Pilih Kategori Artikel

Hiasi Lamaranmu dengan 10 Inspirasi Tempat Cincin Rustic Simple dan Cantik Ini!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Lamaran menandakan bahwa kamu dan pasangan telah bersiap untuk menjalin komitmen yang lebih serius menuju babak pernikahan. Berbeda dengan tunangan yang hanya cukup menyematkan cincin pada jari pasangan masing-masing, lamaran membutuhkan beberapa persiapan khusus dalam rangkaian prosesnya. Hal ini karena lamaran yang juga menjadi agenda pertemuan pertama bagi kedua keluarga besar untuk saling mengenal.

Seserahan dan cincin adalah dua hal yang selalu ada dalam proses lamaran. Masing-masing dari kedua hal tersebut memiliki makna bagi calon pasangan yang akan segera menikah. Sepasang cincin, misalnya. Selain hadir dalam proses pernikahan nantinya, cincin lamaran juga menjadi simbol sakral terikatnya dua calon mempelai. Hal-hal teknis seperti bagaimana model cincin, seberapa besar ukurannya, dan apa bahan dasar yang digunakan merupakan beberapa dasar yang dipegang sebelum menentukan cincin lamaran.

Terdapat juga step pemilihan kotak cincin yang sebaiknya tidak boleh kamu lewatkan. Tak hanya berfungsi sebagai wadah penyimpan, kotak cincin juga dapat menambah estetika cincin lamaranmu. Nah, apabila kamu ingin custom ringbox spesial, kali ini WeddingMarket akan memberikan beberapa inspirasi desain kotak cincin bertema rustic. Aneka model tempat cincin berbahan kayu mulai dari yang super sederhana, sampai yang cantik dan manis untuk agenda lamaranmu.

1. Model Tutup Lepas

wm_article_img
Ringbox by Masagi (gambarkayu)

Model super simpel pertama yang dapat kamu jadikan inspirasi yaitu model tutup lepas. Sepasang tempat cincin satu ini berbentuk bulat dengan dua sisi yang masing-masing berfungsi sebagai wadah dan penutup. 

Tidak ada bentuk atau hiasan khusus yang menonjol dari model ini. Walaupun demikian, bentuk tempat cincin seperti ini membawa kesan alami dan elegan. Seperti pada gambar, kamu dapat pula menambahkan inisial namamu dan pasangan pada bagian penutup dengan tinta atau grafir.

2. Model Kotak Persegi

wm_article_imgwm_article_img

Ringbox by Masagi (gambarkayu)

Mirip dengan model tutup lepas, model kotak yang terinspirasi dari wadah bedak ini juga memiliki dua sisi. Jika model tutup lepas dibuat terpisah antara tutup dan tempat cincin, maka pada model kotak ini digunakan pengait pada sisinya. 

Gunakan kain goni yang telah ditata sedemikian rupa untuk menjadi bantalan cincin di dalamnya. Pemilihan warna yang terang seperti pada gambar, menghasilkan rupa yang terlihat cerah dan bersih. Kamu juga bisa menambahkan aksen tulisan seperti inisial nama atau tanggal lamaran pada bagian penutupnya.

3. Model Kotak Wireless Earphone

wm_article_img
Foto via weddingstoryshop.com (pinterest)

Model simpel ketiga berikutnya terinspirasi dari wadah wireless earphone.  Bentuk yang dikreasikan memanjang dibuat agar dapat memuat cincin secara berdampingan. Tambahkan kain beludru berwarna hitam sebagai pelapis pada setiap cekungannya. Jangan lupa juga untuk menyertakan dua pasang magnet kecil di setiap sudut tempat cincin. Karena bentuknya yang lumayan lebar, kamu bisa pula menambahkan nama panggilan dan tanggal lamaranmu sekaligus dengan ukiran grafir. 

4. Model Hati

wm_article_imgwm_article_img

Foto via pinterest

Buat kamu pemilik karakter romantis yang ingin tetap terlihat sederhana, tempat cincin bentuk hati ini bisa kamu jadikan inspirasi. Sisi hati yang satu berfungsi sebagai tatakan cincin dan sisi lainnya menjadi penutup. Seperti yang terlihat pada gambar, model hati ini memiliki dua macam cara buka-tutup. 

Pada model pertama, sepasang cincin dapat dimuat sekaligus dan kedua sisi hati dapat dilepas, sedangkan pada model berikutnya, sudut tengah atas tetap mengait satu sama lain sehingga bentuk model hati masih saling menyambung ketika dibuka. Sematkan juga beberapa magnet kecil pada setiap ujung sisi hati sebagai kancing pembuka-tutupnya. Kamu juga bisa menambahkan beberapa aksen hiasan, seperti motif daun, inisial nama, serta kata-kata mutiara.

5. Model Korek Api

wm_article_img
Foto via smile.amazon.com (pinterest)

Terlihat sangat sederhana, tetapi estetik begitu dibuka. Inilah model tempat cincin yang terinspirasi dari bentuk wadah korek api. Ukuran dan cara mengeluarkan cincin dari tempatnya yang sama persis dengan kotak korek api membuat model satu ini simpel untuk dijadikan sebagai tempat penyimpan cincin. Tambahkan hiasan rumput sintetis pada bagian dalam wadah untuk menghasilkan kesan rustic yang fresh. Kamu juga bisa menambahkan kreasi tulisan nama dan hiasan kecil dengan tinta yang sedikit menonjol. 

6. Model Hexagonal Bening

wm_article_img
Foto via etsy.com (pinterest)

Kamu juga bisa memilih bahan dasar kaca atau plastik bening tebal sebagai tempat cincin yang rustic. Seperti yang terlihat pada gambar, model kotak hexagonal atau segi enam dapat menjadi salah satu inspirasimu untuk menentukan tempat cincin yang eksotis. Lapisi setiap rusuk prisma dengan material stainless steel berwarna rustic guna menambah sisi keindahan dan kenyamanan saat dipegang. 

Untuk menambah kesan indah dan segar, letakkan hiasan rumput sintetis berwarna hijau secukupnya. Selain berfungsi untuk menambah estetika, rumput sintetis ini juga berperan sebagai bantalan sepasang cincin di dalamnya. 

7. Model Hexagonal Kombinasi Kaca

wm_article_imgwm_article_img

Ringbox: Cameo Frame

Masih dengan bentuk segi enam, tempat cincin rustic satu ini terlihat anggun dan menawan. Model prisma kombinasi ini dibuat dari bahan kayu sebagai wadah dan kaca bening sebagai penutup. Karakter anggun dari model hexagonal kombinasi ini terpancar dari keestetikan kain yang digunakan sebagai bantalan sepasang cincin. 

wm_article_img
Foto via etsy.com (pinterest)

Untuk hiasan yang unik, pilih kain beludru yang berwarna senada dengan kayu, seperti warna merah marun atau burgundy. Susun kain beludru secara melingkar seperti mawar hingga memenuhi seluruh ruang tempat cincin. Pada sisi penutupnya, lapisi dua sisi pinggiran kaca dengan bahan kayu sejenis agar mudah untuk disesuaikan ketika dilepas-pasang. Agar makin menarik, tulis namamu dan pasangan di atas penutup kaca dengan menggunakan tinta emas. 

8. Model Batang Pohon Vertikal

wm_article_img
Foto via aliexpress.com (pinterest)

Model batang pohon vertikal terinspirasi dari keaslian bentuk batang pohon. Model satu ini dibuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai batang pohon, termasuk bagian kulit luarnya. Batang pohon tersebut kemudian dibelah secara membujur dan diberikan pengait pada setiap sisi ujungnya agar bisa diputar sebesar 45 sampai 90 derajat. 

Pada bagian dalamnya, terdapat cekungan kecil yang berfungsi sebagai ruang dari sepasang cincin. Beberapa aksen hiasan yang digunakan dapat kamu jadikan ide untuk menambah kesan rustic dari tempat cincin ini. Seperti sedikit jerami pada cekungan cincin, akar-akar halus yang melekat di bagian luar, serta bunga-bunga kecil dengan warna senada. 

9. Model Batang Pohon Horizontal

wm_article_img
Foto via weddingstoryshop.com (pinterest)

Masih menggunakan tema bentuk asli pohon, model tempat cincin satu ini juga tak kalah menarik dengan model serupa sebelumnya. Model batang pohon horizontal juga dibuat dari kayu yang didesain menyerupai pohon asli, kemudian dibelah secara horizontal hingga menghasilkan bentuk bulat. 

Cekungan bulat pada bagian wadah berfungsi sebagai ruang letak cincin. Pada bagian penutup sendiri, terdapat hiasan khas tinta cokelat berupa nama pasangan, tanggal, dan beberapa motif daun. Perbedaan warna cokelat antara kulit bagian luar dengan warna krem pada bagian dalamnya, menghasilkan sifat kontras yang sangat cantik. 

10. Tempat Cincin Kayu Resin

wm_article_img
Foto via margoandbees.com (pinterest)

Sesuai dengan namanya, model tempat cincin kayu resin memiliki bentuk bulat yang tidak simetris justru memberikan hasil akhir yang unik jika dapat kamu kreasikan dengan baik, seperti halnya yang terlihat di gambar. Model satu ini memiliki dua sisi, yaitu wadah dan penutup. 

Pada bagian wadah, terdapat spons berlapis kain yang berfungsi sebagai tumpuan cincin. Terdapat juga hiasan resin dari bunga dan dedaunan yang disusun dengan rapi. Hiasan resin yang disematkan pada sisi penutup membuat rupa dari sepasang cincin nampak terlihat jelas dari luar. 

wm_article_img
Ringbox: Rustic Indonesia

Itulah beberapa inspirasi tempat cincin rustic untuk lamaran yang dapat kamu jadikan acuan. Bagi beberapa orang, pemilihan tempat cincin mungkin merupakan persiapan yang tak terlalu penting. Namun, alangkah menyenangkan jika kamu memiliki tempat cincin cantik yang dapat diperlihatkan ketika hari lamaran tiba. Artinya, tempat cincinmu tidak hanya berfungsi sebagai penyimpan cincin saja, tetapi juga dapat mempercantik hari istimewamu menjelang pernikahan. Jadi, segera tentukan model tempat cincin terbaikmu bersama pasangan, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami