Menyiasati Harga Catering Pernikahan Agar Sesuai Budget

31 Jul 2019 | By Wedding Market | Viewers: 1157
Menyiasati Harga Catering Pernikahan Agar Sesuai Budget

Harga catering pernikahan ini tidak perlu membuat kamu menjadi mengurungkan niat untuk melaksanakan pesta pernikahan. Pastinya kamu sedang bertanya-tanya kira-kira berapakah harga catering pernikahan ini? Kamu tidak perlu takut karena ternyata kamu masih bisa mengadakan pesta pernikahan dengan biaya catering yang minim.

Tentunya dana yang harus kamu siapkan untuk  hidangan para tamu memang lumayan cukup besar. Pada umumnya sekitar  tiga puluh hingga empat puluh persen dari total dana  yang kamu siapkan untuk resepsi pernikahan adalah masuk untuk hidangan atau catering. Tapi bukan berarti harga catering kamu tidak dapat ditekan. Inilah beberapa hal yang harus kamu lakukan agar biaya catering dapat ditekan, seperti:

Tips Menjadikan Harga Catering Pernikahan Kamu Sesuai Budget

 

Seleksi Kembali Undangan

Hal yang paling utama agar kamu dapat menekan harga catering pernikahan kamu adalah dengan kembali menyeleksi tamu undangan kamu. Bila kamu kembali menyeleksi tamu undangan maka dana catering kamu otomatis akan terpotong. Walau dengan tamu undangan yang selektif resepsi pernikahan kamu akan mempunyai suasana yang lebih akrab serta intim. Undangan dapat berupa keluarga kamu dan pasangan serta teman atau sahabat yang memang sangat dekat dengan kamu.

Hitung Kembali Jumlah Hidangan

kamu harus dapat menentukan jumlah prosi makanan yang memang kamu perlukan untuk resepsi pernikahan kamu. Harga catering pernikahan kamu dapat dihitung berdasarkan jumlah undangan yang kamu cetak dan dikalikan dua. Mengapa? Karena akan kecil kemungkinan tamu yang hadir ke pesta pernikahan kamu hanya seorang diri.

Biasanya minimal tamu yang hadir ke resepsi pernikahan akan membawa pendamping atau keluarga. Jadi misalkan kamu mencetak undangan 250 buah makan kamu harus memesan catering sejumlah 500 porsi. Tapi biasanya tamu undangan tidak akan semuanya hadir jadi kamu dapat mengurangi sekitar sepuluh persen saja dari porsi makanan yang kamu pesan, jadi dapat memperkecil dana yang akan kamu keluarkan.

Cermat Memilih Menu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menu makanan yang berbau asing akan mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan menu nusantara. Tentunya jenis menu ini akan mempengaruhi harga catering pernikahan kamu, jadi kamu harus kembali menyeleksi dan mencermati menu hidangan yang diberikan oleh perusahaan catering. Sebaiknya kamu dapat memilih menu nusantara saja karena pastinya akan dapat diterima oleh semua lidah para tamu.

Tetapi bahan baku dari menu hidangan sepertinya dapat kamu minta pada pihak catering adalah yang menggunakan ayam atau ikan saja karena saat ini hidangan menggunakan daging sapi harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan berbahan ayam atau ikan. Kamupun harus mencermati menu-menu gubuk yang akan kamu siapkan seperti bakso, siomai dan sebagainya karena menu gubuk biasanya akan mempunyai harga tersendiri.

Kurangi Menu Gubuk Perbanyak Jumlah Menu Prasmanan

Walaupun kamu akan mendapatkan penawaran harga catering yang menggiurkan dari vendor catering tapi sebaiknya kamu berprinsip bahwa lebih baik menambah jumlah menu prasmana dibanding memperbanyak ragam menu gubuk. Ingatlah bahwasanya menu gubuk itu jumlahnya akan terbatas, jadi seyogyanya untuk menu gubuk kamu dapat membatasinya hanya tiga atau empat macam saja dan memperbanyak porsi untuk menu prasmanannya.

Akan kasihan jika ada tamu yang sudah antri di menu gubukan catering tetapi tiba pada gilirannya makanan gubuknya sudah habis. Tapi jika menu prasmanannya diperbanyak porsinya maka tamu masih akan ada kesempatan menikmati hidangan, apalagi bila kamu mengadakan resepsi pelaminan di rumah yang tentunya membuat space antian gubuk lebih kecil.

Gunakan Sistem Separuh Prasmanan

Mungkin cara yang satu ini agak kurang lumrah untuk pesta pernikahan jaman sekarang. Mengapa? Karena sistem ini menggunakan cara beberapa pelayan catering akan mendatangi meja para tamu untuk memberikan makanan berat yang sudah tersaji di masing-masing piring makan. Jadi pada sistem ini yang prasmanan adalah minuman dan makanan kecil berupa kue-kue semisal kue jajan pasar. Cari ini dapat membuat harga catering pernikahan kamu menjadi lebih murah.

Ganti Minuman Soda Dengan Air Putih

Pada daftar menu yang diberikan perusahaan catering biasanya akan tertulis di menu minuman akan disediakan minuman ringan berupa minuman bersoda. Tetapi jika harga catering kamu dapat lebih ditekan kamu dapat meminta pihak catering untuk mengganti minuman bersoda dengan air putih saja atau air mineral kemasan. Jika kamu dapat bandingkan harganya maka harga minuman bersoda dapat setara dengan kurang lebih tiga liter air putih atau air mineral. Kamu dapat menyiasati air putih atau air mineral agar lebih unik adalah dengan memasukkan irisan buah segar ke dalam air putih atau air mineral tersebut, biasa dikenal dengan sebutan infused water. Keistimewaan air putih ini selain memang airnya sehat juga dapat melepas dahaga para tamu.

Jadi sekarang ini kamu tidak perlu takut dan ragu lagi untuk menyelenggarakan pesta pernikahan kamu. Dengan cara-cara diatas yang harus menjadi perhatian kamu maka harga catering pernikahan tidak perlu menjadi alasan kamu untuk tidak membuat pesta pernikahan menjadi bermakna. Dengan menggunakan dana untuk catering yang minim bukan berarti hidangan yang akan kamu sajikan juga akan berjumlah minim. Selamat berburu catering pernikahan!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket