Cara Memilih Dekorasi Pernikahan Vintage Indoor yang Tepat

22 Aug 2020 | By Wedding Market | Viewers: 124
Cara Memilih Dekorasi Pernikahan Vintage Indoor yang Tepat
Foto: utterlyengaged

Banyak sekali orang yang melakukan pernikahan menggunakan dekorasi vintage. Apakah kamu mengetahui apa itu dekorasi vintage? Dekorasi vintage dapat dikatakan sebagai desain jadul bertema klasik. Jika kamu adalah tipe orang yang masih mencintai desain klasik bertema jaman dulu bisa menggunakan dekorasi pernikahan vintage indoor.

Mengapa rekomendasi yang ditujukan indoor? Ini dikarenakan dekorasi vintage ini membutuhkan ruangan tertutup untuk mendukung tema vintage ini. Pernikahan vintage akan memberikan kesan yang sangat mendalam. Pada bacaan artikel di bawah ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara membuat dekorasi pernikahan vintage indoor. Terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan untuk persiapan pernikahan tema vintage. Berikut adalah uraian lengkapnya

1. Memilih Undangan yang Sesuai

Cara pertama untuk membuat dekorasi pernikahan vintage indoor yang maksimal adalah dengan sebaran undangan. Undangan adalah sebuah surat yang di dalamnya mengandung informasi mengenai waktu dan tempat acara pernikahan berlangsung. Pada masa kini, bentuk undangan pernikahan sangat bermacam-macam.

Untuk tema vintage, kamu disarankan untuk memilih undangan yang berwarna coklat. Selain itu, penggunaan font dalam undangan juga bisa menggunakan tulisan yang unik dan klasik. Ini ditujukan agar undangan ini memiliki nilai estetika yang tinggi. Jangan memilih undangan yang berwarna cerah seperti kuning, merah, biru, dan lain sebagainya. Ini dilarang karena warna tersebut tidak selaras dengan tema vintage yang sudah dipilih.

2. Memilih Gedung yang Cocok

Pernikahan indoor memang membutuhkan sebuah gedung atau ruangan untuk mengadakan pesta. Kamu harus bisa memperkirakan luas gedung dengan tamu yang telah diundang. Akan tetapi, gedung yang digunakan lebih baik tidak terlalu luas untuk tema vintage. Ini dikarenakan kesan jaman dulunya akan kurang terasa.

Pilihlah gedung yang luasnya biasa saja. Maksudnya, tidak terlalu luas seperti pernikahan tema mewah semacamnya. Pilih yang sederhana agar barang-barang atau peralatan yang sudah dipilih tidak akan mati menunjukkan kesan. Desain semua peralatan yang akan digunakan ini tergantung pada seberapa luas gedung yang akan digunakan. Jadi, sebelum menentukan peralatan atau dekorasi hiasan kamu dianjurkan untuk sudah memilih pasti gedung yang akan ditempati.

3. Desain Pintu Masuk Ruangan

Desain yang selanjutnya adalah pembahasan mengenai ruangan pintu masuk untuk pesta. Buat hiasan yang bertema klasik di depan pintu. Kamu bisa menambahkan kayu-kayu sebagai tanda pernikahan yang diselenggarakan bertemakan vintage. Selain itu, hiasan di awal ruangan sebaiknya menggunakan warna gelap seperti coklat muda dan coklat tua.

Kamu bisa menambahkan bunga atau daun sebagai hiasan. Akan tetapi, perlu diperhatikan jika hiasan bunga dan daun sebaiknya dipilih dengan pilihan yang tepat. Kamu bisa menggunakan bunga berwarna putih beserta daunnya yang berwarna hijau. Untuk ukuran besar kecilnya bunga tergantung pada ruangan dekorasi pernikahan vintage indoor yang sudah kamu tetapkan.

4. Pemilihan Meja dan Kursi Tamu

Poin yang ketiga adalah pembahasan mengenai pemilihan meja dan kursi tamu. Kamu harus bisa menyesuaikan tema vintage dengan barang-barang yang akan digunakan. Meja dan kursi yang akan digunakan untuk pesta selayaknya juga mempunyai warna yang selaras yaitu coklat atau hitam. Kamu disarankan untuk memilih kursi atau meja yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Tambahkan nuansa vintage dengan meletakkan hiasan seperti radio lama di bagian meja. Kamu bisa membuat lipatan-lipatan kertas origami yang sesuai dengan tema vintage. Ingat, jangan pernah menambahkan warna-warna yang terlalu mencolok dan tidak sesuai dengan tema yang dipilih.

5. Memilih Meja Hidangan yang Menarik

Dekorasi pernikahan vintage indoor juga harus memperhatikan meja hidangan yang menarik. Jika biasanya pernikahan dibuat dengan meja hidangan yang sebesar-besarnya dan semegah-megahnya ini justru berbeda dengan pernikahan bertema vintage. Untuk pernikahan vintage ini kamu bisa memilih meja jadul yang mungkin di bawahnya ada hiasan seperti laci atau semacamnya.

Gunakan meja-meja kecil dan berjumlah banyak. Meja yang dipilih bisa hanya dengan bentuk kayu tanpa cat atau pilox. Meja yang masih terlihat kayu akan semakin estetik dan memiliki nilai tersendiri untuk kesan unik di dalamnya. Berbicara mengenai hidangan makanan, kamu bisa menggunakan makanan apapun untuk pesta. Yang perlu diketahui adalah tidak ada makanan khusus antara tema pernikahan satu dengan lainnya. Hanya saja peralatan yang digunakan saja yang membutuhkan perlakuan khusus.

6. Menggunakan Mobil Pernikahan Klasik

Pernikahan bertema vintage direkomendasikan untuk menggunakan mobil-mobil klasik lama seperti VW. Tidak banyak orang yang mempunyai mobil ini karena memang sudah keluaran lama dan tentu saja harganya tidak murah. Pilih mobil klasik dengan warna hitam atau putih. Hias bagian depan mobil dengan satu bunga saja.

Dimana bisa mendapatkan mobil VW? Kamu bisa menyewanya untuk beberapa hari di tempat penyewaan mobil klasik. Sebelum acara, diharapkan pihak pengantin dan sopir yang akan masuk di dalam mobil latihan terlebih dahulu agar mengendarai mobil dengan lancar. Dekorasi pernikahan vintage indoor ini memang sangat menarik untuk diterapkan dalam sebuah pesta pernikahan.

7. Memilih Pakaian dan Gaun Simple

Tahukah kamu jika pakaian atau gaun yang digunakan pada pesta pernikahan tema ini menggunakan hal-hal yang simple? Kamu tidak membutuhkan gaun yang terlalu besar untuk dipakai saat tema pernikahanmu vintage. Kamu hanya perlu memperhatikan bagaimana hal yang simple itu bisa menjadikan sesuatu yang istimewa dan terkesan klasik.

Kamu bisa menggunakan pakaian atasan dan bawahan berupa kebaya. Tambahkan aksesoris pada bagian sanggul sehingga tampak lebih cantik dan mempesona. Untuk riasan makeup kamu bisa meminta riasan yang vintage kecoklatan. Jangan salah untuk mengaplikasikan makeup ceria karena akan terkesan aneh pada tema vintage ini.

8. Memberikan Souvenir yang Unik

Dekorasi pernikahan vintage indoor yang pertama adalah memberikan souvenir yang unik. Dalam tema pernikahan vintage kamu bisa memberikan souvenir yang tidak biasa. Kamu bisa memberikan miniatur kendaraan yang terbuat dari kayu atau semacamnya. Ini akan membuat pesta kamu berkesan dan benar-benar bertemakan vintage.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan souvenir yang biasa. Akan tetapi, kamu perlu mengemasnya dengan cara yang unik agar terlihat estetik. Kamu bisa meletakkan kunci palsu di bagian depan kemasan. Pilih kemasan yang berwarna coklat sedikit gold untuk para tamu yang datang di acara pesta pernikahan.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang apa saja yang harus dilakukan untuk membuat dekorasi pernikahan vintage indoor. Kamu bisa menggunakan tema ini saat pesta pernikahan. Kesan yang akan dibuat dari tema dekorasi indoor ini adalah rasa jaman dulu yang begitu kental yang diimbangi dengan kemewahan dengan versinya sendiri.

Untuk memilih perlengkapan pernikahan sebaiknya kamu juga meminta bantuan orang lain untuk memberikan pendapat. Kamu juga bisa berbicara dengan pasangan atau pihak keluarga mengenai pernikahan. Jangan lupa untuk menyiapkan biaya pernikahan secara matang. Dengan biaya yang sudah siap semua kebutuhan pernikahan pasti akan terlaksana dengan baik dan maksimal.

Bingung menghitung biaya? Yuk intip kisaran harga dari para vendor di WeddingMarket.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket