Pilih Kategori Artikel

Berapa Harga Dekorasi Pelaminan? Ini Jawabannya!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Seperti yang kita ketahui bahwa pernikahan adalah salah satu momen yang sangat penting bagi setiap orang. Selain gedung, untuk melakukan resepsi pernikahan pun dapat dilakukan di rumah, apalagi untuk mereka yang ingin berhemat biaya karena baik itu harga sewa gedung dan harga dekorasi pelaminan yang terbilang mahal. Maka dari itu sebagian orang ingin melangsungkan resepsi pernikahan terlaksana secara maksimal atau sebaik mungkin walaupun di rumah.

Umumnya dalam sebuah pernikahan, kerap kali dilaksanakan ditempat pengantin wanita. Walaupun tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan ditempat pengantin pria. Nah masing-masing dari mempelai pastinya mempunyai keinginan untuk bisa memeriahkan pernikahan dengan konsep serta ide tema dekorasi yang menarik.  Selain itu juga banyak hal yang dapat mempengaruhi dalam pemilihan ide serta tema dekorasi untuk pernikahan itu sendiri.

Di Indonesia sendiri kita tahu bahwa banyak sekali kekayaan yang bisa kita lihat, terutama soal budaya yang juga akan terlihat pada berbagai acara pernikahan.  Nah dengan begitu tentunya membuat kita memiliki banyak sekali tema untuk dekorasi pernikahan untuk setiap pasangan yang hendak menikah. 

Selain soal adat dan budaya, tema dekorasi dalam pernikahan juga dapat mempengaruhi oleh budet serta selera kedua mempelai. Namun walaupun demikian tidak banyak calon pengantin yang tahu betul soal dekorasi pernikahan maupun harga dekorasi pelaminan yang tepat supaya membuat acara pernikahan berjalan dengan lancar dan akan terlihat istimewa dan juga mengesankan baik untuk pasangan, keluarga maupun tamu undangan.

Menentukan tema dekorasi pernikahan tentu tidaklah mudah, akan tetapi, perlu kamu ingat bahwa tidak semua hal bisa diserhanakan dengan mengerucut pada tema pernikahan terlebih dahulu. Disisi lain perlu kamu ketahui juga penentuan dekorasi pernikahan pun mesti dimulai dari persiapan besarnya venue, budget dan banyaknya tamu undangan. Nah setelah itu barulah kamu pendalaman dalam tema dekorasi.

Tema untuk Dekorasi Pernikahan

Perlu kalian ketahui bahwa terdapat banyak tema dekorasi yang umum serta menjadi populer dikalangan masyarakat apabila menyelenggarakan acara pernikahan. Salah satunya tema yang mengusung tradisional. Nah seperti namanya, tema tersebut kuat akan nuansa tradisi serta mengakar pada budaya maupun adat tertentu serta mayoritas diturunkan dari nenek moyang.

1. Tema Adat atau Tradisional

Misalkan, kamu berasal dari Jawa pastinya kamu akan familiar soal gebsok maupun penyekat ruangan dalam dekorasi pernikahan. Nah gebyok tersebut sering kali menjadi centerpiece dalam pelaminan. Paling utama gebyok pun berasal dari bahan kayu serta dapat memberikan kesan yang sakral serta megah dengan nuansa yang lebih klasik.

Akan tetapi tema Jawa yang lekat atau kental memang tidak selalu digmbarkan dengan pelaminan model gebyok yang tradisional. Disisi lain acara yang digelar secara uotdoor serta casual juga dapat diselipkan dengan sentuhan Jawa klasik. Umumnya pelaminan kayui dapat juga digantikan oleh backdrop berbalut batik, disisi lain untuk meja – meja yang ditambahkan pun bisa ditambahkan dengan bantal sebagai tempat duduk tamu yang dapat membuat suasana acara pernikahan menjadi lebih hangat.

Tema tradisional yang kerap kali digunakan sebagai dekorasi lainnya yaitu tema dari adat sunda yang memang didominasi dengan berbagai ornamen yang terbuat dari bambu. Mulai dari meja penerima tamu, gapura, kursi pelaminan dan juga pilar bunga. Selain itu untuk tema dengan adat batak mereka biasanya menampilkan ukiran ornamen yang khas. 

2. Tema Minimalis

Setelah itu, untuk tema yang lain adalah pernikahan dengan tema dekorasi minimalis. Nah tema tersebut sering dipilih dan populer sekali. Disisi lain sangat cocok sekali apabila melangsungkan resepsi pernikahan di rumah kamu sendiri. Alasannya karena dekorasi terebut memang tidak perlu menggunakan lahan yang luas, alasannya tema tersebut hanya menggunakan kursi pelaminan serta pendampingnya. Disisi lain tiang – tiang serta hal lainnya dihias dengan berbagai macam bunga supaya dapat memberikan kesan yang anggun dan indah.

3. Pesta Kebun

Untuk kamu yang mempunyai ruma yang halamannya luas, kamu dapat mencoba menggunkan dekorasi pernikahan outdoor tema pesta kebun. Nah dengan dekorasi tersebut, mempelaipun tidak perlu menyewa tenda maupun gedung. Disisi lain acara terebut pasangan pun bisa menggunakan untaian bunga, pergola, hiasan tanaman pada tiap meja dan juga garland supaya mempercantik suasana. Namun walaupun demikian tema ini bagus dan coco apabila cuacanya sedang tidak hujan.

4. Dekorasi Klasik

Untuk yang selanjutnya adalah klasik. Dimana dekorasi untuk tema ini cocok bagi berbagai usia dan juga selera, namun walaupun demikian tetap terlihat formal.agar bisa memancarkan nuansa klasik, kamu dapat memilihnya dari hal penggunaan warna, hiasan, bunga maupun venue yang hendak digunakan.

Harga Dekorasi Pelaminan

wm_article_img

Apabila kamu adalah orang yang mandiri dan juga kreatif tentunya kamu dapat mendekorasi rumah kamu sendiri. Akan tetapi jika kamu terlalu sibuk serta tidak memiliki banyak waktu untuk mendekorasi rumah, tentunya banyak sekali layanan untuk dekorasi rumah untuk pernikahan dengan harga dekorasi pelaminan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga tema. 

Biasanya untuk harga mendekorasi pelaminan atau pernikahan di rumah, kurang lebih bisa mencapai 5 juta sampai 7 jutaan. Terutama untuk adat Jawa. Nah harga tersebut sudah termasuk dengan pelaminan gebyok ataupun minimalis satu set, taman di depan pelaminan, dekorasi pelaminan bunga hidup, standing flower di pelaminan, satu bauh pergola masuk, meja prasmanan, kotak angpau dua buah dan umbul atau juga sering kali disebut janur kuning.

Perlu kamu ketahui juga terdapat berbagai jasa wedding organizer yang memang menawarkan paket untuk pernikahan di rumah. Hal tersebut mencangkup berbagai hal. Dari mulai sound system, perlengkapan tamu, dekorasi, tenda dan perlengkapan baik itu makanan maupun minumannya. 

Tidak lupa dengan dokumentasi baik itu foto maupun video. Hal ini tentunya sangat penting sekali untuk mengabadikan momen bersejarah bagi kamu dan pasanganmu nanti. Maka dari itu pilihlah fotografer dan videografer yang memang berkualitas dan murah, jika punya kamu bisa mengandalkan temanmu untuk melakukan dokumentasi dan bisa saja kamu dapat diskon.

Harga dekorasi pelaminan atau pernikahan di rumah ini tentu sangat bermacam-macam dari mulai 7 sampai dengan 25 jutaan. Disisi iatu apabila pasangan ingin paket pernikahan di tambah catering, maka secara otomatis biaya pun bisa bertambah dari mulai 40 sampai 70 jutaan. Hal tersebut juga tergantung dari jumlah tamu undangan yang hadir.

Pada dasarnya untuk pernikahan memang tidak selalu harus mewah, karena yang paling penting itu acara pernikahannya bisa berjalan dengan lancar. Namun apabila kamu memiliki rezeki yang lebih, tentu saja kamu dapat menggunakan jasa dekorasi pelaminan maupun pernikahan dengan konsep atau tema yang kamu sukai.Segala hal lainnya.

Sekian informasi yang bisa disampaikan untuk kamu soal harga dekorasi pelaminan atau pernikahan, tema pernikahan yang biasa dilakukan dan lain sebagainya. Semoga dengan adanya hal ini bisa menjadi inspirasi untukmu dan juga referensi yang baik untuk kamu yang hendak melaksanakan pernikahan di dalam rumah.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...