Pilih Kategori Artikel

Cara Dekorasi Photo Booth Minimalis Ekonomis dengan Background Termurah dan Mudah Ditemui
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sebagian besar calon pengantin pasti telah memikirkan secara matang mengenai konsep acara dan dekorasi pernikahannya. Salah satu elemen yang juga perlu dipikirkan secara detail yakni photo booth pernikahan. Tahukah kamu jika photo booth kini menjadi salah satu komponen yang wajib ada di acara pernikahan? Photo booth dapat disewa, beli, atau membuatnya sendiri. 

Photo booth terdiri dari dekorasi backdrop dan beberapa properti untuk menunjang penampilannya. Penampilan photo booth disesuaikan dengan konsep acara pernikahan kamu. kamu dapat membuatnya menjadi satu kesatuan, atau memilih tema yang nyentrik. Sehingga tema tersebut berlawanan dengan konsep dekorasi utama pernikahan kamu. Bagi beberapa calon pengantin yang tidak mau ribet, konsep dekorasi photo booth minimalis ialah yang paling aman untuk dipilih. 

Dengan menggunakan properti simple ataupun unsur-unsur yang multifungsi, photobooth pernikahan kamu juga bisa mendapatkan kesan terbaik. Selain itu, dekorasi minimalis juga bisa terlihat dari perpaduan warna yang netral, tidak terlalu ramai, bahkan menggunakan tone monokromatik seperti hitam dan putih. Dengan dekorasi nan minimalis kamu juga bisa menampilkan sisi elegan dan mewah dari pesta pernikahanmu.

Dalam mendekorasi wedding photo booth, kamu memiliki dua pilihan, yakni diserahkan kepada vendor atau membuatnya sendiri. Pembuatan photo booth tidak begitu susah, apalagi jika konsepnya minimalis. Kamu bisa membuat backdrop unik dan kreatif untuk menunjang konsep pernikahan yang diinginkan. Photo booth yang kamu buat tidak akan kalah estetik, justru akan semakin mengesankan karena kamu membuatnya sendiri.

Jika photo booth dibuat sendiri, maka keuntungannya adalah kamu bisa berkreasi sesuka hati dan tentunya lebih hemat budget. Disamping itu, kamu tentu juga akan lebih bangga karena bisa menambahkan unsur-unsur personal dalam pernikahanmu, apalagi sesuatu yang dibuat sendiri tentunya akan meninggalkan kesan yang mendalam, bukan? Namun ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait bagaimana cara membuat photobooth dengan dekorasi yang minimalis. Agar hasil DIY Photo Booth yang dibuat memuaskan, berikut WeddingMarket berikan beberapa tips mendekorasi photo booth minimalis nan estetis buatmu!

wm_article_img

Inspirasi photo booth minimalis id.pinterest.com 

  1. Pastikan kamu tidak meletakkan banyak benda ataupun properti

Dekorasi minimalis tidak membutuhkan banyak barang atau properti. Penempatan properti yang berlebihan justru akan mengurangi kesan sederhana yang ingin ditonjolkan. Kadang terlalu banyak barang-barang malah akan membuat photo booth terlihat tidak indah dan membingungkan. Oleh sebab itu, cukup gunakan, letakkan dan posisikan barang-barang yang tepat guna saja seperti kursi, lighting dan beberapa elemen pemanis dekorasi.

  1. Pastikan memilih warna yang senada dengan konsep besar pernikahan kamu

Salah satu ciri konsep minimalis adalah tidak menggunakan banyak warna. Cukup dengan satu atau paduan dua warna saja rasanya sudah mampu menghadirkan nuansa minimalis yang diharapkan. Jika kamu mengusung tema luxury, maka warna yang biasa digunakan ialah gold atau silver. Warna lain yang bisa digabungkan ialah silver-navy atau gold-white. Kedua paduan warna tersebut cukup netral dan tidak akan mengganggu tema pernikahanmu. Pemilihan warna dekorasi pernikahan yang tepat akan sangat penting, semua itu perlu dipikirkan supaya tidak bertabrakan dengan konsep yang kamu inginkan.

  1. Pastikan menggunakan backdrop yang sesuai dengan warna dan konsep yang kamu tentukan

Backdrop yang bisa digunakan untuk dekorasi photo booth pernikahan bermacam-macam, kamu bisa menggunakan kain, kayu, papan, dan lain sebagainya. Namun, kamu perlu memperhatikan, benda manakah yang cocok untuk melengkapi konsep utama dalam pernikahanmu? Untuk kesan minimalis, maka pada background photo booth tidak perlu menempatkan banyak tulisan. Kamu hanya perlu menuliskan inisial namamu dan pasangan atau nama panggilan kalian berdua saja. Nah, setelah itu kamu bisa menghiasi beberapa sudut dengan elemen pemanis lainnya, seperti foto atau bunga sebagai properti dekorasi.

  1. Pastikan menggunakan satu atau dua item yang dominan saja seperti kayu, bunga, papan, atau kain untuk background photo booth

wm_article_img

Photo booth floral wall | blog.happy-chantilly.com

Untuk mendapatkan kesan simple dan minimalis, kamu harus memikirkan benda apa yang cocok untuk digunakan pada photo booth pernikahan yang ingin dibuat. Jika backdrop kamu sudah terbuat dari kayu, maka cukup tambahkan properti seperti kursi ataupun kain polos dengan pencahayaan dari bohlam yang mendukung. Jika kamu menggunakan bunga, maka gunakan saja beberapa rangkaian kecil sebagai bingkai ataupun menghiasi sudut-sudut photo booth yang  menggunakan background kayu atau triplek besar.  Namun, jika menggunakan kain, maka kamu membutuhkan properti untuk mengisi kekosongan dalam penataletakkan barang.

  1. Ukur lebar photo booth untuk menentukan konsep foto berdiri atau duduk

wm_article_img

Inspirasi photo booth murah dan ekonomis | weddinginvitespaper.com

Penggunaan kursi sebagai properti untuk dekorasi photo booth pernikahan sebenarnya tidak wajib, tergantung kepada tema atau konsep yang dipilih serta ruang yang tersedia di lokasi diadakannya pernikahanmu. Jika venue pernikahan cukup luas, kamu bisa membuat photo booth yang cukup lebar sehingga bisa digunakan para tamu atau kerabat yang ingin membuat foto bersama keluarga atau beramai-ramai. Kamu juga bisa menyesuaikan propertinya, apakah perlu kursi ataukah photo booth dengan gaya berdiri. 

Setelah mengetahui 5 poin untuk mendapatkan photo booth minimalis elegan yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa mulai mencari referensi jenis-jenis photo booth seperti apa yang memungkinkan untuk kamu styling sendiri. Beberapa tema photo booth populer mungkin bisa kamu terapkan. Namun jika kamu menginginkan dekorasi photo booth pernikahan murah meriah, tiga benda berikut bisa jadi pilihan terbaik untuk wedding photo booth spesialmu.

Properti Photo Booth Pernikahan Termurah dan Mudah Ditemui

Dalam mendekorasi photo booth, perlengkapan mendasar yang dibutuhkan ialah background. Background photo booth bisa berupa kayu, papan, hingga kain. Apabila kamu memiliki budget terbatas namun tetap ingin menyediakan photo booth, maka kami menyarankan kamu untuk membuat background photo booth kamu sendiri mrnggunsksn properti sederhana yang mudah dijumpai. Berikut rekomendasi benda yang murah dan bisa dimanfaatkan untuk menjadi properti photo booth pernikahan:

  1. Kain

Barang yang paling mudah digunakan untuk background photo booth ialah kain. Apapun warnanya, kain bisa digunakan untuk berbagai jenis tema photo booth kamu. Namun, warna yang paling aman untuk digunakan yakni hitam atau putih. Kedua warna ini masih menjadi primadona bagi vendor ataupun calon pengantin yang membutuhkan background untuk photo booth pernikahannya. Kain putih atau hitam bisa digunakan untuk bermacam konsep karena sifatnya netral dan cocok dengan berbagai properti lain.

Selembar kain putih bisa kamu kombinasikan dengan lampu bohlam, tulisan inisial nama, atau sentuhan frame kayu untuk menambah kesan klasik tapi tetap dengan sentuhan minimalis. Ada juga konsep vintage minimalis yang bisa dicoba dengan menambahkan pigura bekas yang masih memiliki ukiran khas atau kamu juga bisa memarkirkan sepeda ontel sebagai tambahan properti. Dua elemen ini saja sebenarnya sudah cukup, tapi apabila kamu ingin menambahkan sulur-sulu kecil atau lampu-lampu tumblr pun masih bisa untuk mendapatkan kesan dekorasi vintage minimalis.

Tema lainnya yang bisa menggunakan kain adalah minimalis dan elegan. Kamu hanya tinggal menambahkan guntingan kertas emas atau barisan bunga-bunga segar untuk menambah kesan indah dan estetis. Terlebih penggunaan kain tidak hanya bisa kamu gunakan untuk venue yang berada di indoor. Jika berada di outdoor, lebih cocok untuk menggunakan konsep garden party ataupun floral arches sederhana. Seperti beberapa gambaran photo booth minimalis elegan berikut ini.

wm_article_img

wm_article_img

wm_article_img

Inspirasi dekorasi background photo booth dari kain, lampu dan bunga | etsy.com | lalumiere.co.nz | stylemepretty.com 

  1. Kertas

Sungguh tidak ada batasan untuk berkreasi semaksimal mungkin dengan berbagai media sederhana, termasuk kertas. Untuk dijadikan backdrop photo booth pun, tentu bisa! Kamu bisa menggunakan kertas krep atau berbagai jenis kertas lainnya yang cukup terjangkau. Caranya, dengan menghias kertas menjadi bentuk-bentuk unik. Kamu bisa menggunting kertas dan menempelkannya pada dinding atau papan untuk background photo booth pernikahanmu. Bisa juga dengan membuat tiang khusus untuk menyangga kertas dan membuatnya seolah-olah menggantung di udara. Berbagai tema pun bisa dicoba, mulai dari minimalis, rustic hingga shabby chic.

wm_article_img

wm_article_img

wm_article_img

Inspirasi backdrop photo booth sederhana | greenweddingshoes.com | saniapell.com 

  1. Papan atau Kayu Triplek

Background termurah yang bisa kamu gunakan untuk photo booth selanjutnya adalah papan. Papan yang dimaksud bisa seperti papan tulis bekas yang sudah tidak terpakai lagi, menarik bukan? Kamu dapat memanfaatkan papan tulis hitam yang masih menggunakan kapur untuk menulis (chalk board). Hiasi papan tersebut dengan ukiran tulisan indah (hand lettering) nama kamu dan pasangan. Dekorasi background photo booth papan kapur ini akan menampilkan kesan vintage. Terlebih jika didukung oleh properti lainnya untuk memberikan kesan ala tahun 90-an.

wm_article_img
Inspirasi backdrop photo booth papan | id.pinterest.com 

Jika tak ada papan, yang bisa kamu gunakan untuk background photo booth ialah kayu triplek. Tak perlu triplek baru yang berkualitas premium, sebab triplek bekas pun masih bisa dimanfaatkan. Jika permukaannya tidak rata, kamu hanya perlu mengamplasnya, serta sedikit retouch dengan mengecat ulang untuk memberikan kesan bersih dan rapi apabila warnanya tidak merata. Kamu bisa memotong kayu triplek dengan bentuk-bentuk yang unik, tak perlu simetris karena justru disitulah letak nilai estetikanya.

Jika kayu triplek masih baru, maka kamu tinggal menambahkan beberapa properti lain yang mendukung, tak perlu mengecat triplek tersebut sebab warna natural kayu juga sangat indah untuk meningkatkan nilai artistik photo booth pernikahanmu. Kamu bisa menambahkan lampu-lampu, bunga, atau benda dekoratif lainnya sesuai dengan konsep untuk mempermanis tampilannya. Penggunaan kayu untuk background photo booth merupakan salah satu alternatif untuk menciptakan berbagai macam konsep tema seperti vintage, klasik, rustic, hingga modern.

wm_article_img

Inspirasi dekorasi photo booth minimalis rustic | id.pinterest.com

Itulah rekomendasi background photo booth termurah yang bisa kamu coba dengan tiga benda yang sangat mudah ditemui dan juga murah. Photo booth kini menjadi salah satu komponen yang wajib ada di acara pernikahan. Photo booth dapat disewa, beli, atau membuatnya sendiri. Namun, jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk membuat photo booth sendiri, maka kamu bisa menggunakan jasa vendor yang ada pada WeddingMarket, berbagai penyedia photobooth berpengalaman akan siap membantumu. Semoga ulasan ini bisa memberikan inspirasi impianmu, jangan lupa baca tips seputar pernikahan lainnya di WeddingMarket, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...