Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Gaun Kebaya Pengajian Jelang Pernikahan Elegan dan Bersahaja ala Publik Figur Tanah Air
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Jelang prosesi pernikahan ada serangkaian acara yang umumnya dilalui oleh calon pengantin, salah satunya adalah pengajian pranikah bagi yang beragama Islam. Prosesi ini sebenarnya tidak diwajibkan, namun banyak calon pengantin yang melaksanakannya dengan harapan memperoleh keberkahan dan kemantapan hati untuk menuju jenjang pernikahan. Beberapa public figure di tanah air pun tak ingin melewatkan momen pengajian menjelang pernikahannya. Dengan mengenakan gaun kebaya pengajian yang anggun dan elegan, momen pengajian para public figure tanah air berlangsung dengan sangat khidmat.

Susunan acara pengajian sebelum pernikahan antara lain pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran dan sholawat, pemberian nasehat pernikahan, hingga sungkeman dilaksanakan dalam suasana sakral dan khidmat, tak jarang menjadikan momen ini haru hingga berurai air mata. Acara pengajian pranikah merupakan momen penting, maka dari itu calon pengantin pun mempersiapkan segala keperluannya dengan baik. Terutama untuk busana pengajian yang akan dikenakan. 

Busana pengajian yang umumnya dikenakan, khususnya bagi calon mempelai wanita adalah gaun kebaya muslim baik dengan hijab atau selendang. Modelnya pun beragam, mulai dari baju kurung hingga dress dengan berbagai sentuhan modern. Apabila kamu sedang mencari busana untuk pengajian jelang pernikahan, mungkin beberapa model gaun kebaya pengajian elegan dari public figure tanah air ini  bisa menjadi inspirasimu.

1. Abaya Brokat Bernuansa Rose Gold - Pengajian Jelang Pernikahan Putri Tanjung


wm_article_imgwm_article_img

Abaya: Lace by ARTKEA | Kredit Foto: Morden

Putri Tanjung baru saja menggelar acara pengajian bertepatan dengan malam Nisfu Syaban, di kediamannya. Dengan polesan makeup sederhana Bubah Alfian, calon istri Guinandra Jatikusumo itu mengenakan gaun kebaya brokat dengan potongan longgar bernuansa rose gold. Penampilan sederhana Putri Tanjung semakin bersahaja dengan kerudung berwarna senada yang membingkai rambutnya. Kombinasi riasan effortless makeup dan gaun kebaya bermotif floral ala Putri Tanjung ini bisa kamu contek untuk inspirasi busana pengajian jelang pernikahan kamu nanti. 

2. Gaun A-Line Berwarna Lime dengan Hiasan Payet- Pengajian Jelang Pernikahan Sabrina Anggraini

wm_article_imgwm_article_img

Dress: Wiranti Kurnia Bride | Kredit Foto: dsrdbride

Gaun pengajian jelang pernikahan ala Sabrina Anggraini penuh makna filosofis, cocok sekali dengan konsep rangkaian acara pernikahannya yang juga benar-benar sarat akan makna. Gaun cantik dengan potongan A-Line berwarna lime itu merupakan rancangan Wiranti Kurnia Bride. Mengutip dari laman instagramnya, sang desainer menjelaskan bahwa motif dress pengajian Sabrina terinspirasi dari pucuk rebung kuntum bertabur bunga ceremai. Pucuk rebung sendiri bermakna harapan baik sebab bambu adalah pohon yang tidak mudah rebah oleh tiupan angin kencang sekalipun, bagaikan doa dan harapan untuk kokohnya rumah tangga Sabrina Anggraini dan Belva Devara kelak. Begitupun dengan motif bunga ceremai, yang memiliki filosofi kasih sayang, hormat menghormati, lemah lembut dan bersih hati yang menjadi acuan dalam budaya melayu riau.

Wiranti Kurnia Bride juga menambahkan harapan, semoga dress pengajian rancangannya untuk Putri Indonesia Riau 2019 itu,  bukan hanya sekadar “pakaian” namun memiliki nilai doa serta harapan untuk rumah tangga Sabrina dan Belva agar sakinah mawadah dan rahmah sampai ke jannah. Terlepas dari maknanya yang mendalam, gaun kebaya modern pengajian Sabrina ini cantik sekali, bukan? Apalagi dengan penambahan veil berwarna senada, Sabrina benar-benar tampil dengan anggun.

3. Kebaya Kurung Warna Lilac - Pengajian Assyifa Nuraini, Adik Ayu Ting Ting

wm_article_imgwm_article_img

Attire: Ayung Berinda | Kredit: IG Ayu Tingting

Pada momen pengajian sang adik, Ayu Tingting tampil kompak mengenakan busana bernuansa lilac lengkap dengan kerudung sifon berwarna senada. Busana pengajian yang dikenakan keluarga ini adalah model kebaya kurung dengan atasan berbentuk tunik dipadu dengan rok dengan potongan longgar. Baju pengajian rancangan Ayung Berinda ini semakin indah dengan ornamen payet-payet yang menghiasi sekujur tubuhnya. Meskipun berwarna kalem, busana ini memiliki kesan mewah dan tentunya sangat elegan, ya.  

4. Gaun Kebaya Berwarna Dusty Rose & Ash Blue - Pengajian Ashilla Zee

wm_article_img

Dress: Wiranti Kurnia Bride

Ashilla Zahrantiara Muttaqin atau yang lebih akrab disapa dengan nama Ashilla Zee, adalah mantan personil Blink.  Artis yang juga dikenal sebagai penulis lagu ini, mengenakan gaun kebaya berpotongan lurus dari Winanti Kurnia Bride dengan warna perpaduan ash blue dan dusty rose. Gaun cantik ini semakin mewah dan anggun dengan hiasan full payet dan mutiara membentuk motif bunga di sekujur tubuh. Begitupun dengan veil panjang yang dikenakannya.

Uniknya lagi, pada bagian kerah baju berbentuk bulat itu dibuat dengan aksen ruffles dan dikelilingi dengan ornamen mutiara. Ashilla Zee tampil begitu cantik dalam balutan dress indah dengan latar belakang dekorasi dreamy pada momen pengajian jelang pernikahannya itu. Warna-warna pastel memang selalu menjadi pilihan terbaik jika kamu ingin mendapatkan kesan lembut nan syahdu.

5. Gaun A-Line Berwarna Soft Biru Kehijauan - Pengajian Sheila Dara Aisha

wm_article_imgwm_article_img

Gaun Pengajian: Ayung Berinda | Kredit: IG Sheila Dara Aisha

IIstri Vidi Aldiano ini juga tampil memukau di acara pengajian jelang pernikahan. Sheila Dara Aisha mengenakan gaun kebaya berpotongan A-line dengan aksen kerutan di pergelangan tangannya. Dress nan cantik berwarna biru kehijauan ini merupakan karya desainer Ayung Berinda. Selain bernuansa pastel, busana pengajian yang indah ini dihiasi dengan detail payet floral baik pada gaunnya maupun untuk veil yang dikenakan oleh Sheila. Kesan mewah dan elegan tak bisa terelakkan, ya, dari gaun istimewa ini!


6. Kebaya Modern Brokat Bernuansa Coklat Pastel -  Pengajian Adik Nikita Willy

wm_article_imgwm_article_img

Kebaya Modern oleh Dinda Firdausa Kebaya

Keluarga artis Nikita Willy juga tampil kompak mengenakan seragam kebaya modern berwarna kalem pada acara pengajian jelang pernikahan sang adik, Nona Willy. Gaun kebaya Modern bernuansa coklat pastel ini dihiasi dengan berbagai ornamen seperti payet dan mutiara di sekujur badan. Begitu pula dengan kerudung lace yang dikenakan, pinggirannya berhiaskan payet-payet bermotif floral. Model kebaya Nikita Willy dan sang Ibu, berpotongan polos, sementara untuk gaun kebaya Nona diberikan aksen kerutan dibagian perut yang menjadikannya semakin anggun. Nah, model kebaya cantik ini bisa juga jadi inspirasi untuk baju pengajian jelang pernikahanmu nanti.


7. Gaun Muslimah Full Payet Berwarna Pastel Blue - Pengajian Ria Ricis

wm_article_imgwm_article_img

Gaun Muslimah : Irna La Perle | Foto: imagenic

Selebgram Ria Ricis mengenakan gaun muslimah dengan model gamis untuk acara pengajian jelang pernikahannya. Gaun muslimah syar'i bernuansa pastel blue ini berbalut indah detail-detail payet bermotif sulur. Tak hanya Ria Ricis yang mengenakan busana nan bersahaja ini, kedua kakak perempuannya–Oki Setiana Dewi dan Shindy Kurnia Putri–beserta sang ibunda, juga kompak mengenakan seragam keluarga dengan motif dan warna senada. Busana syar'i nan bersahaja ini semakin cantik dengan tambahan kerudung tile yang dihiasi payet di pinggirannya.


8. Gaun Kebaya Mewah Bernuansa Lime-Emerald Tosca - Pengajian Aurel Hermansyah

wm_article_imgwm_article_img

Busana Pengajian Aurel Hermansyah oleh Asky Febrianti

Jika pada para public figure sebelumnya memilih gaun-gaun berwarna soft atau pastel, berbeda dengan Aurel Hermansyah. Istri Youtuber Atta Halilintar tersebut tampil lebih bold dengan dress kombinasi warna hijau lime dan emerald tosca untuk momen pengajiannya. Gaun indah yang dipenuhi dengan detail payet ini berpotongan A-line dengan lengan model balon atau puffy sleves. Ditambah kerudung tile dengan hiasan payet senada, gaun pengajian mewah Aurel Hermansyah ini semakin sempurna dan glamor. Cantik juga 'kan?


9. Gaun Bertema ala Pakistan - Pengajian Jelang Pernikahan Margin Wieheerm

wm_article_imgwm_article_img

Gaun Pengajian Margin oleh Asky Febrianti | Foto: Aldiphoto

Mau tampil beda untuk acara pengajian pranikah? Contek deh gaya Margin Wieheerm dengan gaun pengajian bertema ala Pakistan, lengkap dengan aksesoris kepala, kalung, anting dan gelang yang berwarna perak. Gaun berbahan tile dengan nuansa ungu lavender tersebut dihiasi payet-payet membentuk motif yang cantik. Serasi sekali dengan riasan makeup nude yang dikenakan oleh Margin. Kalau kamu tertarik menggunakan gaun pengajian cantik ala pengantin Pakistan seperti Margin, tentunya penampilanmu akan mencuri perhatian. Menggemaskan sekali, bukan!

10. Flare Dress berwarna Turqoise - Pengajian Jelang Pernikahan Dinda Hauw

wm_article_img

Gaun: Anggi Asmara | Foto: Imagenic

Satu lagi gaun pengajian selebriti yang patut untuk dijadikan inspirasi, yakni gaun milik Dinda Hauw. Warna yang dipilih untuk baju pengajian jelang pernikahan Dinda Hauw adalah biru turquoise. Bukan model gaun kebaya melainkan flare dress dengan aksen di bagian pinggang. Gaun elegan miliki Dinda ini terbuat dari bahan lace, dimana menggunakan mutiara untuk mempercantiknya. Apalagi dengan model lengan puffy sleeves, gaun pengajian yang satu ini makin terlihat anggun, ya.

Acara pengajian jelang pernikahan merupakan momen yang sakral, sekaligus mengharukan. Tentunya untuk momen sepenting ini kamu harus mengenakan busana yang menawan. Semoga saja setelah melihat-lihat berbagai referensi dari gaun kebaya pengajian para public figure di atas, kamu jadi terinspirasi, ya. Menurutmu gaun mana yang paling indah?

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...