Tips Memilih Hidangan Catering Pernikahan yang Memuaskan Tamu Undangan

29 Jan 2020 | By Wedding Market | Viewers: 589
Tips Memilih Hidangan Catering Pernikahan yang Memuaskan Tamu Undangan

Pernikahan merupakan momen penting dan membahagiakan dalam hidup. Pada saat pesta pernikahan kamu dan pasangan akan menjadi raja dan ratu dalam sehari. Sebelum itu banyak sekali hal yang harus dipersiapkan secara matang untuk membuat pernikahan berjalan sesuai dengan keinginan. Biasanya persiapan dilakukan sejak jauh-jauh hari agar tidak ada yang terlewat dan malah akhirnya memperburuk keadaan. Salah satu masalah penting yang harus dilakukan adalah memilih hidangan catering pernikahan.

Hidangan pada saat pernikahan merupakan hal yang penting karena itu akan disuguhkan untuk para tamu yang hadir. Makanya tidak heran makanan untuk pesta pernikahan identik dengan makanan yang lezat. Menghidangkan makanan yang lezat adalah hal penting yang harus diperhatikan kamu yang akan menggelar pernikahan. Tentunya kamu tidak mau bukan jika pesta kamu menjadi bahan omongan tamu undangan karena makanan yang tidak enak. Biasanya memberikan kepuasan kepada para tamu menjadi indicator kesuksesan suatu pesta pernikahan. Berikut ini kami akan memberikan tips memilih hidangan catering pernikahan.

  1. Menyesuaikan menu dengan tema pesta pernikahan

Membuat hidangan cetering pernikahan sesuai dengan tema merupakan hal yang harus kamu lakukan. Jika pernikahan kamu bertemakan tradisional maka sajikanlah makanan yang didominasi dengan makanan khas daerah seperti sate, bakso, siomay, pempek, dan lainnya. Namun, jika pernikahan kamu bertemakan internasional cobalah menyediakan hidangan lebih cenderung seperti kebab, steak, lasagna, pizza, dan masih banyak lainnya. Menyesuaikan makanan dengan tema penting agar semuanya sesuai atau tidak keluar dari jalur yang sudah ditentukan.

  1. Menentukan jumlah makanan

Dalam pesta pernikahan, menyusun jumlah makanan adalah hal yang tak kalah penting. Hitunglah daftar tamu undangan untuk mendapatkan jumlah makanan. Jika sudah dihitung, siapkanlah menu lebih banyak dari jumlah tamu undangan karena biasanya tamu tidak akan datang sendiri ke sebuat pesta pernikahan. Sebaiknya kamu menyediakan porsi dua kali lipat. Misalnya, tamu undangan ada 1000 orang, maka sediakanlah makanan untuk 2000 orang. Jangan sampai nanti tamu undangan yang datang ke pesta pernikahan kamu tidak kebagian makanan ya!

  1. Memilih menu yang disukai tamu

Memilih hidangan catering pernikahan yang tepat sebenarnya bukan hanya menuruti selera makanan kamu, tetapi juga harus sesuai dengan kesukaan tamu undangan. Kamu harus bisa mengenai tamu seperti apa yang akan datang ke pesta pernikahan kamu. Misalnya tamunya kebanyakan orang tua maka cobalah menyediakan makanan yang sesuai untuk orang tua. Selain itu cobalah untuk memilih menu makan yang sudah dikenal oleh banyak orang. Hindari pilihan menu aneh yang masih kurang akrab bagi masyarakat sekitar. Jangan lupa juga untuk memilih makanan yang tidak merepotkan saat disantap. Karena, kebanyakan orang cenderung lebih suka dengan makanan yang praktis. Beberapa menu yang harus dihindari seperti iga atau ikan berduri. Tulang iga dan duri biasanya menyulitkan para tamu.

  1. Menyediakan menu yang bervariatif

Tips selanjutnya dalam memilih hidangan catering pernikahan adalah dengan menyediakan menu makanan yang bervariatif. Daging adalah menu yang istimewa, tapi, jika semua menu yang dihidangkan adalah daging pastinya akan terasa membosankan. Maka dari itu, variasikanlah menu makanan, Tujuanya adalah agar para tamu undangan dapat memilih menu makanan dengan bebas sesuai apa yang mereka sukai. Jangan lupakan untuk menyediakan makanan ringan seperti es krim, kue anak, pudding, dan masih banyak lainnya.

  1. Menyesuaikan menu sesuai daerah

Ketika kamu dan pasangan melakukan pernikahan dengan tema tradisional maka untuk hidangan catering pernikahan harus sesuai dengan daerah asal kedua pasangan pengantin. Menu yang dihidangkan biasanya mengambil masakan khas daerah masing-masing. Misalnya, jika Anda berasal dari Palembang, bisa memasukan menu seperti tekwan dan pempek. Menu makanan khas daerah tidak kalah lezat dibandingkan menu-menu khas luar negeri. Masakan khas Indonesia kaya akan rempah. Jadi, jangan ragu untuk memilih menu-menu terbaik khas daerah. Selain lezat, juga dapat meningkatkan kepuasan para tamu undangan.

  1. Jangan ragu jika ingin memilih menu baru yang unik

Kamu dan pasangan tidak perlu ragu untuk menambahkan menu makanan yang unik kedalam hidangan catering pernikahan. Makanan yang unik merupakan makanan yang layak untuk pesta pernikahan tetapi masih jarang dilakukan pada pesta lainnya. Contohnya adalah jika pesta pernikahan makanan umumnya berupa bakso, soto, sate cobalah menggantinya menjadi seperti gudeng, krecek, kerak telur, dan masih banyak lainnya. Tentunya itu akan memberikan kesan mendalam kepada para tamu undangan yang hadir.

Itulah merupakan tips memilih hidangan catering pernikahan yang tepat. Semoga informasi di atas biasa bermanfaat untuk kamu dan pasangan yang akan menggelar pesta pernikahan. Kunci utama dalam menyiapkan hidangan catering pernikahan adalah menentukan vendor catering pernikahan.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket