Trend Gaun Pengantin Muslimah Modern

14 Aug 2019 | By Wedding Market | Viewers: 5654
Trend Gaun Pengantin Muslimah Modern
Foto: Instagram/@melodylaksani92

Seiring perkembangan trend fashion masa kini, semakin lama variasi trend model gaun pengantin muslimah modern pun semakin beragam. Dulu, beberapa puluh tahun lalu, pilihan gaun pernikahan biasanya terbatas hanya pada pakaian tradisional atau gaun internasional.

Lalu, pada zaman itu pun jumlah calon mempelai wanita yang memakai hijab sepertinya tidak sebanyak sekarang, sehingga pemakaian pakaian tradisional yang kaya akan ornamen perhiasan pada kepala pun bisa dimaksimalkan pada rambut sang calon mempelai wanita. Contohnya pada baju pernikahan adat Jawa, mempelai wanitanya akan memakai sanggul, tusuk konde, dan bunga-bunga melati di kepalanya.

Lalu, bagaimana dengan zaman sekarang? Dengan semakin meluasnya penyebaran ilmu agama yang mudah dipahami oleh masyarakat, semakin banyak pula wanita muslimah yang kini mengenakan hijab. Tidak hanya itu, bahkan, para artis pun kini banyak yang berhijrah dan mulai menutup auratnya dengan berhijab. Dan, tentu saja, hal ini sangat memengaruhi trend gaun pengantin muslimah.

Selain semakin bermunculan desain gaun pengantin yang sederhana sekaligus menutup aurat, gaun pengantin adat pun akhirnya mengalami berbagai penyesuaian untuk para muslimah modern. Perubahan ini bisa dilihat dari panjangnya busana hingga variasi penutup kepala yang digunakan sebagai penunjang aksesoris gaun pengantin tradisional tersebut.

Gaun pengantin muslimah modern yang mulai menjadi hits beberapa tahun belakangan ini adalah gaun pengantin yang berpola sederhana dan berwarna netral cenderung soft, seperti dusty pink, nude pink, cream, rose gold, dan broken white. Berbeda dengan gaun-gaun pengantin klasik yang megah dan memiliki desain yang rumit, gaun-gaun pengantin muslim modern ini pun tidak terlalu memiliki banyak ornamen dan kemewahan, tapi tetap membuat sang calon mempelai wanita tampak anggun dan bersahaja di hari bahagianya.

Gaun pengantin tradisional juga memiliki beberapa perubahan atau modifikasi dari desain yang sebelumnya. Contohnya adalah penggunaan kebaya yang semakin panjang untuk gaun pengantin wanita dan penggunaan penutup kepala yang menyerupai warna rambut, atau menyerupai warna aksesoris riasan di kepala yang berfungsi untuk menyamarkan penggunaan hijab, agar tetap tampil sesuai dengan pakem atau standar penggunaan gaun pengantin tradisional. Yang terpenting dari modifikasi ini adalah penampilan calon mempelai wanita tetap mengikuti syariat Islam sekaligus tetap mempertahankan kekhasan budaya tradisional daerahnya.

Inspirasi Gaun Pengantin Muslimah Modern

Lalu, apakah kamu sedang mencari inspirasi gaun pernikahan muslim modern untuk hari pernikahanmu nanti? Kalau begitu coba simak beberapa pilihan model berikut ini, mungkin ada yang sesuai dengan tema pernikahanmu.

1. Gaun abu-abu silver dengan kerudung berbahan sifon yang anggun dan unik dapat, dengan sempurna, membuatmu tampak menawan.


Foto: hayrunnisasalon


2. Kesederhanaan warna putih pada gaun pengantin muslimah modern dapat lebih memancarkan aura cantik kamu.


Foto: Fustany


3. Kombinasi warna putih dan gold yang mewah pada gaunmu dapat menghipnotis setiap pasang mata yang memandang. Sentuhan warna monotone yang klasik ini memang selalu jadi pilihan, bahkan untuk gaun pengantin muslimah modern di masa kini.


Foto: Instagram/@melodylaksani92


5. Hijab berwarna dusty pink, dilengkapi penutup kepala sewarna dan aksesoris siger Sunda berwarna rose gold, kombinasi dan modifikasi gaun pengantin tradisional Jawa Barat ini akan buat penampilanmu tampak mempesona.



6. Kebaya modifikasi panjang, dengan aksesoris busana pengantin tradisional adat Jawa berwarna soft gold berbahan tile dan kain batik tradisional adat Jawa akan membuat penampilanmu di resepsi pernikahanmu tampak semakin elegan.


Itu dia beberapa tren model gaun pengantin muslimah modern yang bisa jadi inspirasi kamu. Kreasikan gaun kamu seindah mungkin di hari terindahmu!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket