Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Kado Pernikahan Islami yang Penuh Makna
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menghadiri sebuah pesta pernikahan tentu sangat identik dengan pemberian kado untuk pasangan pengantin. Dalam ajaran Islam sendiri memberikan kado dimaksudkan untuk menjalin hubungan baik antara sesama muslim serta mendapatkan pahala karena memberi dengan ikhlas

Selama memiliki tujuan yang baik, agama Islam sangat menganjurkan umatnya untuk saling memberi hadiah di waktu-waktu tertentu, seperti pesta pernikahan, kelahiran bayi, sunatan dan lain sebagainya. Jadi ketika kamu mendengar sahabat atau kerabat sesama muslim akan melangsungkan pernikahan, kebahagiaan juga kamu rasakan, bukan?! 

Selain bersemangat untuk ikut serta merayakan hari bahagia tersebut dengan memenuhi undangan, tentu kamu juga akan memikirkan kado apa yang akan diberikan kepada pengantin. Sesederhana apapun pemberianmu, jika kado itu bermakna maka akan selalu dikenang oleh pasangan pengantin tersebut. Lalu, apa saja kado pernikahan Islami yang cocok untuk diberikan kepada sahabat atau kerabat sesama Muslim? Namun sebelum memilih kadonya, ada baiknya kamu simak tips membeli kado yang tepat.


Tips Memilih Kado yang Tepat

wm_article_img

  1. Survei ke beberapa toko atau penjual

Sebelum melakukan pembelian, ada baiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu dengan mencari satu barang di beberapa toko dan membandingkan harganya. Jika kamu membelinya secara online, kamu bisa menyimak review pembeli supaya kamu benar-benar mendapatkan barang yang sesuai antara harga dan kualitasnya.

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan pengantin

Ketika kamu memberikan kado, kamu tentu ingin pemberianmu ini digunakan terus oleh penerimanya, bukan?! Oleh karena itu penting untuk mempertimbangkan kebutuhan pengantin dengan barang apa yang kamu berikan. Jangan sampai kamu membeli barang mahal yang tak bermanfaat dan tak bermakna, ya.

  1. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki

Semua akan kembali pada budget yang kamu miliki untuk membeli kado. Ketika kamu memiliki budget yang minim, jangan khawatir karena saat ini banyak kado pernikahan islami yang murah dan berkualitas.

Setelah itu, kamu bisa memikirkan kado pernikahan Islami apa yang akan kamu pilih untuk diberikan kepada sahabat atau kerabat umat Muslim. Berikut WeddingMarket memberikanmu beberapa rekomendasi kado pernikahan Islami yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Inspirasi Kado Pernikahan Islami yang Penuh Makna

  1. Buku Bacaan

Mempersiapkan sebuah pernikahan tidak hanya secara lahiriah saja, namun juga harus dipersiapkan dengan matang dari sisi psikologis dan religius. Untuk itu kematangan dari berbagai hal harus seimbang. Nah untuk mempersiapkan dan mempelajarinya, buku bisa dijadikan sebagai pedoman.

Dengan memberikan kado berupa sebuah buku pernikahan, kamu ikut andil untuk ilmu yang akan mereka terapkan dalam rumah tangganya, lho. Sungguh penuh makna, bukan?!

Untuk pemilihannya, jangan asal-asalan. Kamu bisa cari tahu dulu tentang karakter pengantin supaya tahu buku seperti apa yang kira-kira cocok untuk mereka. Ada baiknya juga kamu memberikan buku-buku tentang motivasi, saran, tips atau pencerahan seputar pernikahan atau segala hal yang berkaitan dengan kehidupan rumah tangga.

  1. Hiasan Dinding Kaligrafi

Pengantin baru biasanya akan menempati rumah baru atau seminimal kamar baru yang ditempati berdua. Desain interior rumah atau kamar akan semakin menarik ketika dihiasi dengan kaligrafi di dinding. Apalagi jika pengantin sangat peduli dengan tampilan ruangan, maka hiasan kaligrafi menjadi kado yang paling tepat untuk kamu berikan kepada mereka.

Jika berbicara tentang maknanya, kaligrafi tak hanya berfungsi sebagai hiasan dinding saja, namun juga kesan artistiknya akan menentramkan hati ketika dipandang. Kado darimu ini akan dipergunakan oleh pasangan pengantin untuk membangkitkan suasana rumah agar semakin Islami sekaligus menyejukkan mata. 

  1. Jilbab atau Pashmina

Jilbab bagi perempuan muslim tak hanya sebagai penutup aurat saja, melainkan untuk menjaga kehormatan, marwah, dan menghindarkan diri dari fitnah dunia. Saat  ini terdapat berbagai macam jenis, model dan bahan yang sangat variatif seiring perkembangan zaman. 

Kamu bisa menyenangkan hati sahabat dan kerabatmu sekaligus menambah koleksi jilbab yang ia miliki. Kado ini sangat bermakna dalam memberi dukungan menutup aurat dengan sempurna. Untuk pemilihannya kamu bisa perhatikan jilbab jenis apa yang cocok untuknya atau yang sering ia kenakan. Sesuaikanlah dengan karakter, warna kulit, dan gaya berpakaiannya.

wm_article_img
Foto: shopee/dmamanahshop

  1. Baju Gamis dan Baju Koko Couple

Pasangan muda saat ini sangat senang jika mengenakan pakaian seragam atau couple dengan pasangannya, terlebih ketika menghadiri acara-acara tertentu seperti kondangan, hari raya, dan lain sebagainya supaya napak serasi dan kompak. Oleh karena itu ketika kamu memberikannya akan menjadi bermakna bagi mereka.

Selain menjadi tren fashion yang sangat digandrungi oleh umat muslim, baju gamis dan koko couple bisa kamu jadikan salah satu pilihan untuk kado pernikahan Islami. Pilih gamis dan baju koko yang dirancang dengan modis namun tetap syar’i.

  1. Al-Qur’an

Meski bisa dipastikan hampir semua umat muslim yang memiliki Al-Qur’an di rumahnya, bukan berarti kamu tidak bisa memberikan kado pernikahan berupa Al-Qur’an. Al-Quran selalu menjadi sebuah kado yang bermanfaat, karena kitab suci ini merupakan salah satu petunjuk dan rahmat bagi orang beriman dan bertakwa. 

Supaya sedikit berbeda dengan yang lainnya, kamu bisa memilih untuk memberikan kado berupa Al-Qur’an yang ada terjemahan bahasa Indonesia. Hal ini dimaksudkan supaya kamu membantu pengantin untuk bisa mempelajari lebih dalam dan menemukan makna-makna tersirat dari setiap ayat Al-Qur’an yang mereka baca. Ini akan sangat bermakna untuk dijadikan kado pernikahan Islami karena dengan membaca Al-Qur’an bahkan mempelajari lebih dalam setiap ayat maka umat Muslim akan mendapatkan pahala yang berkali-kali lipat.

wm_article_img
Foto via Tokopedia

  1. Buku Hadits

Selain kitab suci Al-Quran, Hadits dan sunnah Rasul juga merupakan pedoman hidup bagi umat Muslim. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban umat Islam untuk mempelajari dan berpegang teguh pada hadis dan sunnah Rasulullah SAW. 

Nah, Buku hadits dan sunnah Rasul bisa kamu jadikan kado untuk pernikahan yang Islami. Dengan memberikan buku hadits dan sunnah Rasul, kamu sudah mengajak pasangan pengantin yang baru saja menikah untuk mempelajari dan menerapkan ajaran agama Islam atas dasar yang benar dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah, sehingga akan mengantarkannya menuju kebahagiaan dunia dan akhirat dalam menjalani biduk rumah tangga mereka. Insya Allah.

  1. Hiasan Dinding Ka’bah

Seringkali kamu melihat hiasan dinding berupa Ka’bah di rumah umat muslim, bukan?! Mungkin di rumahmu sendiri kamu juga memajangnya di ruang tamu atau ruang keluarga. 

Ka’bah sebagai simbol “rumahku, surgaku” bagi kalangan umat Muslim. Sebab rumah memang seharusnya menjadi tempat yang paling nyaman yang akan menjadi surga tersendiri bagi penghuninya. Hiasan Ka’bah akan menambah nuansa surga yang nyaman dan artistik di dalam rumah.

Pilihan kado pernikahan yang satu ini bisa kamu jadikan sebagai kado pernikahan yang Islami untuk memunculkan suasana surga yang nyaman di rumah pengantin baru. Ini juga akan membangkitkan semangat dan kerinduan untuk datang mengunjungi rumah Allah, Makkah Al-Mukarramah yang juga sebagai langkah untuk menunaikan rukun Islam yang terakhir. Sungguh akan menjadi kado pernikahan penuh makna.

  1. Alat Ibadah

Meskipun mereka sudah menggunakan seperangkat alat Sholat sebagai mas kawin atau mahar, tapi memberikan kado alat ibadah juga tetap bisa dijadikan pilihan lho. Sebab, orang juga akan berganti-ganti dan wajar jika memiliki lebih dari seperangkat saja. Kamu bisa memberikannya sepasang sarung dan mukena, sajadah, bahkan tasbih dengan bahan premium. Tentukan bahan yang bagus supaya awet dan terus digunakan oleh pengantin. 

Bagaimana, apakah kamu sudah mendapatkan begitu banyak ide yang terlintas di kepalamu setelah membaca artikel ini? Tentu kamu sudah tidak kebingungan lagi dong ketika sahabat atau kerabat sesama Muslim mengundangmu ke acara pernikahan mereka. Kamu juga bisa baca ulasan tentang "Kado Pernikahan yang Bermanfaat untuk Pasangan Muda" sebagai referensi. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa kamu jadikan sebagai inspirasi untuk memberikan kado pernikahan Islami yang penuh makna.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...