Rekomendasi Destinasi Pernikahan di Tempat Wisata - Wedding Market

Rekomendasi Destinasi Pernikahan di Tempat Wisata

17 May 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 675
Rekomendasi Destinasi Pernikahan di Tempat Wisata
Foto: Aldi Photo

Saat ini sudah banyak sekali tempat wisata yang dijadikan destinasi pernikahan yang menarik. Bahkan hampir di setiap kota yang memiliki tempat wisata, tak luput dijadikan pilihan sebagai venue pernikahan. 

Tempat wisata memang menjadi daya tarik tersendiri bila digunakan untuk mengabadikan momen istimewa. Tidak saja untuk pengantinnya, namun juga untuk para tamu undangan. Udara segar, pemandangan indah, membuat suasana terasa berbeda dan tidak membosankan. 

Hanya saja, memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pernikahan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Kamu pasti tahu benar bahwa menikah di lokasi wisata yang serba terbuka, memiliki risiko yang cukup tinggi, terutama bila cuaca sedang tidak mendukung. Karenanya pilihan menggunakan tenda, pemilihan ruangan indoor di sekitar venue, juga wajib kamu pertimbangkan. 

Terlepas dari segala kelebihan dan kekurangan menikah di lokasi wisata, berikut ini adalah beberapa rekomendasi venue pernikahan di tempat wisata yang bisa kamu jadikan alternatif, simak yuk!

5 Destinasi Pernikahan di Tempat Wisata

Rekomendasi Destinasi Pernikahan di Tempat Wisata

Foto: Herworld Indonesia

1. Maribaya

Berada di Taman Hutan Raya Juanda, lokasi wisata Maribaya bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk menikah. Berada di Cibodas, Lembang, Bandung Barat, kamu bisa menemukan banyak hal menarik di wisata alam ini. Selain goa-goa peninggalan zaman penjajahan, kamu juga akan disuguhi pemandangan yang indah dari air terjun. 

Maribaya kerap dijadikan tempat untuk destinasi pernikahan. Jangan kamu bayangkan lagi betapa romantisnya menikah di tempat ini. Karena kota ini pun kerap diguyur hujan maka pasikan kamu tidak menggelar acara di lokasi ini tanpa persiapan yang matang. 

Meskipun udara sedang dalam keadaan cerah sekalipun, pastikan tenda-tenda untuk tamu, pelaminan dan lokasi catering tetap tersedia. Sore menjelang malam adalah momen yang tepat mengadakan pesta pernikahan di sini, sayangnya kamu harus bersiap dengan serbuan nyamuk hutan yang tidak bisa diduga datangnya. 

Namun karena lokasinya juga tidak terlalu jauh, dengan jalur yang juga mudah ditempuh, Maribaya memang bisa menjadi pilihan yang paling romantis untuk pernikahanmu. Yuk wujudkan pernikahan impianmu di sini dengan Vendor Wedding Venue di Bandung!

2. Candi Borobudur

Lokasi wisata Candi Borobudur juga kerap digunakan sebagai Destinasi pernikahan. Di lokasi wisata peninggalan zaman pra-sejarah ini, siapapun bisa menggelar pernikahan. Hanya saja, ada izin khusus yang wajib kamu penuhi agar bisa menikah di sana. 

Pernikahan yang dilangsungkan di Candi Borobudur sebetulnya tidak bisa dilakukan tepat di dalam candi. Kamu hanya bisa memanfaatkan lapangan yang terletak di kawasan wisata tersebut. Di mana candi bisa menjadi latarnya saja, hingga membuat pernikahanmu terasa begitu mewah. 

Ada pun lokasi yang biasa digunakan untuk venue pernikahan atau cara lainnya adalah area Marga Utama dan Lumbina. Kisaran harga sewanya sendiri mulai dari Rp 50 jutaan hingga Rp 65 jutaan. 

Di taman Lumbini mampu menampung tamu undangan hingga 2000 orang, dan bila dibandingkan dengan Marga Utama, lokasi taman inilah yang paling tepat untuk pernikahan, karena yang paling dekat dengan Candi Borobudur. 

Sebagai tambahan, menikah di lokasi ini juga akan dikenakan Rp4 juta lagi setiap jamnya untuk tambahan biaya dan penerangan sekitar. Untuk mencapai lokasi wisata ini juga cukup mudah, karena hanya memakan waktu satu jam saja dari pusat kota Yogyakarta atau 30 menit dari kota Magelang. 

3. Pantai Ancol

Indonesia memiliki banyak sekali pantai yang indah dan bisa digunakan sebagai destinasi pernikahan. Jangan heran, jika kamu berkunjung ke Bali, di sini kamu akan menemukan banyak sekali pesta pernikahan di pantai yang diselenggarakan

Yang menyenangkan, pernikahan yang bisa digelar siang atau malam ini, cenderung bebas dari hujan. Suasana pun akan semakin romantis, bila pernikahan berlangsung hingga atau dimulai saat matahari terbenam terlihat. 

Deretan nama pantai yang berada di Bali sepertinya bisa dengan mudah kamu temukan, lantas bagaimana dengan kamu yang berada di kota Jakarta? Jangan khawatir, karena Jakarta pun punya pantai Ancol yang kerap dijadikan tempat berlibur dan bisa digunakan untuk tempat menikah.

Beberapa lokasi yang biasa digunakan untuk pernikahan adalah Ancol Beach City Wedding, Bandar Djakarta Ancol, Batavia Marina Pelabuhan Sunda kelapa, Segarra, dan masih banyak lagi. 

4. Kepulauan Seribu

Masih berada di utara Jakarta dan menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi yaitu Kepulauan Seribu. Meskipun kamu tidak tercatat sebagai warga di pulau wisata ini, masih bisa melangsungkan pernikahan dengan mendaftar di salah satu KUA, baik yang terdapat di Kecamatan Seribu Selatan yang berada di Pulau Tidung atau KUA yang berada di Kecamatan Seribu Utara yang letaknya berada di Pulau Harapan.

Setiap tahun, Kepulauan Seribu menerima banyak pasang pengantin yang berasal dari pulau tersebut untuk menikah. Tidak hanya membayar biaya KUA saja, untuk menikah di pulau ini, kamu juga akan dikenai biaya transportasi yang nilainya berbeda dari masing-masing pulau. 

Ada beberapa lokasi yang bisa digunakan untuk destinasi menikah, salah satunya adalah Pulau Kelor. Tepat berada di pesisir barat Kepulauan Seribu, pulau ini sebetulnya lebih kecil bila dibanding dengan pulau lainnya. 

Awalnya pulau yang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda ini bernama Pulau Keurkof yang berarti pulau makam yang memang dijadikan pemakaman oleh penduduk setempat. Disebut-sebut sebagai pulau kelor pun karena di pulau tersebut memang sempat terdapat banyak pohon kelor. 

Sayangnya, karena abrasi, pohon-pohon tersebut banyak yang sudah menghilang hingga menyisakan beberapa saja. Di pulau ini juga ada salah satu peninggalan sejarah yang wajib kamu kunjungi, yaitu Benteng Martello yang berada di pesisir barat pulau tersebut. 

5. Museum Bank Indonesia

Rekomendasi terakhir sebagai tempat untuk menikah di lokasi wisata adalah museum. Bagi kamu yang  berada di Jakarta, tentu tidak asing lagi memilih Museum Bank Indonesia sebagai venue pernikahan. Sementara untuk kamu yang berada di Bandung bisa memilih menikah di Museum Geologi.

Sebetulnya pernikahannya sendiri tidak dilakukan di dalam gedung museum yang berisikan benda-benda yang dilindungi. Karenanya pastinya akan terlalu riskan dan berpotensi mengundang kerusakan. 

Lokasi yang biasanya digunakan untuk destinasi pernikahan di museum adalah gedung di sekitar museum. Untuk Museum Bank Indonesia sendiri bisa digunakan di dua lokasi, yaitu indoor dan outdoor. Kamu bisa menggunakannya untuk pesta di siang maupun malam hari. 

Pernikahan outdoor di museum Bank Indonesia memang paling banyak diminati. Hiasan lampu di temaramnya kota Jakarta, menambah kesan romantis. Dan yang tidak kalah penting, lokasi wisata ini pastinya tidak jauh dan mudah dijangkau dari arah manapun karena berada di pusat kota Jakarta. 

Untuk resepesi yang diselenggarakan di sini, kamu bisa menyiapkan dana mulai dari Rp30 jutaan. Kamu bisa menggabungkan ruangan indoor dan outdoor atau memilih salah satunya.

Nah itu dia, beberapa lokasi wisata yang bisa dijadikan destinasi pernikahan oleh siapa pun juga. Berikutnya jangan lupa pikirkan tema apa yang akan kamu gelar untuk pesta istimewamu, jangan lupa pertimbangkan juga senada atau tidaknya dengan lokasi yang kamu pilih. Happy Wedding!

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?