Pilih Kategori Artikel

Tips Tampil Cantik dengan Hijab untuk Foto Buku Nikah
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Setiap orang pasti ingin tampil cantik di foto buku nikah, bukan? Tentunya, pada buku berukuran 10 x 14 cm yang dikeluarkan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) tersebut memuat pas foto nikah pasangan calon pengantin. Pas foto nikah yang diperkenankan adalah foto formal dengan latar belakang berwarna biru, atau lebih jelasnya kamu bisa membaca artikel membuat pas foto nikah terlebih dahulu. 


Bagi kamu wanita berhijab, tidak hanya baju yang harus disesuaikan tapi juga hijab yang dipakai. Mulai dari style, warna, hingga corak hijab harus kamu sesuaikan dengan background foto buku nikah yang berwarna biru. Nah, Berikut beberapa tips untuk membuat foto buku nikah kamu yang berhijab jadi makin cantik. 


Warna Hijab Untuk Foto Buku Nikah

wm_article_img

Ilustrasi pas foto nikah (instagram/dindahw)


Hal pertama yang harus kamu sesuaikan untuk foto buku nikahmu adalah warna hijab yang kamu pakai. Ketahuilah bahwa background foto buku nikah wajib berwarna biru. Oleh sebab itu, kamu harus mencari warna hijab yang aman dan cocok dikombinasikan dengan background biru tersebut. Berikut ini beberapa warna yang cocok dengan background biru pada pas foto nikah.


  1. Putih

Warna netral memang pilihan yang paling tepat bagi warna apapun yang dikombinasikan. Warna putih sangat aman untuk disandingkan dengan warna biru pada background foto nikah. Selain itu, warna putih juga sangat cocok dikombinasikan dengan warna apapun pada baju yang kamu pakai. Namun, bagi kamu yang berkulit agak gelap, memakai hijab berwarna putih mungkin kurang disarankan. Sebab, warna putih pada kerudung akan sangat kontras dengan warna kulitmu. Meskipun begitu,  apabila kamu cukup percaya diri memakai kerudung berwarna putih, tidak masalah.


  1. Hitam

Hitam juga merupakan warna netral yang bisa kamu pilih sebagai warna hijab yang kamu pakai untuk foto buku nikah. Sama halnya dengan warna putih, warna hitam pada hijab cocok dikombinasikan dengan background foto buku nikah yang berwarna biru. Kamu juga bisa menggunakan baju dengan warna apapun.


  1. Oranye

Background pas foto buku nikah yang berwarna biru cocok dikombinasikan dengan warna-warna cerah. Hal ini karena warna biru pada background foto buku nikah biasanya merupakan warna cobalt blue atau biru tua yang terlihat gelap. Hijab warna oranye yang cerah sangat cocok bagi background berwarna biru.


  1. Merah Muda

Merah muda atau pink selain cerah juga manis. Kamu akan terlihat cantik dan manis dengan hijab berwarna merah muda di foto buku nikahmu. Apalagi warna merah muda juga melambangkan cinta, sehingga sangat cocok untuk kamu gunakan pada foto buku nikah.


  1. Merah Marun

Selain warna merah muda, warna merah marun juga cocok loh dengan background foto buku nikah yang berwarna biru. Warna merah marun pada hijab juga mampu membuat penampilanmu terlihat lebih menawan karena akan membuat warna kulitmu berseri. Boleh dicoba, nih!


Corak Hijab Untuk Foto Buku Nikah

wm_article_img

Ilustrasi hijab bermotif bunga untuk foto buku nikah (instagram/vanillahijab)


Ada banyak pertanyaan di luar sana mengenai bolehkah memakai hijab yang memiliki corak untuk pas foto buku nikah? Jawabannya, boleh. Hanya saja corak pada hijab tidak boleh terlalu mencolok karena akan mengurangi kesan formal pada fotomu nanti. Selain warna, corak pada hijab juga mempengaruhi penampilanmu di pas foto buku nikah. Lalu corak seperti apa yang cocok untuk foto buku nikah? inilah beberapa inspirasinya untukmu.


  1. Corak Bunga

Bunga identik dengan sesuatu yang cantik. Oleh sebab itu, corak bunga banyak dipilih wanita untuk hijab yang mereka pakai. Pilihlah corak bunga yang tidak terlalu mencolok dan terlalu ramai, karena pas foto nikah harus formal, sehingga kamu harus menyesuaikan.


  1. Corak Mozaik

Corak mozaik sudah sangat familiar dan mudah ditemukan pada berbagai jenis pakaian wanita. Hijab dengan corak mozaik juga bisa menjadi pilihan untuk kamu pakai pada foto buku nikah. Direkomendasikan untuk kamu memilih corak mozaik yang berada hanya pada sisi pinggir hijab. Hal ini agar letak motif mozaik akan berada di sekitar dada kamu sehingga tidak terlalu mencolok.


  1. Corak Payet

Selain corak berupa gambar, kamu juga bisa memakai hijab yang memiliki corak payet yang berkilau. Namun, jangan memilih hijab dengan corak payet berlebihan. Pilihlah corak payet yang hanya ada pada salah satu sisi hijab sehingga kamu masih terlihat formal. Corak payet pada hijab juga bisa membuat penampilan kamu di foto buku nikah menjadi semakin elegan dan menawan. 


Style Hijab Formal Untuk Foto Buku Nikah


Jika kamu sudah mengetahui warna dan corak apa saja yang cocok untuk hijab yang kamu pakai pada foto buku nikah, kamu bisa mulai memilih style hijab formal berikut ini untuk mempercantik penampilanmu. 


  1. Hijab Formal Ikat Belakang

Style hijab ini bisa dibilang yang paling sering dipakai untuk penampilan formal. Ciri khas style dari hijab formal ke belakang adalah kedua sisi kerudung ditarik dan diikat di belakang kepala. Gaya ini menggunakan kerudung segi empat. Inilah tutorial dari gaya hijab formal ikat belakang yang cocok kamu gunakan untuk foto buku nikah.

  • Lipat hijab segi empat menjadi segitiga

  • Kenakan di kepalamu dengan kedua sisi hijab sama panjang

  • Satukan kedua sisi hijab pada bagian bawah dagu dengan jarum pentul atau peniti

  • Tarik kedua sisi hijab secara menyilang ke belakang kepala

  • Selipkan kedua sisi hijab tersebut di balik hijab bagian belakang

  • Ikat dengan rapi kedua sisi hijab tersebut

  • Rapikan sisi hijab yang lain

  • Kamu pun siap tampil cantik untuk pemotretan foto buku nikah


  1. Style Hijab Formal Pita

Hijab formal yang satu ini juga tidak kalah cantik dan terlihat berbeda. Pita pada bagian depan hijab membuat penampilannya terlihat manis. Untuk mengenakan style hijab formal pita ini, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan hijab persegi, lipat hijab menjadi bentuk segitiga

  • Pasangkan hijab di kepalamu

  • Buat kedua sisi hijab sama panjang

  • Lalu ikatlah hijab dengan motif pita

  • Agar lebih elegan kamu bisa menempatkannya pada sebelah kanan dada dengan cara di sematkan dengan jarum pentul

  • Rapikan semua sisi hijab

  • Kamu pun siap tampil cantik untuk foto buku nikahmu


  1. Style Formal Lilit

Style ini sangat cocok untuk kamu wanita berhijab syar'i karena menutup pada bagian dada. Inilah tutorial style hijab formal lilit.

  • Bentuk hijab segi empat menjadi bentuk segitiga

  • Pakai kan Di kepalamu dengan kedua sisi sama panjang

  • Ambil salah satu sisi dan tarik ke belakang, biarkan menjuntai di punggungmu

  • Ambil salah satu sisi lainnya lilitkan pada bagian bawah telinga lalu sematkan dengan jarum pentul

  • Jika kamu ingin lebih menutupi dada kamu bisa menyematkannya pada bagian belakang yang menjuntai

  • Style hijab formal lilit pun selesai


Hal Yang Harus Diperhatikan Wanita Berhijab Saat Melakukan Pemotretan Pas Foto Nikah

Kamu bisa memilih style hijab yang kamu sukai, begitu juga warna dan corak hijab yang kamu pakai untuk pemotretan foto buku nikah. Namun, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal, agar tampilan yang kamu pakai tetap rapi, formal, dan yang pasti tetap cantik. 


  1. Gunakan Ciput Hijab

Tidak hanya cantik, kamu juga harus tampil rapi untuk foto buku nikah. Walau rambutmu tertutup hijab, kamu harus perhatikan rambutmu jangan sampai terlihat atau tidak sengaja keluar dari hijab. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memakai ciput atau dalaman hijab sebelum memakai kerudungnya. Ciput hijab membantumu agar rambutmu tertutup rapi. Kamu bisa memilih ciput dengan bahan yang sejuk seperti katun atau spandek agar leboh nyaman dikenakan.


  1. Hijab Tidak Mencolok

Kenakan hijab yang tidak terlalu mencolok saat pemotretan pas foto buku nikah. KUA menyarankan kepada setiap pengantin untuk berpakaian yang tidak berlebihan. Kamu boleh memakai hijab bermotif, namun perhatikan motif hijab yang kamu pakai, jangan memilih motif yang terlalu ramai atau warna yang telalu mencolok.


  1. Kombinasi Pakaian yang Matching

Dalam foto buku nikah, kamu bebas dalam memilih warna yang kamu pakai. Namun, agar tampil menarik, kamu harus pintar memadupadankan warna pakaian yang dikenakan. Apalagi bagi wanita berhijab, kamu harus menyesuaikan warna pakaian dengan warna hijab. Apabila kamu memakai hijab berwarna merah, bisa dipadukan dengan baju berwarna coklat. Sementara itu, bagi kamu yang memakai hijab pink kamu bisa memakai baju berwarna krem.


Selain warna, kamu juga harus memperhatikan corak hijab atau baju yang dipakai. Jika kamu memakai hijab bercorak, maka sebaiknya menggunakan baju polos. Sebaliknya, jika kamu memakai baju yang memiliki corak, maka hijab yang dipilih sebaiknya polos.


  1. Warna Hijab yang Cocok dengan Warna Kulit


wm_article_img

Ilustrasi warna hijab untuk foto buku nikah (instagram/vanillahijab)


Ada hal lain yang juga harus kamu perhatikan, yaitu memilih warna hijab yang cocok dengan warna kulitmu. Hal ini dilakukan agar kulit wajahmu tetap terlihat cantik  berseri dalam balutan kerudung tersebut. 


Di Indonesia, umumnya terdapat tiga jenis warna  kulit, yaitu putih, kuning langsat, dan sawo matang. Berbeda dengan warna kulit, terdapat juga undertone yang dipengaruhi rona tubuh. Undertone terbagi menjadi tiga yaitu cool, warm, dan netral. Berikut adalah cara mengetahui undertone kulit kamu.

  • Amati warna nadi yang berada di balik kulit saat sedang terkena sinar matahari. Jika warna nadi kamu berwarna keunguan, maka kulitmu masuk dalam jenis undertone cool, sedangkan jika warna nadi kamu berwarna kehijauan, maka kulitmu masuk ke dalam kategori undertone warm. Jika warna nadi kamu berada diantaranya, maka kulitmu berjenis undertone netral.

  • Kamu juga bisa mengecek jenis undertone kulitmu dengan berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama. Kulit yang menggelap merupakan kategori undertone warm, sedangkan jika kulit memerah maka masuk ke dalam jenis undertone cool. 


Jika sudah mengetahui jenis undertone milikmu, maka bisa mengetahui warna jilbab yang cocok untuk undertone kulitmu.

Warna Jilbab untuk Warm Undertone 

Warna hijab yang cocok untuk warm undertone adalah warna-warna yang hangat. Warna-warna ini bernuansa cerah dan berenergi. Beberapa warna untuk warm undertone yang bisa kamu pilih seperti warna salmon, terracotta, dan olive. Meskipun warm undertone cocok dengan warna hangat, tetapi kamu juga cocok dengan warna biru, khususnya biru langit. 

Warna Jilbab untuk Cool Undertone

Warna hijab yang cocok bagi cool undertone adalah warna-warna dingin seperti abu-abu, biru muda, toska. Selain itu, warna biru dan merah juga cocok untuk cool undertone.

Setelah mengetahui warna hijab yang sesuai dengan undertone kamu, kamu bisa memilih warna hijab berdasarkan warna kulit kamu. Inilah warna hijab yang cocok sesuai dengan warna kulit.

  • Kulit putih 

Warna yang disarankan: putih, hitam, baby blue, dan lavender.

Kurang cocok untuk warm undertones : warna pastel yang terlalu muda

Kurang cocok untuk cool undertones : beige, camels, taupes

  • Kulit kuning langsat

Warna yang disarankan : merah, ungu, dan pink.

Kurang cocok untuk warm undertones : biru muda, abu-abu, cokelat.

Kurang cocok untuk cool undertones : caramel, sand yellow, mellow, dan coklat kekuningan. 

  • Sawo matang

Warna yang disarankan : hitam, kuning, coklat, dan oranye.

Kurang cocok untuk warm undertones: pastel muda

Kurang cocok untuk cool undertones: kuning kecoklatan


  1. Gunakan Pakaian Formal

Sudah menjadi syarat untuk foto buku nikah, calon pengantin harus menggunakan pakaian formal. Bagi kamu wanita berhijab bisa memakai pakaian formal seperti kemeja lengan panjang atau baju tunik. Sebaiknya, gunakan baju dengan corak sederhana atau warna polos. 


  1. Gunakan Riasan yang Natural

wm_article_img

Ilustrasi Natural Make up untuk Foto Buku Nikah (make up by Ryan Ogilvy)

Bukan hanya pakaian dan hijab yang tidak boleh mencolok saat pemotretan buku nikah,  akan tetapi kamu juga disarankan untuk tidak menggunakan riasan wajah yang berlebihan. Kamu bisa menggunakan make up natural agar penampilanmu terlihat formal. Lalu, warna lipstik apa yang cocok untuk foto buku nikah? Riasan pada foto buku nikah disarankan merupakan riasan natural. Oleh sebab itu, gunakanlah warna lipstik yang tidak mencolok seperti warna nude, peach atau warna soft lainnya.

Untuk memastikan kamu bisa tampil cantik di foto buku nikah,  siapkan segala hal yang diperlukan. Khususnya untuk kamu wanita berhijab, hal yang paling penting harus dipersiapkan sebelum pemotretan foto buat buku nikah  adalah kamu harus tampil rapi dan formal. Jika kesulitan untuk melakukan riasan make up sendiri, kamu juga bisa loh menggunakan jasa MUA agar tampilan kamu lebih maksimal.

Sebagai calon pengantin wanita berhijab tentunya sangat istimewa. Banyak hal yang harus kamu persiapkan dan perhatikan secara teliti agar pernikahanmu lancar. Begitu juga untuk foto buku nikah, mulai dari pemilihan warna, motif atau corak, style hijab hingga riasan wajah semuanya perlu diperhatikan. Supaya hasil pas foto yang kamu dapatkan bisa sesuai dengan keinginanmu. Sayang kan, pas foto nikah sekali seumur hidup, loh


Bagaimana tips agar foto buku nikah terlihat bagus?

Agar foto buku nikah terlihat bagus, kamu bisa melihat beberapa contoh sebagai referensi. Dengan demikian, kamu dapat menentukan pakaian serta riasan apa yang harus dipakai untuk foto buku nikah. Kemudian, pilihlah studio foto yang bagus agar hasil foto yang dihasilkan lebih memuaskan. 


Demikianlah penjelasan mengenai style berhijab untuk foto buku nikah. Semoga semua informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya. Good luck, dears!




lihat juga tips agar pas foto nikah lebih menarik


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...