Pilih Kategori Artikel

Membuat Pas Foto Nikah, Berikut Hal yang Perlu Kamu Perhatikan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Disaat hendak menikah, tentunya banyak sekali hal yang mesti perlu disiapkan dan juga kamu lakukan. Mulai dari melakukan lamaran, belanja untuk seserahan, memilih jasa wedding organizer, administrasi ke KUA dekorasi dan lain sebagainya. Apalagi soal pas foto nikah. Tentunya hal tersebut tidak boleh sembarangan.


Nah, selain urus surat nikah dari berbagai agama, salah satu persyaratan administrasi sebelum kamu menikah lainnya adalah pas foto. Seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa untuk pas foto nikah yang nantinya akan ditempel pada buku nikah tentunya tidak boleh sembarangan. 

Selain itu, persyaratan pernikahan pun nantinya akan diserahkan ke KUA. Hal tersebut tentunya sudah ditetapkan. Selain itu berkas yang perlu kamu persiapkan nantinya antara lain :

  • Fotokopi KTP.
  • Surat pengantar perkawinan dari Desa maupun Kelurahan.
  • Fotokopi akte kelahiran.
  • Persetujuan calon mempelai.
  • Fotokopi kartu keluarga.
  • Pas foto 2 x3 3 lembar.

Warna Background Pas Foto Nikah

wm_article_img
Foto: sekarrastria from Instagram

Untuk warna background foto pernikahan yang memang diperbolehkan adalah warna biru. Ingat baik – baik yang nantinya akan ditempel pada buku nikah itu adalah warna biru, bukan warna lainnya. Nah keputusan tersebut memang sudah sesuai dengan lampiran keputusan dari direktur bimbingan masyarakat islam pada tahun 2018 model N2.

Lantas Kenapa Ada yang Menggunakan Warna Merah ?

Beberapa tahun kebelakang memang ada aturan tersebut yang dimana untuk menggunakan warna merah serta biru pada pas foto nikah. Kenapa dibedakan menjadi dua bagian. Hal tersebut karena jika kita lahir di tahun yang genap maka akan menggunakan warna biru. Sedangkan untuk lahir tahun genap maka kamu akan menggunakan background berwarna merah.

Akan tetapi pada lampiran saat ini memang sudah jelas bahwa untuk penggunaan background pada foto pernikahan memang harus menggunakan warna biru dan jangan menggunakan warna – warna lainnya.

Dibawah ini adalah sedikit tips supaya foto pada buku nikahmu menjadi terlihat menarik tapi tetap formal tentunya. Terkadang untuk foto formal hasilnya tidak sesuai dengan harapan atau seadanya saja, namun hal tersebut bisa kamu atasi apabila melakukan tips dibawah ini.

  • Bagi kamu wanita muslim, alangkah baiknya untuk menggunakan hijab maupun kerudung. Sehingga dengan begitu kamu akan terlihat cantik dan juga anggun.
  • Sedangkan untuk pria . kamu harus memastikan rambutmu tertata dengan rapi. Selain itu juga alangkah baiknya cukur terlebih dahulu rambutmu dengan rapi sebelum melakukan sesi foto supaya terlihat keren dan ganteng
  • Agar hasil dari fotonya bagus, sebagai saran kamu dapat langsung foto di studio. Harganya pun tentu tidak mahal paling biaya yang dikeluarkan kurang lebih 50 ribu bahkan bisa kurang. Untuk foto nikah saja
  • Selain itu dari pakaian yang digunakan, hal itu bisa kamu sesuaikan dengan kenyamanan kamu dan selera baik kamu maupun pasanganmu. Yang paling penting busana yang kalian pakai itu selaras dengan pas foto nikah kamu nanti. Dan pastikan menggunakan pakaian yang sopan.
  • Sebagai saran, jangan cetak foto dengan jumlah yang pas. Nah jika kurang tentunya kamu masih memiliki cadangan dan tidak perlu lagi mencetak foto ke studio bolak – balik.
  • Untuk yang terakhir, jangan lupa untuk tersenyum ketika melakukan sesi foto untuk background.

Rekomendasi Warna Baju

wm_article_img
Foto: bogor.tribunnews

Supaya foto yang dihasilkan terlihat bagus. Alangkah baiknya kamu dan juga pasangan memilih baju dengan warna yang serasi dengan background foto pernikahan. Berikut ini adalah referensi warna busana yang mungkin bisa cocok kamu gunakan untuk melakukan sesi foto persyaratan nikah.

Warna putih : nah warna yang satu ini bagus apabila kamu pakai untuk segala keperluan apalagi untuk foto nikah. Nah apabila menggunakan warna tersebut kamupun akan terlihat cantik apabila dipadukan dengan warna biru pada background fotonya.

Mustard : selanjutnya, warna yang satu ini termasuk pada kategori warna yang hangat. Nah dengan demikian warna tersebut sangat cocok apabila kamu padukan dengan warna biru pada backgroundnya. Nah dengan kombinasi tersebut tentunya bisa menghasilkan warna yang selaras.

Abu – Abu : warna yang ini masuk ke warna netral. Walaupun demikian warna tersebut kerap kali dipilih oleh pasangan yang akan menikah karena cocok apabila digunakan untuk pas foto nikah. Selain itu juga warna ini selaras dengan background berwarna biru.

Soft Pink : selanjutnya adalah soft pink atau juga tergolong warna pastel yang dimana akan lebih bagus lagi jika kamu menggunakan kerudung maupun hijab dengan warna node ataupun abu – abu.

Baby Blue : namun apabila kamu ingin menggunakan warna biru. Sebagai saran, kamu dapat memilih biru yang soft atau juga disebut baby blue karena pas dan cocok untuk foto buku nikah.

Warna Hitam : sama halnya seperti warna putih. Nah warna hitam ini pun sering kali menjadi pilihan calon suami istri untuk membuat pas foto buku nikah. Selain memang natural juga akan terlihat keren apabila menggunakan warna yang satu ini.

Nude : umumnya orang terkadang bosan menggunakan warna putih. Pasalnya hampir segala hal pasti menggunakan warna tersebut. namun tidak perlu khawatir karena terdapat cara lain yaitu kamu bisa menggunakan warna nude dan dipadukan dengan warna yang gelap seperi biru.

Tips Terakhir Supaya Hasil Foto Tidak Mengecewakan

wm_article_img
Foto: Gina Meidina from Instagram

Perlu kamu ketahui bahwa pas foto nikah yang terdapat pada buku nikah tentunya tidak bisa diganti seumur hidup. Oleh karena itu ketika kamu melakukan sesi foto harus fokus supaya tidak akan mengecewakan. Bayangkan saja jika gagal. Maka foto yang terpasang pun akan itu terus selamanya. Apalagi nanti dilihat sama anak ataupun keluarga pasti malu.

Oleh karena itu berikut ini adalah tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan pastinya tidak akan mengecewakan.

  • Lakukan Foto Ketika Badan Sehat

Nah poin yang pertama ini tentunya sangat penting sekali ketika melakukan sesi foto untuk buku nikah. Pasalnya apabila kamu sedang sakit atau tubuh kamu kurang fit maka di foto kamu akan terlihat lesu dan terlihat jelek apabila dibandingkan ketika kamu sedang sehat atau fit pastinya wajah bahagia bisa terlihat.

  • Lakukan Foto di Studio

jika kamu tidak ingin ribet tentunya bisa saja kamu melakukan foto sendiri bahkan mudah dilakukan. Namun dari segi hasil pastinya akan jauh berbeda apabila kita melakukan sesi foto di studio. Mulai dari angle, editan dan lain sebagainya. Untuk harganya sendiri tentu tidak terlalu mahal pastinya. Jika pun iya tidak masalah karena foto ini satu kali jepretan seumur hidup.

  • Gunakanlah Busana Sopan

Supaya nanti di foto buku pernikahan terlihat bagus dan enak dilihat. Maka dari itu pakailah busana atau pakaian yang sopan. Bukan hanya itu saja, pakailah warna yang memang sesuai dengan background foto pernikahan. Supaya hasilnya akan memuaskan.

Sekian informasi yang bisa dibagikan mengenai berbagai macam tips atau ketentuan pas foto nikah sampai background foto pernikahan yang seharusnya. Ketahui juga cara mengurus surat nikah yang mudah. Semoga dengan adanya hal ini kamu bisa lebih tahu lagi tentang pernikahan dan nikmatilah prosesnya sampai akhirnya menikah.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...