Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Model Rambut Pengantin Wanita. Jangan Lupa Dirawat Sebelum Hari-H!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum hari-H pernikahan. Mulai dari perawatan tubuh, wajah, hingga yang tak kalah penting adalah rambut. Jangan dianggap sepele, rambut menjadi sebuah bagian penting dari penampilan yang juga akan memengaruhi penampilanmu secara keseluruhan di hari istimewa nanti, lo. Bahkan, banyak yang bilang bahwa rambutmu adalah mahkotamu. Meskipun mungkin beberapa tertutup veil, menata rambut dengan indah tetap perlu dilakukan.

Untuk memberikan look terbaik, ada berbagai jenis model rambut pengantin wanita yang bisa diterapkan. Namun, sebelum melihat berbagai inspirasinya, ada baiknya kamu mengetahui cara merawat rambut sebelum hari-H dulu supaya bisa tampil paripurna nantinya. Bagaimana caranya?

Cara merawat rambut sebelum pernikahan

  • Keramas sesuai kebutuhan

Walau kelihatannya sepele, hal yang satu ini jangan sampai kelewatan, ya. Namun, cukup lakukan sesuai dengan kebutuhan saja. Keramas tak bisa dilakukan sesering mungkin karena hal ini justru akan menghilangkan  minyak alami rambut yang akhirnya membuat rambut jadi kering dan mengembang. 

  • Gunakan hair mask dan vitamin

Jika selama ini rutinitas keramasmu hanya berhenti setelah membilas rambut, sepertinya kamu harus melanjutkannya dengan rutinitas baru, yaitu menggunakan hair mask dan vitamin. Kenali jenis rambutmu dan lakukan riset sederhana untuk mencari produk yang paling cocok.

  • Hindari styling yang akan merusak rambut

Kamu mungkin senang bereksperimen dengan rambutmu, mulai dari mewarnai, mencatok, hingga styling yang lain yang akan membuat penampilanmu tampak beda saat itu. Namun, keseringan melakukan hal ini bisa jadi akan merusak rambut indahmu. Jadi, selama sebelum acara pernikahan, sebaiknya hindari melakukannya terlalu sering, ya.

  • Sesekali lakukan hair spa atau creambath

Melakukan hal yang satu ini bisa sekaligus menjadi me time untukmu yang selama ini sudah dipusingkan berbagai persiapan untuk pernikahan. Melakukan spa rambut atau creambath di salon akan membuat rambutmu lebih ternutrisi dan pulih dari kerusakan yang dialami.

Inspirasi model rambut pengantin wanita

Nah, jika sudah melakukan beberapa hal untuk merawat rambut, kamu bisa mulai mempertimbangkan model rambut seperti apa yang akan dipilih di hari pernikahan nanti. Berikut beberapa inspirasi yang bisa kamu tandai!

1. Chignon 

wm_article_imgwm_article_img

Hairstylist: Tika Sari (tikasari437)

Model yang satu ini didapat dengan mencepol rambut di belakang leher dan memberikan aksesori untuk memperindahnya. Ada berbagai macam variasi dari cara menata rambut ini. Untuk pemilik rambut bergelombang, wavy chignon akan cocok untukmu. Selain itu, extreme crown chignon yang berbentuk bulat juga umum diterapkan untuk memberikan look layaknya putri kerajaan. 

Bagi pemilik poni yang panjang, side bang chignon akan membuatmu tampak cantik dan anggun maksimal. Sementara, jika ingin rambut yang terlihat sedikit “berantakan” dan natural, low textured chignon bisa diterapkan. Headpiece kecil berwarna putih atau silver akan membuat penampilan makin sempurna.

2. Low updo

wm_article_img
Hairstylist: Woko S

Sesuai dengan namanya, low updo artinya sanggul rambut yang ditata di bagian bawah. Model rambut ini akan memberikan kesan chic dan messy yang akan disukai oleh pengantin modern. Biasanya, hair do ini akan direkomendasikan untuk mereka yang memiliki pipi chubby karena memberikan kesan yang jenjang pada leher dan wajah juga jadi tampak lebih tirus. Ada variasi juga untuk low updo, mulai dari yang minimalis hingga yang menggunakan berbagai teknik seperti twist and roll.

3. Model sleek yang klasik

wm_article_img
Hairdresser: Woko S

Jika tak suka tatanan rambut yang agak berantakan, model sleek ini akan cocok untukmu. Biasanya tidak ada helai-helai rambut yang menjuntai karena semua dirapikan menggunakan gel. Rambut bisa ditata ke belakang dengan bun atau bagian poni bisa dirapikan ke bagian samping. Namun, pengantin juga bisa menggunakan model sleek yang klasik ala Sheila Dara dengan membuat bagian poni menjadi lebih wavy. Cocok untuk konsep pernikahan yang digelar formal dan indoor.

4. Braided hair style

wm_article_img
Hairdresser: Woko S

Model rambut pengantin yang satu ini tak pernah lekang oleh waktu. Rambut bisa ditata dalam bentuk braid sebagian saja atau seluruhnya seperti di gambar yang cantik ini. Braided hairstyle akan cocok jika pengantin tidak mengenakan veil dan ingin mengekspos keseluruhan rambut. Keberadaan veil bisa diganti dengan pin cantik berbentuk bunga atau dengan detail senada dengan gaun yang dikenakan. Gaya rambut ini bisa digunakan di pernikahan indoor dengan konsep rustic maupun outdoor dengan konsep garden party yang santai.

5. Wavy ponytail

wm_article_img
Hairstylist: Tika Sari (tikasari437)

Punya rambut panjang, tapi ingin hair do yang simpel? Wavy ponytail ini bisa jadi pilihan yang tepat. Model wavy bisa dipilih supaya berbeda dengan menguncir rambut sehari-hari. Selain itu, tambahan headpiece yang cantik juga akan membuat penampilanmu lebih berbeda. Jika ponimu sudah panjang, semua bagian rambut bisa ditarik ke belakang untuk tampilan yang lebih rapi. 

6. Wavy loose hair

wm_article_img
Hairdresser: Woko S

Penataan rambut panjang memang variatif, tapi jika ingin membuatnya terurai kamu bisa mencoba beberapa model. Pertama adalah half up twist, yaitu mengambil sebagian rambut di depan telinga dan menariknya ke belakang. Selain itu, kamu juga bisa membiarkan rambutmu terurai seluruhnya. Supaya terlihat lebih cantik, kamu bisa membuat rambutmu lebih wavy. Supaya tidak terlihat membosankan, kamu bisa menaruh headpiece atau bahkan mahkota kecil. Namun, jika ingin tetap memakai veil, tak ada salahnya juga kok.

7. Sanggul tradisional

wm_article_img
Hairstylist: beautybycet

Yang terakhir dan tak boleh tertinggal adalah model sanggul tradisional. Hair do klasik yang satu ini tak akan lekang oleh waktu. Kamu tinggal menyesuaikan akan mengenakan adat mana dan biasanya hair stylist akan menata rambutmu sesuai dengan pakem yang sudah ada. Pun, sekarang sudah banyak penyesuaian untuk membuatnya lebih modern. Jadi, tak ada salahnya memodifikasi sesuai dengan preferensi.

Itu dia beberapa model rambut pengantin wanita yang bisa diterapkan sesuai dengan konsep pernikahan dan preferensimu. Jangan lupa ya untuk merawatnya jauh-jauh hari sebelum datangnya hari bahagia!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...