Pilih Kategori Artikel

Ide Souvenir Pernikahan: Hemat nan Berkesan Sepanjang Masa
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan adalah acara yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan. Tapi sebelum menikah, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya. Salah satunya adalah dengan mencari ide souvenir pernikahan yang unik dan berkesan. Jangan sampai ada yang terlupakan menjelang hari bahagiamu itu. 

Kamu dan pasanganmu pasti akan sibuk mempersiapkan baju pengantin, catering, dan juga cinderamata yang akan kalian berikan untuk para tamu undangan yang sudah menyempatkan hadir. Dalam menentukan ide souvenir pernikahan, itulah salah satu hal yang harus kamu catet di pikiran kamu.

Jika kamu tidak ingin dompet kamu tipis seketika, di bawah ini ada beberapa rekomendasi ide souvenir pernikahan yang hemat dan juga dapat memberikan kesan sepanjang masa.

1. Sabun handmade yang wanginya bikin para tamu undangan ketagihan

Siapa sih yang tidak butuh sabun? Salah satu barang yang menjadi sebuah kebutuhan semua orang ini bisa kamu jadikan sebagai ide souvenir pernikahan. Tidak perlu memberikan barang mahal, sabun handmade yang dikemas dengan cantik sudah bisa membuat tamu undanganmu merasa senang. 

Perihal harga, kalian tidak perlu khawatir. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau mulai dari Rp3000 hingga Rp13.000 saja.

Jika kamu ingin menghemat namun tidak menghilangkan kesan yang mendalam, Kamu bisa mengemasnya dengan kertas warna coklat yang bertuliskan nama kalian berdua. Tak lupa untuk menambahkan sebuah kutipan manis di bagian belakang. Sederhana, murah, dan menarik, ‘kan?

2. Pensil dengan penambahkan lema kamus

Kini, dalam memilih sebuah souvenir pernikahan, kalian sebagai calon pengantin harus pandai agar para tamumu merasa senang. Nah, tanpa harus mengocek banyak uang, kamu bisa menambatkan hati pada pensil sebagai ide souvenir pernikahan. 

Souvenir pernikahan yang satu ini dibanderol seharga Rp1000 per biji, harga yang ditawarkan pun disesuaikan dengan kualitas kayu yang dipilih dalam pembuatannya. Jika kamu ingin menambahkan kesan yang menarik, kamu tidak perlu mengukir nama kalian pada pensil. Lebih baik ukir lema-lema kamus layaknya pensil di gambar di atas. 

Kamu juga bisa menempelkan kutipan romantis di bagian luarnya. Kemas 2-5 buah pensil dengan kotak, atau ikat mereka menggunakan tali sabut dan label namamu serta pasangan.

3. Kipas Cina yang cantik nan ciamik

Pada dasarnya, memproduksi sebuah souvenir pernikahan dalam jumlah yang mencapai minimal ratusan. Karena itu, harga satuannya tak boleh terlalu mahal. Jika kamu memiliki ide souvenir pernikahan yang satu ini agar terlihat ciamik. Harganya pun masih bersahabat dengan dompet kalian dan tepat sekali jika kamu ingin berhemat tanpa menghilangkan kesan di dalamnya.

Biasanya, harga dibanderol dari Rp1.600-an, tentu barang ini juga bermanfaat bagi tamumu ketika mereka merasa gerah saat acara resepsi.

Pada umumnya, model kipas yang dilahirkan pun beragam. Namun, pilih model kipas yang menarik dan tidak mainstream, misalnya kipas Cina. Tambahkan label ucapan terima kasih dari kalian berdua. Di jamin barang ini juga pasti akan bermanfaat bagi mereka di kemudian hari.

4. Tanaman hias yang mungil

Mengucapkan terima kasih itu bisa menggunakan berbagai cara, salah satunya dengan memberikan souvenir. Nah, jika kamu ingin souvenir yang kamu berikan bisa bermanfaat, tidak ada salahnya jika kamu berikan satu pot gelas beserta tanaman mini. 

Rogok koceknya pun tidak terlalu dalam, kok. Jika kamu ingin membuat sendiri maka cukup kamu beli gelas kecil dengan harga mulai Rp1.000, lalu tanaman hias harga mulai Rp3.000. Jangan lupa untuk menyematkan kertas bertuliskan ucapan terima kasih di dalam potnya.

Jika ingin lebih menarik perhatian dan mencintai lingkungan, kamu bisa menyertakan pesan “Menanam untuk mengurangi polusi bumi”. Dengan cara ini, selagi kamu bisa berhemat,kamu pun tidak menghilangkan kesan di dalamnya.

5. Setabung ramuan kopi yang nikmat

Jika kamu ingin membuat para tamu undanganmu terkesan dengan souvenir yang kamu berikan, maka kamu bisa memberinya setabung ramuan kopi. Nah, untuk barang ini kamu bisa buat sendiri kok, karena caranya cukup simple. Cukup dengan membeli tabung reaksi di toko alat-alat penelitian, harganya mulai dari Rp. 3.500 tergantung ukuran. 

Setelah itu kamu isi dengan kopi dan gula secara berlapis menggunakan corong. Kamu bisa tambahkan mocca, susu, atau coklat dan jangan lupa untuk memberikan label bagaimana cara menyeduhnya. 

Untuk sebuah resep kopi yang menarik ini, kamu tidak akan mengeluarkan uang lebih dari Rp7.000 kok. Kamu bisa berhemat tanpa menghilangkan kesan di dalamnya. Dengan cinderamata seperti ini kalian tidak usah heran jika tamu undanganmu pasti akan bergegas ingin segera menyeduhnya.

6. Bibit tanaman yang ekonomis dan praktis

Setiap calon pengantin yang menggelar pesta pernikahan ingin selalu dikenang oleh para tamu undangan yang sudah hadir. Bukan hanya kalian saja yang berbahagia sebagai calon pengantin, tetapi para tamu undangan juga selalu mengenang. 

Nah, kamu bisa memberikan para tamumu dengan ide souvenir pernikahan yang satu ini. Tenang, harganya sangat ekonomis, kok. Disarankan untuk membeli bibit dengan jumlah yang banyak agar ketika di kemas lebih murah. Dalam proses pengemasan, gunakan kertas bercetak yang berbentuk amplop. Nah, agar lebih menarik lagi kamu bisa juga tuliskan cara menanam atau khasiat di balik tanaman itu.

Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dari Rp3000 untuk setiap souvenir ini. Belum lagi dana ini masih bisa disiasati dengan harga bibit tanaman lain yang lebih murah. Dijamin, selain bermanfaat untuk ditanam, cinderamata yang akan kalian berikan ini juga bisa menambah pengetahuan banyak orang. Tertarik untuk mencobanya, kah?

7. Gantungan kunci berbentuk puzzle

Sudah sangat mainstream sekali jika kamu memilih ide souvenir pernikahan berupa gantungan kunci yang biasa. Namun, hal ini akan beda cerita jika kamu bisa memberikan bentuk gantungan kunci yang menarik. 

Langkah yang tepat untuk kamu lakukan adalah dengan memberi gantungan kunci berbentuk puzzle dengan mengukir tanggal dan kata-kata indah. Kamu bisa kemas dua bagian puzzle untuk satu tamu undangan. 

Jangan lupa untuk memberikan label ucapan terima kasih karena para tamu undangan yang sudah menyempatkan hadir dan memberikan doa restu. Nah, barang untuk souvenir menarik ini, kamu bisa cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp2.000. Harga yang sangat ekonomis ini disesuaikan dengan kualitas kayu yang digunakan.

8. Sumpit yang dikemas dengan unik 

Sumpit sudah bukan lagi menjadi barang yang asing bagi masyarakat Indonesia. Tak sedikit orang yang sudah fasih dalam menggunakannya. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal itu, sebagai alasan untuk memilih sumpit menjadi salah satu ide souvenir pernikahan di hari spesialmu. 

Dalam pengemasannya, kamu bisa dengan sarung kain yang bercorak cerah. Namun, kamu juga bisa mengukir kata-kata indah di permukaan sumpit. Harga yang ditawarkan sekitar Rp3.000-an. Nah, dengan begitu sumpit yang dijadikan sebagai cinderamata pernikahanmu pasti bisa terlihat lebih menarik.

9. Biji kopi dengan penuh kenikmatan

Inilah ide souvenir pernikahan terakhir yang direkomendasikan untukmu. Cinderamata pernikahan tak selamanya harus berbentuk barang, karena kamu juga bisa memberikan buah tangan dalam bentuk makanan. 

Salah satu contohnya adalah kopi. Biji kopi bisa kamu dapatkan dengan harga mulai Rp35.000. Nah, agar lebih menarik kamu bisa kemas biji kopi kantong kecil dari kain goni atau kain sejenis kain kasa. Dengan kantong berukuran 5 cm X 10 cm, kopi sebanyak 1 kg bisa kamu bagi dalam 10-15 bungkus. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dari Rp5000 untuk satu bungkus souvenir. Terjangkau sekali, kan?

Tak sedikit calon pengantin yang memilih suatu barang lebih menunjukan nilai estetikanya dibanding fungsi yang terdapat di dalamnya. Seperti misalnya sebotol terarrium pasir pantai ini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp2.500  untuk pajangan cantik ini. 

Kalau kamu mau membuatnya sendiri juga bisa. Cukup dengan membeli botol kosong seharga Rp. 1.200, lalu ambil pasir dan kerang-kerang mati yang jumlahnya melimpah di pantai. Kalau tidak, kamu bisa membeli kerang di toko akuarium. Nah, cukup murah dan menarik ‘kan?

Apakah penting dengan hadirnya souvenir pernikahan di hari spesialmu?

Tak sedikit calon pengantin yang menyediakan cinderamata berupa souvenir yang akan diberikan pada para tamu undangan yang hadir. Namun, tahukah kalian kegunaan souvenir pernikahan yang tengah hadir untuk melengkapi pesta pernikahanmu? 

Tak sedikit dari kalian yang menganggap bahwa kegunaan souvenir pernikahan dijadikan sebagai pemanis cinderamata saja dan wujudnya pun tidak terlalu penting.

Namun, jangan salah, lho. Adapula calon pengantin yang mengganggap bahwa cinderamata tersebut mampu memberikan kesan tersendiri bagi para tamu undangan yang hadir. Wujudnya pun terdapat makna yang lebih untuk tamu undangan bahkan sebagai kenangan yang bisa diingat sepanjang masa. 

Kedua persepsi mengenai calon pengantin yang menganggap kegunaan souvenir pernikahan itu penting dan tidak terlalu penting itu tidak menjadi sebuah masalah. Pada dasarnya, setiap orang bahkan pasangan memiliki prinsip tersendiri yang diyakini baik untuk dirinya. Namun, souvenir pernikahan itu penting atau tidak, ya? 

Souvenir pernikahan merupakan salah satu cinderamata yang dihadirkan oleh setiap calon pengantin dalam pesta pernikahannya untuk melengkapi kemeriahan yang kian hangat. Penting atau tidaknya barang tersebut itu tergantung bagaimana sudut pandang dan pemahaman kalian. 

Sebagian besar calon pengantin yang memberikan souvenir pada para tamu undangan yang hadir itu adalah salah satu cara kalian untuk mengucapkan rasa berterima kasih atas kesediaan para tamu untuk hadir dan mendoakan. Bagaimanapun juga, hadirnya tamu undangan memberi tanda bahwa mereka peduli pada kedua pengantin.

Banyak pula para calon pengantin yang setuju dengan konsep souvenir pernikahan, pasti memikirkan praktis dan makna di balik souvenir yang kalian berikan pada para tamu. Beberapa vendor souvenir yang mengutamakan practicality, seperti misalnya pembuka kaleng, pembuka botol kaca, gunting kuku, kaca yang menjadi satu dengan sisir, atau gantungan kunci. 

Beda halnya contoh yang menjadikan makna di atas segalanya antara lain: sendok garpu mini dari perak, piramida kecil dengan ukiran nama pengantin, atau botol kaca kecil yang diisi pasir dan aneka kerang cantik.

Namun, bagi kalian yang menganggap souvenir pernikahan hanya memperbesar pengeluaran biaya pernikahan saja tanpa melihat fungsi dari pemberian souvenir pernikahan ini. Maka, berpikir bahwa ucapan terimakasih melalui lisan saat bersalaman dengan para tamu saja sudah cukup.


Itulah ulasan mengenai ide souvenir pernikahan yang bisa menjadi salah satu referensi untuk cinderamata di hari pernikahanmu. Souvenir memang menjadi bagian penting dalam pesta pernikahan. Tak sedikit calon pengantin yang dibuat pusing dalam memilihnya.

Selain unik, indah, dan murah tanpa menghilangkan kesan di dalamnya, Pengemasannya pun dilakukan dengan apik juga menjadi faktor penting agar souvenirmu tampak menarik.

Nah, manakah ide souvenir pernikahan yang menjadi pilihanmu nanti? 


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...