9 Tugas Bridesmaid dan 10 Rekomendasi Model Baju Bridesmaid yang Bisa Kamu Coba - Wedding Market

9 Tugas Bridesmaid dan 10 Rekomendasi Model Baju Bridesmaid yang Bisa Kamu Coba

14 Jan 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 64
bridesmaid
Bridesmaid photo by Summer Story Photography

Pengantin dan bridesmaid adalah satu paket yang tak terpisahkan dalam prosesi pernikahan. Bagi calon pengantin–khususnya pengantin perempuan–bridesmaid pastilah sangatlah berarti. Terkadang, kehadirannya bukan hanya sebagai teman, melainkan juga sebagai support system bagi sang pengantin. Lebih lanjut, apa itu bridesmaid? Apa arti bridesmaid dalam pesta pernikahan, dan apa saja tugasnya? Semua akan kita akan bahas pada artikel ini.


9 Tugas Bridesmaid yang Perlu Kamu Ketahui

Foto by faralljibrill_official


Bridesmaid adalah seorang atau beberapa orang yang dipilih menjadi pendamping pengantin wanita ketika pesta pernikahan. Bridesmaid biasanya adalah sahabat atau kerabat wanita dari  sang pengantin. Jumlahnya bisa 2 orang atau lebih.  Apabila kamu diminta menjadi bridesmaid, atau kamu ingin menunjuk temanmu untuk menjadi pendamping pada pernikahanmu nanti, inilah tugas-tugasnya.


  1. Membantu Persiapan Pernikahan

Menjelang pesta pernikahan, maupun pada hari H, pasti akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh sang pengantin. Saking ribetnya, terkadang calon pengantin sampai kerepotan sehingga banyak hal yang terlupakan. Maka dari itu, calon pengantin membutuhkan orang lain untuk membantunya. Selain keluarga, yang bisa membantu adalah teman-teman. Dalam hal ini, bridesmaid. 

Tugas Bridesmaid pun beragam. Menjelang hari H bridesmaid bisa membantu menyebarkan undangan pada kenalan-kenalan, atau menemani calon pengantin menyiapkan keperluan-keperluan pernikahannya seperti dress, make up pengantin dan printilan-printilan lainnya. 


  1. Teman Curhat

Photo by imagenic


Hari-hari menjelang pernikahan adalah hari yang sangat melelahkan bagi sang calon pengantin. Banyaknya hal-hal yang mesti dipersiapkan, kadang sampai membuatnya stres. Tidak hanya lelah secara fisik, tapi juga secara psikis. Di sisi lain, sang pengantin juga harus menyiapkan mentalnya dengan baik untuk menjalani prosesi pernikahan. Dengan segala kerumitan yang dihadapi, tentunya calon pengantin membutuhkan teman curhat. Nah, disinilah fungsi dari bridesmaid. Tidak perlu memberikan solusi, cukup dengan mendengarkan curhatan calon pengantin saja sudah lebih dari cukup. Di tengah suasana yang sibuk dan melelahkan itu, berkeluh kesah ke orang yang tepat bisa mengurangi beban pikiran.


  1. Menyiapkan Bridal Shower

Photo via instagram @salshaindradjaja


Apakah kalian pernah mendengar istilah bridal shower? Pernah melihat postingan orang-orang di media sosial yang merayakan acara bridal shower? Ya, bridal shower adalah acara pelepasan masa lajang seorang wanita sebelum ia dipersunting oleh sang kekasih. Untuk mengadakan acara ini, tentu saja calon pengantin tidak akan mempersiapkannya seorang diri, melainkan dibantu para bridesmaid.  Mereka bisa membantu mencari tempat, mempersiapkan makanan, atau menata dekorasi.

Acara bridal shower bisa dilangsungkan di berbagai tempat, tapi yang paling sering digunakan adalah cafe atau restoran yang mempunyai desain kekinian dan artistik. Sebenarnya, bridal shower tidak wajib, tapi seru juga kalau mau diadakan, ya.


  1. Menghadiri Semua Acara

Secara umum prosesi pernikahan dibagi ke dalam tiga tahap yaitu acara pra pernikahan, akad nikah dan resepsi. Salah satu tugas bridesmaid adalah menemani pengantin di setiap sesi acara tersebut. Terutama, pada saat resepsi pernikahan. Biasanya, bridesmaid akan diminta pula untuk membantu memeriahkan acara. Di beberapa pesta pernikahan, bridesmaid tidak bekerja sendiri. Mereka dibantu oleh groomsmen dari pihak pengantin laki-laki.

  1. Menjaga Pengantin Agar Tidak Kelaparan

Photo by Omar Lopez


Prosesi pernikahan yang panjang, tamu-tamu yang terus berdatangan, dan segala macam keriwehan pada hari pernikahan maupun sebelum hari H, membuat semua orang sibuk termasuk pengantinnya. Saking sibuknya, pengantin sering lupa makan. Maka dari itu,  seorang bridesmaid diminta untuk mengingatkan pola makan pengantin. Pada hari resepsi pernikahan, bridesmaid bisa mengingatkan pengantin untuk makan terlebih dahulu sebelum pesta dimulai atau ketika waktu istirahat. Jangan sampai pengantinmu kelaparan, ya


  1. Memakai Busana Seragam

Foto by Venema Pictures 


Selain mendampingi sang pengantin, tak jarang kehadiran para bridesmaids ini juga menarik perhatian tamu-tamu undangan. Berada dekat dengan sang pengantin, mengenakan busana seragam atau senada, tampilan bridesmaid semakin  cantik dan menawan. Biasanya, gaun atau dress bridesmaid itu merupakan hadiah oleh sang pengantin untuk dikenakan mereka pada saat resepsi. Jauh-jauh hari sebelum acara dilangsungkan, pengantin memberikan kain atau bahan yang seragam kepada para bridesmaid-nya. Nah, nantinya bahan kain itu akan dijahit sendiri oleh bridesmaid sesuai model yang ia inginkan. Namun, kadang  ada pula pengantin yang menghadiahkan gaun atau baju bridesmaid yang sudah jadi, sehingga lebih praktis. 


  1. Menjadi Pengiring Pengantin

Salah satu tugas bridesmaid adalah mengiringi, sekaligus membantu memegangi gaun pengantin yang terlalu panjang agar pengantin wanita bisa lebih leluasa berjalan. Bridesmaid ikut mengiringi pengantin baik saat akad nikah atau pemberkatan, maupun ketika resepsi.


  1. Membantu Memilih Gaun Pengantin

Photo by Charisse Kenion


Tugas bridesmaid yang selanjutnya adalah membantu pengantin wanita dalam memilih gaun pengantin. Meskipun terdengar sepele, kadang memilih gaun yang cocok termasuk susah-susah gampang, loh.Ketika memilih gaun pernikahan, calon pengantin tidak hanya mempertimbangkan modelnya saja, tapi juga dari segi lain seperti biaya, bahan kain, konsep baju, hingga warna gaun atau kebaya yang akan dikenakan.

Maka dari itu, untuk menghindari kebimbangan yang berkepanjangan, calon pengantin sebaiknya meminta pendapat kepada para bridesmaid. Nantinya, para bridesmaid akan memberikan pandangan mereka yang sekiranya dapat membantu pengantin dalam mengambil keputusan.


  1. Membantu Menyelesaikan Drama Pesta Pernikahan

Photo by imagenic


Ketika menyiapkan pesta pernikahan, pasti ada saja halangan yang akan calon pengantin temukan. Dari banyaknya halangan yang akan ditemukan, tidak ada yang lebih menyebalkan daripada perdebatan keluarga. Sebenarnya perdebatan keluarga sangat umum ditemukan ketika menyiapkan pernikahan, dan tentu saja situasi itu sulit untuk dihindari. Sialnya, di tengah persiapan pernikahan yang begitu banyak serta menguras energi, perdebatan semacam itu terkadang membuat pengantin ataupun orang tua jadi sama-sama emosi, bahkan tidak jarang bisa menimbulkan konflik. Jika terjadi hal demikian, maka pengantin sebaiknya meminta pendapat kepada bridesmaid tentang cara terbaik untuk menyelesaikan perdebatan keluarga itu. Dengan hadirnya bridesmaid yang bersikap netral diharapkan dapat membantu mencairkan suasana.


Itulah tugas-tugas bridesmaid yang perlu kamu ketahui. Jadi, tak hanya sekedar mendampingi dan mengiringi sang pengantin pada saat resepsi, di luar itu pun bridesmaid harus siap sedia membantu persiapan pernikahan, bridal shower,  menemani memilih baju atau gaun pengantin,  menjadi teman curhat, mengingatkan untuk makan, bahkan menyelesaikan drama pesta pernikahan. Nah, apa kamu siap menjadi bridesmaid?


Eits, ada satu hal lagi yang tak kalah penting. Saat menjadi bridesmaid pastikan penampilanmu memukau dengan mengenakan gaun bridesmaid yang indah. Dalam artikel ini, tim Wedding Market telah mempersiapkan inspirasi desain baju bridesmaid  yang boleh kamu coba.   


10 Rekomendasi Desain Baju Bridesmaid yang Bisa Kamu Pilih

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang desain baju bridesmaid,  mungkin kamu juga bertanya-tanya, sebenarnya apa perbedaan bridesmaid dan pagar ayu? Memang, sekilas terlihat mempunyai peran yang sama. sehingga tak jarang pula orang-orang menyamakannya. Namun, jika kamu cari tahu lebih seksama, terdapat perbedaan antara keduanya. Pagar ayu mempunyai arti sebagai pengiring pengantin wanita, sedangkan bridesmaid diartikan sebagai pendamping pengantin wanita.

Orang yang dipilih menjadi  bridesmaid dan pagar ayu juga berbeda, loh. Untuk bridesmaid lebih sering dipilih dari kalangan di luar keluarga, atau dari lingkup pertemanan sang pengantin, sedangkan pagar ayu, dipilih dari kalangan keluarga. Selain itu, dari segi pemilihan baju keduanya juga berbeda. Sesuai dengan namanya, “pagar ayu” pakaian atau baju yang dikenakan pun lebih bertema adat, dalam hal ini adat Jawa. Sementara itu, untuk gaun bridesmaid lebih terkesan modern.


Lalu, desain baju bridesmaid seperti apa yang sedang populer akhir-akhir ini? Nah, ini dia rekomendasinya khusus untukmu.


  1. Gaun kombinasi antara Satin dan Brokat

(via wikipie.co.id)


Inspirasi desain baju bridesmaid yang pertama, yakni kombinasi bahan satin dan brokat. Pada desain baju ini, kain brokat dijadikan sebagai bahan atasan, sedangkan kain satin digunakan sebagai bawahan. Desain yang unik tersebut, membuat baju model ini jadi terlihat bagus, dengan nuansa klasik dan modern sekaligus. Di sisi lain, tambahan aksesoris berupa pita di bagian pinggang, membuat tampilan kamu terkesan jadi makin ramping loh. Bagi kamu yang berhijab, tidak perlu khawatir, karena model bridesmaid hijab ini juga sangat ramah dipakai. Jadi sekalipun ada tambahan aksen pita, bentuk tubuh kamu tetap tidak akan terlihat jelas.


  1. Baju Bridesmaid Desain Mermaid

(veaul.com on pinterest)


Baju model mermaid ternyata tidak hanya digunakan sebagai model gaun pernikahan saja loh, tapi desain baju ini juga cocok untuk digunakan sebagai baju bridesmaid. Model mermaid mempunyai ciri khas berupa baju yang dibuat pas pada bagian atas, dan melebar di bagian bawah. Model ini terinspirasi dari bentuk putri duyung, dan karena bentuknya yang unik tersebut, maka tercipta lah baju model mermaid.

Kalau kamu ingin mendesain baju bridesmaid dengan model mermaid, kamu bisa mengkombinasikannya dengan aksesoris berupa bordiran di bagian atas baju. Sementara di bagian bawah, kamu bisa tambahkan kain tulle. Kombinasi kedua bahan ini, dijamin membuat kamu jadi tampil elegan dan mewah.


  1. Gaun Simpel Warna Pastel

(storenvy.com on pinterest)


Kamu tipe yang anti mainstream tapi ingin tetap tampil sederhana disaat bersamaan? Kalau begitu, kamu dan teman-teman bridesmaid yang lain bisa menggunakan gaun berwarna soft. Meskipun tampilannya jadi berwarna-warni dan tidak seragam, tapi justru itu keunikannya. Apalagi gaun yang digunakan berwarna pastel, bukannya terlihat norak tapi justru terlihat cantik dan menarik.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kamu bersama teman-teman mendiskusikan ide ini kepada calon pengantin. Jangan lupa juga untuk memberikan gambaran secara detail tentang gaun yang akan kalian gunakan, ya


  1. Baju Bridesmaid Model Kebaya dengan Tambahan Selendang

Kebaya modern by Ivory Studio RTW


Model baju bridesmaid selanjutnya adalah kebaya modern dengan aksen selendang. Desain baju ini seperti kebaya pada umumnya, dengan bahan kain brokat dan bawahan batik. Namun, yang membuatnya berbeda adalah tambahan aksesoris berupa selendang, menjadikan tampilan kamu jadi tambah modis. Pilihan bahan berwarna soft dan juga sedikit aksen manik-manik menjadikan baju kebaya ini semakin outstanding.


  1. Baju Bridesmaid Berbahan Organza

(chymeochy.com)


Selain dijadikan sebagai bahan baju pengantin, kain organza juga cocok loh untuk dipakai bridesmaid. Bahan ini mempunyai tekstur yang lembut dan membuat tampilan si pemakai jadi terlihat lebih anggun. Jika tertarik menggunakan kain organza sebagai bahan baju bridesmaid, kamu bisa mendesainnya dengan bentuk yang unik. Seperti pada bagian dada dibuat model ruffle, atau menambahkan detail bordir di beberapa sisi. Bagi kamu yang berhijab, kamu bisa tetap menggunakan kain ini. Hanya saja, karena kain organza punya tekstur yang tipis dan menerawang, kamu harus melapisinya dengan kain furing atau manset agar tidak transparan.


  1. Baju Bridesmaid Model Hanbok

(amzn.to on pinterest)


Model baju bridesmaid yang satu ini terinspirasi dari baju tradisional khas Korea, yaitu hanbok. Modelnya yang cantik dan unik, menginspirasi banyak orang untuk menjadikannya gaun bridesmaid. Gaun ini mempunyai desain sederhana dan tidak perlu menambahkan terlalu banyak aksesoris. Namun, kamu tetap bisa menambahkan aksesoris seperti manik-manik di beberapa bagian agar gaunmu menjadi semakin menawan. Desain yang simpel membuat baju bridesmaid ini mudah untuk kamu gunakan. Jika kamu berhijab, jangan lupa gunakan kerudung dengan warna senada agar penampilanmu lebih sempurna.


  1. Baju Bridesmaid dengan Atasan Model Plum dan Rok Batik

instagram @dwihandaanda


Rekomendasi baju bridesmaid selanjutnya adalah kebaya modern dengan atasan model plum yang dikombinasikan dengan rok batik. Baju ini mempunyai desain yang agak melebar di bagian bawah pinggang, cocok digunakan oleh semua bentuk tubuh. Terutama bagi kamu yang memiliki bentuk tubuh curvy, baju ini bisa membantu menutupi bagian pinggang yang agak besar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir penampilanmu jadi aneh atau tidak nampak bagus.


  1. Kebaya Kutu Baru

instagram @pretzelandbagel


Kebaya kutu baru adalah rekomendasi baju bridesmaid lain untuk kamu yang ingin tampil dengan sentuhan tradisional. Kebaya kutu baru dipadu padankan dengan rok batik. Berbeda dengan kebaya yang lain, kebaya kutu baru punya model bagian belakang lebih panjang daripada bagian depan. Meskipun sekilas modelnya sederhana dan terlihat tradisional, tapi kebaya kutu baru tetap bisa membuat para pemakainya jadi stylist loh. Apalagi kalau kamu memakai kerudung dengan model kekinian, tampilan kamu jadi makin terlihat menawan.


  1. Kebaya Bridesmaid dengan Model Tunik dan Tambahan Celana Panjang

instagram @megaiskanti


Kata siapa kebaya hanya bisa digunakan bersama rok? Coba deh kombinasikan kebaya bersama celana panjang. Kebaya ini bisa disebut juga dengan kebaya tunik, yang mempunyai model seperti kebaya umumnya, hanya saja panjang baju bisa mencapai lutut. Model kebaya satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang tidak ingin memakai rok dan ingin bergerak lebih leluasa. 


  1. Gaun Bridesmaid Berbahan Tulle dengan Model Tumpuk

layered tulle dress by podyumplus.com


Rekomendasi bridesmaid dress yang terakhir adalah baju yang terbuat dari bahan tulle dengan model tumpuk. Bahan tulle adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan baju pengantin. Tak ada salahnya juga apabila kamu ingin menggunakan bahan ini  untuk gaun bridesmaid. Desain dengan layer yang bertumpuk akan memberi kesan anggun dan feminim bagi siapapun yang mengenakannya, tak terkecuali para bridesmaid. Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan aksen bunga atau manik-manik di salah satu sisi baju. 


Nah, itulah beberapa informasi dan rekomendasi baju bridesmaid yang bisa kamu coba. Meskipun sederet tugas menanti untuk dikerjakan, tapi tak menghalangi seorang bridesmaid untuk tampil cantik dan elegan dengan gaun yang indah.


Mungkin kamu juga bertanya-tanya jumlah  bridesmaid maksimal berapa? Kalau pertanyaannya seperti itu, sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti. Ada yang dua cukup, ada pula pengantin yang mempunyai bridesmaid hingga 20 orang, tergantung keputusan masing-masing.


Jadi, kapan kamu akan mengatakan pada sang sahabat “will you be my bridesmaid?”


Penulis: Nurul Fatimah | Editor: Ade Mutia


Temukan vendor fotografi untuk acara spesialmu

Silahkan Klik Disini

Dapatkan Paket Pernikahan dengan Harga Spesial
di WeddingMarket Store

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?