Foto Pernikahan Adat Minang Lebih Menakjubkan dengan Dekorasi Ini!

28 Sep 2020 | By Wedding Market | Viewers: 104
Foto Pernikahan Adat Minang Lebih Menakjubkan dengan Dekorasi Ini!
Foto: Loop

Pernikahan dengan berkonsep adat sudah banyak dilestarikan oleh berbagai kalangan, baik dari kalangan artis sampai kalangan bawah sekalipun. Bukan karena menjadi akan lebih sakral tapi disadari pernikahan dengan konsep adat artistik sekali untuk membuat momen pernikahan lebih sakral. Apalagi buat kamu yang ingin mengabadikan momen ini dan membuat foto pernikahan adat Minang yang akan kamu kenang seumur hidup.

Elemen yang membuat foto pernikahan adat ini menakjubkan adalah dari beberapa hal dalam dekorasi pelaminan adat Minang yang menerapkan desain tradisional yang menarik. Membuat tamu undangan kamu terkesima bahkan menjadikan acara spesialmu inspirasi untuk pernikahan mereka. Penasaran apa saja hal menarik dalam dekorasi pelaminan adat ini yang bisa menyulap foto kamu layaknya ratu dan raja? Berikut ulasan menariknya!

Kain Bersulam Emas dan Bermotif Ukiran Minang

Elemen pertama yang membuat foto pernikahan kamu lebih artistik dan sakral itu dipengaruhi oleh kain bersulam emas dan bermotif ukiran khas Minang yang diletakkan di belakang pelaminan atau biasa disebut backdrop. Pesona kain-kain yang digunakan untuk menghias pelaminan ini, memberikan nuansa klasik yang ketal. Konsep tradisional dengan menerapkan tema pernikahan adat Minang ini cukup melestarikan budaya Nusantara yang tertinggal di sana.

Kain sulaman emas bermotif ukiran Minang menciptakan pesona yang tak kalah menariknya dengan kilauan pernak pernik glamour yang cenderung membosankan. Sulamannya nampak sangat elegan ditambah kesan mewah dari warna gold hasil sulaman motif ukiran Minang, semakin menambah kekayaan seni dalam dokumentasi pernikahan sakral kamu dengan pasangan.

Dekorasi pelaminan adat inilah yang menjadikan foto pernikahan adat Minang lebih hangat untuk dikenang, dokumentasi ini dilakukan termasuk pula bentuk implementasi sekaligus apresiasi terhadap budaya Nusantara yang kini tengah dilampau masa.  

Bantal Gadang di Bilik Utama dan Pendamping


Tidak hanya kain-kain bersulam emas dan bermotif ukiran Minang yang bisa menyulap foto dokumentasi pernikahan adat Minang tampak lebih mengharukan. Tapi ada juga elemen lainnya yang membuat foto pernikahanmu itu lebih terkesan cukup kental nuansa adatnya. Misalnya bantal-bantal gadang yang di bilik utama dan di bilik pendamping. Bantal ini biasanya di sisi kanan atau kiri dari bilik utama. Tepatnya di bagian kursi calon pengantin dan kedua orang tua dari masing-masing mempelai. 

Konsep dekorasi unik khas Minang inilah yang mendukung sakralnya pernikahan walaupun hanya sekedar bantal gadang saja. Tidak ada yang tersisihkan mengenai hal menarik pada dekorasi adat Minang ini yang membuat foto pernikahan adat Minang kamu tidak menakjubkan. Hasilnya akan nampak elegan dan sangat artistik dengan konsep dekorasi adat yang lengkap.

Gantungan Ornamen Mainan Karamalai atau Angkin di Langit-langit Pelaminan


Siapa yang tidak suka langit-langit pelaminan diberikan gantungan berupa lampu atau ornamen? Dari dulu untuk konsep foto pernikahan yang menarik, memasang hiasan menggantung di langit-langit gedung atau pelaminan sudah menjadi seni tersendiri untuk menciptakan dekorasi bertema tertentu supaya lebih meriah. 

Tapi kali ini bukan hanya supaya lebih  meriah, gantungan ornamen sebagai tirai-tirai di pelaminan yang berupa mainan Karamalai atau Angkin ini adalah hiasan langit-langit pelaminan agar nampak lebih kental nuansa adat Minangkabaunya. Mainan khas Minang inu berbentuk lidah-lidah serupa dasi berwarna keemasan yang memukau. Gantungan ornamen tersebut menambah nilai keindahan nuansa tradisional dekorasi pelaminan.

Begitu juga ketika nanti sudah berhasil tercetak keindahannya dengan foto pernikahanmu, pastinya nilai estetika budaya leluhur kita nampak lebih memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Kalau begitu, bisa dibilang foto pernikahan adat Minang kamu dengan si dia menakjubkan sekali nih...

Pokoknya tidak ada ruginya memilih konsep dekorasi pelaminan dengan menerapkan tema adat Minangkabau ini. Karena selain membuat pernikahan lebih mengesankan bisa juga menjadi media ingatan kita untuk kembali mengenang nuansa tradisional kehidupan nenek moyang kita.

Kain Kelambu di Backdrop Pelaminan 

Dekorasi kain kelambu di backdrop merupakan bagian dekorasi pernikahan yang juga memiliki nilai seni tinggi. Hangatkan nuansa pernikahan menjadi lebih hikmat dan berkesan. Begitu pula nantinya ketika hiasan kelambu-kelambu penuh maknanya ini terekam kamera. Hasil foto pernikahan adat Minangkabau kamu dengan si dia pasti akan lebih menakjubkan. Karena memang pesona kelambu-kelambu ini mempunyai daya pikat yang luar biasa untuk ciptakan nuansa tradisional Minangkabau lebih keluar hikmatkan pesta pernikahanmu.

Kelambu yang diletakkan pada latar pelaminan ini berlapis-lapis. Setiap jumlah lapisan kelambu mempunyai makna strata sosial dari keluarga kedua mempelai. Semakin banyak jumlah lapisan kelambu yang terurai di backdrop, maka semakin tinggi pula strata sosial yang disandangnya. 

Ada 3 sampai 7 lapis kelambu yang terurai. Setiap lapis ganjil menandakan strata sosial keluarga pengantin dari kalangan yang berwibawa dan berada, misalnya dari keturunan bangsawan yang terpandang.

Di balik kelambu terurai berlapis-lapis di latar pelaminan, terdapat dekorasi berupa bantal-bantal kecil yang dipasang untuk menambah hiasan dengan suasana lebih menyala di pelaminan. Layaknya ciri khas penampilan dekorasi wedding adat Minang yang hangat dan sakral. Sehingga foto pernikahan adat Minang sempurna yang kamu impikan tercapai dengan elemen-elemen dekorasi pernikahan unik ini. 

Galuang yang Berbentuk Mirip Gapura 

Galuang ini semacam bingkai yang bentuknya mirip gapura tapi ada juga yang dimodif, di mana bentuknya sudah tidak lagi melengkung. Elemen dekorasi ini juga bisa membuat foto pernikahan adat Minangkabau impianmu lebih menakjubkan. Sebab, kekayaan nilai seni pada galuang ini mampu berikan nuansa tradisional yang kental untuk pesta pernikahanmu.

Dekorasi ini mempunyai makna bahwa yang menikah merupakan keturanan dari kalangan bangsawan. Elemen ini dihias dengan dilapisi kain berwarna warni yang pada bagian setiap sisinya ditambah dengan tonggak bambu berlapis-lapis.

Keunikan elemen dekorasi pernikahan adat Minang ini, terbayang betapa sakralnya acara pernikahanmu dengan si dia jika kamu memilih mengonsep dekorasi pernikahanmu dengan tema adat Minangkabau ini. 

Walaupun setiap elemen dekorasi pernikahan adat Minangkabau ini mempunyai makna yang seakan membatasi diri kamu, sebenarnya tidak ada masalah untuk diterapkan karena itu hanya bagian dari pemaknaan nenek moyang kita yang kini adatnya sudah tidak berlaku lagi di kalangan masyarakat. Bahkan sebagian orang Minangkabau sudah tidak lagi mengetahui makna elemen dekorasi pernikahan di atas.

Jadi, buat kamu yang mengonsep foto pernikahan adat Minang lebih estetik lagi, kamu bisa hias semaksimal mungkin pelaminanmu dengan elemen-elemen dekorasi yang disebutkan tadi. Bagaimana menariknya menurut selera kamu. Bahkan kamu bisa menambahkan beberapa hiasan seperti payung, dulang-dulang, ornamen pemanis, lumbung padi dan hiasan khas Minangkabau lainnya yang bisa mewujudkan dekorasi adat impian kamu sekarang. Kamu bisa letakkan elemen dekorasi tambahan itu di sekitar atau di sudut pelaminan dan ciptakan foto pernikahan adat bersama keluargamu!

Nah, itulah elemen dekorasi pelaminan yang bisa membuat hasil foto pernikahan adat Minang kamu dengan pasangan tampak lebih berkesan dan menakjubkan! 

Foto: Mahligai Indonesia


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket