Pilih Kategori Artikel

Tips Menciptakan Dekorasi Pernikahan Bertema 'Alice in Wonderland' bak di Negeri Dongeng
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Mengangkat cerita fairytale untuk menjadi tema pernikahan, ternyata bukan hanya sebatas imajinasi saja. Berbagai inspirasi dalam cerita-cerita dongeng, seperti kisah "Alice in Wonderland" bisa diwujudkan ke dalam pernikahan impianmu. Baik untuk dekorasi acara lamaran maupun resepsi. Tema Alice in Wonderland bisa dimasukkan ke dalam berbagai elemen dekorasi pernikahan sehingga mampu menghadirkan nuansa dreamy dan magical

Alice in Wonderland memang bisa menjadi konsep yang unik untuk acara pernikahan. Konsep yang penuh dengan keajaiban dan keindahan cocok diterapkan pada momen lamaran ataupun resepsi pernikahan yang sangat spesial. Walaupun terkesan sulit, namun sebenarnya sangat mungkin untuk diwujudkan.

Tips Menciptakan Pernikahan dengan Tema Alice in Wonderland

wm_article_img
Decor & Concept: The Prime Conceptor

Seperti yang disebutkan sebelumnya, memang tidak mudah untuk mewujudkan tema Alice in Wonderland pada elemen-elemen dalam pernikahan. Akan tetapi, bisa dimulai dari menghias venue dengan atribut-atribut semirip mungkin seperti yang digambarkan dalam kisahnya. Apalagi, jika para calon pengantin sudah memiliki banyak referensi mengenai kisah fiksi satu ini, tentu akan bisa membayangkan unsur-unsur apa saja yang ada dalam dekorasinya. 

Sebagai tambahan referensi, berikut WeddingMarket berikan beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mewujudkan acara lamaran atau pernikahan tema Alice Wonderland yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk menciptakan pernikahan yang magical

1. Pilih Palet Warna-warna Cerah Bernuansa Whimsical

wm_article_img
Dekorasi: Rumah Kampung Decor

Hal pertama yang menjadi ciri khas tema pernikahan Alice in Wonderland adalah penggunaan warna-warna yang vibrant dan dapat menghadirkan nuansa whimsical. Yakni, palet warna yang cerah dan atraktif yang mampu menghidupkan suasana magical di venue lamaran atau tempat resepsi pernikahan dilangsungkan. Selain tone hijau khas pepohonan dan dedaunan, warna magentaviolet, merah, oranye dan beberapa sentuhan pastel bisa jadi pilihan. 

2. Gunakan Banyak Hiasan Bunga

wm_article_img
Dekorasi: Rangkai Nirmana

Bunga adalah unsur penting dalam konsep dekorasi magical seperti dalam kisah Alice in Wonderland. Dalam filmnya sendiri, menampilkan berbagai jenis tanaman terutama bunga-bunga. Namun, pastikan bentuk dan warna dari hiasan bunga yang digunakan semirip mungkin dengan yang ada di film. Yakni, bunga-bunga dengan bentuk dan tekstur yang unik dan terkesan lush. Bisa pula memanfaatkan tanaman paku-pakuan, lumut, hingga ranting-ranting pohon agar terkesan lebih 'liar'.  

wm_article_img
Dekorasi: Rangkai Nirmana

Tentu saja, akan sangat sulit menemukan bunga-bunga asli yang mirip dengan film dan kisah fiksi satu ini. Karena beberapa bunga merupakan bunga fiksi yang tidak ada aslinya di dunia nyata. Sebagai gantinya, bisa menggunakan bunga artifisial yang mirip tampilannya dengan bunga yang ada di cerita Alice in Wonderland atau menggunakan berbagai bunga dengan bentuk yang atraktif dan menggabungkannya dalam satu rangkaian sehingga menjadi dekorasi yang menarik. 

2. Manfaatkan Perabotan dan Properti Bergaya Vintage dan Klasik

wm_article_img
Dekorasi: Rangkai Nirmana

Alice in Wonderland sangat khas dengan properti yang bergaya vintage dan klasik. Seperti jam kantong dengan tampilan angka romawi, kursi goyang, kursi kayu yang sudah lapuk, set perlengkapan minum teh yang klasik dan sebagainya. Perabotan dan properti yang seperti ini yang harus dihadirkan kembali dalam dekorasi acara lamaran atau pernikahan, untuk menguatkan kesan dari tema Alice in Wonderland yang digunakan. 

wm_article_imgwm_article_img

Decoration & Conceptor: The Prime Conceptor

Tenang saja, jika tidak memiliki benda-benda antik seperti yang telah disebutkan, tidak perlu pusing untuk mencari properti atau perabotan yang mirip. Cukup mencari perabotan dengan vibe dan konsep serupa saja. Misalnya, kamu bisa menyusun meja makan dengan dekorasi ala "mad Hatter's table", dalam salah satu scene di film Alice in Wonderland. Kemudian tinggal memadukannya dengan elemen yang lain untuk menguatkan konsep fairytale yang satu ini pada properti yang sudah dikumpulkan.

3. Terapkan Konsep Acara Outdoor

Pada kisah fiksi Alice in Wonderland, banyak alur ceritanya yang mengambil latar di hutan atau alam terbuka. Hal ini bisa menjadi pilihan bagi para calon pengantin untuk melakukan acara lamaran atau resepsi pernikahan di tempat terbuka saja. Pilihlah lokasi yang asri dan cukup banyak pohon.

wm_article_img
Dekorasi: Tearose Wedding

Dengan menerapkan konsep acara outdoor untuk tema ini, bisa meminimalisir penggunaan ornamen-ornamen dekoratif. Sebab, tidak perlu menyiapkan terlalu banyak properti tambahan untuk menguatkan kesan wonderland-nya. Cukup gunakan properti yang memang diperlukan dalam acara sebagai hiasan saja, karena venue outdoor yang dipilih sudah memberi kesan yang kuat pada tema yang diterapkan.

4. Gaun Klasik dengan Gaya Alice Calon Pengantin Wanita

wm_article_img
Foto via community.praisewedding.com

Tidak hanya pada tempat acara saja, konsep Alice in Wonderland bisa diperkuat dengan pakaian yang dikenakan oleh para calon pengantin. Untuk para calon pengantin perempuan, penggunaan gaun pengantin model ball gown hingga gaun midi dress adalah pilihan yang sempurna. Hal ini mengacu pada sosok Alice yang memang digambarkan menggunakan dress ketika berpetualang di Wonderland.

Lengkapi tampilan Alice dengan menggunakan pita hitam dan gaun dengan paduan warna biru dan putih seperti dress yang dikenakan Alice. Karena Alice dalam cerita sendiri adalah seorang anak-anak. Maka, untuk make up sebaiknya para calon pengantin tidak membuatnya terlalu tebal dan lebih ke gaya fantasi. Dengan begitu, akan memaksimalkan kesan sang pengantin perempuan sebagai 'Alice' di Wonderland.

5. Topi Tinggi dan Tuksedo Untuk Calon Pengantin Pria

Selain calon pengantin wanita yang gaunnya disesuaikan dengan tema Alice in Wonderland, busana calon pengantin pria juga harus disesuaikan. Pada kisah Alice in Wonderland ada karakter 'Mad Hatter' si Pembuat Topi yang bisa menjadi referensi pakaian pengantin pria. Dengan tuksedo yang panjang dan gagah ditambah dengan topi tinggi yang sangat khas.

Jangan lupakan celana kain yang beraneka warna. Agar memaksimalkan penampilan pengantin pria sebagai si pembuat topi. Calon pengantin pria juga bisa menggunakan aksesoris wig rambut berwarna merah. Jadi, tampilannya semakin menyerupai karakter Hatter si pembuat topi. Tentu saja, hal ini sifatnya opsional, calon pengantin pria tidak perlu sampai menggunakan wig merah.

6. Backdrop Berbentuk Lubang Kecil atau Jam Saku

wm_article_img
Fotografi: Hieros Photo

Ikon yang paling khas dari kisah fiktif Alice in Wonderland adalah lubang kunci pada pintu yang membawa Alice ke Wonderland. Selain itu, jam saku yang di bawah si karakter kelinci ke mana-mana terutama saat dikejar oleh Alice sampai akhirnya masuk ke dalam lubang. Nah, kamu bisa menambahkan kedua ikon tersebut sebagai elemen dekoratif, bisa menjadi hiasan atau untuk backdrop pelaminan yang unik

wm_article_img
Fotografi: Hieros Photo

Membuat latar belakang dengan ukuran cukup besar dengan bentuk lubang kunci atau jam saku bisa menjadi poin penting untuk menguatkan konsep Alice in Wonderland pada acara pernikahan. Keuntungan lainnya, karena bagian backdrop sudah menonjol, para calon pengantin tidak perlu lagi menyiapkan terlalu banyak properti untuk menguatkan kesan Alice in Wonderland. Karena latar belakang tersebut bisa memberi kesan yang cukup kuat.

7. Properti Berbentuk Jamur Untuk Menguatkan Kesan

wm_article_imgwm_article_img

Dekorasi: Rumah Kampung Decor

Selain pepohonan yang lebat dan rindang, hutan di dalam dunia Alice in Wonderland juga ditumbuhi oleh jamur-jamur raksasa berwarna putih pucat. Para calon pengantin tidak perlu sampai membuat properti jamur berukuran raksasa seperti yang ditunjukkan pada film. Cukup dengan ornamen jamur yang berukuran sedang atau kecil saja. Jika acara lamaran dilakukan di luar ruangan dengan suasana yang asri, ornamen-ornamen jamur ini bisa diletakkan di sela-sela rumput, maupun pada beberapa batang pohon.

Tidak hanya jamur berwarna putih yang sesuai dengan film. Ornamen jamur juga bisa dibuat dalam berbagai warna agar menguatkan kesan fantasi pada acara pernikahan yang diselenggarakan. Ornamen ini mungkin sederhana tapi akan sangat berpengaruh menciptakan nuansa magical di venue pernikahan.

wm_article_img
Dekorasi: Butterfly Event Styling

Itulah beberapa tips bagi kamu yang ingin mewujudkan pernikahan dengan tema Alice in Wonderland yang penuh dengan sentuhan magis! Selain tema ini, kamu juga bisa mencoba dekorasi fairytale lainnya, seperti bernuansa hutan magis 'Enchanted Forest' sebagai inspirasi. Tentunya, untuk wujudkan acara lamaran bak di negeri dongeng akan jadi lebih mudah dan praktis dengan bantuan dari vendor-vendor berpengalaman di WeddingMarket. Informasi selengkapnya, bisa cek di sini. Semoga menginspirasi!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...