Pilih Kategori Artikel

7 Tips Mengatasi Kecemasan Menjelang Pernikahan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Menghitung hari menuju acara pernikahan, biasanya calon pengantin akan dilanda berbagai perasaan yang datang menghampiri, entah itu positif ataupun negatif. Di tengah-tengah rasa bahagia dan excitement yang dirasakan menyambut hari yang paling ditunggu-tunggu tersebut, terkadang muncul sedikit rasa gugup dan cemas. Tenang, kamu tidak sendirian kok! Banyak calon pengantin yang juga mengalaminya.

Wajar saja, toh pernikahan adalah momen bersejarah yang membutuhkan persiapan yang matang. Ada berbagai detail persiapan pernikahan yang perlu dilakukan agar momen penyatuan cintamu itu menjadi sempurna sesuai dengan impianmu dan pasangan. Namun, bukan berarti kamu boleh mengabaikan kondisi fisik dan mental, ya! Apalagi jika kamu sudah mulai merasakan kecemasan yang berlebihan menjelang pernikahan, maka sebisa mungkin harus cepat diatasi agar tidak mengganggu kesehatanmu nantinya.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi rasa cemas saat menjelang pernikahan itu? Berikut WeddingMarket bagikan tipsnya untukmu. Baca ulasannya sampai tuntas, ya!

1. Jangan Panik! Tenangkan Dirimu

wm_article_img

Merasakan kecemasan menjelang pernikahan merupakan suatu hal yang normal. Memikirkan elemen-elemen pernikahan yang begitu banyak memang seringkali membuat khawatir hingga stres. Maka dari itu, terimalah kondisi tersebut sewajarnya. Apabila kamu merasa gugup, cobalah tenangkan dirimu dan jangan panik, supaya tetap bisa berpikir jernih untuk menemukan solusi untuk mengatasi kecemasan yang sedang dirasakan.

2. Komunikasikan dengan Pasanganmu atau Temukan Teman untuk Curhat

wm_article_img

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghalau rasa cemas berlebihan mendekati hari pernikahan adalah dengan meluapkannya kepada orang-orang terdekat yang kamu percayai. Jangan menyimpan kecemasan dan kegelisahan yang kamu rasakan sendirian, cobalah ceritakan hal-hal yang menjadi kekhawatiran dan mengganggu pikiranmu tersebut kepada orang lain. 

Dengan demikian kamu bisa sedikit merasa lega, pasangan atau orang-orang terdekatmu pun bisa memahami kondisimu supaya bisa membantumu mengatasi kecemasan tersebut. Apabila kamu tidak punya cukup waktu untuk bertemu, jangan ragu untuk menelepon pasangan atau sahabatmu untuk mengungkapkan rasa cemas atau perasaan negatif yang sedang dirasakan, ya! 

3. Meditasi Untuk Menenangkan Pikiran

wm_article_img

Apabila kamu masih merasakan kecemasan bahkan setelah bercerita kepada pasangan atau sahabatmu, cobalah luangkan sedikit waktu untuk bermeditasi untuk menenangkan pikiran. Dilansir dari situs Alodokter.com, saat sedang stres tubuh kita akan melepaskan hormon stres yang bisa menyebabkan berbagai efek pada tubuh. Beberapa efek tersebut seperti meningkatnya detak jantung, tekanan darah, menimbulkan rasa cemas, susah tidur, serta memengaruhi libido dan nafsu makan.

Oleh sebab itu, untuk mengurangi perasaan gelisah atau stres menjelang pernikahan, ada baiknya kamu juga mencoba melakukan meditasi. Ada banyak cara meditasi ringan yang bisa dicoba. Kamu bisa sekedar bersantai sejenak di sela-sela kesibukan atau duduk tenang memejamkan mata sambil mengatur pernafasan secara perlahan dan teratur. Tidak perlu berlama-lama, cukup 10–20 menit saja. Bagi yang beragama Islam, kamu juga bisa melakukan sholat sunnah, dzikir atau membaca Al-Quran dengan khusyuk. Dengan melakukan meditasi secara rutin, bisa membantumu merasa lebih tenang dan nyaman sehingga dapat kembali produktif mempersiapkan pernikahan yang sudah di depan mata. 

4. Memanjakan Diri dengan Melakukan Perawatan 

wm_article_img

Rasa cemas menghadapi pernikahan yang semakin dekat juga bisa kamu atasi dengan melakukan relaksasi sambil melakukan perawatan tubuh loh, dears! Kamu bisa memanjakan diri dengan spa atau pijat. Dengan melakukan perawatan tubuh, tak hanya akan membuat tubuh rileks dan pikiran lebih tenang, tapi juga menjadikanmu semakin cantik di hari H nanti! Selain melakukan perawatan tubuh, jangan lupa berolahraga ringan untuk mendapatkan tubuh yang sehat, ya! Jenis olahraga ringan menjelang pernikahan yang bisa kamu lakukan seperti yoga, jogging, atau renang. 

5. Konsumsi Makanan yang Sehat

wm_article_img

Percaya tidak? Selain mempengaruhi kesehatan tubuh, makanan yang kamu konsumsi juga sangat berpengaruh terhadap mood, loh! Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan apa yang kamu makan karena ada jenis-jenis makanan yang harus dihindari menjelang pernikahan. Cukupi asupan gizi dengan konsumsi makanan yang sehat secara teratur, ya! Agar kesehatan tetap terjaga, mood tetap bagus sehingga tidak mudah merasa cemas, sekaligus untuk detoksifikasi supaya penampilanmu semakin glowing di hari pernikahan nanti! 

6. Istirahat yang Cukup

Memang betul sih, semakin dekat hari H biasanya kesibukan persiapan pernikahan akan semakin meningkat, sampai rasanya tak cukup waktu 24 jam sehari untuk mengurusnya. Meski begitu, jangan sampai hal tersebut membuatmu kehilangan waktu untuk beristirahat dengan benar, ya dears! Sebab, apabila kamu kurang istirahat, hal inilah akan memicu kecemasan dan kegelisahan karena terlalu memikirkan pernikahan. Akibatnya, kamu akan kelelahan dan mudah jatuh sakit. 

Persiapan pernikahan yang seabrek memang menguras energi dan pikiran. Oleh sebab itu, kamu butuh istirahat yang cukup untuk mengembalikan staminamu. Coba distribusikan tugas untuk mengurus detail pernikahan kepada orang lain atau gunakan jasa wedding organizer untuk membantumu, agar kamu tetap punya waktu tidur dan istirahat yang proper. Dengan demikian, di hari H nanti kamu bisa tampil maksimal dan tentunya tetap sehat dan bugar. 

7. Rehat Sejenak dari Media Sosial  

wm_article_img

Saat ini, media sosial seakan telah telah menjadi sesuatu yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Kamu juga mungkin terbiasa menghabiskan waktu berjam-jam dengan media sosial milikmu, ya? Entah untuk update kehidupan sehari-hari atau sekedar melihat-lihat kabar dari teman. Ternyata, hal tersebut juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa cemas dan gelisah menjelang pernikahan, loh!

Jadi, ada baiknya menjelang hari pernikahanmu, luangkan waktu sejenak untuk rehat dari hiruk-pikuknya dunia maya. Hal ini berguna untuk menghindari munculnya pikiran negatif, serta membuatmu fokus pada persiapan pernikahan yang lebih penting. Sebagai gantinya, kamu bisa menghabiskan waktu bersenang-senang bersama orang-orang tersayang atau melakukan hobi lain yang memberikan energi positif pada dirimu. Dengan demikian, pikiranmu akan jadi lebih tenang, sehingga tidak merasa cemas menjelang pernikahan.

Nah, itulah beberapa tips menghadapi kecemasan dan kekhawatiran menjelang pernikahan yang bisa kamu terapkan. Yang terpenting, jangan menyerah karena rasa cemas dan gugup tersebut merupakan salah satu ujian sebelum pernikahan yang biasa terjadi. Percayalah, kamu pun pasti bisa melewatinya dengan baik. Teruslah berpikiran positif dan tetap semangat, ya!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...