Pilih Kategori Artikel

Ide Gaun Pengantin Elegan untuk Pesta Pernikahanmu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Jika kamu berencana menikah, tentunya mempersiapkan gaun pernikahan merupakan aspek penting yang harus kamu lakukan. Karena dilakukan satu kali dalam seumur hidup, tentunya kamu ingin tampil cantik ketika melangsungkan acara tersebut. Menggunakan gaun pengantin elegan bisa menjadi pilihan untuk kamu gunakan ketika menikah nantinya. 

Ada banyak model gaun pengantin dengan desain anggun serta elegan yang bisa kamu gunakan. Supaya kamu tidak kesulitan ketika memilihnya kamu bisa menyesuaikannya dengan selera dan kepribadian yang kamu miliki. Dengan begitu, pilihan yang bisa kamu pertimbangkan menjadi lebih sempit dan mudah untuk dilakukan. 

Gaun pernikahan dengan konsep yang elegan biasanya menonjolkan cantik alami yang dimiliki oleh pengantin wanita, sehingga banyak dipilih oleh pasangan pengantin. Walaupun terkesan sederhana, namun gaun pengantin ini tidak terkesan monoton dan membosankan. 

Kalau kamu tertarik menggunakan gaun pengantin elegan untuk pesta pernikahanmu nanti, berikut merupakan rekomendasi ide dan inspirasi yang bisa kamu gunakan. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang sudah kamu persiapkan untuk gaun pernikahan. 

Model Gaun Pengantin Ruffle

wm_article_img
Foto: Luulla

Model ruffle merupakan model gaun pernikahan yang bertumpuk pada bagian bawah gaun. Lipatan tersebut akan membuat penampilan gaunmu lebih besar, sehingga menampilkan kesan yang elegan seperti puteri kerajaan. Model ini belum banyak digunakan, jadi kamu tidak perlu khawatir mengenai tren yang terlalu mainstream. 

Penampilan gaun pengantin dengan model ruffle cocok untuk kamu yang ingin tampil berbeda dengan tema pengantin pada umunya. Kamu juga bisa menggunakan ruffle untuk menutupi kekurangan tubuhmu, misalnya untuk bagian dada. Kamu bisa memberikan volume pada bagian tersebut sehingga memberikan kesan yang penuh. 

Menggunakan gaun pengantin elegan ini, kamu bisa tampil feminim dan girly, tapi tetap memberkn kesan yang kuat secara keseluruhan. Sebagai tambahan, kalau kamu menggunakan jenis ini untuk gaun pesta pernikahanmu, pemberian akses sebaiknya dilakukan pada bagian bawah gaun, dengan membiarkan bagian atas terlihat minimalis. 

Gaun dengan Model Ombre

wm_article_img
Foto: Ruffledblog

Pilihan gaun untuk pesta pernikahan selanjutnya adalah model ombre, dengan memberikan warna yang terang pada bagian bawah gaun pengantin. Penampilan gaun ini akan terlihat kontras pada bagian atas dan bawah, sehingga memberikan kesan yang elegan dan cantik. 

Pilihan gaun pengantin ini bisanya dipakai untuk mereka yang kurang suka dengan warna-warna yang umum, seperti putih, peach, atau warna pastel untuk gaun pernikahan. Untuk menggunakan gaun dengan model ini, kamu bisa menggunakan gaun berwarna putih, namun di bagian bawah, kamu menambahkan warna lain yang mencolok, bisa ungu ataupun biru muda. 

Dengan menggabungkan dua warna tersebut, efek gradasi yang akan terjadi akan terlihat lebih dramatis. Tekhnik ini akan menggunakan warna terang untuk bagian atas gaun, dari bagian dada hingga ke bawah pinggang. Kemudian menambahkan warna terang di ujung gaun sebagai efek ombre. 

Gaun Berbahan Brokat

wm_article_img
Foto: Kleinfeldbridal

Sampai sekarang gaun pengantin elegan yang banyak dipilih adalah model gaun pengantin dengan jenis bahan brokat. Jenis tersebut memiliki biasanya merupakan gaun pengantin dengan dua buah kain, pertama merupakan gaun pengantin yang digunakan, kedua adalah outer brokat yang digunakan setelahnya. 

Penggunaan brokat akan terlihat manis dan elegan untuk pesta pernikahan dengan konsep yang mewah. Sebab ia lebih sering dikonotasikan dengan pesta pernikahan yang formal. Dewasa ini, brokat dapat dipadu padankan dengan jenis kain lain, seperti sutra. 

Agar hasilnya lebih indah, sutra tersebut kemudian disulam dengan benang berwarna emas dan perak. Sehingga ia menampilkan daya tarik yang indah pada gaun pengantin yang kamu gunakan. Pilihan gaun pengantin untuk brokat juga tersedia berbagai macam warna, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. 

Gaun Pengantin dengan Model Floral

wm_article_img
Foto: Lovemydress

Gaya gaun pengantin elegan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah gaya gaun pengantin dengan tema floral. Model gaun pengantin ini cocok untuk kamu yang ingin tampil feminim di hari pernikahan. Taburan bunga di gaun pernikahan merupakn hiasan yang tak lekang oleh perkembangan zaman. 

Kamu bisa menambahkan bunga timbul yang terbuat dari kain untuk gaun pernikahanmu, atau langsung menggunakan gaun dengan model kain bergambar bunga. Keduanya akan membuat penampilanmu makin cantik dengan desain yang tepat sesuai dengan proporsi tubuhmu. 

Detail bunga yang timbul akan membuat penampilanmu semakin cantik, apalagi dengan tambahan manik-manik dan hiasan lain. Kamu juga bisa mengaplikasikan model gaun pengantin dengan model floral pada gaun pernikahan yang terbuat dari brokat. 

Gaun Pengantin dengan Model Empire

wm_article_img
Foto: Essensedesigns

Kalau kamu bertubuh langsing dan ingin menunjukkan lekukan tubuh, gaun pengantin dengan gaya empire bisa menjadi pilihan. Jenis gaun ini biasanya polos dengan satu pilihan warna, terkesan sederhana namun tetap terlihat elegan. 

Model gaun pengantin ini biasanya tidak memberikan banyak detail hiasan, karena terfokus pada bagian pinggangmu. Tapi kalau kamu merasa gaun yang digunakan terlalu polos, kamu bisa memberikan sedikit detail pada bagian pinggang dan dada, namun tidak boleh terlalu berlebihan.

Terdapat banyak pilihan gaun dengan model empire, kamu bisa menggunakan gaun dengan gaya off shoulder, strapless dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan gaun pengantin model ini, fokus bagian tubuh yang hendak ditonjolkan adalah bagian bahu dan leher. 

Gaun Berbahan Sifon

wm_article_img
Foto: Etsy

Ada banyak jenis bahan gaun yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah gaun dengan bahan yang terbuat dari sifon. Gaun tersebut akan memberikan kesan yang mewah, namun tetap dengan harga yang cukup terjangku. Sifon sendiri terbuat dari campuran kain rayon dan polysester, sehingga memberikan kesan simpel pada desainnya. 

Untuk kamu yang memiliki tubuh mungil, gaun pengantin elegan ini merupakan pilihan yang tepat. Agar tidak tenggelam dengan ukuran gaun yang cukup besar, kamu bisa memendekkan gaun tersebut sampai diatas mata kaki atau pertengahan lutut bagian bawah. 

Dengan menggunakan sepatu yang tepat, kamu bisa terlihat lebih tinggi. Jika kamu mengunakan kain jenis sifon untuk gaun pernikahanmu, sebaiknya kamu tidak menggunakan sabuk, karena akan membuatnya terlihat besar. Apalagi untuk kamu yang mungil, biarkan gaun jatuh untuk memberikan kesan alami. 

Ada banyak jenis gaun pengantin yang kamu bisa coba, salah satunya gaun elegan dengan model jaring. Walapun gaya ini masih belum banyak digunakan, ia bisa digunakan untuk berbagai kesempatan, dari pernikahan indoor ataupun outdoor.

Karena desain gaun pengantin yang digunakan adalah desain jaring, maka kamu tidak akan kepanasan dengan kain gaun yang terkesan penuh. cocok untuk kamu yang hendak melangsungkan pernikahan di luar ruangan tapi ingin tetap menggunakan pakaian yang tertutup. 

Itulah beberapa rekomendasi gaun pengantin elegan yang bisa kamu gunakan ketika pesta pernikahan berlangsung. Agar semakin elegan, kamu bisa menambah aksesoris lain seperti veil, membawa buket bunga, ataupun menggunakan sarung tangan.  

Kamu juga bisa kunjungi situs WeddingMarket untuk dapatkan vendor gaun pernikahan sesuai keinginanmu. Konsultasikan dan negosiasi harga sesuai budget pernikahan. Selain gaun, WeddingMarket menyediakan vendor lain mulai dari dekorasi, venue, catering, hingga aksesoris pernikahan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...