Kumpulan Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Buatan Sendiri

21 Oct 2020 | By Wedding Market | Viewers: 94
Kumpulan Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Buatan Sendiri
Foto: Unsplash

Pernikahan merupakan hal penting yang harus dipersiapkan dengan matang, sebab hanya dilakukan satu kali seumur hidup. Untuk itulah, banyak orang yang rela mengeluarkan banyak dana untuk mempersiapkan dekorasi pernikahan. Padahal, banyak contoh ide dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri yang bisa kamu coba buat di rumah. 

Selain lebih irit, membuat dekorasi sendiri juga membuat pesta pernikahan menjadi semakin berkesan. Kamu tidak harus menggunakan peralatan dan benda yang mahal, karena bisa menggunakan benda dan peralatan yang kamu temukan di sekitar rumah dan lingkungan. 

Bahkan, kamu bisa mengajak teman dan keluarga untuk membuat dekorasi pernikahan bersama, sehingga proses komunikasi antar keluarga bisa menjadi lebih baik. Akan tetapi, kesederhanaan juga perluterlihat menawan, apalagi jika disandingkan dengan tambahan beraneka rupa pernak-penik pernikahan. 

Dekorasi pernikahan buatan sendiri memang cocok digunakan di rumah, namun bukan berarti kamu tidak bisa membawanya ke gedung pernikahan. Kalau kamu hendak membuat dekorasi pernikahan secara mandiri, berikut ini merupakan beberapa ide yang bisa kamu coba terapkan.

Papan untuk Menyambut Tamu


Kamu bisa menggunakan papan penyambut tamu untuk dekorasi pernikahan di rumah maupun di gedung pernikahan. Fungsi papan tersebut bisa kamu gunakan sebagai penanda lokasi bahwa pernikahan yang kamu gelar dilangsungkan di lokasi tersebut, sehingga tamu undangan bisa langsung menuju tempat yang telah ditentukan. 

Papan tamu tersebut mudah untuk dibuat, namun kadang malah sering dilupakan oleh mempelai yang hendak melaksanakan resepsi. Jika resepsi dilakukan di rumah, tentu tidak masalah, berbeda halnya dengan resepsi yang dilakukan di tempat umum. Menggunakan papan untuk menyambut tamu bisa menjadi dekorasi penting yang harusnya kamu sediakan. 

Untuk membuat penyambut tamu ini juga sederhana, yakni papan tulis putih atau hitam, spidol atau kapur, bunga palsu, kawat, dan dedaunan yang serasi. Isi papan sebaiknya tidak terlalu berlebihan, cukup tulis nama masing-masing mempelai dan waktu serta tempat acara dilangsungkan. 

Dekorasi Pernikahan Tanda Papan

Dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri selanjutnya yang bisa kamu coba adalah tanda papan pernikahan. Tanda papan untuk pernikahan bisa kamu buat jika acara resepsi maupun pesta hendak dilakukan di luar ruangan, atau dengan konsep outdoor. Kamu hanya perlu membuat papan kayu atau triplek dan menempelkannya di tempat yang strategis. 

Papan tersebut merupakan tanda bahwa kamu sedang melangsungkan acara pernikahan. Kamu bisa membuatnya lebih dari satu buah, dan meletakkannya di beberapa tempat di sekitar pesta pernikahan. Jika tidak ada papan kayu, kamu bisa menggunakan papan tulis hitam maupun putih sebagai penggantinya. 

Selain nama pasangan, kamu juga bisa menuliskan menu makanan yang disajikan oleh koki ataupun vendor katering. Dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri ini juga cukup terjangkau, sehingga tidak akan menghabiskan budget pernikahan yang sudah kamu siapkan. Agar makin manis, kamu bisa menggunakan rangkaian bunga dan pita sebagai hiasannya. 

Hiasan Menggunakan Foto Polaroid


Selanjutnya, kamu bisa menggunakan cara instan untuk membuat dekorasi pernikahan, salah satunya dengan hiasan foto yang berbentuk polaroid. Meskipun terkesan klasik, namun belakangan foto polaroid banyak digunakan untuk menghias acara pernikahan, apalagi jika sebelumnya kamu dan pasangan memiliki banyak  foto bersama. 

Walaupun terkesan sederhana, namun pernikahan yang kamu lakukan tentu akan lebih berkesan. Apalagi jika gambar dan foto tersebut kamu susun sesuai dengan perjalanan cinta yang sudah kalian lalui. Agar mudah dalam memasang, kamu bisa mengunakan tali dan jepitan, kemudian menyusunnya di dinding gedung maupun tempat yang terbuka agar bisa dilihat oleh tamu undangan. 

Kalau kamu ingin menghias tempat makan, tidak ada salahnya juga menggunakan dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri ini. Namun pastikan dipasang dengan frame agar tidak kotor terkena cipratan makanan. Berikan penyangga, sehingga posisinya tidak tertutup dengan makanan yang kamu sajikan.

Tirai untuk Backdrop 

Area pelaminan atau sering disebut sebagai backdrop merupakan tempat untuk melakukan foto bersama dengan pasangan pengantin. Walaupun disediakan oleh pihak vendor pernikahan, kamu juga bisa membuatnya dengan kreasi mandiri. Misalnya saja dengan menggunakan tirai yang dihias sedemikan rupa. 

Kamu bisa menempelkan tidak hanya bunga palsu untuk hiasan, tetapi juga menempelkan lampu dengan bohlam yang berukuran kecil. Rangkaian tersebut apabila dipasang dengan tepat bisa membantu kamu membuat backdrop yang tidak kalah cantiknya dengan backdrop buatan pabrik. 

Kalau terdapat dinding di area pernikahan, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk dihias dengan cara serupa. Gunakan warna-warna yang menarik namun tidak mencolok, seperti warna netral agar tidak merusak susunan warna yang sebelumnya sudah kamu konsepkan untuk dekorasi pernikahan. Warna netral juga bisa dihias dengan berbagai hiasan, sehingga lebih mudah disesuaikan. 

Flower Loop


Flower loop merupakan hiasan bunga palsu maupun asli yang diletakkan di tempat khusus untuk membuat ruangan menjadi kian menarik. Dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri ini ternyata bisa kamu buat dengan mudah, tanpa perlu bahan yang rumit. 

Untuk membuat lingkaran, kamu bisa menggunakan kayu rotan yang sudah dibentuk menjadi lingkaran, dan dipekuat dengna selotip maupun lem khusus untuk kayu. Jangan lupa untuk menghiasnya dengan kertas warna warni, bunga, dan dedaunan. 

Untuk menempelkan hiasan tersebut, kamu bisa menggunakan selotip atau double tip, sehingga bunga tidak mudah lepas jika terkena goyangan angin atau disenggol tamu undangan. Selain dipajang, kamu juga bisa menggantungnya di tempat tertentu agar suasanan pesta pernikahan semakin meriah. 

Balon Bunga 

Terakhir adalah balon dengan hiasan sulur bunga. Tidak hanya acara pesta ulang tahun, pernikahan juga bisa menggunakan bunga dan balon sebaga hiasannya. Agar mudah dihias, kamu bisa memilih balon dengan warna yang netral, seperti abu-abu atau putih, sehingga cocok dihias dengan berbagai pita maupun bunga. 

Dengan begitu, bagian venue pernikahan bisa terlihat lebih meriah dan artistik. Di bagian bawah balon tersebut, kamu bisa memberikan bunga agar semakin menarik. Dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri ini tidak memerlukan banyak peralatan, kamu hanya perlu menggunakan balon, pompa, selotip, serta rangkaian sulur dan bunga.

Selain beberapa dekorasi yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga bisa membuat dekorasi dari barang-barang yang ada di sekitar kamu. Misalnya sepeda yang dihias dengan bunga. Kamu bisa meletakkan sepeda hias tersebut di spot yang terbuka sehingga tamu undangan dapat berfoto dengan dekorasi yang sudah kamu buat. Tentunya sepeda tersebut harus kamu bersihkan dan cat ulang, apalagi jika sepedanya cukup tua. 

Bagaimana? Tertarik untuk membuat dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri untuk pernikahan kamu nanti? Membuat dekorasi sendiri bisa menghemat anggaran dekorasi yang harusnya kamu bayarkan kepada vendor pernikahan. Selain itu, dekorasi yang dibuat sendiri bisa membuat nuansa pernikahan menjadi lebih intim.

Foto: AliExpress, Fabmood, Amazon


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket