Pilih Kategori Artikel

Kaya Rasa, Inspirasi Kue Pernikahan yang Bisa Dihidangkan untuk Tamu di Pestamu!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Setiap pengantin yang menggelar pernikahan tentunya ingin membuat memori yang baik untuk dirinya sendiri dan juga untuk para tamu yang datang. Salah satu caranya adalah dengan memberikan sajian yang lezat untuk para tamu. Berbagai hidangan disajikan, mulai dari makanan ringan, berbagai pilihan minuman, hingga makanan berat. Semua jenis sajian ini sama pentingnya sehingga harus dipikirkan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati.

Untuk menambahkan rasa manis ke dalam pernikahan, sentuhan kue-kue yang memiliki beragam bentuk dan rasa bisa disuguhkan. Tidak perlu bingung, beberapa kue ini bisa kamu jadikan inspirasi dengan menyesuaikannya dengan konsep pernikahan. Apa saja? Yuk, simak sampai habis!

wm_article_img
Foto: Leguri&Co. Catering

1. Cupcake

Jika kamu menikah dengan konsep internasional, sajian cupcake akan cocok dijadikan hidangan penutup. Kue dengan ukuran sebesar cangkir ini didesain untuk satu orang sehingga bisa langsung diambil tanpa perlu dipotong. Bagian atasnya bisa dihias dengan topping yang memiliki berbagai bentuk yang bisa disesuaikan. Rasanya pun bukan hanya satu saja, tapi ada beberapa yang bisa dipilih, seperti cokelat, vanila, red velvet, hingga lemon.

2. Muffin

wm_article_img
Foto: Leguri&Co.

Mirip dengan cupcake, muffin juga cocok dijadikan sajian untuk acara pernikahan. Namun, muffin memiliki rasa manis dan gurih. Teksturnya juga lebih tebal dan berat daripada cupcake. Sementara itu, cupcake biasanya memiliki topping yang lebih dekoratif. Namun, tampilan muffin juga tetap terlihat menggugah.

3. Macarons

Kue one bite size atau yang bisa dimakan dalam sekali lahap ini memiliki bentuk unik bertumpuk dan warna-warna yang cantik. Bagian luarnya terbuat dari meringue sehingga memiliki tekstur yang renyah, sementara bagian tengahnya terbuat dari selai atau cream yang lembut. Kue kecil ini akan membuat pernikahanmu manis dan semakin berwarna.

4. Donat

Asal-usul donat masih menjadi perdebatan sampai sekarang. Ada yang menyebutnya dari Amerika Utara, ada juga yang mengatakan bahwa kue ini dari Belanda. Namun, di Indonesia kue ini juga sangat populer, bahkan bukan hanya dijual di restoran atau kafe saja, donat juga bisa ditemui di pedagang kaki lima.

Oleh sebab itu, hidangan ini tidak akan salah untuk disajikan karena sesuai dengan selera orang Indonesia. Kue ini juga bisa disajikan begitu saja atau dengan berbagai macam topping yang menarik. Yang membuat kue ini semakin unik adalah bentuknya yang memiliki lubang di tengah memungkinkan di-display dengan tidak biasa, yaitu dengan digantung.

5. Cheesecake

Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini memiliki bahan dasar krim keju yang dicampur dengan telur, gula, dan bahan lainnya. Rasanya yang dominan gurih dan asin dengan sentuhan manis dan asam akan memberikan rasa yang tak biasa. Teksturnya juga lembut dan meleleh di lidah. Namun, usahakan untuk menyediakan kue ini dalam keadaan yang sudah terpotong dengan ukuran yang pas untuk mempermudah tamu mengambilnya, ya.

6. Tartlet

wm_article_img
Foto: Akasya Catering & Co.

Tartlet adalah kue tart dengan ukuran yang lebih kecil. Bentuknya mirip dengan pie, bedanya bagian atas tartlet dibiarkan terbuka tanpa ditutup pastry dan memiliki berbagai topping. Biasanya bagian dasar dari kue ini memiliki tekstur yang keras, sementara bagian atasnya memiliki tekstur yang lebih lembut. Topping dari cream dan berbagai buah-buahan akan membuat kue yang satu ini tak hanya lezat, tapi juga memiliki penampilan yang menarik.

7. Cakesicles

Kue yang satu ini memiliki tampilan yang unik karena bentuknya tidak menyerupai kue, tapi lebih mirip dengan es krim. Cara pembuatannya adalah dengan membuat kue dan membalutnya dengan melted chocolate. Untuk membuat bentuk yang seperti es krim, stik es krim bisa digunakan. Kemudian, untuk mempercantik kue yang satu ini, icing sugar, sprinkle, messes, dan beragam bahan lainnya bisa ditaburkan. 

8. Croissant

wm_article_img
Foto: Leguri&Co. 

Pastry populer asal Perancis ini memiliki rasa gurih yang unik dari butter yang digunakan. Meskipun begitu, biasanya croissant juga dicelupkan pada cokelat atau memiliki isian yang cukup beragam. Tekstur yang renyah juga memberikan pengalaman tersendiri bagi mereka yang memakannya. Saking populernya kue jenis ini, ada berbagai tren kue yang menggunakan pastry ini sebagai dasarnya, seperti croffle yang menggunakan alat pencetak waffle untuk croissant. Kemudian, ada juga cromoboloni yang menyatukan konsep antara croissant dengan bambolini. Jangan lupa untuk menyajikan kopi bersama dengan kue yang satu ini supaya pengalaman tamu bisa semakin lengkap.

9. Tiramisu

Tiramisu merupakan kue lezat yang memiliki rasa kopi. Kue ini juga akan ditaburi bubuk cokelat di bagian atasnya untuk memberikan rasa istimewa. Tekstur kue yang satu ini lembut dan meleleh di lidah saat dimakan. Sayangnya, tamu tidak bisa memakannya langsung dengan tangan sehingga perlu alas dan sendok. 

10. Kue tradisional

wm_article_img
Foto: Al's Catering

Jika kamu menikah dengan tema tradisional atau berbau heritage, hidangan yang cocok adalah kue-kue tradisional yang biasanya bisa ditemui di pasar atau di tempat penjual jajanan pasar. Rasa dari kue tradisional tidak kalah lezat, warnanya pun tak kalah indah. Berikut ini beberapa di antaranya.

  • Kue lapis

Kue yang satu ini memiliki tekstur lengket yang agak kenyal karena terbuat dari tepung beras. Yang membuat kue ini menarik adalah bentuknya yang berlapis-lapis menghasilkan warna yang cantik. Bahkan, ada yang membuat kue ini dengan  lebih dari satu warna.

  • Klepon

Klepon adalah makanan yang biasanya berwarna hijau berbentuk bulat-bulat kecil dan dilapisi parutan kelapa. Kue ini memiliki rasa manis karena memiliki isian gula Jawa yang akan meleleh saat klepon digigit. Bahan untuk membuat klepon adalah tepung ketan yang dicampur dengan bahan lain, seperti daun pandan 

  • Kue apem

Dalam pernikahan ala adat Jawa, kue yang satu ini bukan hanya disajikan sebagai pemanis saja, tapi juga memiliki simbol yang bermakna. Kue apem berasal dari kata affan dalam Bahasa Arab yang memiliki arti meminta ampun sehingga keberadaan kue ini sering dimaknai sebagai harapan manusia untuk bisa saling mengampuni. Untuk rasanya, kue apem memiliki rasa manis dan gurih. Teksturnya kenyal dan lembut sehingga cocok dimakan oleh berbagai kalangan.

  • Kue putu

Salah satu yang unik dari kue ini adalah penjual yang biasanya akan lewat dengan bunyi yang khas. Selain itu, rasa dari kue ini juga lezat. Ada rasa manis dari kue putu yang berasal dari isian gula Jawa. Teksturnya agak kasar karena terbuat dari bahan tepung beras yang kemudian dimasukkan ke dalam bambu kecil.

  • Cenil

Kue ini memiliki beberapa warna yang cantik. Selain itu, teksturnya kenyal dan memberikan pengalaman nostalgia. Rasanya tidak begitu kuat, tapi tambahan topping seperti parutan kelapa dan guyuran gula Jawa cair membuat kue yang satu ini terasa sangat lezat. Jangan lupa sediakan banyak tisu untuk memudahkan tamu karena siraman gula bisa berpotensi menyebabkan belepotan.

  • Kue talam

Kue yang satu ini memiliki bentuk simpel yang akan cocok di-display. Dari bentuk mirip cawan hingga modifikasi bentuk lainnya, semuanya bisa disesuaikan. Biasanya kue ini memiliki warna hijau dan putih, tapi ada juga yang menambahkan warna-warna lainnya. Untuk rasanya, kue talam memiliki rasa manis dan gurih tergantung dari bahan apa yang digunakan.

  • Onde-onde

Onde-onde merupakan sebuah kue yang memiliki bentuk bulat dengan kulit terbuat dari tepung ketan yang dilapisi wijen. Biasanya kue ini memiliki isian kacang hijau. Ukurannya bisa disesuaikan dengan preferensi. Kamu bahkan bisa meminta onde-onde yang dibuat dengan ukuran sekali makan.

  • Getuk

Makanan yang satu ini terbuat dari singkong yang direbus dan ditumbuk. Tambahan gula membuat kue ini memiliki rasa yang manis. Selain itu, getuk juga ditaburi parutan kelapa yang membuat rasanya lebih gurih.

Nah, itu dia beberapa kue yang bisa dijadikan inspirasi untuk hidangan di pernikahanmu kelak. Rasa dan bentuknya yang beragam akan membuat pesta pernikahanmu terasa lebih manis. Pun, kamu bisa menyesuaikan apakah akan menggunakan jenis-jenis kue ala Barat atau memilih kue tradisional yang tak kalah lezat.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...