Pilih Kategori Artikel

Ide Kata-kata Undangan Pernikahan Online Tren Masa Kini
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Acara dan undangan adalah sebuah kesatuan yang tidak mungkin bisa dipisahkan. Meski terlihat sepele dan sering menjadi urutan ke sekian dalam list persiapan pernikahan. Ternyata, undangan adalah salah satu ujung tombak dalam sebuah acara, baik itu acara formal maupun informal, yang sudah barang tentu ada undangan di dalamnya. 

Akan menjadi sebuah ‘’dagelan’’ nantinya jika persiapan acara sudah matang dari A sampai Z tapi tidak ada tamu yang datang pada perhelatan acara tersebut. Apalagi ini adalah acara sakral dan diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup dalam sejarah kehidupan seseorang, yup, undangan pernikahan.

Jumlah undangan yang akan dicetak biasanya akan dipengaruhi oleh besarnya atau tidaknya acara tersebut, termasuk juga relasi dari keluarga calon mempelai yang akan diundang. Jika kedua calon mempelai memiliki keluarga yang besar dan relasi yang luas, otomatis jumlah undangan yang dicetak juga akan lebih banyak. 

Sementara itu, budget harga undangan pernikahan berkisar mulai Rp.3.000 sampai Rp. 25.000,-/lembar bahkan harganya bisa lebih mahal tergantung dari bahan dan desain yang akan dicetak nanti. Oleh karena itu, untuk cetak undangan saja sudah cukup menguras kantong, yang mungkin undangan tersebut hanya ‘’tergunakan’’ satu  menit untuk membacanya.

Berdasarkan fakta tersebut, saat ini banyak sekali bermunculan ‘’undangan online’’ yang ditawarkan oleh pihak vendor ataupun mereka yang dulunya adalah percetakan undangan konvensional yang kini sudah beralih ke bisnis digital advertising

Undangan Pernikahan Online

wm_article_img
Foto: Nikahanya Undangan Online Website

Secara definisi, undangan online merupakan undangan dalam bentuk digital, yang didalamnya terdapat isi undangan berupa gambar, video, musik, link alamat, hingga tautan e-wallet sebagai kemudahan tamu dalam memberikan kado kepada kedua mempelai. Undangan online saat ini menjadi pilihan banyak pasangan muda yang akan melangsungkan pernikahannya. 

Hal ini dikarenakan untuk menghemat biaya dan juga sebagai bentuk kepedulian lingkungan dalam mengurangi penggunaan kertas, plastik dll. Selain karena saat ini sudah masuk eranya dunia digital, penggunaan undangan online juga bertujuan dalam rangka membantu calon pengantin untuk tidak lagi repot mengantarkan undangan satu per satu ke rumah tamu undangan yang hanya akan menghabiskan waktu, tenaga dan energi lainnya. 

Dengan kecanggihan teknologi ini kamu bisa langsung mengundang sahabat, keluarga, kerabat yang meski jaraknya jauh hingga keluar negeri. Bahkan, bisa langsung sampai tanpa harus membuat kamu membeli tiket pesawat terlebih dulu. Hanya dalam waktu sepersekian detik undangan sudah sampai dan bahkan calon tamu sudah bisa menikmati gambar, video serta musik yang tersedia.

Kelebihan lainnya dari undangan pernikahan online, kamu bisa menentukan desain sendiri, gambar, video dan musik apa yang kamu dan pasangan suka yang akan ditampilkan dalam undangan tersebut. Hal yang demikian itu tidak bisa didapatkan pada undangan konvensional. Dari sisi anggaran biaya, penggunaan undangan online ini jauh lebih hemat dibandingkan undangan cetak, jadi tentu lebih efisien. 

Pengantar Kata Undagan Pernikahan Online

wm_article_img
Undangan online: My Digital Invitation

Buat kamu yang mungkin juga perlu ‘’pengantar kata’’ dalam membagikan link undangan online tersebut, berikut contoh ide kata-kata undangan online yang bisa kamu tiru:

Contoh kata-kata undangan pernikahan online formal:

  1. Assalamu’alaikum teman-teman semua, kami ingin mengabarkan berita gembira dan bermaksud mengundang teman teman semua dalam acara pernikahan kami yang akan digelar pada :

Hari /Tanggal:

Jam :

Tempat :

Besar Harapan teman-teman bisa hadir dan turut mendo’akan pernikahan kami kelak, atas perhatian nya kami ucapkan terima kasih. Berikut link undangan digital kami (selipkan link/url undangan jika ada)


  1. Dan tidaklah sesuatu di bumi ini Allah Ciptakan, selain padanya ada pasangan. Alhamdulillah Bapak/Ibu insya Allah saya akan mengadakan pernikahan anak kami yang akan di selenggarakan pada :

Tanggal/Hari:

Jam :

Venue :

Kehadiran Bapak/Ibu semua sangat saya harapkan, untuk mengiring do’a dan restu atas pernikahan anak kami. saya ucapkan terimakasih sebelumnya, salam hangat Bpk. [nama] beserta istri

Contoh kata-kata undangan pernikahan online kasual (contoh khusus untuk di share di grup chatting dengan teman terdekat kamu):

Assalaamu’alaikum gaes, sebelumnya gua mohon maaf ya, baru bisa kasih tau kalo minggu depan gua mau nikah nih, nah berikut nih tanggalnya dan tempatnya :

Tanggal dan Hari :

Jam Pelaksanaan :

Lokasi :


Oh ya, ini ada link undangan online nya gua selipin [selipkan link/url], yang isi nya ada photo-photo beken gua dan calon sama cerita singkat gimana pertemuan kita, dan tentu dengan backsound yang asik juga. Ditunggu kehadirannya ya!

Thank you, bestie! 

Contoh kata-kata undangan pernikahan online Islami

Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah yang akan mengayakan mereka dengan karunianya. Dan Allah Maha Luas (pemeberiannya) dan Maha Mengetahui (QS.An-Nur: 32)

Ya Allah dengan Rahmat dan Ridhomu perkenankan tautkan cinta kasih kami :

[Nama Mempelai Wanita] dengan [Nama Mempelai Pria]

Dengan segala kerendahan hati dan ucapan syukur yang tak hingga kami mengundang Saudara/i untuk dapat mengahdiri undangan pernikahan kami.

Akad nikah insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari :

Jam :

Tempat :

Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih


Contoh kata-kata undangan pernikahan online dengan kutipan romantis

"When you realize you want to spend the rest of your life with somebody, you want the rest of your life to start as soon as possible"

[Nama Mempelai Wanita] dengan [Nama Mempelai Pria]

Turut mengundang teman-teman/saudara untuk menjadi saksi momen penyatuan cinta kami yang akan digelar pada :

Akad nikah insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari :

Waktu :

Tempat :

Kehadiran dan doa restu dari teman-teman/saudara sungguh kami harapkan untuk melengkapi indahnya momen bahagia kami.


Nah, itu dia beberapa contoh ide kata-kata undangan pernikahan online yang bisa kamu tiru. Kamu bisa menyesuaikan gaya bahasanya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, untuk atasan, kolega atau orang yang lebih tua bisa menggunakan kata-kata undangan yang formal, atau menggunakan gaya bahasa yang lebih kasual jika undangan ditujukan untuk teman-teman akrab. 

Penting juga untuk pastikan tidak salah share format dan link/url saat kamu mengirimkan undangan online tersebut. Khususnya, saat kamu membagikannya pada akun media sosialmu. Demikianlah, semoga bermanfaat!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...