Pilih Kategori Artikel

Dekorasi Bernuansa Hutan Magis 'Enchanted Forest' sebagai Inspirasi Konsep Pernikahan Impian
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tak bisa dipungkiri, cerita-cerita fiksi atau fantasi banyak memengaruhi kehidupan seseorang. Hal itu pula yang dibawa dalam konsep pernikahan yang akan dibahas dalam artikel kali ini.

Fairytale wedding bagi sebagian pengantin merupakan konsep pernikahan impian. Berbagai tema fairytale wedding diwujudkan dalam bentuk berbeda-beda sesuai dengan  definisi pribadi setiap orang.

Mungkin ada yang mengasosiasikan fairytale wedding atau pernikahan dongeng dengan dekorasi bunga-bunga romantis dan balutan warna-warna lembut. Ada pula yang menjabarkannya sebagai pernikahan yang penuh dengan fantasi, kreativitas dan imajinasi dengan permainan berbagai tekstur, ornamen-ornamen natural dan pencahayaan seperti tema Enchanted Forest.

Enchanted Forest Wedding

Sekilas dari namanya, kita pasti membayangkan suasana magical di pedalaman hutan yang dipenuhi dengan berbagai flora dan fauna dengan sejuta keunikannya seperti cerita Alice in Wonderland ataupun kisah-kisah fairytale lainnya. Perpaduan warna-warni vibrant yang kentara dalam balutan hijaunya dedaunan dan pepohonan yang rimbun memberikan nuansa magis nan menakjubkan. 

Menghidupkan cerita dongeng dalam gelaran pernikahan ala enchanted forest ini akan membawa romansa dan keindahan pada momen perayaan penyatuan cinta sepasang kekasih. Baik untuk suasana pernikahan yang ingin dibawa dalam kesan luxury, hingga misterius sekalipun.

Ambience pernikahan dengan berbagai elemen estetis dan romantis seperti bunga-bunga, dedaunan, serta lighting yang memberikan kesan enchanted, tentu akan membangun kehangatan dan kesan yang mendalam untuk pernikahan yang tak akan terlupakan. 

Mewujudkan Pernikahan ala Enchanted Forest

Pada tema pernikahan unik yang penuh imajinasi ini, kamu tak hanya bisa menyelenggarakannya pada venue ruang terbuka (outdoor), melainkan dapat pula diaplikasikan pada wedding venue indoor. Untuk mewujudkan konsep pernikahan impian ala enchanted forest ini ada beberapa elemen yang perlu diikutsertakan.

Ciri khas dekorasi pernikahan enchanted forest adalah penggunaan elemen-elemen yang terinspirasi dari hutan pada tiap-tiap sudutnya. Baik daun-daun, ranting, pohon, bunga-bunga hingga lumut bisa dimanfaatkan untuk memperindah venue pernikahan.

Pada konsep pernikahan ini, setiap detail elemen-elemen pernikahan ditujukan untuk merepresentasikan hutan yang rimbun dan asri. Mulai memasuki gerbang atau lorong di venue pernikahan, pelaminan, hingga lantai dansa hendaknya dibuat sedemikian rupa seakan memasuki ‘dongeng hidup’ dengan dekorasi yang memesona. 

Bisakah kamu membayangkannya? Jika belum terbayangkan, berikut WeddingMarket berikan beberapa referensi dekorasi pernikahan bertema Enchanted Forest yang bisa kamu adopsi untuk hari istimewamu nanti:

  • Enchanted Hallway 

wm_article_img
Dekorasi: Classy Decor

Berikan kesan menakjubkan sejak pertama kali para tamu menginjakkan kaki memasuki venue pernikahanmu. Bahkan untuk pernikahan yang diselenggarakan di venue indoor, tema enchanted forest juga bisa diterapkan.

Mari menyulap lorong-lorong dengan ornamen-ornamen yang indah sehingga menjadi enchanted hallway. Pengaplikasian rangkaian bunga-bunga berwarna romantis dan dedaunan yang berkesan lush (rimbun), serta permainan lighting yang mengagumkan seketika dapat menciptakan ambience romantis dan magis.

Kamu bisa merepresentasikan tema ini dengan mengambil nuansa padang bunga-bunga liar yang sedang bermekaran atau membuat suasana hallway seperti semak-semak yang rimbun, deretan pohon-pohon, ranting-ranting yang diselimuti tumbuhan merambat atau bahkan lumut-lumut yang seolah-olah membentuk kanopi hijau.

wm_article_img
Dekorasi: Classy Decor

Untuk ambience romantic elegant atau luxury wedding, kamu bisa memanfaatkan berbagai bentuk kelopak bunga dengan warna-warna yang romantis seperti pink, peach, lavender dan lilac. Aneka bunga-bunga yang identik dengan kesan lush bisa dipilih, misalnya gladiola, snapdragon, atau bahkan bunga sedap malam. Tambahkan bunga-bunga ini untuk memberi semarak pada dekorasi lorong venue pernikahanmu.

wm_article_img
Foto via Etcetera Lighting

wm_article_img
Dekorasi: Suryo Decor

Selain menggunakan bunga-bunga, elemen lain yang bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan nuansa enchanted forest. Diantaranya yakni rerumputan hijau dan daun-daun dengan berbagai macam tekstur dan bentuk seperti contoh dekorasi tangga ini.

Mulai dari ilalang hingga paku-pakuan didekorasi menjadi gugusan semak-semak yang memberi kesan rimbun dan liar. Dekorasi ini bisa kamu aplikasikan bila ingin menghadirkan nuansa misterius dan dreamy

wm_article_img
Dekorasi: Suryo Decor

Tak hanya itu, kamu pun bisa bermain dengan menggunakan bebatuan dan lumut sehingga tampak bagai di hutan nyata. Jangan lupa satu elemen yang tak kalah penting yaitu lighting. Kamu bisa gunakan lilin-lilin, chandelier atau lampu-lampu dekoratif lainnya untuk lebih memberikan kesan yang lebih dramatis.

  • Enchanted Centerpiece

Centerpiece atau dekorasi yang diletakkan di atas meja, biasanya digunakan pada meja tamu atau meja makan pada resepsi pernikahan. Kehadiran centerpiece ini sangat berperan menghidupkan nuansa yang diinginkan dalam suatu pesta pernikahan. Tak jarang, centerpiece menjadi focal point yang menjadi pusat perhatian semua tamu undangan. 

Untuk tema pernikahan enchanted forest, higlight yang perlu ditampilkan tentunya juga harus menggambarkan nuansa hutan yang rimbun dan asri pun tak masalah apabila hiasan yang digunakan terkesan liar dan tak beraturan. Letakkan taplak meja atau bahan lainnya yang berwarna netral seperti putih, kemudian hiasi dengan berbagai rangkaian bunga-bunga liar, buah-buahan atau dedaunan hijau, lilin dan peralatan makan yang berwarna senada. 

Berikut beberapa contoh inspirasi centerpiece yang bisa kamu infus dalam tema pernikahan enchanted forest:

wm_article_imgwm_article_imgwm_article_img
Dekorasi: Tearose Wedding
wm_article_img
Dekorasi: bloomsville.id

Bahkan, untuk membuat centerpieces terasa lebih 'nyata', aplikasi dengan lumut dan ranting-ranting bisa  juga digunakan. Dekorasi meja makan ala enchanted forest dengan kesan rimbun seperti contoh-contoh di atas terlihat liar dan natural. 

  • Pelaminan

wm_article_img
Dekorasi: Bloomsville

Sebagai panggung yang menjadi singgasana kedua mempelai pengantin bersanding, dekorasi pelaminan menjadi focal point dalam sebuah pernikahan. Setiap pengantin tentu menginginkan pelaminan miliknya dihias seindah mungkin sehingga membuat mata setiap orang yang hadir dalam acara tersebut tertuju padanya. Salah satunya dengan mengaplikasikan backdrop pelaminan yang sesuai dengan konsep pernikahan.

Untuk tema enchanted forest, pelaminan ini pun disulap bak sebuah hutan. Kamu bisa memanfaatkan berbagai elemen hijau sebagai backdrop, seperti pohon-pohon, daun-daun, tumbuhan paku-pakuan, lumut hijau, dan berbagai jenis bunga-bunga liar untuk menambah kesan natural.

Pemasangan elemen hijau seperti menjuntai dari langit-langit juga sangat membantu menghidupkan ambience bak hutan di alam liar. Beberapa tumbuhan menjuntai seperti Spanish Moss (jenggot putih), English Ivy, pakis bostonhingga sirih gading juga dapat digunakan.

wm_article_img
Foto via Netrnara Phattana

Apabila kamu menginginkan kesan tradisional seperti pernikahan adat Jawa namun dalam nuansa enchanted forest, ide backdrop pelaminan memanfaatkan bambu-bambu yang dipasang secara vertikal, kemudian sisi-sisinya dihiasi aneka jenis tumbuhan hijau sehingga menciptakan suasana lushy green bisa diaplikasikan. Bisa juga menggunakan gebyok Jawa yang berkesan klasik, kemudian dihias dengan tumbuh-tumbuhan. 

wm_article_img
Foto via Hyatt Regency Yogya

Tak sampai disitu saja, untuk tema pernikahan ini kamu benar-benar bisa bebas bereksperimen dan menuangkan imajinasi dalam bentuk apapun. Pilihannya tak terbatas pada elemen-elemen natural saja, berbagai instalasi unik yang merepresentasikan enchanted forest dapat pula ditambahkan untuk menambah keindahan dekorasi pernikahan.

Sebagaimana pada dekorasi di atas dengan instalasi berbentuk kelopak bunga besar. Kamu pun bisa menambahkan instalasi dengan bentuk-bentuk lainnya, seperti jamur, kumbang, hingga kupu-kupu. Agar semakin menarik berikan lighting spesial untuk menciptakan efek dreamy pada pesta pernikahanmu.

  • Enchanted Dance Floor

wm_article_img
Dekorasi: Classy Decor

Lantai dansa kerap kali menjadi klimaks dalam suatu pergelaran pernikahan. Buatlah lantai dansa dalam pesta pernikahanmu menjadi semakin istimewa dengan mengaplikasikan dekorasi enchanted forest, sehingga seolah-olah kamu dan pasangan tengah menari di tengah-tengah hutan yang rimbun.

Berikan efek dramatis dengan pengaplikasian enchanted details dalam setiap sudutnya, serta pencahayaan yang indah. Lampu sorot, lilin-lilin, crystal ceiling maupun chandelier bisa ditambahkan untuk menghadirkan nuansa romantis dan dreamy seperti pada contoh berikut.

wm_article_img
Dekorasi: Morningside Deco

wm_article_img
Dekorasi: Classy Decor

Itulah beberapa inspirasi dekorasi bernuansa hutan magis 'Enchanted Forest' untuk inspirasi konsep pernikahan impianmu. Tentunya, untuk mewujudkan semua ini kamu juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada vendor wedding decoration berpengalaman yang bisa membantumu. Baik untuk pernikahan di venue indoor maupun outdoor, tema enchanted forest begitu istimewa dan tentunya akan menjadi suatu pengalaman yang tak terlupakan. Demikianlah, semoga menginspirasi!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...