Pilih Kategori Artikel

9 Tugas Bridesmaid yang Perlu Kamu Ketahui
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pengantin dan bridesmaid adalah satu paket yang tak terpisahkan dalam prosesi pernikahan. Bagi calon pengantin–khususnya pengantin perempuan–bridesmaid pastilah sangatlah berarti. Terkadang, kehadirannya bukan hanya sebagai teman, melainkan juga sebagai support system bagi sang pengantin. Lebih lanjut, apa itu bridesmaid? Apa arti bridesmaid dalam pesta pernikahan, dan apa saja tugasnya? Semua akan kita akan bahas pada artikel ini.


9 Tugas Bridesmaid yang Perlu Kamu Ketahui

wm_article_img

Foto by faralljibrill_official


Bridesmaid adalah seorang atau beberapa orang yang dipilih menjadi pendamping pengantin wanita ketika pesta pernikahan. Bridesmaid biasanya adalah sahabat atau kerabat wanita dari  sang pengantin. Jumlahnya bisa 2 orang atau lebih.  Apabila kamu diminta menjadi bridesmaid, atau kamu ingin menunjuk temanmu untuk menjadi pendamping pada pernikahanmu nanti, inilah tugas-tugasnya.


  1. Membantu Persiapan Pernikahan

Menjelang pesta pernikahan, maupun pada hari H, pasti akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh sang pengantin. Saking ribetnya, terkadang calon pengantin sampai kerepotan sehingga banyak hal yang terlupakan. Maka dari itu, calon pengantin membutuhkan orang lain untuk membantunya. Selain keluarga, yang bisa membantu adalah teman-teman. Dalam hal ini, bridesmaid. 

Tugas Bridesmaid pun beragam. Menjelang hari H bridesmaid bisa membantu menyebarkan undangan pada kenalan-kenalan, atau menemani calon pengantin menyiapkan keperluan-keperluan pernikahannya seperti dress, make up pengantin dan printilan-printilan lainnya. 


  1. Teman Curhat

wm_article_img

Photo by imagenic


Hari-hari menjelang pernikahan adalah hari yang sangat melelahkan bagi sang calon pengantin. Banyaknya hal-hal yang mesti dipersiapkan, kadang sampai membuatnya stres. Tidak hanya lelah secara fisik, tapi juga secara psikis. Di sisi lain, sang pengantin juga harus menyiapkan mentalnya dengan baik untuk menjalani prosesi pernikahan. Dengan segala kerumitan yang dihadapi, tentunya calon pengantin membutuhkan teman curhat. Nah, disinilah fungsi dari bridesmaid. Tidak perlu memberikan solusi, cukup dengan mendengarkan curhatan calon pengantin saja sudah lebih dari cukup. Di tengah suasana yang sibuk dan melelahkan itu, berkeluh kesah ke orang yang tepat bisa mengurangi beban pikiran.


  1. Menyiapkan Bridal Shower

wm_article_img

Photo via instagram @salshaindradjaja


Apakah kalian pernah mendengar istilah bridal shower? Pernah melihat postingan orang-orang di media sosial yang merayakan acara bridal shower? Ya, bridal shower adalah acara pelepasan masa lajang seorang wanita sebelum ia dipersunting oleh sang kekasih. Untuk mengadakan acara ini, tentu saja calon pengantin tidak akan mempersiapkannya seorang diri, melainkan dibantu para bridesmaid.  Mereka bisa membantu mencari tempat, mempersiapkan makanan, atau menata dekorasi.

Acara bridal shower bisa dilangsungkan di berbagai tempat, tapi yang paling sering digunakan adalah cafe atau restoran yang mempunyai desain kekinian dan artistik. Sebenarnya, bridal shower tidak wajib, tapi seru juga kalau mau diadakan, ya.


  1. Menghadiri Semua Acara

Secara umum prosesi pernikahan dibagi ke dalam tiga tahap yaitu acara pra pernikahan, akad nikah dan resepsi. Salah satu tugas bridesmaid adalah menemani pengantin di setiap sesi acara tersebut. Terutama, pada saat resepsi pernikahan. Biasanya, bridesmaid akan diminta pula untuk membantu memeriahkan acara. Di beberapa pesta pernikahan, bridesmaid tidak bekerja sendiri. Mereka dibantu oleh groomsmen dari pihak pengantin laki-laki.


  1. Menjaga Pengantin Agar Tidak Kelaparan

wm_article_img

Photo by Omar Lopez


Prosesi pernikahan yang panjang, tamu-tamu yang terus berdatangan, dan segala macam keriwehan pada hari pernikahan maupun sebelum hari H, membuat semua orang sibuk termasuk pengantinnya. Saking sibuknya, pengantin sering lupa makan. Maka dari itu,  seorang bridesmaid diminta untuk mengingatkan pola makan pengantin. Pada hari resepsi pernikahan, bridesmaid bisa mengingatkan pengantin untuk makan terlebih dahulu sebelum pesta dimulai atau ketika waktu istirahat. Jangan sampai pengantinmu kelaparan, ya


  1. Memakai Busana Seragam

wm_article_img

Foto by Venema Pictures 


Selain mendampingi sang pengantin, tak jarang kehadiran para bridesmaids ini juga menarik perhatian tamu-tamu undangan. Berada dekat dengan sang pengantin, mengenakan busana seragam atau senada, tampilan bridesmaid semakin  cantik dan menawan. Biasanya, gaun atau dress bridesmaid itu merupakan hadiah oleh sang pengantin untuk dikenakan mereka pada saat resepsi. Jauh-jauh hari sebelum acara dilangsungkan, pengantin memberikan kain atau bahan yang seragam kepada para bridesmaid-nya. Nah, nantinya bahan kain itu akan dijahit sendiri oleh bridesmaid sesuai model yang ia inginkan. Namun, kadang  ada pula pengantin yang menghadiahkan gaun atau baju bridesmaid yang sudah jadi, sehingga lebih praktis. 


Baca juga: Rekomendasi Model Gaun Bridesmaid Satin yang Cantik dan Anggun untuk Pesta Pernikahan



  1. Menjadi Pengiring Pengantin

Salah satu tugas bridesmaid adalah mengiringi, sekaligus membantu memegangi gaun pengantin yang terlalu panjang agar pengantin wanita bisa lebih leluasa berjalan. Bridesmaid ikut mengiringi pengantin baik saat akad nikah atau pemberkatan, maupun ketika resepsi.


  1. Membantu Memilih Gaun Pengantin

wm_article_img

Photo by Charisse Kenion


Tugas bridesmaid yang selanjutnya adalah membantu pengantin wanita dalam memilih gaun pengantin. Meskipun terdengar sepele, kadang memilih gaun yang cocok termasuk susah-susah gampang, loh.Ketika memilih gaun pernikahan, calon pengantin tidak hanya mempertimbangkan modelnya saja, tapi juga dari segi lain seperti biaya, bahan kain, konsep baju, hingga warna gaun atau kebaya yang akan dikenakan.

Maka dari itu, untuk menghindari kebimbangan yang berkepanjangan, calon pengantin sebaiknya meminta pendapat kepada para bridesmaid. Nantinya, para bridesmaid akan memberikan pandangan mereka yang sekiranya dapat membantu pengantin dalam mengambil keputusan.


  1. Membantu Menyelesaikan Drama Pesta Pernikahan

wm_article_img

Photo by imagenic


Ketika menyiapkan pesta pernikahan, pasti ada saja halangan yang akan calon pengantin temukan. Dari banyaknya halangan yang akan ditemukan, tidak ada yang lebih menyebalkan daripada perdebatan keluarga. Sebenarnya perdebatan keluarga sangat umum ditemukan ketika menyiapkan pernikahan, dan tentu saja situasi itu sulit untuk dihindari. Sialnya, di tengah persiapan pernikahan yang begitu banyak serta menguras energi, perdebatan semacam itu terkadang membuat pengantin ataupun orang tua jadi sama-sama emosi, bahkan tidak jarang bisa menimbulkan konflik. Jika terjadi hal demikian, maka pengantin sebaiknya meminta pendapat kepada bridesmaid tentang cara terbaik untuk menyelesaikan perdebatan keluarga itu. Dengan hadirnya bridesmaid yang bersikap netral diharapkan dapat membantu mencairkan suasana.


Itulah tugas-tugas bridesmaid yang perlu kamu ketahui. Jadi, tak hanya sekedar mendampingi dan mengiringi sang pengantin pada saat resepsi saja, di luar itu pun bridesmaid harus siap sedia membantu persiapan pernikahan, bridal shower,  menemani memilih baju atau gaun pengantin,  menjadi teman curhat, mengingatkan untuk makan, bahkan menyelesaikan drama pesta pernikahan. Nah, apa kamu siap menjadi bridesmaid?


Baca juga: Mitos Tentang Bridesmaid dan Groomsmen dalam Acara Pernikahan



Penulis: Nurul Fatimah | Editor: Ade Mutia


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...