun dalam matematika dekorasi dan penataan, menggambarkan kesan alami atau apa adanya yang begitu menonjol. Gaya rustic sendiri kerap digunakan oleh masyarakat pedesaan di Amerika di mulai abad ke-18. Indonesia sendiri desain ini cukup tidak asing karena hunian zaman dahulu yang didominasi dengan material batu dan kayu.

Berbeda dari makna umumnya, musik jauh dari kata kuno ataupun tua. Justru kesan yang apik dan khas yang dipadupadankan dengan sentuhan modern seperti desain minimalis dan vintage. kreativitas kamu cukup dipertaruhkan, namun yang paling utama adalah tidak perlu terlalu berlebihan agar dekorasi pernikahan rustic indoor ataupun outdoor tidak menghilangkan kesan alami dan sederhana yang menonjol. Konsep dekorasi pernikahan dengan tema rustic, memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 

1. Warna Natural

Warna coklat, abu-abu dan putih merupakan warna-warna natural yang sering digunakan sebagai tema utama dekorasi rustic. Warna-warna ini biasanya menjadi warna dasar yang kemudian dipadupadankan dengan warna pastel yang tidak terlalu mencolok. Warna-warna seperti inilah yang akan memberikan kesan tenang dan hangat pada pesta.

2. Gaya Unfinished

Biasanya, gaya rustic kuat kaitannya dengan desain yang tanpa proses finishing atau cenderung apa adanya. Seperti venue pernikahan dengan lantai dan dinding yang belum diselesaikan, menjadi gaya rustic yang sangat khas.

3. Perpaduan Kayu dan Batu

Penggunaan material kayu dan batu sering digunakan dalam dekorasi pernikahan rustic indoor ataupun outdoor yang berkaitan kuat dengan konsep pedesaan. Kayu yang terlihat usang ataupun yang tidak dicat biasanya sering digunakan.

4. Material Handmade dan Vintage

Sebetulnya, untuk menciptakan tema rustic sangat memerlukan kreativitas pribadi. Barang-barang vintage ataupun barang-barang bekas akan lebih menarik dan cocok apabila merupakan barang-barang handmade. Seperti penggunaan botol bekas dengan bahan lance atau goni untuk vas bunga pajangan diatas meja.

5. Bunga Liar dan Lampu Gantung

Mungkin yang menjadi objek utama yang sering ditemukan dalam gaya rustic adalah lampu-lampu yang menggantung serta bunga-bunga liar yang digunakan sebagai penghias. Bunga-bunga yang bisa digunakan seperti wild rose, hortensia dan lain sebagainya.

Tips Menekan Budget untuk Dekorasi Pernikahan Rustic Indoor

Tips Menekan Budget untuk Dekorasi Pernikahan Rustic Indoor
Foto: BBJ Linen

Terdapat berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk lebih meminimalisir atau menekan budget namun tetap dapat mewujudkan pesta dengan dekorasi pernikahan indoor ataupun outdoor bertema rustic. Berikut beberapa inspirasi rustic wedding mulai dari undangan, dress code venue dan beberapa detail dekorasi dengan tema rustic lainnya yang dapat menjadi rekomendasi bagi kamu.

Rustic Wedding Backdrop

Pelaminan dapat menjadi cerminan tema pernikahan.  Untuk pernikahan dengan gaya rustic, backdrop akan menggunakan latar yang sederhana dan lebih menonjolkan material kayu. Seperti kayu yang diperlukan dilakukan dengan kain berwarna netral untuk memperhalus dan memberikan kesan elegan tanpa berlebihan.

Hiasan Bunga

Tidak lengkap rasanya jika dekorasi pernikahan tanpa rangkaian bunga atau hiasan bunga. Demikian pula dengan pernikahan gaya rustic, yang khas nya menggunakan vas dengan bunga liar yang biasanya sebagai ditempatkan pada tangga untuk menambah kesan natural dan juga sederhana. Namun tidak menghilangkan keindahan dan kecantikan dekorasi pernikahan rustic indoor ataupun outdoor.

Dessert Bar Didominasi dengan Bahan Kayu

Untuk memanjakan tamu undangan, penggunaannya dessert bar mungkin menjadi sesuatu hal yang sangat tepat. Untuk mendukung tema, akan lebih unik jika menggunakan meja kayu Unfinished, piring kayu, papan menu serta beberapa peralatan lainnya dengan tema rustic yang akan lebih mendukung nuansa pesta menjadi lebih menarik.

Lentera gantung

Untuk lebih menonjolkan dan memperkuat gaya rustic, meletakkan beberapa lentera pada meja sebagai dekorasi pernikahan rustic indoor sangatlah membantu. Apabila untuk outdoor yang diselenggarakan di taman, kamu bisa menggantungkan lentera pada tangga, dinding, serta pintu masuk.

Bola-bola Lampu

Dalam ruangan terbuka, kamu bisa meletakkan atau menggantung bola bola lampu yang cantik. Apalagi jika menggunakan lampu berwarna kuning yang akan semakin menambah kesan romantis.

Photo Booth

Nuansa kayu pada photo booth adalah pilihan yang tepat dan dapat menarik perhatian para tamu undangan. Kamu bisa menambahkan lampu-lampu, ornamen bunga putih yang cantik, serta kutipan-kutipan romantis yang lebih mendukung dan menonjolkan suasana romantis.

Buket Bunga Kering

Salah satu hal yang cukup penting dalam dekorasi pernikahan rustic indoor adalah adanya buket bunga pernikahan. Dan menjadi ikon adalah bunga mawar. Namun karena tema rustic wedding mengutamakan bunga-bunga liar, kamu bisa menggunakan beberapa bunga buket kering seperti lavender kering atau hortensia yang kering dengan beragam warna.

Kue Crumb Coat

Untuk kue tema rustic wedding kamu bisa memilih kue crumb coat, karena penampilannya yang unfinished seakan belum selesai dilapisi dengan icing. Penambahan bunga serta buah segar di atasnya akan memberikan penampilan yang lebih menawan. 

Gaun untuk Bridesmaid

Pesta pernikahan akan lebih lengkap apabila dihadiri dengan para bridesmaid. Pemilihan gaun berwarna pastel yang cantik untuk para pengiring pengantin menjadi pilihan tepat agar dapat mendukung tema rustic. Warna ini pun akan lebih mendukung memberikan kesan elegan.

Rustic Wedding di Dalam Ruangan 

Dekorasi pernikahan rustic indoor dapat kamu pilih dengan pemilihan venue bernuansa kayu serta dekorasi dedaunan yang rimbun agar dapat menghadirkan atmosfer rustic yang anggun dan elegan.

Pertimbangkan Budget

Budget tentu saja menjadi pertimbangan utama dalam menggelar suatu pesta pernikahan. kamu perlu untuk mempertimbangkan budget, menentukan mana yang menjadi prioritas serta menekan budget untuk berhemat agar tidak terlalu menghabiskan uang yang terlalu banyak. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan utama atau lebih dapat dihemat.

  • Mempertimbangkan biaya menyewa venue untuk dekorasi pernikahan rustic indoor tidak perlu harus menggunakan tempat yang mewah, kamu bisa memilih venue dengan biaya sewa murah atau lebih memilih menggelar acara di rumah.
  • Membuat undangan bisa kamu lakukan sendiri, dan hal ini dapat menghemat waktu serta menghemat budget. Kartu undangan dengan tema rustic biasanya menggunakan warna natural dan dicetak di atas kertas dengan tekstur yang lembut akan lebih hemat lagi jika kamu mengirimkan undangan melalui email atau aplikasi media sosial lainnya.
  • Melakukan sewa baju pengantin akan lebih menekan budget daripada membuatnya. 

Itulah beberapa tips yang perlu anda perhatikan untuk menggelar pesta pernikahan dengan dekorasi pernikahan rustic indoor ataupun outdoor yang lebih menarik. Setelah kamu memahami seputar tips di atas, kamu bisa langsung bertemu dengan para vendor dekorasi pernikahan.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket