Inilah Inspirasi Dekorasi Pernikahan Shabby Chic, Siap Manjakan Pandanganmu!

18 Oct 2020 | By Wedding Market | Viewers: 73

Berbicara masalah dekorasi adalah hal yang tidak luput diperbincangkan dalam rencana pernikahan. Sementara ini tema dekorasi pernikahan Shabby Chic salah satu dekorasi yang banyak diminati mereka yang ingin melangsungkan pernikahan dengan pasangan terkasihnya. 

Walaupun makna Shabby adalah lusuh, kuno atau lawas tidak berarti dekorasi pernikahan tersebut akan nampak lusuh, sebab ada Chic yang bermakna cantik yang akan menyempurnakan kesan lawas itu nampak lebih modern dengan sentuhan manja yang diberikan tema dekorasi menarik ini. 

Dekorasi ini diangkat dari nuansa dekorasi tahun 90-an sehingga tampak beberapa elemen kuno pada dekorasinya. Hanya saja, diberikan polesan dekorasi kekinian yang masih mempertahankan nuansa retro vintage sehingga nampak sangat menarik. Lalu apa saja dekorasi yang harus disiapkan untuk mewujudkan tema Shaby Chic di pernikahanmu? 

1. Dekorasi Pelaminan


Pada pelaminan, dekorasi Shaby Chic diterapkan dengan sangat romantis didukung dengan dekorasi warna pastel yang lembut sebagai ciri khas feminim, lawas, sekaligus unik. Definisi jelasnya, meski desain dekorasi usang, tapi tampilan pelaminan dengan tema menarik  ini terlihat sangat cantik atau sesuai dengan namanya "Chic."

Dekorasi ini rekomendasi sekali untuk kamu yang memiliki kepribadian low profile atau sederhana, sebab tidak ada warna glamour dan mencolok yang diterapkan dalam tema dekorasi pernikahan shabby chic ini. Bahkan kesan klasik pada dekorasi pernikahan ini begitu mengesankan. Hal ini sebab alasan tadi, bahwa dekorasi ini merupakan hasil kombinasi dari nuansa klasik dan retro vintage. Sehinga kamu yang berkpribadian sederhana dan cenderung menyukai warna lembut, tema dekorasi ini cocok untuk kamu jadikan opsi utama dekorasi pelaminanmu.

Khususnya lagi, buat kamu yang menyukai nuansa tahun 60-an atau 90-an dan juga kamu yang ingin melestarikan keunikan peninggalan nenek moyang merencanakan dekorasi pernikahan ala Shabby Chic membuat kamu lebih bertualang saat ingin mengenang masa dahulu yang selalu menonjolkan kesederhanaan dan kearifan budaya lokal.

Pada pelaminan, kamu bisa menambahkan benda-benda klasik seperti kurungan burung yang menggantung di pelaminan dengan warna kayu yang matte berwarna coklat muda, baik berukuran kecil ataupun besar. Kurungan bisa kamu tambahkan dengan bunga-bunga lembut yang berwarna pastel dipadu dengan warna yang sedikit mencolok. 

Sedangkan pada kursi pelaminan, memilih yang terbuat dari kayu atau rotan dengan desain apik. Backround-nya bisa diberikan bingkai-bingkai foto berukuran yang tidak sama dengan peletakan zig-zag. Mengenai pencahayaannya, lampu lentera atau led duanya-duanya masih sangat cocok. Kamu bisa letakkan lampu-lampu ini di bagian background pelaminan.

2. Dekorasi Ruangan


Selain dekorasi pelaminan, ruangan juga harus didekorasi ala Shabby Chic supaya tema klasik yang diangkat dalam acara pernikahan ini lebih estetik dan menawan. Dekorasinya mencakup seluruh ruangan yang nanti akan menjadi tempat duduk tamu undangan pernikahan.

Ciri khas uniknya dari dekorasi adaptasi nuansa tahun 90-an ini bisa dilihat dari peletakan kursi dan meja kayu sampai ornamen klasik lainnya semacam taplak yang terbuat dari bahan lace. Konsep ini mendukung totalitas penerapan dekorasi pernikahan Shabby Chic. 

Hiasan lainnya yang tidak boleh ditinggalkan dalam dekorasi ruangan resepsi adalah motif floral atau bunga-bunga, kayu, atau unsur menarik dari tumbuh-tumbuhan lainnya yang bisa diterapkan pada taplak meja atau juga tempat penerimaan tamu undangan.

Selain motif natural ini, terdapat juga opsi motif sederhana hingga polkadot. Motif ini jika diaplikasikan pada ornamen dekorasi dengan desain yang apik, tidak akan terkesan norak bahkan nampak lebih lembut dan memanjakan mata.

Bisa dikatakan, dekorasi Shabby Chic ini tidak hanya recomended buat kamu yang berkepribadian sederhana tapi juga cocok buat kamu pecinta keramahan lingkungan. Di mana dekorasi ini menonjolkan sifat naturalis alam sekitar.

3. Dekorasi Souvenir Pernikahan


Kita sudah mengulas bagaimana desain dekorasi pelaminan dan ruangan resepsi Shabby Chic, selanjutnya mencangkup juga pada souvenir pernikahan. Meskipun terkesan remeh menerapkan dekorasi sesuai tema pernikahan ternyata dirasakan sangat mendukung kesan positif dari tamu undangan. Mengapa tidak? Souvenir ini adalah cendera mata yang akan dibawa pulang ke rumah oleh tamu undangan maka hal yang wajar jika kamu mempertimbangkan dekorasi souvenir pernikahanmu dengan konsep Shabby Chic.

Souvenir pernikahan Shabby Chic, berbeda dengan souvenir pernikahan dengan tema lainnya. Pada dekorasi pernikahan Shabby Chic, souvenir berupa benda-benda klasik, seperti bingkai foto model lawas, dompet klasik bermotif bunga dan lain sebagainya yang tetap mengalirkan nuansa tahun 90-an. 

Jadi, kalau souvenir lainnya yang hanya berupa tasbih, gantungan kunci atau dompet dengan desain kekinian dan cenderung mewah. Souvenir pernikahan Shabby Chic nampak lebih sederhana dan unik, tamu undangan kamu pasti suka dengan souvenir ini.

4. Gaun Pengantin Khas Shabby Chic

Selain dekorasi di atas, gaun pengantin yang kamu pakai juga mempengaruhi tema pernikahan yang kamu terapkan termasuk pada dekorasinya. Sehingga memperhatikan desain gaun pengantin adalah hal yang sangat penting utamanya dengan tujuan menyesuaikan dengan tema pernikahan yang diterapkan.

Gaun pengantin Shabby Chic meliputi warna-warna yang lembut dan motif tidak terlalu mencolok. Memakai gaun dengan warna soft seperti pink, putih dan warna pastel lainnya membuat performa kamu lebih elegan dan menawan di acara pernikahan di mana related sekali dengan tema pernikahan yang diusung lawas, cantik dan sederhana. 

5. Make-Up Sederhana

Pada make-up dipoles dengan nuansa Shabby Chic juga, yang mana pengaplikasiannya nampak sangat sederhana tidak norak dan terkesan sangat manis. Lipstik bisa menggunakan warna pink atau peach dan untuk warna blash on bisa menyesuaikan yang terpenting bulu matanya tidak terlalu tebal dan panjang. Begitu juga dengan eyeliner dan eyelash-nya, dalam make-up yang mengusung dekorasi sederhana ini pastinya juga tidak terlalu mencolok. Sehingga didapatkan tampilan wajah pengantin yang mempesona tapi tetap natural.

Kelebihan Memilih Dekorasi Pernikahan Shabby Chic

Kesederhanaan ini, tidak mengurangi kemeriahan dan kesan pernikahanmu, sebab konsep dekorasi pernikahan semacam ini sudah sangat sering dijumpai di pernikahan-pernikahan masyarakat di Indonesia. Dengan kesederhanaan ini, kamu tampak lebih anggun tanpa meninggalkan tuntutan zaman. Kelebihan dekorasi ini sangat mendasari alasan mereka yang berencana melangsungkan pernikahan. Nah, lalu apa saja kelebihannya? 

Unik

Dengan nuansa kehidupan tahun 90-an yang dipadu dengan nuansa 60-an dan 20-an membuat dekorasi ini nampak sangat unik dan berkelas.

Lebih Romantis

Konsep feminim yang menjadi kesan dekorasi Shabby Chic dan warna pastel yang mengimbanginya, membuat suasana romantis pernikahan terbangun secara natural dan sempurna. Didukung lagi dengan pilihan make-up dan gaun pengantin yang elegan membuat kamu dengan si dia terlihat seperti ratu dan raja yang ramah dan sederhana.

Hemat Biaya

Kita perhatikan, elemen yang dibutuhkan dalam konsep dekorasi ini hanya membutuhkan benda-benda lawas dan sederhana. Jadi, tidak membutuhkan banyak budget untuk mewujudkannya.

Nah, inilah beberapa inpirasi dekorasi pernikahan Shabby Chic yang memanjakan pandangan sekaligus kelebihannya yang patut kamu pertimbangkan! 

Foto: Simplicity Hand crafted, Homestyle Press, Southern Events


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket