Pilih Kategori Artikel

Cantiknya! Ini Dia Sederet Foto Pernikahan Adat Bugis yang Memesona
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Pernikahan di negara ini memang identik dengan penggunaan baju adat. Di mana para pengantin akan terlihat bak raja dan ratu sehari, dengan pakaian yang memang tidak biasanya. Dan ini terlihat juga pada foto pernikahan adat Bugis yang banyak bertebaran di dunia maya. Suku Bugis, yang berada di Sulawesi, merupakan salah satu suku yang berada di Indonesia ini juga sarat akan budaya serta tradisi.

Untuk setiap pernikahan yang diselenggarakan suku ini, harus melalui berbagai rangkaian ritual agar pernikahan bisa berjalan dengan lancar. Mulai dari proses Mammanu'-manu', Mappetuada, kemudian Mappasau Botting dan  Cemme Passih, Mappanre Temme, juga Mappacci / Tudammpenni atau prosesi siraman, dan masih banyak lagi. 

Bahkan sehari setelah pernikahan, kedua pengantin bersama dengan keluarga perempuan akan melakukan ziarah ke makam. Sebagai bentuk rasa syukur dan penghormatan pada leluhur, karena pernikahan telah berjalan dengan lancar. Dan proses terakhir yang juga tidak boleh dilupakan adalah Massita Beseng. Lantas, seberapa menariknya pernikahan adat suku bugis ini, yuk kita lihat warna-warni foto pernikahan adat Bugis yang bisa saja menginspirasimu. 

Natural

wm_article_img

Dengan mengambil tema natural dan mengusung penggunaan warna hijau. Salah satu pernikahan yang menggunakan adat ini adalah penggunaan baju bodo dengan pilhan warna yang sama, yaitu hijau. 

Dipadukan dengan warna emas dan berbagai aksesori lain khas suku Bugis, membuat pernikahan ini terlihat sejuk namun mewah. Selain digunakan untuk pesta, baju bodo juga bisa digunakan pada acara akad, sebagai tambahan, tentunya kamu tidak boleh melupakan setiap detail hiasan di kepala yang juga sarat akan makna. 

Untuk bagian bawahnya, para pengantin juga bisa menggunakan kain sarung atau kain dari bahan yang sama. Hiasan bordir di sekelilingnya, menambah kesan ‘wah’ pada pakaian adat tersebut.  Awalnya, penggunaan warna hijau pada baju bodo hanya digunakan untuk keluarga dari para bangsawan. Namun seiring berjalannya waktu, siapapun bisa menggunakan pilihan warna yang satu ini. 

Pilihan kedua pada pernikahan yang bertema natural, terlihat dari penggunaan warna putih sebagai dekorasi dan penggunaan baju pengantinnya. Dengan sedikit penggunaan warna emas, kamu masih bisa melihat perpaduan warna lainnya pada baju dan riasan pengantinnya, seperti warna merah atau warna hitam. 

Sementara bila disandingkan dengan budaya suku Bugis sendiri, sebenarnya warna putih biasanya juga hanya digunakan oleh para inang di kerajaan. Yang juga kerap digunakan oleh para duku atau bissu yang dipercaya memiliki titisan darah berwarna putih. Foto pernikahan dengan pakaian ini tentunya akan menjadi kenangan yang tak terlupakan!

Glamour

Salah satu foto pernikahan adat Bugis lainnya adalah penggunaan warna merah yang dipadukan dengan warna emas. Kedua warna ini memang cukup ajaib bila dipadukan. Pernikahan akan terkesan mewah dan glamour dengan paduan warna tersebut. 

Untuk mereka yang mengenakan hijab, masih bisa menggunakan pakaian adat ini. Hanya saja, dengan tambahan penggunaan baju manset untuk menutupi bagian lengan. Karena memang, khas dari baju bodo pengantin wanita ini adalah, memiliki lengan pendek dan berada di atas siku. 

Pilahan baju untuk keluargapun biasanya dipilihkan dengan warna yang senada. Dan pilihan baju bodo dengan warna ini juga cocok digunakan pada saat acara lamaran dengan model yang lebih simpel. 

Cute

wm_article_img

Tidak ada yang mengira bahwa baju bodo adat bugis juga bisa kamu temukan dalam warna merah muda atau pink. Di foto pernikahan adat Bugis ini, kamu bisa melihat pengantin wanita dan prianya menggunakan warna pink yang lembut. 

Selain mencerminkan kepribadian penggantin wanitanya, warna ini juga bisa memberikan kesan hangat bagi yang melihatnya. Untuk mengimbanginya, dekorasi ruangan bisa dipilihkan warna pink yang tonenya lebih tinggi, seperti shocking pink misalnya. 

Pilihan lain juga terlihat dari penggunaan warna peach pada kedua pengantinnya. Lagi-lagi paduan yang paling tepat untuk warna ini, ada di warna emas yang memang tidak boleh ditinggalkan dan tambahan warna putih yang memikat. 

Pada apapun pilihan warna yang digunakan, pengantin wanita terutama yang tidak menggunakan hijab, wajib menggunakan hiasan berbentuk runcing di dahi atau juga disebut pa’es da’dasa Makassar. Di mana hiasan tersebut melambangkan bunga teratai yabg dipercaya sebagai bunga suci yang penuh manfaat. 

Da’dasa ini dibuat dengan maksud, membentuk wajah calon pengantin agar terliat lebih cantik dan ideal. Ditambah lagi dengan sanggul yang di bagian kepala yang memiliki beberapa sebutan nama, seperti Teppo Jakka (Bugis), Ni-Suakki (Makassar), atau disebut juga Simpolong Teppong. 

Elegan

Pilihan warna lain pada pernikahan adat bugis yang kerap terlihat adalah warna kuning yang juga tetap dipadukan dengan warna emas. Kedua warna ini bila digabungkan, akan memberikan kesan elegan namun ceria. 

Untuk kain sarung yang digunakan bagian bawah pengantin wanita, bisa dipilih kombinasi warna lain agar lebih cantik. Jangan lupa juga, kamu perhatikan detail lengan dan jari-jari pengantin wanita yang penuh dengan riasan yang cantik. Warna lain yang terlihat elegan pada foto pernikahan adat Bugis adalah perpaduan antara warna biru dan perak. Penggunaan warna biru tua yang hangat membuat pengantin terlihat begitu menawan. 

Sementara pengantin yang menggunakan warna biru muda, terlihat lebih bersahabat dan menyenangkan. Dan ciri khas yang memang tidak bisa dihilangkan dari para pengantin adat bugis ini adalah banyaknya aksesoris yang digunakan, mulai dari kalung berantai atau geno ma’bule, kalung panjang atau biasa disebut rantekote, hingga kalung besar yang lebih dikenal dengan nama geno sibatu. 

Akesesoris lain yang tidak boleh ditinggalkan adalah gelang keroncong bersusun atau bossa, perhiasan lengan di bagian atas atau lola, perhiasan lengan di bagian bawah atau paturu, dan juga penggunaa perhiasan lengan baju atau sima-sima. 

Begitu lengkapnya aksesoris pada para pengantin wanita. Lantas, bagaimana dengan baju para pengantin pria suku bugis ini? Biasanya para pria, akan tampil dengan lebih simple berupa setelan jas dengan penggunaan kain sarung atau kain yang senada dengan pengantin wanitanya. 

Yang tidak boleh dilupakan adalah penggunaan jas tambahan seperti kerah yang disebut dengan Belladada. Warna kerah ini haruslah sama dengan baju bodo yang digunakan pengantin wanitanya. Tambahan lainnya yang harus dikenakan penganti pria ini adalah, gelang, rante sembang, sapu tangan, keris berbentuk ular naga, salempang serta kalung

Itu dia beberapa tampilan foto pernikahan adat Bugis yang ada di dunia maya. Pernikahan tersebut ada yang dilakukan di kota asal mereka di Sulawesi, namun ada juga yang menggelarnya di kota domisilinya saat itu. 

Berbicara tentang adat dan budaya Indonesia memang tidak ada habisnya. Ini yang kemudian menjadi nilai tambah hingga banyak wisatawan yang mau berkunjung ke negara seribu pulau ini. Bagaimana menurutmu? Pernikahan adat mana yang paling menarik dan paling banyak ritualnya? Pastikan kamu memilih busana bugis yang tepat untuk pernikahanmu dan kamu juga memilih vendor fotografer pernikahan yang terbaik agar hasilnya bisa kamu kenang seumur hidup!

Foto: Forum Bodense, Armyy Makeup

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...