Pilih Kategori Artikel

Bingung Menata Rambut Untuk Acara Pesta? Cobain Jenis-jenis Sanggul yang Cocok Digunakan dengan Kebaya Ini Biar Tampilan Makin Fresh
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pesta pernikahan merupakan momen penting bagi sebagian besar orang, bukan hanya pengantin saja yang ingin tampil maksimal, para bridesmaids dan tamu-tamu undangan juga gak mau kalah menunjukkan penampilan terbaiknya. Mengenakan baju yang bagus, dandan berjam-jam, bahkan ada yang sampai rela ke salon untuk make up atau menata rambut supaya penampilannya semakin cantik. Apa kamu juga begitu? 

Berbicara soal tatanan rambut untuk pesta, kamu bisa saja menggerainya. Namun, akan lebih cantik apabila dirapikan membentuk sanggul kecil ataupun hairdo yang simple. Khususnya untuk kondangan, ada model sanggul tertentu yang bisa kamu gunakan untuk kebaya pestamu. Biar gak bosan dengan gaya yang itu-itu saja, cobain yuk beberapa rekomendasi sanggul yang cocok digunakan dengan kebaya berikut.

1. Model Sanggul Simple Low Bun

wm_article_imgwm_article_imgSanggul simple by Woko S.

Low bun adalah salah satu model sanggul yang cocok digunakan dengan kebaya. Sanggul satu ini bisa digunakan oleh hampir semua jenis rambut, dari yang panjangnya sebahu hingga sepinggang. Modelnya bisa dibuat rapi (sleek low bun) ataupun berantakan (messy low bun). Kamu bisa menggunakan sanggul low bun dengan dikombinasikan kebaya model sabrina ataupun kerah tinggi. Kombinasi antara kebaya sabrina dan model sanggul low bun, membuat leher kamu nampak lebih jenjang dan terlihat seksi. Jenis sanggul low bun juga sangat cocok digunakan untuk acara-acara lamaran, pertunangan, sangjit bahkan untuk sanggul pengantin. Ditambah dengan headpieces yang menawan, look kamu menjadi semakin elegan.

2. Model Sanggul Simple Donut Bun

wm_article_imgwm_article_imgInstagram/beautyartistrybykim

Sanggul donut, seperti namanya bentuk tatanan rambut yang satu ini pun menyerupai donat, dimana rambut dibuat melingkar dengan celah di tengahnya. Model sanggul donut merupakan salah satu bentuk sanggul yang menggunakan alat sebagai media pembuatannya. Alat yang digunakan adalah kuncir rambut bentuk donat yang berguna membuat sanggul lebih cepat dan rapih. Dengan model sanggul tersebut, pengantin berambut pendek pun bisa tetap menggunakan sanggul dari rambut aslinya. Sanggul donut punya desain yang sederhana yang mudah dibentuk sehingga tidak membutuhkan rambut panjang dalam pembuatannya. Agar penampilan kamu bisa lebih maksimal, padukan sanggul donat dengan kebaya berkerah tinggi seperti kerah Shanghai. Sanggul yang cocok dengan kebaya ini, bisa kamu gunakan untuk acara-acara formal maupun semi formal seperti kondangan, wisuda atau pesta lainnya.

3. Model Sanggul Modern Braided Back Bun

wm_article_img

Jika kamu punya rambut panjang hingga sepinggang dan ingin membuat sanggul dengan model yang lebih rumit, kamu bisa sekali mencoba tatanan sanggul braided back bun. Sanggul ini dibuat dengan memadukan kepangan dan cepolan. Proses pembuatan braided back bun dimulai dengan membuat kepangan yang saling berkesinambungan dari rambut bagian atas hingga ke tengah, sedangkan rambut bagian bawah akan dibuat cepolan dengan menggabungkan rambut bawah dan rambut atas yang sudah dikepang.

Bentuknya menarik dan sangat unik, berbeda dengan sanggul lain yang proses pembuatannya tidak memakan waktu lama, braided back bun justru memakan waktu lama. Hal ini sangat wajar, mengingat model sanggul modern yag satu ini cukup kompleks dan tidak bisa dibuat dalam waktu sekejap. Sanggul ini cocok digunakan dengan kebaya dan juga gaun pengantin. Gak heran, bentuknya cantik sekali, bukan?


4. Model Sanggul Modern Bow Bun

wm_article_img

Model sanggul untuk kebaya modern berikutnya adalah model bow bun. Bow bun termasuk ke sanggul simpel dan sederhana dengan bentuk seperti pita. Walaupun sederhana, tapi model bow bun termasuk sanggul yang bisa membuat tampilan kamu menjadi lebih feminim dan terlihat imut.

Model sanggul modern ini bisa dibentuk apabila kamu memiliki rambut panjang, sebab lebih gampang dalam mengaturnya. Rambut yang dibentuk pun bisa beragam, entah dikepang dulu  baru dibentuk bow bun atau langsung dibentuk bow bun. Meskipun begitu, bukan berarti model ini tidak bisa untuk sanggul rambut pendek. Sanggul bow bun bisa digunakan untuk rambut pendek, namun dengan bentuk dan ukuran yang lebih kecil.

5. Model Sanggul untuk Rambut Pendek dan Panjang Low Roll Bun

wm_article_img

Model sanggul yang satu ini adalah salah satu pilihan praktis dan simpel, kamu bisa membuat sendiri sanggul model low roll bun ini dengan mudah. Model low roll bun adalah jenis sanggul yang diletakkan di bagian leher dengan tampilan yang lebih santai. Gaya rambut modern ini cocok untuk wajah yang lonjong atau oval karena sanggulnya dapat membantu menyeimbangkan bentuk wajah.

Untuk menciptakan sanggul ini, langkahnya cukup sederhana. Pertama, tarik semua rambut ke belakang hingga membentuk ekor kuda di bawah leher. Kemudian, gulung ekor kuda tersebut ke atas hingga rambut habis dan membentuk sanggul. Setelah dirasa rapi, cukup ikat sanggul tersebut dengan ikat rambut untuk menjaga agar tetap terlihat sempurna. Dengan begitu, penampilanmu akan semakin menawan!


6. Sanggul Elegan Side Braided Bun

wm_article_img

Kalau kamu ingin menggunakan model sanggul yang berbeda dan lebih unik dari sanggul kebanyakan, coba deh model sanggul side braided bun. Sesuai namanya, sanggul ini memang mempunyai konsep sanggul samping dekat leher. Cara pembuatan side braided bun adalah dengan mengepang rambut di bagian kanan dan kiri. Selanjutnya kepangan tersebut disatukan di salah satu sisi, entah itu sisi kanan atau pun kiri dekat dengan leher.

Setelah penggabungan tersebut, dua kepangan kemudian dibentuk menjadi sebuah sanggul. Untuk menambah kesan manis pada penampilan, kamu bisa membiarkan beberapa helai rambut di bagian kanan dan kiri. Selain menambah kesan manis, penambahan helai rambut tersebut juga menciptakan kesan berantakan tapi cantik di saat bersamaan. Tatanan rambut ini juga menjadi sanggul yang cocok digunakan dengan kebaya maupun gaun pengantin.


7. Sanggul Tradisional Ciwidey

wm_article_imgwm_article_img
Foto sanggul Ciwidey | via instagram/shintamakeup_

Selain menggunakan sanggul modern, kamu juga bisa menggunakan sanggul tradisional untuk melengkapi tampilanmu saat memakai kebaya. Tidak ada salahnya mencoba tampilan klasik, salah satunya dengan sanggul Ciwidey. Sesuai namanya, sanggul satu ini memang berasal dari Ciwidey, Jawa Barat.

Sanggul Ciwidey pertama kali berkembang pada masa Kerajaan Sumedang. Pada waktu itu, sanggul Ciwidey digunakan oleh keluarga kerajaan dan rakyat Sumedang. Namun seiring berjalannya waktu, sanggul Ciwidey mulai berkembang di wilayah lain. Sanggul Ciwidey mempunyai ciri-ciri berupa sanggul yang terletak di tengah kepala bagian belakang. Di bagian depan sanggul, biasanya dibuat jabing atau tatanan rambut yang dibuat sasak berbentuk bulat. Untuk membuat tampilan semakin sempurna, kamu bisa menambahkan aksesoris berupa cucuk gelang yang terbuat dari emas, atau jika ingin yang lebih ekonomis, kamu bisa memilih tanduk tambahan aksesoris.

8. Sanggul Ukel Konde

wm_article_img

Sanggul ukel konde merupakan salah satu sanggul tradisional yang banyak digunakan di acara pernikahan. Sanggul ukel konde berasal dari daerah Solo, Jawa Tengah. Sanggul ini punya bentuk bulat menonjol yang diletakkan di belakang kepala bagian atas. Awal mula kemunculan sanggul ukel konde dimulai ketika putri Solo yang mempunyai rambut panjang kebingungan untuk menata rambutnya agar terlihat rapih.

Oleh sebab itu, dia mencari cara untuk menata rambut tersebut sampai akhirnya ia mencoba menggulung rambutnya hingga berbentuk sanggul ukel konde. Mulai dari saat itu, putri Solo mulai rajin menata rambutnya dengan model sanggul ukel konde. Seiring berkembangnya waktu, sanggul tersebut mulai menyebar di luar istana yang membuat sanggul ukel konde digunakan juga oleh masyarakat biasa.

9. Sanggul Ukel Tekuk

wm_article_img

Jika wilayah Solo punya sanggul ukel konde sebagai ciri khasnya, maka wilayah Yogyakarta juga punya tatanan rambut kebanggan yaitu sanggul ukel tekuk. Dahulu sanggul ukel tekuk tidak bisa digunakan oleh sembarang orang, hanya wanita dari kalangan istana yang bisa menggunakan sanggul tersebut. Namun sekarang, sanggul ukel tekuk bisa digunakan oleh semua orang. Di masa lalu, sanggul ukel tekuk biasa digunakan oleh wanita yang beranjak dewasa. Penggunaan sanggul ini menjadi pertanda bahwa wanita tersebut bukan lagi seorang anak-anak, melainkan sudah berubah menjadi seorang wanita dewasa yang akan memikul tanggung jawab menjadi ibu rumah tangga.

Itu lah beberapa model sanggul yang cocok digunakan dengan kebaya. Dengan berbagai model sanggul yang telah diberikan, setidaknya kamu bisa memilih salah satu model yang sesuai dengan keinginanmu. Jika rambutmu pendek, kamu tidak perlu takut tidak akan menemukan model sanggul yang tepat. Pasalnya sekarang banyak sekali model sanggul yang bisa digunakan oleh rambut pendek tanpa harus menggunakan wig ataupun rambut sambungan, mulai dari yang bentuknya simpel hingga rumit sekalipun. Selain bisa digunakan di acara pernikahan, model sanggul modern maupun sanggul tradisional tersebut juga bisa kamu gunakan di acara formal lain, seperti wisuda ataupun pesta pernikahan. Kamu tinggal sesuaikan dengan model rambut dan preferensi saja.


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...