Pilih Kategori Artikel

14 Inspirasi Gaun Pengantin Putih Anti-Mainstream, Elegan dan Beda dari yang Lain
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kini, ada banyak warna yang biasa dipilih untuk gaun pengantin, mulai dari gaun warna pastel yang elegan dan cantik hingga warna-warna bold yang berani. Meskipun begitu, rasanya belum ada yang mengalahkan keanggunan gaun pernikahan berwarna putih. Selain menjadi yang paling umum dikenakan, gaun putih ternyata juga memiliki makna dan sejarah yang cukup panjang.

Gaun pengantin berwarna putih pertama kali dipopulerkan oleh Ratu Victoria saat menikahi Pangeran Albert. Ia juga mengenakan mahkota bunga. Waktu itu, biasanya pengantin mengenakan gaun berwarna merah atau silver. Namun, Ratu Victoria berhasil membuat gebrakan dan mewariskan tradisi ini secara turun temurun, bahkan diikuti oleh para pemimpin Eropa lainnya. Warna putih dipilih karena dianggap sebagai warna yang melambangkan kesucian dan kemurnian.

Selain makna dan sejarahnya, gaun berwarna putih juga terlihat lebih cantik secara komposisi untuk berfoto. Makanya, hingga kini masih ada banyak peminat warna basic yang satu ini. Jika kamu salah satu yang tertarik untuk mengenakannya, tak ada salahnya untuk memberikan sedikit modifikasi pada model gaun supaya kamu bisa terlihat semakin outstanding di acara pernikahan nanti. Beberapa inspirasi berikut ini bisa kamu jadikan referensi untuk hari bahagiamu nanti.

1. Capelet berbentuk sayap

wm_article_img
Gaun pengantin oleh Hian Tjen

Untukmu yang memiliki tubuh jangkung, gaun ini akan cocok. Selain memberikan kesan cantik bak bidadari sesungguhnya, cape dalam bentuk sayap ini akan membuat lenganmu juga tampak lebih berisi. Untuk bagian neck line, bisa dipilih model empire line yang membuat leher terlihat lebih jenjang. Supaya terlihat lebih berbentuk, fokuskan detail lain pada pinggang dengan menambahkan beads atau pearl.

2. Gaun pernikahan chic

wm_article_img
Gaun pengantin oleh The Bridal Workshop

Ingin tampil minimalis, sedikit seksi, sekaligus chic? Model gaun yang satu ini sangat direkomendasikan untukmu. Alih-alih memilih potongan yang biasa, kamu bisa memilih gaun dari kain satin dengan cowl neck untuk bagian dada. Lalu, jangan lupa tambahkan belahan pada sisi gaun bagian samping bawah. Gaun polos pun sudah terlihat mewah.

3. Gaun klasik dengan square neck

wm_article_img
Gaun pengantin oleh Hian Tjen

Gaun dengan warna broken white ini terlihat sarat akan nuansa klasik. Namun, biasanya gaun klasik memiliki puffed sleeve yang mengembang di bagian atas, sedangkan lengan pada gaun ini justru bagian bawah yang mengembang. Pun, bagian leher dibuat dengan model square neck yang cantik. Jika ingin tampil bak putri raja, look ini bisa dipilih.

4. Gaun sweetheart

wm_article_img
Gaun pengantin oleh Achiera Brides

Sesuai dengan acara, kamu bisa memilih gaun pengantin dengan model sweetheart neckline yang cantik. Jika tak terlalu percaya diri mengekspos bagian lengan, tapi juga tak ingin membuatnya tertutup seluruhnya, kamu bisa menyontek tambahan lengan dengan kain tulle yang transparan seperti pada gambar.

5. Gaun dengan cape tebal

wm_article_img
Gaun pengantin oleh Ivory Bridal

Jika biasanya cape dibuat dari kain yang jatuh seperti brokat atau satin, yang satu ini berbeda. Kain cape terbuat dari kain yang lebih tebal, lengkap dengan beads, yang membuat pengantin nampak memiliki sayap. Meskipun tekstur dan ketebalan kain lebih dari biasanya, pastikan untuk berdiskusi dengan vendor pakaian untuk memilih bahan yang nyaman dikenakan, ya.

6. Gaun klasik untuk si berhijab

wm_article_img
Gaun pengantin oleh Laksmi Muslimah

Biasanya mereka yang mengenakan hijab akan memilih gaun atau kebaya putih untuk akad, kemudian berganti gaun berwarna ketika resepsi karena gaun berwarna putih dianggap terlalu biasa. Padahal, gaun putih untuk mereka yang berhijab bisa secantik ini kok. Gaun klasik dengan detail embroidery dan pearl dipadukan dengan hijab yang juga memiliki aksen embroidery akan nampak sempurna di acara resepsi.

7. Gaun dengan kancing

wm_article_img
Gaun pengantin oleh Hian Tjen

Desain gaun pengantin yang satu ini dijamin nggak pasaran. Pasalnya, biasanya kancing hanya akan ditaruh di bagian atas dan di belakang, tapi gaun yang satu ini menggunakan kancing di bagian depan dari atas ke bawah. Semakin cantik, lengan dibuat dengan bentuk lonceng yang sangat lebar. Tak berhenti di situ, mutiara berwarna serupa dengan gaun juga dipasang di beberapa bagian yang membuat gaun ini makin sempurna. Cocok untukmu yang menyukai hal-hal eksperimental.

8. Gaun ala fairy

wm_article_img
Gaun pengantin oleh Tommy Pancamurti

Gaun yang terdiri dari satu piece saja mungkin akan terlihat membosankan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menambahkan layer di bagian belakang yang senada dengan lengan yang terbuat dari kain tulle yang cantik. Untuk menyempurnakan penampilan, aksen flower petals atau kupu-kupu bisa ditambahkan di bagian punggung. Cantik bak peri!

9. Gaun ala Belle versi boho

wm_article_img
Gaun pengantin oleh Ivory Bridal

Model gaun ala Belle biasanya berwarna kuning, tapi kamu bisa mengubah warnanya menjadi putih dan memodifikasi beberapa hal. Salah satunya adalah bagian lengan yang dibuat dari kain organza semi transparan. Selain itu, gaun dengan crocheted lace akan memberikan sentuhan boho pada gaun pengantinmu. Gaun ini cocok untuk pernikahan indoor maupun outdoor.

10. Gaun dengan lengan kipas yang unik

wm_article_img
Gaun pengantin oleh Lily Sasongko Couture & Bridal

Jika kebanyakan bagian lengan dibuat menarik dengan model puff atau bell, yang satu ini terlihat sangat menarik karena aksen ruffle yang berbentuk seperti kipas. Bagian punggung yang backless dilanjutkan bagian pinggang ke bawah menuju tail dengan kain plisket membuat gaun ini terlihat semakin menarik. Untuk bagian veil, kamu bisa membuatnya polos, tapi juga bisa membuatnya bermotif seperti foto.

11. Gaun yang terinspirasi kimono

wm_article_img
Gaun pengantin oleh Tommy Pancamurti

Sang desainer mengaku bahwa model lengan gaun yang satu ini terinspirasi dari kimono. Bukan hanya itu yang menarik, tapi juga bagian train yang menjuntai hingga menyentuh lantai. Gaun yang satu ini cocok untukmu yang ingin tampil tak berlebihan, tapi tetap terlihat chic dan super elegan.

12. Gaun berbahan plisket

wm_article_img
Gaun pengantin oleh Soko Wiyanto

Bahan plisket belakangan ini memang sering digunakan, tapi biasanya untuk bahan rok atau hijab. Nah, ternyata bahan plisket juga bisa digunakan untuk dibuat sebagai gaun secantik ini. Makin cantik dengan dibuat ber-layer. Kamu yang memiliki tubuh kurus atau petite akan cocok dengan gaun pengantin bahan plisket karena akan memberikan volume pada tubuhmu.

13. Gaun dengan ruffle sleeve

wm_article_img
Gaun pengantin oleh Soko Wiyanto

Senang tampil ekstra? Gaun pernikahan dengan lengan ruffle yang terdiri dari beberapa layer ini akan cocok untukmu. Ada berbagai macam variasi yang bisa dipilih, yang di bagian pinggang ke bawah model lurus biasa atau yang memiliki aksen ruffle juga. Jika kamu tipe yang suka baju meriah, yang kedua mungkin akan cocok untukmu.

14. Gaun dengan aksen ruffle di bagian leher

wm_article_img
Gaun pengantin oleh Elsie Chrysila Atelier

Jika gaun-gaun yang lain memiliki aksen ruffle di bagian lengan atau bawah, gaun yang satu ini memiliki aksen ruffle di bagian leher. Tak lupa tambahan detail yang tidak berlebihan di bagian pinggang yang membuat look ini jadi tampak clean. Sementara itu, bagian lain terbuat dari kain silk yang akan membuat tampilan jadi makin elegan.

Nah, ternyata gaun pengantin berwarna putih bisa terlihat sangat luar biasa dengan tambahan detail yang mungkin selama ini jarang terpikirkan. Polos maupun dengan berbagai tambahan hiasan, semuanya sama-sama cantik kok. Jadi, bagaimana? Sudah siap berdiskusi dengan vendor pakaian untuk mewujudkan gaun pengantin idaman?

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...