Pilih Kategori Artikel

16 Gaya Outfit Groomsmen bisa BikinTampil Kece. Intip Tips-nya, yuk!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dimana ada bridesmaid, disitu ada groomsmen.

Kamu masih bingung apa itu bridesmaid? Apa itu Groomsmen?

Istilah groomsmen dan bridesmaid sepertinya sudah tak asing lagi ditelinga, bukan? Kita sering mendengar istilah ini bila berkenaan dengan pernikahan modern. Tak jarang pernikahan artis-artis juga menampilkan groomsmen dan bridesmaid-nya. Jadi, Groomsmen adalah pendamping untuk pengantin pria, sedangkan bridesmaid adalah pendamping untuk pengantin wanita.


Nah, apa pula tugas bridesmaid dan groomsmen ini? Secara umum tugas groomsmen itu lebih kurang sama seperti tugas bridesmaid. Keberadaan keduanya di sebuah acara pernikahan tidak hanya berperan dalam membantu dan mengiringi kedua belah mempelai, tapi juga membuat pesta pernikahan menjadi semakin meriah. 


Kalau pendamping pengantin wanita bisa tampil cantik dan menawan dengan gaun bridesmaid yang anggun, bagaimana dengan pendamping pengantin pria? Tentu juga bisa! Groomsmen juga harus tampil kece, dong. Bagi kamu para groomsmen, bersiaplah tunjukan pesonamu dengan berbagai macam  pilihan outfit berikut ini. 


Inspirasi Gaya Outfit Seragam Groomsmen


  1. Setelan jas,  outfit andalan para groomsmen

wm_article_img

etsy.com


Outfit pertama yang paling sering digunakan oleh groomsmen adalah setelan jas. Dengan setelan jas, sudah pasti groomsmen tampil kece dan macho. Melihat groomsmen mengenakan seragam setelan jas, tentu akan menciptakan kesan formal dan elegan dalam acara pernikahan. Agar tak membingungkan, seragam  groomsmen tentu dibuat sedikit berbeda dari pengantin pria, perbedaannya bisa dari model atau warnanya. Terkadang juga dibuat sedikit berbeda hanya pada item kecil seperti dasi atau rangkaian bunga yang disematkan pada saku jas.


  1. Perpaduan dasi kupu-kupu dan suspender, bikin barisan groomsmen kamu terlihat manis

wm_article_img

Ainsley Cash on pinterest


Tidak hanya pakaian, aksesoris berupa dasi kupu-kupu dan suspender juga bisa bikin groomsmen terlihat kece, lho. Kedua aksesoris ini memperkeren tampilan para groomsmen. Dipadupadankan dengan kemeja polos berwarna putih atau warna lembut lainnya seperti soft pink, cokelat muda, peach, atau biru langit, bisa menambah kesan manis pada seragam groomsmen. Look ini cocok banget dengan konsep pernikahan garden party


  1. Baju boleh beda warna, tapi celana seragam

Seragam groomsmen menggunakan celana berwarna senada atau dengan potongan yang sama, cocok bagi kamu yang menginginkan tampilan yang sederhana dan terkesan santai. Meskipun warna kemeja atau atasan yang dikenakan berbeda, dengan menyeragamkan model atau warna celana,  groomsmen akan terlihat lebih kompak.


  1. Gak cuma jas, vest juga bikin penampilan groomsmen kelihatan macho

wm_article_img

loveincmag.com


Setelan jas memang sudah pasti menjadikan tampilan groomsmen memukau, tapi ternyata vest juga bisa memberikan kesan macho dan kece. Kamu bisa tambahkan dasi biasa atau dasi kupu-kupu sebagai pemanis. Dengan memakai vest, penampilan groomsmen tidak hanya terlihat elegan tapi juga lebih santai. 


  1. Monokrom, sebuah konsep yang tidak pernah gagal membuat groomsmen kamu terlihat elegan

Konsep monokrom tentu tidak lepas dari warna hitam dan putih. Perpaduan warna hitam dan putih pada outfit groomsmen akan menambahkan nuansa elegan dalam pernikahanmu. 


  1. Setelan baju yang seragam dengan dasi yang berbeda ala groomsmen pangeran Harry

wm_article_img

whimsicalwonderlandweddings.com


Kamu bisa sedikit meniru gaya groomsmen pernikahan ala pangeran kerajaan Inggris. Contohnya, groomsmen di pernikahan pangeran Harry yang mengenakan setelan jas dengan dasi berbeda-beda warna. Outfit seragam groomsmen ini pun terlihat tetap formal dengan ciri khasnya tersendiri.


  1. Seragam warna-warni bagai pelangi bikin groomsmen kamu terlihat ceria

Warna-warni bagai pelangi ternyata bisa bikin penampilan groomsmen kamu terlihat unik lho. Warna-warna cerah seperti merah, kuning, hijau menciptakan suasana ceria di hari pernikahanmu. Outfit yang kamu pilih bisa disesuaikan, mulai dari kemeja, vest, bahkan jas lho. Tidak perlu khawatir terlihat norak, karena outfit ini justru bikin pernikahanmu semakin meriah.


  1. Tambahkan aksesoris berupa topi, groomsmen pun siap bergaya bersama pengantin.

wm_article_img

Native Roaming Photography


Pakai topi yang seragam membuat groomsmen di hari spesialmu kelihatan kece banget. Topi jenis fedora atau newsboy terlihat trendy banget jika dipakai oleh para groomsmen kamu. Bisa juga pakai topi cowboy agar terkesan vintage. Dengan topi ini, groomsmen bisa terlihat lebih catchy bergaya bersama pengantin di atas pelaminan. 


  1. Groomsmen adat melayu paling punya ciri khas

wm_article_img

instagram.com/groomsbridesindonesia


Pada pesta pernikahan Indonesia, seragam groomsmen adat melayu cukup mudah dijumpai. Baju kurung berupa setelan baju dan celana dengan warna sama dipadukan dengan kain songket yang dililitkan di pinggang. Tidak lupa songkok hitam yang dipakai di kepala, ada juga yang memakai topi khas melayu. Dengan outfit ini, para pendamping pengantin pria akan terlihat berwibawa dengan balutan seragam groomsmen tradisional.


  1.  Satu paket groomsmen gaya vintage, kemeja putih, celana krem, dan suspender

wm_article_img

brookklyn.com


Kalau ingin pernikahan berkonsep vintage, kamu bisa memilih satu style outfit groomsmen yang terdiri dari kemeja putih, celana krem, dan aksesoris berupa suspender. Kamu juga bisa menambahkan dasi kupu-kupu untuk menciptakan style vintage yang lebih kental. 


  1. Konsep simple dengan kemeja putih bisa kamu adopsi untuk seragam groomsmen kamu

Kemeja putih bisa dibilang merupakan seragam yang paling simple dan banyak digunakan oleh acara apapun. Kalo kamu tidak mau repot menentukan seragam groomsmen kamu, kemeja putih adalah pilihan terbaik. Padukan kemeja putih dan celana hitam atau warna netral lainnya, groomsmen outfit ini sudah cukup oke. Namun, kamu wajib menambahkan aksesoris, agar kesan groomsmen masih terlihat. Dasi kupu-kupu berwarna hitam atau warna senada dengan celana bisa menjadi pilihan tepat untuk memberikan ciri khas pada seragam groomsmen.


  1. Coba style beda, seragam sweater dengan warna yang senada dengan dasi pengantin

Ingin mencoba gaya yang berbeda untuk para  groomsmen tampan di pernikahanmu? Coba gunakan ide ini, pemilihan sweater sebagai seragam groomsmen membuat pernikahanmu tampil unik dan beda. Sweater para groomsmen bisa kamu senadakan warnanya dengan dasi pengantin. Contohnya sweater berwarna biru navy ini yang senada dengan dasi yang juga berwarna biru navy yang dipakai oleh pengantin pria.


  1. Groomsmen adat Jawa dengan blangkon dan kain batik

wm_article_img

Have lunch on pinterest

Kain batik berwarna coklat bisa kamu pakai untuk bawahan, dan untuk atasan kamu bisa memakai baju beskap berwarna hitam. Blangkon berwarna coklat akan mempermanis penampilan para groomsmen adat jawa kamu.


  1. Boutonnieres di dada kiri pengantin bikin mereka tampak gagah dan macho

wm_article_img

anorthwoodswedding.com


Tahukah kamu apa itu boutonnieres? Boutonnieres merupakan hiasan bunga yang biasanya berjumlah 3 bunga yang disematkan di kerah jas atau kemeja pengantin atau pendamping pria. Aksesoris ini tampak kalem tersemat pada dada para groomsmen. Kamu bisa memilih bunga favorit untuk kamu jadikan boutonnieres groomsmen kamu.


  1.  Unsur tradisional lewat batik sebagai seragam groomsmen kamu

Siapa bilang groomsmen tidak bisa keren kalau memakai batik? Kain tradisional khas Indonesia ini juga bisa membuat tampilan groomsmen kamu tetap macho tapi juga tradisional. Apalagi bagi kamu yang menikah dengan konsep adat tradisional. Seragam groomsmen batik juga mencirikan groomsmen Indonesia. Jika kamu ingin para groomsmen tampil lebih modern, kamu bisa memadukan seragam batik dengan vest, dasi kupu-kupu, atau sabuk suspender. 


Tidak hanya dijadikan kemeja, kain batik juga bisa digunakan sebagai aksesoris bagi groomsmen. Para groomsmen bisa melilitkan kain di pinggang yang dipadukan dengan celana panjang yang memiliki warna senada dengan kemeja atasan.


  1. Baju formal pilihanmu sendiri juga boleh lho jadi pilihan seragam groomsmen kamu

Ingin menciptakan penampilan groomsmen sesuai dengan selera kamu dan pasangan? Kamu bisa mendesain sendiri pakaian untuk groomsmen kamu. Seperti para groomsmen di pernikahan artis papan atas, Atta dan Aurel yang menggunakan seragam groomsmen pilihan sendiri. Seragam groomsmen ini memiliki model tersendiri yang bisa menjadi ciri khas dari pernikahan pengantin.



Tips Agar Groomsmen Tampil Menarik Di Hari Pernikahan

wm_article_img

Dicasdemulher.com.br


Tidak hanya memilih seragam outfit, kamu juga perlu mendandani penampilan groomsmenagar tampil menarik di hari pernikahan. Apa saja tips yang perlu kamu ketahui untuk membuat penampilan groomsmen makin keren dan kompak? Ini dia beberapa tipsnya.


  1. Pastikan seragam groomsmen senada dengan pengantin

wm_article_img

Jessica Scott Photography


Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih seragam groomsmen yang senada dengan busana pengantin. Meskipun memakai pakaian dengan jenis yang berbeda, kamu harus tetap memberikan unsur yang senada pada seragam groomsmen, seperti warna dan aksesorisnya. Kamu dan groomsmen kamu juga harus memakai pakaian dengan konsep yang sama agar terlihat kompak. Jangan sampai ketika kamu dan pasangan memakai busana adat jawa namun groomsmen kamu memakai pakaian retro, tentu tidak nyambung bukan?


  1. Biar gak seperti seragam anak magang, jangan lupa beri aksesoris

Kemeja dan celana panjang adalah seragam yang paling sering dipakai oleh laki-laki. Setelan seragam ini juga sering dijumpai pada seragam kerja atau bahkan seragam anak sekolah.  Apalagi bagi kamu yang memilih seragam groomsmen dengan atasan kemeja putih dan bawahan berupa celana panjang berwarna hitam, bisa-bisa groomsmen mu dikira anak magang. Oleh karena itu, kamu wajib memberikan aksesoris berupa suspender atau dasi kupu-kupu. 

  1. Biar makin terlihat kompak, kamu juga bisa senadakan seragam groomsmen dengan bridesmaid

wm_article_img

Elle Stephan on pinterest


Gak hanya kamu dan pasanganmu yang tampil kompak dan serasi di pernikahan. Groomsmen kamu bisa juga tampil serasi dengan bridesmaid. Pilih seragam yang senada dengan seragam yang dipakai oleh bridesmaid. Seperti para groomsmen yang memakai setelan jas didampingi oleh bridesmaid dengan dress cantik dengan warna senada. Dengan begitu acara pernikahanmu semakin kompak dan meriah.


  1. Groomsmen makin kompak dengan sepatu pantofelnya

wm_article_img

Aquila.com.au


Tips berikut ini bersifat opsional, karena beberapa pengantin juga ada yang membebaskan groomsmen memilih alas kakinya. Namun, apabila para groomsmen mengenakan sepatu pantofel yang seragam, penampilan mereka makin kelihatan kompak dan elegan. Tidak hanya pantofel berwarna hitam, warna lain seperti cokelat juga kelihatan tampak formal dan keren untuk dipakai groomsmen


  1. Gaya rambut yang rapi mendukung penampilan groomsmen

Kamu tidak harus meminta groomsmen untuk menyamakan gaya rambut, akan tetapi bisa diingatkan untuk menata rambut mereka dengan rapi. Apalagi jika groomsmen kamu memakai pomade untuk menata rambutnya, hal ini bisa meningkatkan nilai ketampanan mereka lho.


  1. Tampil wangi dan bersih wajib untuk groomsmen

Tidak hanya pengantin, para groomsmen di pernikahan kamu juga harus tampil bersih dan wangi. Ingatkan para groomsmen kamu untuk membersihkan diri sebelum acara pernikahan dimulai, ya!


  1. Siapkan aksesoris untuk berfoto bersama pengantin

Selain membantu kedua pengantin dalam acara pernikahan, groomsmen juga bisa memeriahkan sesi foto pengantin. Agar hasil foto bareng pengantin terlihat keren dan kece, kamu bisa mempersiapkan aksesoris tambahan agar foto makin meriah. Aksesoris seperti topi dan kacamata bisa kamu pilih untuk dipakai para groomsmen bareng pengantin.


Nah, jika kamu sudah mempunyai seragam groomsmen pilihan, jangan lupa juga menerapkan tips di atas untuk semakin menyempurnakan penampilan groomsmen kamu, ya. Pastinya kece banget. 


Apa Tugas Groomsmen?

Setelah memperoleh gambaran outfit seragam groomsmen, sekarang kita akan berbicara mengenai tugasnya. Tugas groomsmen tidak hanya mendampingi pengantin pria, namun juga terdapat tugas-tugas penting yang dilakukan seperti yang berikut ini.


  1. Membantu tamu yang kebingungan.

Tamu undangan dalam pernikahan pasti butuh bantuan untuk mengetahui dimana letak pintu masuk, toilet, atau tempat untuk memberikan kado kepada pengantin. Disinilah tugas groomsmen untuk membantu para tamu undangan demi kelancaran acara pernikahan.


  1. Mengantar tamu ke tempat duduk.

Beberapa konsep pernikahan menyediakan meja dan tempat duduk khusus untuk para tamu, maka para groomsmen lah yang mengantarkan mereka ke meja dan tempat duduk tersebut.


  1. Membantu pengantin mempersiapkan acara pernikahan.

Groomsmen juga memiliki peran dalam membantu pengantin mempersiapkan acara pernikahan. Hal-hal yang dipersiapkan seperti busana pengantin, seserahan, hingga mas kawin yang harus benar-benar dipersiapkan.


  1. Memberi dukungan mental untuk pengantin.

Tugas ini mungkin terlihat sepele, tapi ternyata inilah tugas penting dari para groomsmen lho. Dengan didampingi oleh groomsmen yang merupakan teman dan kerabat dekat, pengantin akan lebih percaya diri dan semangat di acara pernikahannya.


  1. Memeriahkan acara pernikahan

Kehadiran para groomsmen sangat membantu dalam membuat acara pernikahan lebih meriah. Apalagi ketika para groomsmen ikut meramaikan pesta pernikahan dengan berdansa bersama pengantin.


Wah, ternyata tidak hanya kebutuhan kamu sebagai pengantin yang harus dipersiapkan secara matang. Kebutuhan groomsmen juga perlu dipersiapkan dengan baik. Walau lebih simple dari bridesmaid, penampilan groomsmen juga harus diberi perhatian juga. Jangan pusing dulu, karena kamu dapat mempersiapkannya dengan mudah lewat bantuan dari Wedding Market, Smart Wedding Platform yang bisa membantu kamu dalam memilih vendor seragam untuk para groomsmen kamu. Selain seragam groomsmen kamu, kamu juga bisa menemukan banyak vendor kebutuhan pernikahan kamu lainnya lho, seperti catering, wedding organizer, dan banyak lainnya.
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...