7 Tips Memilih Gaun Pengantin Hijab yang Syar’i

24 Apr 2020 | By Wedding Market | Viewers: 3201
gaun pengantin syar'i
Foto: Pinterest

Sebagai seorang muslimah yang taat pada ajaran Islam, kamu tentunya mengenakan hijab sebagai salah satu penutup aurat.

Hal ini pun kamu terapkan juga pada hari pernikahanmu dengan ingin memakai gaun pengantin berhijab supaya kamu tetap terlihat sopan di samping cantik dan menawan. Namun ternyata kamu malah mengalami kebingungan, Ladies, dalam memilih gaun yang kamu inginkan.

Sebenarnya kamu tidak perlu bingung mengenai hal tersebut karena ada tips buat kamu yang dapat membantu memilih gaun yang syar’i dan tidak bertentangan dengan ajaran agama. Apa saja tipsnya? Tanpa perlu berlama-lama, yuk simak!

1. Menutup Aurat itu Keharusan

Sebenarnya banyak sekali model gaun pengantin buat kamu yang berhijab. Model-modelnya pun tidak kalah bagus tampilannya dari yang tidak memakai hijab, Meski begitu, ada peraturan yang tetap kamu harus pegang jika ingin tampil syar’i, yaitu menutup aurat. 

Jangan sampai model gaun yang kamu pilih itu sampai memperlihatkan lekuk tubuhmu. Karena itu, hindari memilih gaun yang transparan dan menerawang.

Pilih model yang sebaliknya namun tetap sesuai dengan keinginan kita. Apabila model yang kamu inginkan ternyata memperlihatkan lekuk tubuhmu, kamu bisa memodifikasinya dengan meminta desainer gaun atau melakukan sendiri.

2. Gunakan Hijab yang Sederhana saja

Meskipun kamu sudah berusaha menutup aurat dan menggunakan hijab, namun ada hal yang perlu kamu perhatikan dalam berhijab. Banyak pengantin berhijab dalam memakai gaun menggunakan hijab yang bagian dadanya terbuka.

Padahal, hal tersebut dilarang dan bertentangan dengan syariat Islam. Selain bagian dada yang terbuka, juga kebanyakan pengantin berhijab menggunakan hijab yang dengan menguatkan kesan punduk unta.

Hal-hal yang tidak baik dan berlebihan sebaiknya kamu hindari dengan memakai hijab yang sederhana namun kamu tetap anggun yang bisa kamu tambahkan mahkota rangkaian bunga sebagai headpiece.

3. Jangan Berlebihan dalam Mengenakan Hiasan

Hiasan dalam gaun pengantin adalah hal yang biasa untuk memperlihatkan keanggunan dan kecantikan yang kamu miliki. Dengan memperlihatkan itu, banyak tamu undanganmu yang akan terpesona dan terpukau pada dirimu tersebut.

Meskipun begitu, kamu tetap tidak boleh berlebihan mengenakannya sehingga terlihat kesan glamor dan bisa menjadi hal yang tabbaruj, karena memperlihatkan kepada selain suami.

Karena itu, pakailah hiasan pada gaun dan hijabmu dengan tampilan sederhana. Ingatlah, pernikahan yang kamu gelar itu sesungguhnya bukan untuk menampakkan kemewahan tetapi memberikan dampak kebahagiaan pada dirimu dan sekitarmu.

4. Memilih Bahan yang Nyaman dan Menyerap Keringat

Menjadi pengantin itu memang melelahkan walaupun kamu berbahagia karena sepanjang hari atau dalam waktu 2-3 jam kamu akan terus berdiri melayani ucapan selamat dari para tamu di pelaminan.

Tentu saja untuk bisa mengimbangi kelelahan itu kamu harus memilih bahan yang nyaman digunakan namun tetap dapat menutup auratmu. Selain nyaman, bahan ini juga harus mudah menyerap keringat mengingat energimu akan selalu terpakai sehingga keringat akan terus mengucur.

Karena itu, pilih dalaman atau inner yang berpori namun usahakan tetap longgar dan tebal supaya tidak transparan sehingga lekuk tubuhmu tetap tidak dapat terlihat.

5. Pilih Warna Gaun yang Cocok

Gaun pengantin berhijab sudah kamu dapatkan supaya kamu tetap tampil syar’i namun di samping itu kamu juga harus memperhatikan soal warna.

Apakah warna pada gaunmu itu cocok atau tidak dengan seleramu atau dengan tema dan dekorasi pernikahanmu. Supaya tidak bingung, kamu bisa mencari referensi di internet atau berkonsultasi dengan desainer gaun pernikahan.

Jangan lupa untuk juga cocokkan dengan warna kulitmu atau ukuran tubuhmu. Apabila kamu memilih warna cerah untuk tubuhmu yang tidak tinggi akan bisa mengubah tampilanmu menjadi terlihat tinggi.

6. Sesuaikan dengan Lokasi Pernikahan

Gaun pengantin yang kamu kenakan juga harus disesuaikan dengan lokasi pernikahan, ya, Ladies. Apabila pernikahanmu digelar di dalam gedung atau rumah, gaun yang kamu pakai harus terlihat rapi dan formal.

Sedangkan bila di luar gedung atau outdoor, pakailah gaun yang santai dan casual namun tetap dapat menutup aurat.

7. Pakailah Gaun yang Sederhana Saja!

Banyak sekali model gaun pengantin untuk wanita berhijab dengan gaun yang menjuntai ke belakang layaknya pernikahan ala orang Barat atau Kristen.

Selain hal tersebut bertentangan dengan pernikahan yang syar'i, juga gaun yang menjuntai ke belakang itu malah sebenarnya akan merepotkan kamu, juga para pendampingmu karena mereka harus mengangkat gaun tersebut supaya tidak rusak atau terkena kotoran.

Di samping bertentangan dengan syariat Islam dan merepotkan, hal tersebut juga menunjukkan bahwa kamu malah berlebihan, Ladies.

Karena itu, sebaiknya kamu tetap mengikuti aturan dalam agama dalam mengenakan gaun pengantin berhijab, yaitu memakai gaun yang sederhana saja namun tetap kamu terlihat anggun dan cantik.

Yang terpenting terlepas dari semua itu, adalah kamu jangan lupakan mengenai syarat sah suatu pernikahan karena sibuk dalam memilih gaun.

Apakah kamu menginginkan gaun pengantin yang syar’i alias tetap dapat menutup aurat? Kalau iya, jangan ragu untuk klik vendor gaun pengantin Wedding Market untuk mendapatkan gaun yang kamu inginkan!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket